Perlu atau tidakkah bangunan Gereja memakai Salib?

Sodara/i, minta tolong sharingkan link ttg hal ini jika sudah pernah dibahas… maklum newbe.

Coz, pada akhir2 ini, makin banyak tempat (gedung/rumah/ruko/mall dll) yg digunakan sebagai tempat ibadah tanpa lambang Salib. Padahal, menurut hemat saya, lambang tersebut sangatlah penting.
Mohon pencerahan …

Pertama dulu ya, hehe :slight_smile:
kalo menurut saya, salib itu cuma sebuah lambang/simbol, jadi perlu gak perlu, kalo mau di pasang boleh, kalau tidak juga tidak apa. Yang pentingkan iman kita terhadap TUHAN, bukan simbolnya.

Menurut saya pribadi, tidak perlu.

sebagai contoh andai waktu itu Yesus (Tuhan kita) mati bukan di salib tapi di bacok oleh pemerintah roma saat itu maka untuk mengenang Yesus yang mati untuk kita maka kita memakai simbol golok. wah apa kata dunia…

jadi salib tuh dulunya untuk mempermudah penyebaran ajaran kristen sendiri karena pada waktu penyebaran banyak orang yang buta huruf maka di buatlah replika seperti salib dan gambar atau patung Yesus untuk mempermudah penyebaran ajaran kristen. gitu… Hukum Tuhan juga sudah jelas kalau kita kita tidak boleh membuat patung, batu terukir(gambar). mungkin kita mengagap itu sebagai simbol atau assesoris, tapi itu akan menjadi batu sandungan bagi orang lain(karena kita di tuduh menyembah patung atau gambar).

sekian
salam pepenk
semoga bermanfaat, tolong diingatkan kalau saya salah…

JB all

shalom

@kawan baik : yang penting kan memuja Tuhan Yesusnya, bukan salibnya. Jangan jadikan itu berhala.
hmm coba buka kisul 10 :39 versi KJV bahasa english trus doa minta hikmat dari Tuhan Yesus tentang ayat itu. ok GBU

  1. And we are witnesses of all things which he did both in the land of the Jews, and in Jerusalem; whom they slew and hanged on a tree:
    (KJV)
    10:39 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib. (LAI)

@SH, bukankah ayat ini adalah penegas bahwa kita harus menjadi saksi? Sepertinya tidak ada kaitan dengan lambang salib.

benar…
lebih aman pake tanda salib :afro:

Kalau tidak ada Salib… jangan ikut masuk bro…
(dikawatirkan bukan Gereja Kristus)

karena gereja setan pun juga berlambang salib (tapi kebalik)

:slight_smile:

Shalom kawan baik,

Yagh, doa aja ama Tuhan Yesus minta hikmat atas ayat itu. Pasti dijawab ama Tuhan Yesus dengan caraNya yang ajaib. Sabar aja, kalau kita minta maka akan diberi. :slight_smile:

GBU

Gak mau ah… ntar Tuhan Yesus marah ama saya…“hey Kawanbaik! Koq kamu ngartiin Firman Tuhan secara harafiah aja?..”

Sepertinya bro Rod udah ngendus maksud saya… (sorri kalo saya salah duga…)

wkwkwk… gue se7 ;D ;D