Persatuan Katolik-Protestan : Gereja Sudah Terlanjur Terbagi dan Terserak-serak

Gereja yg disebut berhaluan ‘Protestan’ itu sangat banyak sekali denominasinya (maksud saya denominasi seperti : karismatik/modern, Pentakosta, hkbp, baptist, reformed, anglikan, methodist, presbiterian, advent, gereja2 yg masih sangat tradisional/kedaerahan pun ada, dll gak tau lagi karna masih banyak lagi jenis yg lain). Kalau Katolik tidak ada istilah denominasi. Gereja Katolik Roma itu sendiri satu2nya denominasi tunggal dalam Katolik (harap koreksi jika salah).

Soal Denominasi2 dalam agama protestan, kalau disuruh bersatu seluruhnya sudah tidak mungkin terjadi lagi, karena masing2 ada sejarahnya, ada perbedaan, kehendak bebas dan preferensi yg harus dihormati. Semuanya berdiri karena latar belakang tertentu dan demi manfaat penyebaran Injil juga. Kalau dipaksakan semuanya bersatu di bawah payung misalnya “Gereja Protestan Universal” (contoh aja sih) malah akan berantem semuanya. Itu sudah sulit sekali. Gak tau deh siapa yg mau mengalah untuk ajarannya ditiadakan demi persatuan gereja protestan universal yg cuma dalam mimpi itu.

Itu di dalam tubuh Protestan aja uda cukup beranekaragam, ada yg hampir2 sama tapi ada juga yg saling berbeda sekali. Nah gimana lagi perbedaan dengan Katolik? Perbedaan Katolik Roma dengan Protestan lebih banyak lagi, walau sama2 percaya Tuhan Yesus. Oleh karena itu persatuan Katolik dengan Protestan jauh lebih tidak mungkin terjadi. Siapakah yg mau ‘mengalah’, kayaknya gak mungkin ada Kristen yg netral (tidak Katolik, tidak Protestan).

Jadi sekali lagi perbedaan itu terjadi karena latar belakang tertentu seperti sejarah, kehendak bebas (terutama dalam menafsir), manfaat dalam penyebaran Injil, dan juga karena ego masing2 utk keluar dan memecahkan diri dari induknya. Kita ambil hikmahnya aja.

Kelihatannya memang enggak mungkin lagi Gereja Roma Khatolik bersatu dengan Gereja Perdana ( tertulis : KPR ) dikarenakan freewill ego keluar dan memecahkan diri sehingga kalaupun coba disatukan malah akan baku hantam karena entah siapa yang mau mengalah dengan ajarannya yang mau ditiadakan demi persatuan gereja yang cuma dalam mimpi itu.

:smiley: ambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

tak perlu jadi satu secara organisasi juga, gak perlu dan gak efisien

step awal menyadari kalau smua sama2 mencari Kristus walaupun tata cara ibadahnya dan mgkn doktrinnya ada perbedaan yang gak prinsipil

asal itu aja udah bisa, we already make a new generation

berarti GRK itu memecahkan diri dari gereja perdana ya. ada benarnya juga sih. GRK memang bukan yg pertama. yg pertama itu adalah gereja para rasul (dan para penerusnya) sampai skitar akhir abad ke-4 (atau awal abad ke-5). kita gak pernah tau gereja yg pertama itu mirip katolik yg sekarang atau tidak.

Jika memang memiliki kesadaran untuk bersatu seharusnya bermuaranya di Gereja Perdana ( tertulis di KPR ) dan bukannya menjadikan dirinya sebagai muara.

Coba baca surat paulus ini…

Efesus 2:19-21 (TB)
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

Dimana adanya dasar para rasul dan para nabi dapat ditemukan ? jawabannya : ya hanya di Alkitab.

Itulah sebabnya Gerakan Protestan mengusung prinsip sola scriptura karena sebagaimana tertulis di Efesus 2:19-21 bahwa keluarga Allah seharusnya dibangun di atas dasar para rasul dan nabi.

Lalu bagaimana kenyataannya ?

Ajaran Gereja Khatolik Roma sudah banyak yang menyimpang dari dasar para rasul dan nabi dimana secara jelas para rasul yang adalah sebagai gembalanya Gereja Perdana.

Maka tercetuslah Gerakan Protestan yang dengan gagah berani berunjuk gigi dengan resiko mati martir pada masa itu.

Namun Gerakan Protestan ini pun ditolak mentah-mentah dan malah dilabeli sebagai bidat sesat oleh Gereja Khatolik Roma.

jadi sekali lagi silahkan diambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

sekarang gereja perdana dimana bro?

kalau memang ngga bisa bersatu, paling tidak tolong informasikan ke pendeta, kalo kotbah ngga usah bawa bawa ajaran katolik (masalahnye pemahaman die kaga beres, gue dengernye geli :slight_smile: )

kesannye biar umat die tau , ajaran katolik salah, jadi kotbahnye paling top. haaaadeeeehhh …

Menurut anda Yesus mendirikan jemaatNya dimana ?

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Wah… klo jemaat digereja saya sih rata2 sudah pada tahu sejarahnya dan GRK itu ajarannya menyimpang…

Sudah bukan rahasia umum lagi kok… :smiley:

Malah ada tuh ex jemaat GRK yang sekarang beribadah di gereja saya karena mengalami baptisan ROH KUDUS setelah manifestasi pelepasan roh jahat dari lembah karmel yang telah merasuk tubuhnya.

Ah… sudahlah… anda kan alergi dengar yang beginian… :smiley:

Ps : Bagi saya pribadi, makin ajaran gereja saya dibawa2 maka saya akan makin senang… entah itu yang bawa2 adalah gereja setan sekalipun…

karena saya percaya ada kuasa ROH KUDUS yang bekerja…

Lukas 8:16-17 (TB)
"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.
Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Saya bantu jawab ya. Yang pasti bukan gereja Protestan :slight_smile:

Salam.

@Sotardugur Parreva urun rembug.

Bukan untuk mengkoreksi, kita bebas menerima informasi apa saja. Yang penting, gunakan nalar sehat, mengapa menerima informasi tertentu.
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, diakses 10-8-2019, begini:

Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut: • Perpecahan pertama pada gereja terjadi pada saat Konsili Efesus (431), yang menyatakan status Perawan Maria sebagai Theotokos (Bunda Allah). Kebanyakan yang menolak hasil keputusan ini adalah Kristen Persia, gereja yang sekarang dikenal sebagai Gereja Timur Asiria. • Perpecahan berikut terjadi setelah Konsili Khalsedon (451). Konsili ini menolak Monofisit. Umat Kristen yang menolak ini dikenal sebagai Komuni Oriental Ortodoks. • Perpecahan besar pertama dalam Gereja Katolik terjadi pada abad 11. Masalah perbedaan doktrin tentang rumusan Pengakuan Iman Nicea-Konstantinopel (lihat filioque). Gereja Katolik pun terbagi menjadi dua, yaitu "Barat" dan "Timur". Inggris, Prancis, Roma dan negara-negara Skandinavia termasuk Gereja "Barat" (Gereja Katolik Roma). Sedangkan Yunani, Rusia, Suriah, Mesir termasuk dalam Gereja "Timur" (Gereja Ortodoks Timur). Perpecahan ini dikenal sebagai Skisma Timur-Barat. • Perpecahan terbesar dalam Gereja Katolik Roma terjadi pada abad ke-16 dengan adanya Reformasi Protestan yang dipicu oleh Martin Luther melalui 95 Dalilnya. • Perpecahan terakhir terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan dengan Paus karena permintaannya untuk menikah kedua kalinya sementara istri pertamanya masih hidup ditolak. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan Inggris. Seluruh grup di atas kecuali Protestan masih menyebut persekutuan mereka sebagai Katolik. Dewasa ini, semakin banyak Gereja-Gereja Timur dan Komuni Anglikan yang kembali ke dalam persekutuan penuh dengan Gereja Katolik Roma, namun dengan tetap mempertahankan tata cara beribadah mereka.

Artinya, para pegiat denominasi-denominasi itu mengutamakan hal yang diinginkannya.

Bagaimana menilai ketidaknetralan atau kenetralan?
Kenetralan atau ketidaknetralan itu boleh mencontoh keberhadiran Tuhan Yesus Kristus di dunia. Umumnya, sebagian besar menilai keberhadiran Tuhan Yesus Kristus di dunia adalah baik untuk semua. Tetapi faktanya, Yesus Kristus malah disalibkan.
Berefleksi dari situ, Gereja yang didirikan Tuhan Yesus Kristus juga akan mengalami hal yang sama. Walau memberikan yang baik untuk semua, faktanya, ada keinginan-keinginan lain menggerogoti, sehingga muncul kelompok-kelompok baru.

Menurut pendapatku, akan tiba waktunya, manusia tidak akan abstain, melainkan harus memihak kepada Tuhan dan segala ajaran dan perbuatan-Nya, atau berseberangan.

Salam damai.

Kupikir, yang kucoklatkan itu ditulis bukan dengan nalar sehat. Sebab, Gereja Perdana sudah ditinggal waktu. Gereja Perdana belum mengenal alat musik modern, belum mengenal listrik, belum mengenal banyak hal yang ditemukan para penemu. Mustahil Gereja zaman ini kembali menjadi identik dengan Gereja Perdana.
Tulisan itu memuat bersatu dengan Gereja Perdana. Itu menyiratkan arti bahwa seolah-olah Gereja Perdana masih disebut sebagai Gereja Perdana dewasa ini. Tulisan yang di luar nalar sehat. Gereja Perdana nyata-nyata sudah berdinamika meninggalkan keperdanaannya mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan penemuan-penemuan para penemu.

