Pernikahan setelah bercerai akibat zinah

Mohon maaf saya membuka topic baru lagi, karena saya bingung membaca dari thread2 yang terdahulu…

Saya orang yang diceraikan oleh istri dengan alasan karena mantan istri saya merasa saya tidak mampu untuk membahagiakan dia dalam faktor ekonomi, sehingga mantan istri saya mencari pegangan hidup yang baru dan karena kasih Tuhan yang baik sehingga saya bisa mengetahui bahwa mereka sempat melakukan hubungan badan sebelum perceraian terjadi.

Saya sudah berusaha mengajak mantan istri saya untuk berkonsultasi di gereja dimana kami dulu menikah, dan kesimpulan dari pembicaraan tersebut adalah mantan istri saya kehilangan kepercayaan terhadap saya dalam faktor ekonomi dan orang ke-3 tersebut sebagai pelariannya.

saya sudah berusaha memperjuangan agar perceraian tersebut tidak terjadi, dan saya akhirnya saya mendapatkan pekerjaan yang layak yang bisa menopang hidup kami, tetapi berita baik tersebut ternyata tidak membuahkan hasil apa2, mantan istri saya tetap berkukuh ingin bercerai, dan singkat cerita mantan istri saya mengurus semua perceraian dan meminta untuk saya tidak hadir dalam persidangan, sehingga keputusan perceraian di sah kan oleh pengadilan.

Sekarang saya sudah bertobat dengan segala kesalahan saya yang lama dan menata hidup saya kembali dan sudah siap jika menemukan pasangan yang baru

nah yang menjadi pertanyaan adalah : apakah saya bisa menikah kembali ?

Shalom Bro Rendy,
kalau semua sudah terjadi dan ro udah benar2 bertobat dari kehidupan yang lama … maka kalau menurut saya jawabnya BOLEH nikah lagi . dasarnya adalah Matius 5:32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.
Gitu aja Bro, jangan ragu dan ikutlah TUHAN YESUS dengan benar2 mengasihi TUHAN .
JBU .

bro rendy

read this heartfully :slight_smile:

1Kor 7:10-11
10) Kepada orang-orang yang telah kawin aku–tidak, bukan aku, tetapi Tuhan–perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya.
11) Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.

  1. Suami-istri kagak boleh cerai.
  2. Tapi klo udh keburu cerai kek kasus bro rendy gmn?
  3. Bible bilang “harus tetap hidup tanpa istri/suami” a.k.a stay single OR berdamai (rujuk)

choice is yours my brother in Jesus :slight_smile:

@rendy
ga usah takut broooo… TUHAN pasti mendukungmu… Amminnn…

Kan bukan saya yang menceraikan… :smiley: jadi ngak ada aturannya dunk ya??? ;D

Shalom Bro Rendy ,
Yang perlu dipertimbangkan adalah anak2 gimana ?( kan bro nggak ceritakan ) Gimana bila bro sudah nikah lagi tapi suatu ketika Istri bertobat minta rujuk , hayooo ?! Memang nikah lagi boleh (karena dia melanggar ayat yg aku Copas kan ) tapi lebih baik tetap sendiri membesarkan anak2 ( bila ada ) doakan ibunya anak2 agar bertobat…
Tunjukkan kasih Bro terhadap anak2 dan istri ( mungkin Bro sudah Hopeless mana mungkin Istri kembali , tapi bila Bro benar2 mengasihi dia dan bawa dalam doa terus menerus maka TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI ORANG PERCAYA )
JBU

Oh iya lupa… saya belum punya anak dari pernikahan tersebut, dan mantan istri saya kayanya sudah hidup dengan keluarganya yang baru.

Markus 10:12
Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah."

Mat 19:7-9
7 Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?”
8 Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.
9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

1 Korintus 7:10-16
7:10 Kepada orang-orang yang telah kawin aku – tidak, bukan aku, tetapi Tuhan – perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya.
7:11 Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.
7:12 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.
7:13 Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.
7:14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.
7:15 Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera.
7:16 Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?

Menurut saya tidak bisa. Entah menurut yang lain. Ini opini pribadi soalnya… ^___^

mohon maaf pak, saya tidak melihat dari ayat yang bapak lampirkan untuk menjawab pertanyaan saya pak dengan kasus saya… tapi terima kasih atas masukkannya

Tenang aja bro … boleh menikah lagi soalnya dalam kasus ini yang berzinah kan istri anda… berarti anda boleh nikah lagi… mengenai istri anda yg menikah lagi itu urusan dia dan dosanya sendiri ditanggung sendiri… so jangan ragu … TUHAN YESUS memberkati…

kan ayatnya cuma bilang “jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya”

artinye mnt ane, apapun alesan CERAI (suami ato istri yg cerain pasanganya)… klo udh terlanjur CERAI… maka KUDU STAY SINGLE or BERDAMAI.

once again…terserah bro, kan ente yg menjalani brother :slight_smile:

Ya udah bro kalau udah kebelet hehehe :cheesy: ;D ( kita tahu kok , kalau laki susah tahan bertarak kata paulus juga gitu :rolleye0014: ) tapi yang ini :Gimana bila bro sudah nikah lagi tapi suatu ketika Istri bertobat minta rujuk , hayooo ?! harap siap jawabannya yah jangan cuma enaknya hahaha ;D
JBU.

hihiihih… kebelet sih ngak mas bro… ya saya sih ngak tau apakah mas bro bisa menerima kembali istri yang sudah berzinah dan hidup dengan orang lain dan meminta kembali datang untuk hidup dengan mas bro?.. hayooo… coba dech dipikirin…

mas bro… saya sih bukannya mau ngeyel ya… cuma mau tukar pikiran nich… kl di ayat itu kan sudah jelas “ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya”

saya yakin mas bro punya keluarga yang bahagia yang sakinah marwadah dam warokah, tapi coba kondisikan mas bro dalam posisi saya…

Okay deh kebelet sich nggak mas Bro cuma udah di PUCUK hahaha… Kalau Mas Bro sich sebagai manusia darah & daging tidak akan sanggup , tapi mas Bro juga punya Roh Kudus yang akan MENYANGGUPKAN menerima istri kembali dalam pangkuan mas Bro hehehe … bukan cuma Theory Oom Rendy , tapi Mas bro cuma belajar taat " BERSAMA YESUS KITA CAKAP MENANGGUNG SEGALA PERKARA " Jreng ! gitu loh Oom , boleh mas bro nembang :
Sgala Perkara , kutanggung dalam DIA …
Didalam kekuatan KASIH NYA …
Sorry udahan dulu tiba2 Roh Kudus turun nich … waktu aku nyanyi lagu ini, please jangan daging kuat roh lemah…
Out JBU

okewdeh mas bro gangga… thanks untuk masukkannya… GBU too…

can’t imagine what it feels like… yang sabar ya bro, berarti Istri bro gak menerima bro apa adanya lagian bukankah hidup ini untuk meyakinkan diri kita sendiri bahwa hanya Tuhan yang menerima kita apa adanya?

istri bro memang selingkuh, tapi Tuhan Yesus gak bakal selingkuh dari kita…

untuk boleh nikah ato gaknya, bro baca di matius pasal 19 aja ya… jadi speechless nih pas baca thread ini, tega nian mantan istrinya bro itu :frowning:

OMG… :mad0218:

7:32 Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan kepadanya.
7:33 Orang yang beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan isterinya,
7:34 dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya.
7:35 Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.

lu punyak hak kebebasan untuk memilih…tp semua ini sudah di peringatkan sebelumnya.
di dalam Alkitab gak ada perintah untuk menikah lagi…hal ini di maksudkan spy tdk terjadi penyalahgunaan perceraian dan menikah berkali2…pastinya itu tidak di sukai TUHAN.

kita sudah dibayar lunas sama YESUS…jadi lebih baik berikanlah hak kita kepada YESUS saja.

sebaiknya tinggal dalam keadaan sekarang ini aja bro…
lu gunakan untuk lebih dekat lagi kpd TUHAN, jgn dulu berpikir ingin memiliki istri :smiley:

setuju sama si sudunk.

apalagi si bro rendy ini kan juga blom lama cerainya, takutnya ntar malah cuman sekedar pelarian ajah. lebih baik, menata hati dan fokus untuk lebih dekat ke Tuhan Yesus lebih dulu. coz, dengan deket sama Tuhan, akan jadi lebih tahu yang Tuhan mau.

but, semuanya kembali kepada bro rendy. the choice is yours.

@sudunk : wah bagus banget ayatnya… itu di kitab mn bro? :slight_smile: