Perjanjian Baru, ditulis untuk siapa?

Silahkan dilanjutkan… :coolsmiley:

orang yahudi yg “memakai” PB namanya orang yahudi yg beragama kristen… :smiley:

Bro Yopi, saya lihat beberapa kali reply anda mengquote tulisan saya di thread sebelah, tapi saya gak gitu nangkep maksudnya jadi gak bisa nanggepin.

Saya setuju reply atas saya, bro OndeLumut. Orang Yahudi yang memakai PB memang adalah orang Yahudi yang beragama Kristen.

LOH bukankah yahudi itu adalah agama ? kenapa disebut orang yahudi beragama kristen ? bukannya orang israel beragama kristen lebih tepat ? bingung.com

yahudi itu sebenarnya agama atau ras artinya ???

Para Rasul menulis Surat termasuk pada Kitab Wahyu, itu ditujukan untuk semua orang ataukah kepada para Jemaat yang telah mendapat penumpangan tangan Rasuli?

Itulah inti dari pertanyaan diatas, Surat Ibrani juga ditulis untuk para Jemaat yang telah mendapat penumpangan tangan Rasuli, bukan siapa saja membacanya malah mengklaim.

Yang tidak setuju silahkan berikan Argumennya!

Tq

yaudah, anda benar, thanks atas pencerahannya.

Yahudi itu agama sekaligus suku bangsa…

Btw, semua Surat para Rasul dalam PB ditujukan kepada siapa?

Semua orang atau kepada jemaat yang telah mendapat penumpangan tangan para Rasul???

:coolsmiley:

bro yopi, saya coba memposting juga yah,

mungkin kalo sy melihatnya dari sini :

Matius 28 : 19 - 20

28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

28:20
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Dengan otoritas yang dimiliki para rasul, mereka (dalam hal ini misalnya st paulus rasul) mengajar mereka dengan surat penggembalan kepada umat kolose, umat efesus, umat korintus, umat roma, st filemon, dll yang masing-masing memiliki permasalahan tersendiri yang khas dan unik.
Namun, walaupun korespondensinya sudah berlangsung 2k tahun yg lalu, toh tetap aplicable untuk saat ini, karena masalah2 yang dihadapi oleh umat2 perdana juga dapat kita temukan di kehidupan kta saat ini.

Terlebih lagi, Yesus juga memerintahkan ajaran-Nya yang telah diterima oleh para murid untuk diajarkan ulang kepada semua bangsa, dari segala zaman dan tempat, baik tertulis maupun yang lisan.

Bro Calvin, ikut berdiskusi,

concern yang di bold hitam, apakah memang yang di Injilkan ke sluruh dunia hanyalah:
“Segala sesuatu yang diperintahkan oleh Kristus?”

Salam

bro sword,
Yesus mengatakan ayat itu kepada para murid-Nya di bukit zaitun saat hari raya kenaikan yesus ke surga. Tentu para murid yesus hanya mengajarkan yang diperintahkan oleh yesus. Oleh karena itulah, kita percaya dengan ajaran para murid mengenai yesus, karena mereka memiliki otoritas mengajar yang langsung dari yesus.

Hmm, noted Bro Calvin, thanks a lot

Silahkan…

mungkin kalo sy melihatnya dari sini :

Matius 28 : 19 - 20

28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

28:20
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Dengan otoritas yang dimiliki para rasul, mereka (dalam hal ini misalnya st paulus rasul) mengajar mereka dengan surat penggembalan kepada umat kolose, umat efesus, umat korintus, umat roma, st filemon, dll yang masing-masing memiliki permasalahan tersendiri yang khas dan unik.
Namun, walaupun korespondensinya sudah berlangsung 2k tahun yg lalu, toh tetap aplicable untuk saat ini, karena masalah2 yang dihadapi oleh umat2 perdana juga dapat kita temukan di kehidupan kta saat ini.


Setelah mereka mendapat penumpangan tangan, barulah mereka dikirimkan surat oleh para Rasul, bukan sebelum mendapat penumpangan tangan, jadi isi semua surat adalah untuk mereka yang telah mendapat penumpangan tangan, bukan asal mengaku Kristen kemudian sok mengklaim isi surat para Rasul untuk mereka!

Terlebih lagi, YESUS juga memerintahkan ajaran-Nya yang telah diterima oleh para murid untuk diajarkan ulang kepada semua bangsa, dari segala zaman dan tempat, baik tertulis maupun yang lisan.
Setelah penumpangan tangan!

1Tim. 4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.

1Tim. 5:22 Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan atas seseorang dan janganlah terbawa-bawa ke dalam dosa orang lain. Jagalah kemurnian dirimu.

dear bro yopi,

thanks penjelasan tambahanx,
tapi, maaf, saya kurang begitu paham mengenai “penumpangan tangan” terhadap yg berhak menerima isi surat tersebut saat itu, karena sy baru mendengarkan pengajaran ini. Mohon kesediaannya untuk menjelaskan lebih lanjut.

lalu bagaimana korelasinya dengan zaman sekarang ? apakah berarti tidak semua orang boleh menerima surat-surat tersebut? ataukah ada surat-surat yg tidak berlaku lagi saat ini?
mohon dikoreksi ketidakmengertian saya,

salam

WOW…bisa mis interpretasi dan mis-penafsiran nih kalau tidak hati2 !

Coba sama2 kita baca per lahan2 dengan Teliti URUT2AN dalam Misi Agung dari Tuhan Yesus itu ya !

Matius 28 : 19 - 20

  1. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan

  2. baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,
    dan

  3. ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.

4.Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Urutan I nya adalah jadikan semua bangsa Murid-Ku , bukannya Ajarkan terlebih dahulu baru jadi Murid.
Dalam Perintah itu tersirat bahwa untuk Pelajaran Ilmu Acherat SANGAT BERBEDA dengan Ilmu Dunia.

Ilmu Dunia :

  • Mengerti dahulu , baru PERCAYA
    Misalnya 3 + 5 = 8…kita coba hitung dan selidiki dahulu, bila BENAR adanya baru kita PERCAYA.

Ilmu Achirat ( yg dari Tuhan yg kita tak bisa melihat-Nya):
Kita diminta PERCAYA dahulu, maka baru kita bisa mengerti.
Misalnya disuruh melakukan Kehendak Bapa yaitu mengimani Maha Karya Penebusan Allah agar bisa masuk Sorga .
Suatu hal yg sangat MUDAH bagi orang yg mau PERCAYA (gak pakai Ongkos Mahal, cukup menggunakan hati Nurani), tetapi menjadi suatu hal yg amat SUKAR dan Batu Sandungan baginya bila tidak mau PERCAYA pada Maha Karya itu

Nah setelah ia mulai dengan PERCAYA baru DIBAPTISKAN baru deh diajarkan Ajaran2 Tuhan Yesus, maka semua yg telah Tuhan Yesus ajarkan akan dengan MUDAH masuk kedalam Hati dan Batin manusia lalu ia akan dengan MUDAH pula MENGENAL Allah Ibrahim, Ishak dan Yakub itu.
Dan achirnya ia akan dengan SETIA, TAAT dan SUKARELA mau mengajarkan Ilmu Achirat sampai tahap di BAPTIS lalu nama2 mereka yg sudah dibaptis PASTI dicatat dalam Kitab Kehidupan Anak Domba dan SAH serta LEGAL menjadi anak anak Allah serta Pewaris Kerajaan Allah.

Yeremia 31 :

33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Wahyu 21 :

27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

@liliput124

sorry, antara komentar dgn yg anda quote gag nyambung tuh…

BTT
kalau menurut anda, perjanjian baru ditulis untuk siapa??

digabung dengan ini:

8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.
8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus.”

@yopi

sorry, sy belum menemukan penjelasan mengenai hubungan penumpangan tangan dengan peruntukan surat2 perjanjian baru dari ayat2 kitab suci yg di paparkan tsbt.

atau paling tdk adakah link website dr sumber ajaran resmi gereja yg menjelaskan mengenai hal ini.

thx.

Silahkan buktikan kalau semua Surat para Rasul dalam PB termasuk untuk yang belum mendapat penumpangan tangan Rasuli!

Buktinya, semua jemaat yang mendapat Surat dari para Rasul adalah mereka yang sudah dibaptis dan mendapat penumpangan tangan Rasuli!

@ brother yopi

hehehehe…
pertama-tama perlu sy tekankan bahwa posisi sy dari postingan2 sy adalah meminta penjelasan yg jelas atau istilahx belajar dari brother yopi mengenai hal ini, yaitu penumpangan tangan vs peruntukan surat2 perjanjian baru. Karena bagi saya ini adalah informasi yg baru.
dan tdk ada niatan pun untuk beradu argumen. :smiley:
brother yopi jg sudah mengoreksi postingan2 sy, dan sy ucapkan terima kasih.
namun menurut sy ini butuh penjelasan lebih.

jika sekiranya merepotkan untuk memposting atau mengetik di sini, paling tdk adakah link atau literatur2 lain (buku dll) yg terpercaya dari sumber ajaran yg resmi gereja yg membahas mengenai ini.
sy coba mencari di beberapa situs/forum katolik dalam dan luar negeri, namun sepertix belum mendapatkan :smiley:

mengenai ayat kitab suci yg diberikan, sy rasa jg masih belum terlampau clear menjelaskan mengenai peruntukan surat2 perjanjian baru, sepertinya butuh penjelasan lg.

demikian,

sambil menunggu rekan2 lain yg ingin memposting jg.

salam damai.

Begini saja, silahkan baca dalam Alkitab, semua Surat para Rasul ditujukan untuk kamu atau untuk jemaat yang sudah diberi penumpangan tangan para Rasul???

Hehehehe… :smiley: