PerSEpuluhan dari pekerjaan yang berkaitan dengan rokok

lha kan anda yg tiba2 nyinggung HAM.

Biasalah, kalau ‘pak dosen’ kefefet, dia kabur sambil teriak OOT OOT OOT, git, he he he
Udah watak.

Tukang Tadah biasanya pura pura tidak tau
itulah sebabnya yesus bilang :

Matius 23
23:23a Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar,

Tuhan yesus memberkati

Han

Numpang nyengir aja ya oom Han.

:smiley: :smiley: :smiley:

lowongannya cuma buat yang ngakak

Gbu

Info menarik dari bro snip…

Gotcha!
You got sniped…
;D

makanya klo gereja telanjur nerima ‘dirty money’(mungkin pd awalnya tidak tahu menahu) mending segera dikembaliin ke pemberinya.daripada jadi batu sandungan.

Waduh, tapi kalo dah terlanjur jadi aset yang tidak bergerak apakah tidak susah bro?
Misalnya, udah jadi RollRoyce, Villa, Apartemen, dll…

Kalo udah terlanjur jadi barang mewah, ya nikmati saja hasilnya, lupakan sumbernya, dan pura pura tidak tahu. Itu paling aman. Toh tidak akan diusut KPK.

Begitulah kisahnya.

He he he he

lalu menurut anda apa hal yg benar yg harus dilakukan gereja utk menyikapi kasus tsb??

Lha kalo dananya memang terlalu besar, mungkin pendeta bisa menanyakan kepada si pembayar perpuluhan itu, dari mana asalnya. Lha kalo perpuluhan 1M berarti dia dapat pemasukan 10M kan? Kalo tiap bulan perpuluhan 1M terus, apa tidak lebih baik ditanyakan sama yang kasih? Lagian beberapa hari kemaren dah keluar undang-undang perbankan baru tentang jumlah dana yang masuk ke bank lho. Masa gereja mau adem ayem aja?
:slight_smile:

Baik mas Kahlil. Terimakasih.

Hanya saya lihat baru 4 halaman thread ini sudah sampai pada tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana korupsi yang saya rasa kejauhan, dan sejauh 4 halaman belum satu peserta diskusi yang secara khusus menjawab pertanyaan TS point 1,2, dan tiga …serta pertanyaan akhir “Apakah masih akan ditolak karena rokok itu haram”?

Barangkali kalau mas tidak keberatan, supaya lebih fokus bisa dimoderatori tapi itu juga saya serahkan pada mas Kahlil, jika dianggap diskusi ini masih pada jalur yang benar ya dilanjutkan saja.

Salam

Sebenarnya saya sudah memberikan arahan di sini:

Yang berkapasitas untuk menjawab adalah orang yang gerejanya mengharamkan rokok dan memberlakukan perpuluhan.
Itu saja ada yang salah sangka lalu protes: PerSEpuluhan dari pekerjaan yang berkaitan dengan rokok - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com
Kalau saya larang-larang, dikiranya kok bagaimana, begitu. Jadi saya diamkan dulu, dan beginilah konsekuensinya :slight_smile:

Salam

Pertama, soal perpuluhan, banyak orang Kristen dari aliran manapun hingga kini selalu memberikan perpuluhan (termasuk saya sendiri) melalui gerejanya masing2, terlepas apakah perpuluhan itu Taurat atau bukan, diajarkan di PB atau tidak. Motivasi mereka bermacam2, ada yang ingin supaya dapat berkat lebih, ada yang karena takut dihukum karena lalai “mengembalikan milik Tuhan”, ada yang ingin dipuji orang, dan ada juga yang murni tergerak hatinya untuk mendukung pelayanan gereja.

Sikap gereja terhadap perpuluhan pun bermacam2, ada yang sangat menekankan kewajiban perpuluhan sampai2 mengancam jemaatnya dengan berbagai kutuk bila tidak memberikan perpuluhan, ada yang hanya mengimbau, ada yang tidak/jarang sekali mengkhotbahkan tentang perpuluhan tapi menerima perpuluhan dari snggotanya yang memberikan dengan sukarela (tanpa ancaman kutuk2an), tapi ada juga yang menentang.

Saya tidak menyebutkan denominasi mana saja yang mewajibkan perpuluhan, mana yang tidak, anda semua tentu mengerti posisi gereja Anda masing2 (kecuali yang jarang ke gereja ;D).

Soal rokok, bagi saya merokok bukan dosa, sehingga tidak ada yang salah dengan menjual produk rokok. Sama seperti minuman keras, selama tidak mabuk, tidak ada yang salah dengan minum bir misalnya, sehingga penjualan bir bukanlah kejahatan di mata Allah.

Saya bandingkan dengan hal lain lagi, misalnya makanan berkolesterol tinggi, contohnya babi panggang. Apa yang salah dengan babi panggang, apakah makan babi berdosa? Tidak! Lalu, kalau kita berjualan babi panggang dan ada pelanggan kita yang hampir tiap hari makan di tempat jualan kita, dan akhirnya dia menderita sakit karena kebanyakan makan babi di tempat kita, apakah kita berdosa?

O ya, gereja saya tidak menekankan perpuluhan, tapi menerima bila ada anggota jemaatnya yang memberikan perpuluhan, dan cukup banyak yang memberikan dengan kerelaan sendiri.

Soal rokok, seorang pelayan di gereja kami pernah berkhotbah kalau dia tidak setuju rokok itu haram, tapi dia katakan kalau kita sadar rokok membahayakan kesehatan, maka janganlah kita merokok.

gw suka gaya loe… :afro:

Umumnya gereja ga akan nanya sumber dana perpuluhan itu, dan seringnya yang ngasi juga anonim. Ga usah perpuluhan, kolekte persembahan juga anonim, dan ga ada yang tahu selain Tuhan dan orang yang memberi, apa itu hasil mencopet atau menipu?

Dikaitkan dengan perpuluhan hasil pekerjaan yang berhubungan dengan rokok, ya gereja juga ga akan tahu itu uang dari mana, kecuali yang memberi ngasi tau.

kalau dilihat dari hukum di indonesia, T/S mirip dgn “PENCUCIAN UANG”

dalam ini terjadi korporasi uang haram yang dihasilkan dari penjualan barang haram, dan menurut UU pencucian uang maka terjadi korporasi antara si penerima dan si pemberi ‘uang haram tsb’ dan keduanya dapat dikenakan sanksi pidana…

mungkin ada sarjana hukum yang mau menambahkan ?

nah kalau ada gereja yang mengharamkan rokok tetapi menerima uang dari hasil penjualan rokok tersebut ini, gw nga bisa bilang deh… ;D ;D ;D

Kalau kita menyetor dana ke bank lebih dari 500 juta rupiah, wajib mencantumkan kartu identitas dan asal dana tersebut. Alangkah baiknya gereja juga mencontoh kebijakan tersebut. Jadi anggota jemaat yang mau menyerahkan perpuluhan atau persembahan lain ke gereja wajib mencantumkan identitas (tidak boleh anonim) dan menjelaskan asal dana tersebut.

Yaaa… Sudah satu postingan tentang TPPU dan Tipikor di-delete moderator, datang lagi yang kayak begini…

Lebih baik kamu Baca lagi dulu masalah UU TPPU dan Tipikor, definisi money laundry, etc… Supaya kamu jangan kait-kaitkan masalah money laundry dengan perpuluhan atau persembahan kepada Tuhan… Bikin malu aja ahhh komentar kamu itu.