Perjumpaan dengan TUHAN saling MEMBERI

Pada umumnya setiap manusia yang saling mengenal kalau bertemu pasti bertegur sapa , minimal berkata hallo , apa kabar , … kalau kakek dan cucu sudah lama tidak bertemu pasti ada pelukan , ciuman dan keluarlah pemberian kesukaan cucunya , … dst . Demikian juga perjumpaan denganTuhan yang penuh KASIH pasti terjadi saling MEMBERI bukan hanya meminta berkat dari Tuhan saja !

Saat Tuhan mendatangi manusia mengulurkan tangan untuk memberikan kasih dan anugrahNya ;

• Sejak masa P.L Tuhan selalu menawarkan kepada umatNya keselamatan , perlindungan dan jaminan hidup dalam kelimpahan , tetapi sayang umat lebih percaya dan terpukau dengan ikatan-ikatan berhala-berhala yang membelenggu hidupnya walau semua berhala tersebut tidak memberikan jaminan apa-apa bagi masa depan hidupnya . Yesaya 65 : 1-3 .

• Dimasa P.B ini Tuhan menyatakan kasihNya dengan memberikan anakNya jadi korban keselamatan agar lewat darahNya hubungan manusia dengan diriNya dipulihkan , sehingga hubungan yang dulunya JAUH ( karena dosa ) menjadi DEKAT ( karena korban darahNya ) bahkan memberi status baru bagi umat menjadi KeluargaNya . Efesus 2 : 13-20 .

• Korban Yesus adalah untuk memberi ; Kelegaan kepada manusia atas beban dan kebebasan dari ikatan belenggu dosa , dan menawarkan untuk manusia mau mengikatkan diri dalam kendaliNya , sayang umat hanya mau kelegaan saja tetapi tidak mau mengikatkan diri dalam kendaliNya sehingga hidupnya masih dibelenggu kehidupan lamanya . Matius 11 : 28-29 .

• Tidak cukup memberi jaminan pemulihan hidup yang intim dengan diriNya , Tuhan juga memberikan jaminan hidup dalam kelimpahan KASIHNYA baik bagi jiwa ( damai , suka cita ) jasmani ( kesehatan , kebutuhan hidup ) selama ada didalam dunia ini . Yohanes 10 : 10b . bahkan Jaminan hidup sampai didalam kekekalan . Yohanes 10 : 28 .

Pengalaman hidup dalam KASIH dan KEBAIKAN yang Tuhan anugrahkan bisa dialami bagi umat yang TAAT dipimpin dan dibimbing masuk dalam rencanaNya , sebaliknya yang tidak TAAT ia tidak akan menikmati jaminan dan janji-janjiNya . Roma 6 : 16 .

Setiap kehadiran TUHAN untuk menjawab dan memberi kebutuhan hidup seutuhnya . Kidung Agung 5 : 2-7.

• Datang menghampiri umatNya disaat pagi hari dalam taman bunga ( hadiratNya ) tidak dengan TANGAN HAMPA tetapi untuk menyatakan cintaNya , Kidung Agung 7 : 12 . Kebaikan dan rahmatNya yang selalu baru setiap pagi . Ratapan 3 : 22-23 .

• Sayang umat TERTIDUR rohaninya walau hatinya bangun , maksudnya walau hatinya memiliki kerinduan untuk berjumpa Tuhan dengan tangan penuh RUM / bau harum ( doa , pujian dan penyembahan ) tetapi rohaninya tertidur sehingga terlambat MERESPON momentum ( Kairos ) kehadiranNya . ( 2 jam waktu ibadah setiap minggu disia-siakan ) sehingga Kehadiran Tuhan untuk menyatakan kasih dan kebaikanNya terlewatkan .

• Umat mencari hadiratNya ( diluar kehendak Tuhan ) maka ia akan mengalami celaka dianiaya penjaga yang berjaga dimalam hari , penjaga berbicara ; Malaikat kalau dikaitkan berjalan dimalam hari adalah gambaran kuasa gelap iblis , seperti singa mengaum-aum mencari mangsa untuk ditelannya , 1 Petrus 5 : 8 , Berbicara juga ; Umat yang mencari ajaran di LUAR terang kebenaran FirmanNya , membuatnya babak belur / TERSESAT 2 Korintus 11 : 14 .

Jadi jangan sampai kita kehilangan BERKAT Tuhan karena terlambat MERESPON setiap KEHADIRANNYA dengan BAIK dan BENAR , Perhatikan saat kita berdoa , saat membaca Firman , saat memuji dan menyembah Tuhan ( dalam Ibadah ) lakukan dengan segenap HATI bukan karena kebiasaan saja ! maka kita akan menikmati hadiratNya yang membawa kebaikan-kebaikan yang dicurahkanNya !


Datang kepada TUHAN bukan dengan tangan HAMPA

Seharusnya Umat datang kepada Tuhan tidak dengan tangan yang HAMPA , Dimasa lalu harus membawa persembahan dalam bentuk kambing , lembu dan domba . Ulangan 16 : 16 . Dimasa sekarang umat yang datang kepada Tuhan ia seharusnya mempersembahkan HIDUPNYA sampai terjadi perubahan tingkah lakunya , itulah persembahan yang BAIK , BERKENAN dan yang SEMPURNA dihadapanNya . Roma 12 : 1-2 .

Perhatikan ayat dalam Galatia 6 : 7 . Jangan sesat apa yang kita TABUR selama ini saat mendatangi Tuhan ?? kalau kita menabur sesuatu yang berkenan dihadapanNya ( Hidup kita ) tidak akan sia-sia semua diperhitungkan Tuhan sampai tiba masanya kita akan menuai hasil yang berlimpah-limpah , sebaliknya kalau tidak menabur maka kita juga tidak akan melihat apa-apa .

Lewat mulutnya

Umat seharusnya datang kedalam hadiratNya dengan memberi pujian dan penyembahan , sebagai rasa syukur dan trimakasih atas semua yang sudahTuhan berikan dalam hidupnya ,

• Setiap umat datang masuk pintu anugrahNya dengan membawa pujian dan syukur kepada Tuhan dengan suka cita atas segala kasih dan anugrahNya , lewat pujian atau mazmur serta diiringi musik . Mazmur 100 : 4 . Hati yang penuh dengan pujian , syukur atas segala kasih dan anugrahNya yang sudah diberikan dalam hidupnya selama ini , Mazmur 107 : 22 .

• Pemazmur mengajarkan segala mahluk , segala yang bernafas , segala ciptaanNya , pohon , gunung juga bersorak sorai memuji Tuhan atas segala kebaikan , kebesaran kasih dan kuasaNya . Mazmur 98 : 8 ; Yesaya 55 : 12 .

• Umat seharusnya memuji Tuhan baik saat duduk , berdiri sampai tidur seharusnya tetap memuji dan menyembah karena Tuhan itu baik dan rencanaNya agung ! Mazmur 149 : 1- 5 . Bahkan segala yang bernafas sewajarnya melayani dan menyenangkan hati Tuhan , sebagai rasa syukur dan terimakasih atas keselamatan , kebaikan , perlindungan dan rencana yang Tuhan siapkan bagi hidup dan masa depannya . Mazmur 150 : 6 .

Melalui Matanya

• Tuhan mengatakan , MATA adalah pelita kehidupan , jika matamu baik maka teranglah seluruh tubuhmu , tetapi jika matamu jahat gelaplah tubuhmu / seluruh hidupnya . Lukas 11 : 34 , Jadi cara pandang tentang hidup ini mau dipimpin KEBENARAN FirmanNya atau tidak , karena hal tersebut menentukan masa depan hidupnya dibawa dalam kemuliaanNya atau tidak !

• Seharusnya kita belajar dari pemazmur yang mengatakan ; Singkapkanlah mataku , supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari tauratMU , Habislah mataku merindukan janjiMu , aku berharap kepada FirmanMU . Mazmur 119 : 18 , 82 . Mata yang bersih ia akan melihat betapa KEBENARAN FirmanNya membimbing dan menjawab masalah kehidupan ini .

• Resiko tidak memperhatikan penglihatan dengan benar , Matius 5 : 29 , Maka jika menyesatkan cungkillah dan buanglah , karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu dengan utuh masuk neraka . Ini adalah anjuran sekaligus peringatan agar memperhatikan cara pandang tentang kehidupan ini !

Dengan Telinganya

• Tuhan mengajarkan kepada kita untuk memperhatikan perkataan Tuhan dan mengarahkan telinga kepada ucapanNya dan menjadikan itu bagian hidup kita agar kita bisa memperoleh kesehatan bagi seluruh kehidupan . Amsal 4 : 20-22 . bagaimana kita merespon saat mendengarkan KEBENARAN FirmanNya menentukan pemulihan semua aspek kehidupan ini !

• Belajar dari Amsal 21 : 13 . Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah , tidak akan menerima jawaban kalau ia sendiri berseru-seru . Demikian juga kalau kita tidak peduli saat diumumkan untuk mengulurkan tangan , berpartisipasi membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan kita , maka saat kita membutuhkan uluran tangan orang lain Tuhan tidak akan menggerakkan hati orang lain untuk menolong kita . ( hukum tabur dan tuai )


Melalui kakinya

• 1 Samuel 2 : 9 , Langkah kaki orang – orang yang hidup dalam KETAATAN maka ia akan dikasihiNya dilindungiNya , tetapi orang Fasik ( tidak taat Firman ) akan mati binasa dalam kegelapan , sebab bukan oleh kekuatannya sendiri seseorang bisa berkuasa atau sukses dalam hidup ini . Maka Tuhan akan menuntun kaki orang yang berjalan dijalan-jalanNya . Sehingga kakinya tidak akan goyah . Mazmur 66 : 9 .

• Tuhan berkata alangkah indahnya kaki yang melangkah untuk memberitakan injil kepada bangsa-bangsa dipulau-pulau . Yesaya 52 : 7 . Ini berbicara ; hidup sebagai umat harus menjadi saksi , Kerelaan untuk membritakan Injil . Efesus 6 : 15 , puji Tuhan kita bisa melaksanakan itu dengan mendukung pelayanan 5 orang yang mengemban Misi Agung Kerajaan Allah , lewat DANA maupun DOA kepada mereka !

• Ayub 29 : 5 , Aku menjadi kaki bagi orang buta dan kaki bagi orang lumpuh , Ayub menjadi berkat bagi banyak orang baik yang buta maupun yang lumpuh . Ayub menyaksikan hidupnya yang suka menolong orang lain baik yang tidak tahu akan kebenaran ( bersaksi ) dan menjadi motifator bagi yang letih dan lesu menjalani hidup ini . kita bisa belajar kepada Ayub yang hidup menjadi berkat bagi banyak orang !

Dengan tangannya .

• Umat yang tahu pentingnya perbuatan tangan , ( perbuatan dalam hidup ) ia akan berseru kepada Tuhan , teguhkanlah perbuatan tangan kami , ya perbuatan tangan kami teguhkanlah itu . Mazmur 90 : 17 . Menyadari perlunya tuntunan dan bimbingan Tuhan agar perbuatan kita menjadi berkat bagi orang lain dan memuliakan nama Tuhan !

• Sebab menyadari hanya orang yang bersih tangannya dan murni hatinya yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan dan yang tidak bersumpah palsu . dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia . Mazmur 24 : 4-5 .

• Tuhan yang mengajar tangan kita untuk berperang , ( ketrampilan dan keberhasilan usaha karena dilatih , di pimpin Tuhan ) dan melatih jari-jari ( perbuatan ) untuk berguna bagi kelebaran dan kebesaran kerajaan Allah . Mazmur 144 : 1 .

Menyediakan waktu .

Setiap hari kita memiliki waktu 24 jam , berapa banyak waktu yang kita persembahkan kepada Tuhan sebagai persembahan yang hidup ?

• Waktu untuk melayani TUHAN secara pribadi dengan cara ; Membaca isi hati Tuhan ( Alkitab ) , doa , memuji dan menyembah Tuhan , itulah hubungan pribadi yang akan membuat PERUBAHAN cara berpikir , melihat dan gaya hidup yang berbeda dengan manusia pada umumnya dan yang akan membawa hidupnya kepada keberhasilan dan kesuksesan karena tahu bagaimana hidup yang berkenan dihadapan Tuhan . Mazmur 1 : 1-3 .

• Waktu untuk melayani PEKERJAAN TUHAN , sesuai dengan TALENTA yang sudah Tuhan percayakan dalam hidupnya , Matius 25 : 14 . sehingga sebagai bagian Tubuh Kristus berfungsi dan berguna semua kearah YESUS sebagai kepala Gereja . Efesus 4 : 11-16 .

Lewat hartanya

• Pemulihan diawali dengan KORBAN , Contoh ; pada waktu bangsa Israel mengalami kekeringan selama 3 ½ tahun , waktu itu umat rela memberikan AIR atas permintaan Elia ( air pada masa itu sangat berharga karena kekeringan ) semua air diberikan bagi KORBAN persembahan kepada Tuhan , sampai 3 kali . 1 Raja-Raja 18 : 32-34 .

• Mazmur 126 : 1-6 , Juga mengingatkan pemulihan segala sesuatu terjadi dalam hidup umatNya yaitu ; Saat mau menabur walau kondisinya sedang susah , ( mencucurkan air mata ) maka umat akan menuai hasil berlimpah-limpah dengan bersorak sorai !

• 2 Korintus 9 : 10 , Menjelaskan sesungguhnya saat Tuhan memberikan berkatNya kepada umat , didalamnya ada BENIH untuk ditabur agar umatNya memperoleh hasil yang berlipat ganda dan ROTI untuk dimakan .

Pola ini dicontoh iblis , dengan mengarahkan pengikutnya setiap hari membawa korban ditempat tertentu , pohon keramat , kuburan yang dikeramatkan , perempatan jalan , sendang , pancuran tempat mandi , bulan tertentu membawa korban-korban , saat mau tanam , mau panen dan sesudah panen dllnya .

Semua yang Tuhan kehendaki baik jalan-jalan yang harus di jalani umatNya , maupun kasih anugrahNya yang disediakan dengan limpah bisa dialami umat yang memiliki KEPERCAYAAN ( Iman ) bahwa apa yang Tuhan katakan , janjikan pasti digenapi . Ayub 42 : 2 ; Yesaya 55 : 11 .

Kalau Tuhan setiap datang kepada kita memberi anugrahNya yang terbaik , maka seharusnya sebagai umat yang bersyukur atas segala kebaikanNya sudah selayaknya kita juga memberi persembahan semua aspek hidup kita sehingga berkenan dihadapanNya . Roma 12 : 1-2 . Amin .