Pertanyaan-pertanyaan Pokok tentang: Gereja Katolik

Pertanyaan-pertanyaan Pokok tentang: Gereja Katolik

Angka-angka dalam kurung yang ditempatkan sesudah jawaban menunjuk pada nomer paragraf dalam Katekismus Gereja Katolik.

[b]

  1. Disebut apakah Gereja yang didirikan oleh Yesus?[/b]

Kita menyebut Gereja yang didirikan oleh Yesus sebagai Gereja Katolik.

2. Apa itu Gereja Katolik?

Gereja Katolik adalah Gereja yang benar, yang didirikan oleh Yesus Kristus, yang para anggotanya saling dipersatukan dalam ikatan persekutuan rohani: setia kepada Paus serta para uskup yang bersatu dengannya, satu dalam iman dan kepercayaan, satu dalam perayaan ibadat. Gereja merupakan misteri, sakramen keselamatan dan Umat Allah yang dalam perjalanan ziarah bersama menuju kehidupan kekal. (771-776)

3. Mengapa Yesus mendirikan Gereja-Nya?

Yesus mendirikan Gereja-Nya untuk meneruskan tugas perutusan-Nya, yaitu membawa semua orang kepada keselamatan kekal. (763)

St. Petrus mengatakan kepada Gereja Perdana: “Kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.” (1Pet 2:9)

4. Apakah peran istimewa ROH KUDUS dalam kehidupan Gereja?

Peran istimewa ROH KUDUS dalam Gereja adalah menjaga agar para anggotanya setia mematuhi ajaran-ajaran Yesus hingga akhir jaman. ROH KUDUS juga senantiasa membantu menyucikan Gereja. Sebagai jiwa Gereja, ROH KUDUS mendorong pewartaan Injil dengan gagah berani. (737, 767-768, 788, 797)

“… orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.” (1Tim 3:15)

5. Apa itu iman Katolik?

Iman Katolik meliputi ajaran-ajaran Gereja Katolik, yang kita imani - yang diimani secara umum.

6. Apakah semua agama sama benarnya?

Sementara semua agama menyatakan kebenaran serta kebaikan Tuhan, hanya satu yang dapat disebut sebagai iman yang benar. Kepenuhan pernyataan diri Yesus - kebenaran iman, jalan kehidupan, karunia-karunia rahmat - berada (sepenuhnya hadir) dalam Gereja Katolik. (816, 830)

“Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.” (Ef 1:22-23)

7. Apakah Gereja serentak tampak dan rohani?

Gereja sekaligus bersifat manusiawi dan ilahi, himpunan yang kelihatan yang dapat dikenali melalui tata susunannya, dan kebenaran ilahi yang dipelihara oleh Allah. (771)

8. Siapa itu Umat Allah?

Vatikan II memilih istilah biblis “Umat Allah” untuk menyebut para pengikut Yesus Kristus, yaitu mereka semua para anggota Gereja yang telah dibaptis. Umat Katolik bersekutu sepenuhnya dengan Gereja Kristus melalui rahmat, sakramen-sakramen, pengakuan iman, serta persekutuan dengan para uskup gereja yang bersatu dengan Paus. Namun demikian, umat Katolik yang hidup dalam keadaan dosa berat hanya memiliki persekutuan yang tak sempurna dengan Gereja. Orang-orang Kristen lainnya yang telah dibaptis, meskipun tidak sepenuhnya berada dalam persekutuan dengan Gereja Katolik, memiliki semacam persekutuan dengan gereja melalui rahmat Pembaptisan. (781-786, 836-838)

“Kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia.” (1Pet 2:9)


9. Mengapa Gereja disebut sebagai Tubuh Mistik Kristus?

Istilah “Tubuh Mistik” mengacu pada persekutuan nyata para anggota Gereja (baik hidup maupun mati) dengan Yesus, yang adalah Kepala, dan dengan satu sama lain melalui pencurahan rahmat Roh Kudus. (787-795)

“Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota… demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Rom 12:4-5). (lihat juga 1Kor 12:27; Yoh 15:4-5)

10. Apa sajakah keempat sifat dengan mana kita mengidentifikasikan Gereja yang benar?

Gereja yang benar, yang didirikan oleh Kristus adalah gereja yang satu, kudus, katolik (atau umum) dan apostolik. Hanya Gereja Katolik Roma yang memiliki keempat sifat atau ciri-ciri hakikat gereja tersebut. (811-812)

11. Bagaimana Gereja Katolik itu satu?

Berakar dalam misteri Tritunggal, persekutuan Gereja teristimewa terdiri dari ikatan cinta. Hal itu tampak dalam pengakuan iman yang satu dan sama, perayaan ibadat bersama, dan persekutuan dengan para gembala Gereja. (813-822)

“Satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.” (Ef 4:4-6)