Atau, mungkin, penulis yang kucoklatkan itu tidak mengerti hal yang ditulisnya.

Tentang ketidakmungkinan bersatunya pengikut Kristus, itu adalah pikiran manusia. Jika mencermati Perjanjian Baru, pengikut Kristus dikehendaki Tuhan Yesus Kristus cuma satu. Digambarkan sebagai Tubuh Kristus yang mempunyai banyak anggota tubuh, bukan banyak tubuh. Maka, kupikir, penyatuan semua pengikut Kristus dalam satu tubuh, dikembalikan kepada kehendak masing-masing orang yang menganggap diri tokoh. Mereka hendak menuruti kehendak Tuhan atau menuruti kehendak diri sendiri? Kehendak Tuhan nyata-nyata menginginkan pengikut-Nya hanya sola satu, seperti esa-Nya Tuhan.

Salam damai.

Informasi yang disampaikan oleh tulisan ter-quote di atas, berbeda dengan Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga yang telah dikemukakan di pos#10. Menurut penangkapanku, pos#10 itu menunjukkan adanya kelompok yang eksis sejak berdiri meski ditinggalkan oleh berbagai kelompok. Kelompok yang pertama berdiri itu bukan memecahkan diri dari, melainkan ditinggal pergi oleh kelompok baru.
Hanya pemilik nalar kurang sehat mengartikan bahwa dari sejarahnya diketahui, kelompok pertama memecahkan diri dari Gereja Perdana. Faktanya, Gereja Perdana berdinamika sesuai dengan perkembangan zaman, dan ditinggalkan oleh para kelompok yang didominasi oleh pikiran perorangan.

Salam damai.

@Sotardugur Parreva nimbrung.

Informasi penyimpangan GRK yang Anda terima di kelompok Anda bersumber dari siapa? Sudah pernah dibandingkan dengan informasi umum?

Maksud Anda?
Jika bukan rahasia umum, lantas menjadi rahasia perorangan?
Atau bukan rahasia siapa-siapa, umum atau perorangan?
Kupikir, akurasinya perlu diuji dengan pengetahuan umum.

Menarik.
Agar tidak menjadi isapan jempol, kiranya perlu Anda kemukakan testimoni sendiri oleh orang tersebut, agar obyektif. Jika hanya informasi Anda mengkambinghitamkan orang yang Anda bentuk di benak Anda, cara begitu bukan karakter Kristiani.

Maksudnya?
Terasa semakin mengambang.
Tulisan Anda dilatari nalar sehat, bukan?
Kenapa ngambang, ya?

Maksud Anda, Anda setuju dan menerima ajaran yang diajarkan oleh pihak yang tidak kompeten?
Itu berbeda dengan yang berterima umum.
Seorang Sarjana Ekonomi, walaupun mengetahui Hukum Dagang misalnya, namun pemahamannnya tentang Hukum Dagang itu menjadi tidak berarti jika dibandingkan dengan pemahaman seorang Sarjana Hukum.
Demikian pula halnya, jika Anda mempercayai informasi mengenai suatu kelompok yang diceritakan oleh pihak yang bukan anggota kelompok yang diceritakan, nilai informasi yang Anda terima itu tidak berarti.

Bagus jika Anda benar-benar percaya pada kuasa Roh Kudus.
Konfirmasikan, Anda yakin?
Anda setia pada Roh Kudus?

Apa kaitan penyalaan pelita dengan pengabaran suatu informasi oleh orang yang bukan anggota kelompok yang diinformasikan?
Rasanya, Jaka Sembung naik ojek.

Salam damai.

Logis.
Protestan muncul abad XVI.
Mustahil kelompok yang berdiri abad XVI disebut Gereja Perdana.

Salam damai.

Oh jadi perpecahan gereja khatolik roma dengan gereja perdana adalah diakibatkan hal diatas.

baiklah jika itu yang menjadi pengertian anda.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

And sehat?
Hal di atas mana yang Anda maksud?
Yang Anda quote atau yang mana?
Yang Anda quote tidak memuat perpecahan Gereja Katolik Roma.
Yang ku-quote dari Wikipedia itu berjudul Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut: Tidak ada tercatat Gereja Katolik Roma di judul tersebut. Syukur jika Anda mengartikan yang tertulis di sana Gereja, Anda artikan sebagai Gereja Katolik Roma.
Jika Anda membacanya dengan menggunakan nalar sehat, yang dinamakan Gereja pada uraian menjelaskan judul tersebut tidak pecah walaupun judulnya mencatat “Perpecahan”. Penjelasan judul tersebut menginformasikan bahwa kelompok yang berdiri pertama berulang-ulang ditinggalkan oleh berbagai kelompok, dan kelompok yang meninggalkan tidak menyatu. Masing-masing kelompok yang meninggalkan, berdiri secara mandiri, masing-masing independen. Dengan demikian, kelompok yang menamakan diri sebagai kelompok pengikut Kristus menjadi banyak.

Alkitab.

Alkitab dibandingkan dengan informasi umum ?

Bagaimana menurut anda ?

Apa hubungannya dengan Alkitab.?

Ada yang menyaksikannya sendiri lalu mengatakan itu hipnotis ? bagaimana anda mengkonfirmasinya ?

Apa dasarnya ?

Bagaimana dengan tulisan anda ?

itu yang anda rasakan ? bagaimana bisa ?

Apa hubungannya dengan Alkitab ?

Bagaimana ketersambungannya ?

Apa hubungannya dengan Alkitab ?

Anda mengatakan bagus atau tidak sekali tidak berfaedah.

Ya itu yang saya saksikan.

Kesetiaan diuji oleh waktu

siapa yang tahu hari esok ?

Bagaimana anda dapat menghubungkannya dari hal yang tidak saya maksudkan ?

Bicaralah yang sehat…

bila anda butuh dukungan doa silahkan masuk ke ruang doa.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Saran saya untuk anda,

Sebaiknya anda perbaiki terlebih dahulu penalaran anda terhadap suatu statement sebelum anda mengomentarinya.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Sejarah Gereja Katolik Roma tidak dicatat secara khusus di Alkitab.

Jangan blo’on.
Anda menulis bahwa Informasi penyimpangan Gereja Katolik Roma yang Anda terima di kelompok Anda bersumber dari Alkitab.
Silahkan kemukakan, di bagian mana di Alkitab dikisahkan tentang penyimpangan yang diberitakan di kelompok Anda, sehingga jemaat di gereja Anda rata2 sudah pada tahu sejarah GRK.

Lhoh, kenapa bertanya balik?
Pertanyaanku bersumber dari tulisan Anda, bahwa sejarah Gereja Katolik itu bukan rahasia umum.
Kukonfirmasikan, kenapa Anda bertanya balik?

Jika benar Informasi penyimpangan yang Anda terima di kelompok Anda bersumber dari Alkitab, tunjukkan bagian Alkitab yang menginformasikan penyimpangan termaksud.
Kuduga, Anda mengada-ada menulis bahwa Informasi penyimpangan Gereja Katolik Roma yang Anda terima di kelompok Anda bersumber dari Alkitab. Alkitab tidak menceritakan penyimpangan yang Anda terima di kelompok Anda.

Anda mempercayai hipnotis, lalu bersaksi di forum terhormat ini?
Anda Kristiani benaran atau penganut hipnotisme? :smiley:

Kutanyakan maksud Anda menulis: Ah… sudahlah… anda kan alergi dengar yang beginian…
Maksud Anda, @Iceng itu alergi dengar apa?
Mendengar adanya penganut Katolik meninggalkan Gereja dan masuk ke kelompok yang menamakan diri pengikut Kristus? Kayaknya, tidak alergi, walaupun menyesalkan keluarnya orang itu dari Gereja. Yudas Iskariot saja yang dipilih langsung, saat hendak meninggalkan kelompok tidak dihalangi Yesus Kristus.

@Sotardugur Parreva menggunakan nalar sehat.
Maka kutanyakan Informasi penyimpangan GRK yang Anda terima di kelompok Anda bersumber dari siapa? Pertanyaan itu kudasarkan pada tulisan Anda : jemaat digereja saya sih rata2 sudah pada tahu sejarahnya dan GRK itu ajarannya menyimpang. Tulisan Anda itu menyingkapkan bahwa di kelompok Anda, sering dibicarakan atau dikhotbahkan tentang Gereja Katolik Roma, seolah mengetahui sejarah Gereja Katolik Roma. Maka kutanyakan, sudahkah dibandingkan informasi tersebut dengan informasi umum?
Lalu Anda menulis bahwa sumber informasi penyimpangan Anda terima dari Alkitab.
Sependek pengetahuan saya, sejarah Gereja Katolik Roma tidak dicatat secara detil di Alkitab.
Nah, karena itu kutanyakan, “Anda sehat?”
Alkitab tidak menceritakan sejarah Gereja Katolik Roma secara detil dari awal sampai dewasa ini. Cikal bakal Gereja, diceritakan. Secara khusus sejarah Gereja Katolik Roma tidak diceritakan. Nah, jika ada pengkhotbah sejarah Gereja Katolik Roma di kelompok Anda, itu pasti dilatari ketidak-sehatan.

SAMBUNGIN