Pertanyaan klasik

Ada satu pertanyaan yang saya sampe saat ini gag tau jawabannya. Saya sudah baca buku mulai matematika, ekonomi sampe horoskop tapi gag nemu jawabannya. Waktu Yesus mengutus 12 rasul, ada perbedaan tentang boleh dan tidaknya membawa tongkat. Yang bener yang mana. Saya sampe sekarang masih bingung, enaknya bawa tongkat gag ya?
Markus 6:8 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, band: Mat 10:10; Luk 9:3

Jikalau kamu seorang leader pendaki gunung apa yang kamu katakan kepada teman² kamu yang tergabung dalam team pendaki itu tentang apa yang boleh di bawa dan tidak boleh dibawa sesuai dengan misi pendakian gunung tersebut? hehe…konteks pada saat itu adalah Yesus mengajar dari desa ke desa, sesuai dengan tradisi orang² pada saat itu jika ada seorang guru yang mengajar didesanya para penduduk menyediakan makanan sesuai dengan yang mereka punya walaupun tidak semewah makanan kerajaan begitu juga dengan sedikit uang yang mereka punya, apalagi di Samaria… itulah misiNya

AYAT ALKITAB YANG BERKENAAN DENGAN TONGKAT…

[i]Keluaran 7:1-25

7:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.

7:2 Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya.

7:3 Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.

7:4 Bilamana Firaun tidak mendengarkan kamu, maka Aku akan mendatangkan tangan-Ku kepada Mesir dan mengeluarkan pasukan-Ku, umat-Ku, orang Israel, dari tanah Mesir dengan hukuman-hukuman yang berat.

7:5 Dan orang Mesir itu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku mengacungkan tangan-Ku terhadap Mesir dan membawa orang Israel keluar dari tengah-tengah mereka."

7:6 Demikianlah diperbuat Musa dan Harun; seperti yang diperintahkan TUHAN kepada mereka, demikianlah diperbuat mereka.

7:7 Adapun Musa delapan puluh tahun umurnya dan Harun delapan puluh tiga tahun, ketika mereka berbicara kepada Firaun.

7:8 Dan TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun:

7:9 “Apabila Firaun berkata kepada kamu: Tunjukkanlah suatu mujizat, maka haruslah kaukatakan kepada Harun: Ambillah tongkatmu dan lemparkanlah itu di depan Firaun. Maka tongkat itu akan menjadi ular.”

7:10 Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan TUHAN; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular.

7:11 Kemudian Firaunpun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan merekapun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka.

7:12 Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka.

7:13 Tetapi hati Firaun berkeras, sehingga tidak mau mendengarkan mereka keduanya–seperti yang telah difirmankan TUHAN.
Tulah pertama: air menjadi darah

7:14 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun berkeras hati, ia menolak membiarkan bangsa itu pergi.

7:15 Pergilah kepada Firaun pada waktu pagi, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai; nantikanlah dia di tepi sungai Nil dengan memegang di tanganmu tongkat yang tadinya berubah menjadi ular.

7:16 Dan katakanlah kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah mengutus aku kepadamu untuk mengatakan: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku di padang gurun; meskipun begitu sampai sekarang engkau tidak mau mendengarkan.

7:17 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Dari hal yang berikut akan kauketahui, bahwa Akulah TUHAN. Lihat, dengan tongkat yang di tanganku ini akan kupukul air yang di sungai Nil dan air itu akan berubah menjadi darah,

7:18 dan ikan yang dalam sungai Nil akan mati, sehingga sungai Nil akan berbau busuk; maka orang Mesir akan segan meminum air dari sungai Nil ini."

7:19 TUHAN berfirman kepada Musa: “Katakanlah kepada Harun: Ambillah tongkatmu, ulurkanlah tanganmu ke atas segala air orang Mesir, ke atas sungai, selokan, kolam dan ke atas segala kumpulan air yang ada pada mereka, supaya semuanya menjadi darah, dan akan ada darah di seluruh tanah Mesir, bahkan dalam wadah kayu dan wadah batu.”

7:20 Demikianlah Musa dan Harun berbuat seperti yang difirmankan TUHAN; diangkatnya tongkat itu dan dipukulkannya kepada air yang di sungai Nil, di depan mata Firaun dan pegawai-pegawainya, maka seluruh air yang di sungai Nil berubah menjadi darah;

7:21 matilah ikan di sungai Nil, sehingga sungai Nil itu berbau busuk dan orang Mesir tidak dapat meminum air dari sungai Nil; dan di seluruh tanah Mesir ada darah.

7:22 Tetapi para ahli Mesir membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu mantera mereka, sehingga hati Firaun berkeras dan ia tidak mau mendengarkan mereka keduanya seperti yang telah difirmankan TUHAN.

7:23 Firaun berpaling, lalu masuk ke istananya dan tidak mau memperhatikan hal itu juga.

7:24 Tetapi semua orang Mesir menggali-gali di sekitar sungai Nil mencari air untuk diminum, sebab mereka tidak dapat meminum air sungai Nil.
[/i]
7:25 Demikianlah genap tujuh hari berlalu setelah TUHAN menulahi sungai Nil.

sambungan…

[i]Yesaya 14:1 Sebab TUHAN akan menyayangi Yakub dan akan memilih Israel sekali lagi dan akan membiarkan mereka tinggal di tanah mereka, maka orang asing akan menggabungkan diri kepada mereka dan akan berpadu dengan kaum keturunan Yakub.

14:2 Bangsa-bangsa lain akan mengantar Israel pulang ke tempatnya, lalu kaum Israel akan memiliki bangsa-bangsa itu di tanah TUHAN sebagai hamba-hamba lelaki dan hamba-hamba perempuan. Demikianlah mereka akan menawan orang-orang yang menawan mereka dan akan berkuasa atas para penindas mereka.

14:3 Maka pada hari TUHAN mengakhiri kesakitan dan kegelisahanmu dan kerja paksa yang berat yang dipaksakan kepadamu,

14:4 maka engkau akan memperdengarkan ejekan ini tentang raja Babel , dan berkata: "Wah, sudah berakhir si penindas sudah berakhir orang lalim!

14:5 TUHAN telah mematahkan tongkat orang-orang fasik, gada orang-orang yang memerintah,

14:6 yang memukul bangsa-bangsa dengan gemas, dengan pukulan yang tidak putus-putusnya; yang menginjak-injak x bangsa-bangsa dalam murka dengan tiada henti-hentinya.

14:7 Segenap bumi sudah aman dan tenteram; orang bergembira dengan sorak-sorai.[/i]

sambungan…[i]

Bilangan 20:6 Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan, lalu sujud. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka.

20:7 TUHAN berfirman kepada Musa:

20:8 “Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya.”

20:9 Lalu Musa mengambil tongkat itu dari hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan-Nya kepadanya. 20:10 Ketika Musa dan Harun telah mengumpulkan jemaah itu di depan bukit batu itu, berkatalah ia kepada mereka: “Dengarlah kepadaku, hai orang-orang durhaka, apakah kami harus mengeluarkan air bagimu dari bukit batu ini?”

20:11 Sesudah itu Musa mengangkat tangannya, lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali, maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.[/i]

Markus 6:8 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan,

jadi tongkat yang dimaksudkan di atas adalah sejenis (berupa) senjata yang dari Allah yang juga berkenan terhadap Allah…

jadi tidak perlu membawa apapun dalam perjalanan mereka, bekal makanan pun tidak dan juga uang…
jadi bagaimana donk kalau mereka kelaparan??

sebab di ayat lanjutannya diterangkan…

[i]Mark 6:8 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan,

6:9 boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju.

6:10 Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: "Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu.

6:11 Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka."

6:12 Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat,

6:13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Lukas 10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.

10:2 Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.

10:4 Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan.

10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.

10:6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.

10:7 Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah.

10:8 Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu,

10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

10:10 Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah:

10:11 Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat.

10:12 Aku berkata kepadamu: pada hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."

[/i]jadi pada intinya… manusia yang benar adalah manusia yang harusnya bersyukur saat ada yang datang dalam Nama TUhan…
dan akan menghidangkan makanan dan minuman yang seperlunya bagi mereka…

dan hal ini juga yang berkaitan dengan Perkataan Yesus:

[i]Penghakiman terakhir

25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,

25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

25:34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.

25:35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;

25:36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

25:37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum?

25:38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?

25:39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?

25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;

25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

25:44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."

untuk itulah Yesus berkata bagi mereka hanya membawa tongkat saja… bukan bekal juga bukan dengan uang…

[/i]
salam…

Bisa baca di http://www.sarapanpagi.org/kontradiksi-perjanjian-baru-vt543.html#p1009

Sarapan Pagi (diatas) sudah menjelaskan dengan baiik, saya hendak menambahkan saja.

Lukas 9:59-62 menuliskan tentang seorang yang memberitakan injil harus segera, tanpa persiapan dan mempersiapkan sesuatu. Demikian copasnya "Tetapi Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.”

Karena itu murid-murid diutus tanpa pulang terlebih dahulu menyediakan keperluan perjalanannya, untuk berpamitan dan sebagainya. Tetapi saat itu juga siap tidak siap mereka berangkat saat diutus Yesus, yang sudah memiliki tongkat silahkan dibawa, yang tidak bawa tidak perlu mencarinya. Demikian juga kasut, yang tidak pakai tidak perlu mencarinya (Simak posting Sarapan Pagi).

2 Timotius 4:2
“Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.”

Sifat segera tidak menunggu baik atau tidak baik waktunya, tidak juga pulang dulu menyediakan ini dan itu. Apa yang ada sudah cukup, sisanya Tuhan akan mencukupi dan memelihara. Berangkatlah dan beritakanlah injil.

Firman Tuhan selalu disampaikan dengan perumpamaan/kiasan, jadi menurut penilaian saya dengan sendirinya juga harus ditafsirkan secara rohani.
Di PL Tuhan berbicara kepada para nabi dengan teka teki, kecuali kepada Musa (pengkhususan)Bilangan 12:6-8, dan di PB juga sama, hingga orang kristen dibaptis Roh barulah tidak dgn perumpamaan lagi. Matius 13:10-11, 34-35, Yohanes 16:25-27.

Tongkat Musa menjadi ular, Keluaran 4:3, 7:9, 7:10, 7:12.
sda sungai Nil menjadi darah, Keluaran 7:20
sda membelah laut, Keluaran 14:16
sda memukul batu keluar air, Bilangan 20:11
sda ditinggikan, mengalahkan musuh. Keluaran 17:9-13.
Tongkat Harun berbunga, Bilangan 17:8

Beberapa contoh di atas menyatakan tongkat sebagai penyertaan kuasa Tuhan, dan pimpinan Tuhan (tongkat Harun).

Di Mazmur gada dan tongkat. Gada melambangkan kuat kuasa Tuhan yg menyertai dan melindungi, dan tongkat sepertinya melambangkan pimpinan Tuhan yaitu firman-Nya, yg juga sbg penghiburan yg menguatkan,
juga sebagai penopang dalam kelemahan. Mazmur 23:4.

Dan dalam topik ini, di dalam PB yaitu murid2-Nya, juga melambangkan penyertaan Tuhan, sepertinya waktu itu Yesus belum ditinggikan, jadi Roh Kudus belum turun. Sehingga pencurahan terbatas. Seperti Musa memakai tongkat dalam situasi kondisi yang sama. Kisah 2:33, Bilangan 11:10-29.

Terimakasih unt jawaban2 dari teman2 semua. Maaf kalo pertanyaan saya tidak bisa dipahami/ambigu. Saya sebenarnya cuman mau tanya kenapa kok ant Matius, Markus, & Lukas ada kontradiksi tentang boleh tidaknya membawa tongkat. Sekali terimakasih unt teman2 yang sudah berpartisipasi.

Kalau gue’ sih LEBIH PAS, COCOK ama MATCHING kalau menggunakan Mazmur 23 deh…dimana karena Tuhanku itu adalah Gembalaku, maka Ia menggunakan Tongkat-Nya dan Gada-Nya saat membimbing aku.
Jadi buat para Gembala yg ditunjuk jangan lupa membawa :

  1. TONGKAT : untuk menggiring dan mendorong domba2 yg keluar dari barisan agar MERAPAT dan MASUK kedalam barisan lagi.

  2. GADA : untuk menghalau Musuh, Srigala atau Singa yg akan membunuh Domba2-Nya

Jadi SELALU Siap Sedia saat meng GEMBALA kan domba2 di Ladang Tuhan ini ! Bawa SELALU Tongkat dan GADA mu!