Pertanyaan khusus buat COWO

buat kalian PACARAN KUDUS tuh susah atau gampang buat dilakukan?

atau adakah yang sudah berhasil menjalani PACARAN KUDUS bahkan sampai ke pernikahan?

tolong share nya yah :afro:

Bisa sis, apalagi kalau ceweknya pegang teguh kekududusan pasti bisa.

Pacaran kudus itu OMONG KOSONG!!!

Jangan mengaku kalau sebagai cowok bisa berdekatan dengan cewek, terlebih lagi cewek pada siapa dia punya perasaan tertentu, tanpa merasakan dorongan seksual sama sekali. Satu dua kali pertemuan pertama jelas tidak akan ada dorongan itu karena dikalahkan senangnya hati bisa berdekatan dengan orang yang disayang. Tapi sesudah 3 bulan? 6 bulan? Setahun?

Pada kenyataannya, pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa hubungan seks pranikah di antara remaja lebih banyak terjadi “karena ada kesempatan untuk itu.” Kesempatan yang bagaimana?

Contohnya: Sesudah berpacaran beberapa waktu, orangtua si cewek sudah mengenal dan merasa cukup bisa mempercayai si cowok untuk membiarkan mereka berduaan saja.

Pada awalnya mungkin saja sekadar duduk berduaan sudah senang. Terus duduknya bertambah dekat, lalu pegangan tangan, lama-lama cium pipi. Selanjutnya…?

Yesus menetapkan:

Mat 5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Anda boleh cari sampai dunia kiamat kalau bisa menemukan Firman yang menyatakan kalau ayat di atas hanya berlaku bagi cowo yang sudah menikah terhadap cewe yang bukan isterinya. Aturan itu berlaku untuk semua cowok baik yang belum menikah mau pun yang sudah sekarat.

Jadi jangan menipu diri sendiri dengan mempercayai ada yang namanya pacaran “kudus.” Kalau mau pacaran ya pacaran aja, ngga usah sok pake “kudus-kudusan” segala.

Berarti semua orang kristen sudah pasti berdosa dalam hal kekudusan?
ga ada satupun org pacaran yg bisa KUDUS?
berarti km menyatakan sendiri bahwa MUSTAHIL yg namanya pacaran bisa KUDUS?
ironis ya denger nya… :’(

so… buat km susah atau gampang?

Memang. Kerna itu, saya ulangi, kalo mo pacaran ya pacaran aja, ngga usah sok pake ditambahi “kudus-kudusan” segala. Sekadar tambahan: di Alkitab ngga ada cerita anak Tuhan pacaran, yang ada orangtua nyariin bini buat anaknya.

Di mana ironisnya sebuah kemunafikan?
Memangnya siapa yang ngotot “pacaran kudus”? Anda atau saya?

hahahahah… santai aja mas!
emang situ udah merit? pasangan nya hasil dicariin ortu ga?
klo cara hidup km sudah seperti dialkitab, tolong dishare aja disini… supaya bisa jadi motivasi buat yg lain. kalau ternyata ada orang yg berhasil mempraktekan “dapet pasangan hidup tanpa PACARAN” dizaman sekarang!

Aq si bukan cowok…
Tapi aq pengen bantu jawab…
Dtrima yo… :slight_smile:
Kebetulan sohib2 aq kebanyakan cowok…tempat curhat ni :smiley:
Pacaran kudus untuk kamu seperti apa Sih??
Soalnya yang dblang temen kita yang diatas itu betul q versi kan zaman ini ya klo da liat cewek (dsni msih ok) n trus mikirin yang pengen meluk dia nyium dia…da zinah itu…
Orang pacaran kebanyakan merasa dia ada hak milik (saham gtu) jadi emang pasti dia merasa nothing wrong with that, apa lagi manusia normal…
Istilah pacaran sendiri juga da teberlit2 dari saling mengenal lebih dalam k terlalu dalam hahha…
Pacaran kudus yang gak pake zinah2an tu emang gak ada… Tapi masih bisa diusahakan supaya gak terlalu menjurus…
Ke2 belah pihak butuh usaha…
Perlu tegas…yang udah pacaran pasti tw kalian akan banyak dihadapkan situasi memilih Yesus ato pacar…klo da buat salah tobat…klo jatuh ke lubang yang Sama mulu pilih nikah ato pisah…
Klo bisa si nikah :smiley: gak da yang sempurna di dunia ini,tapi jangan dijadikan alasan buat kesalahan…
Tapi alasan untuk bertobat… Jangan pernah berhenti usaha yo…
Dia hanya sejauh hatimu :slight_smile:

Ngga ada hubungannya saya udah merit ato hidup udah seperti di alkitab. Saya toh ngga ngelarangin situ ato sapa aja pacaran. Yg saya ingatkan cuma jangan “munafik,” pake kata “kudus” macam diri udah paling suci ampe bisa bikin acara yg ngga ada di Alkitab.

Kalo soal “dapet pasangan hidup tanpa PACARAN,” kalo emang kenyataannya gitu, situ mo apa?

Nyatanya saya emang kawin ngga pake pacaran. Ngeliat anaknya bisa diajak rumah tangga, secara umur dianya cukup n saya udah kelewatan, giliran langsung diajak nikah dianya mau, napa situ yg protes?

Cinta mah mainannya bocah ingusan yang kencing aja belum bisa lurus, bro. Biar cinta setinggi langit waktu pacaran, kalo udah nikah lima sepuluh taon, paling banter ngomongnya…“makan tuh cinta.”

Kalau bicara masalah kekudusan dalam berpacaran sepertinya harus jelas batasan “kudus” dimaksud. “kudus” disini bukan berarti sempurna ndak pake nafsu birahi (spt cinta biarawan/biarawati yang selibat), melainkan kudus disini mengacu pada pengendalian diri baik ragani maupun rohani pada masa berpacaran sehingga benar-benar pada saat menikah kelak mendapatkan BERKAT dari TUHAN.

Kalau ditanya apa susah atau gampang berpacaran kudus itu? Maka tentu susah, tetapi sebagai umat Kristiani bukan lagi perkara susah atau gampang melainkan mana perkara yang berkenan dihadapan Tuhan mana yang tidak. Yang berkenan tentu mendapatkan BERKAT dari Tuhan demikian sebaliknya.

Salam

Wkwkwkwk … apakah TS mau cari “pembenaran” akan gaya pacaran kamu yah ;D

Silahkan lakukan yang kam mau dan suka, namun ingat semua ada resiko-nya yah … keep safe :ashamed0002:

hahahhahahahaha… dimana ada kata2 saya yg mencari pembenaran ya??
justru saya menanyakan pendapat para COWO khusus nya KRISTEN yg pengalaman berpacaran tapi bisa tetep menjaga kekudusan dengan pacar nya. klo ada ya tolong di share, bagus donk bisa buat motivasi buat yg GAK BISA. kalau sebener nya tuh udah ada yg berhasil!
karena sepengetahuan gue, GAK ADA cowo yg bisa melakukan itu. baik KRISTEN maupun NON KRISTEN!
cewe juga sama.

ooww… okeh :afro:
im very appreciate your opinion :slight_smile:
God bless your Family

setuju… inti nya sih seberapa kuat pengenalan mereka akan firtu. sehingga bisa saling menjaga dan menahan nafsu. tapi itu sangat JARANG TERJADI. klo dibilang ga ada di alkitab orang pacaran, gimana saling kenal nya?
masa ketemu cowo atau cewe langsung ajakin merit aja biar ga bikin dosa?
kalau dibilang sahabatan atau temenan aja, MANA BISA??
yg ada orang2 ngegosip atau jadi omongan. khusus nya buat cewe. yg namanya lagi berteman kan boleh sama sapa aja, nah klo cewe nya punya banyak temen cowo apa ga jadi omongan?
padahal mereka ga tau apa2. karena pandangan umum zaman sekarang, klo cewe dan cowo deket dan sudah punya tujuan mau merit yah namanya PACARAN laahhh :ashamed0004:

Kok sudah berkesimpulan sangat jarang? :D… Laki-laki dapat disebut jantan jika dapat melindungi, mengayomi dan menjadi teladan bagi kekasihnya (pacarnya) dan lelaki Kristen seperti begitu banyak sekali…hehe, jadi tinggal dipilih aja, makanya diperlukan berpacaran supaya dapat saling mengenal, saling asah,asih asuh. Jikapun misal pas pacaran kedapatan sang lelaki begini begitu maka sebagai wanita Kristen jangan pasrah aja (menganggap dosa seperti itu “biasa” aja, hamil diluar nikah lumrah dsb) melainkan harus tegas, tidak peduli pacarmu anak pendeta, atau calon pendeta atau cucu pendeta sekalipun kalau macem-macem ingat pasal gelap dan terang yang tidak dapat bersatu. Gelap mewakili hawa nafsu kedagingan, terang mewakili cara hidup yang berkenan dihadapan Tuhan.

Salam

uumm… i hope so :slight_smile:
masa sih banyak??
belom ketemu yg jenis begituan :rolleye0019:
but thx for advice :afro:

Ayooo … jadi ada gak yang pacarannya kudus :slight_smile:

TS juga sudah ngaku gak bisa tuh pacaran kudus :smiley: :smiley: wkwkwk … peacee …

Mungkin level “gak kudus”-nya yang beda2 kali yah …
ada yang gak kudus level 1 (pikiran doang), level 2 (mulai cium pake nafsu) … sampe gak kudus level 10 (abrosi).

kalo gue mungkin waktu pacaran gak kudus level 5 deh hihihi

ooww… klo gitu saya level 20 deh :uglystupid2:

Jangankan pacaran, ke gereja aja gak bisa kudus. Karena kekudusan Tuhan itu tidak bisa ditawar-tawar, kuatir aja dosa…

Tapi puji Tuhan, Tuhan menyediakan jalan supaya kita bisa kudus, yaitu melalui AnakNya yang mati di kayu salib.

ndak sedikit sih, yg ndak bisa bertahan dlm kKudusan, baik itu yg sdh jadi pelayan,

klo saya pribadi ngejawab, Iman kuat , Imron ndak kuat ;D