12. Bagaimana Gereja Katolik itu kudus?

Kristus menyerahkan Diri bagi Gereja untuk menguduskannya dan mengutus Roh Kudus untuk menghidupkannya. Karena segenap anggota Gereja dipanggil untuk menjadi kudus, Kristus memberikan kepada Gereja sarana-sarana guna membantunya mencapai tujuan ini, teristimewa sakramen-sakramen. (823-829)

“Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.” (Ef 2:21-22)

13. Bagaimana Gereja Katolik itu katolik atau umum?

Gereja Katolik adalah katolik atau umum dalam arti ganda: pertama, karena di dalamnya terdapat kepenuhan Kristus dalam sarana-sarana keselamatan: ajaran, sakramen dan pewartaan / pelayanan apostolik; kedua karena gereja diutus kepada seluruh umat manusia dari segala bangsa. (830-835)

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Mat 28:19-20)

14. Bagaimana Gereja Katolik itu apostolik?

Gereja adalah apostolik karena didirikan atas para rasul, yang pengajarannya diwariskan dengan setia oleh Gereja. Dengan demikian gereja tetap diajarkan, dikuduskan dan dibimbing oleh penerus para Rasul dalam tugasnya sebagai gembala: Dewan para Uskup, “yang dibantu para imam, dalam kesatuan dengan pengganti Petrus, gembala tertinggi Gereja.” (857-865)

“Dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.” (Ef 2:20)

15. Apakah Gereja Katolik penting bagi keselamatan?

Gereja Katolik penting bagi keselamatan karena kehendak Kristus untuk memberikan kepada kita rahmat keselamatan melalui Gereja-Nya. Dalam beberapa cara, rahmat ini menjangkau bahkan mereka yang bukan anggota Gereja. Jika bukan karena kesalahan sendiri mereka tidak mengenal Juruselamat kita Yesus Kristus dan Gereja-Nya, mereka dapat diselamatkan jika mereka mencari Tuhan dengan tulus hati dan berusaha hidup dengan baik. (846-848)

“Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.” (Ef 3:12)

sumber: “Basic Catholic Q and A’s”; Copyright © 1999-2003, Daughters of St. Paul. All Rights Reserved; www.daughtersofstpaul.com

Terima kasih sudah share…

Lembaga Gereja yg memberitakan keselamatan adalah yg tdk mengajarakan ritual spt ini:

http://img842.imageshack.us/img842/9649/awalpenyembahanpatungda.jpg

GBU all

Ada banyak pertanyaan tentang ajaran katolik yang ditinggal kabur

Mungkin ada bagusnya kalau dibuatkan thread tersendiri yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sengaja tidak dijawab oleh perwakilan GK

Setuju 100% karena kadang mereka sudah merasa menjawab padahal sama sekali tidak ada jawaban yang tuntas.

Akhirnya ditinggal pergi secara tidak bertanggungjawab.

Shalom

Sejujurnya, saya dan saya rasa banyak umat Katolik juga sudah mengetahui bahwa sekarang ini banyak informasi di internet yang menuduh Paus sebagai AntiKristus ataupun dan Gereja Katolik sebagai “binatang” yang disebut dalam kitab Wahyu, ataupun sebagai pelacur Babilon (the whore of Babylon). Bahkan ada ministry khusus, yang menyebarluaskan informasi ini dengan tayangan video-klip dan dengan menggunakan ayat- ayat Kitab Suci yang mana anda dengan sangat senang riang gembira tra la la la la … sering sekali mengutipnya. Dengan jelas itu menunjukkan kesombongan mereka yang menular juga ke anda.

Jadi, kami umat Katolik juga telah mengetahui ada suara- suara interpretasi nubuatan yang menyudutkan Gereja Katolik. Namun kami percaya, Tuhan Yesus akan melindungi Gereja-Nya yang didirikanNya diatas Petrus (Mat 16:18) dan biarlah nanti Tuhan Yesus sendiri yang menyatakan kebenaranNya.

Jika Katolik mengatakan bahwa Gerejanya dibangun oleh Kristus memang demikian yang tertulis dalam Alkitab, sebab Kristus dengan tegas mengatakan bahwa DIATAS PETRUS akan kudirikan GerejaKu. Jadi PETRUS adalah tanda Gereja Kristus. Penerus dari Petrus adalah Paus, dan dengan janji yang sama maka kunci kerajaan surga juga diteruskan oleh penerus Rasul Petrus, yaitu para Paus. Kesinambungan para Paus dapat ditelusuri asalnya sampai kepada Rasul Petrus. Hal ini tidak pernah terjadi di dalam organisasi apapun di dunia. Pemerintahan negara dunia yang tertua-pun tidak dapat menandingi lamanya keberadaan Gereja Katolik. Banyak gereja yang sekarang aktif menjalankan penginjilan didirikan hanya di abad- 19 atau ke- 20, atau baru-baru ini saja di abad ke-21. Tidak ada dari mereka yang dapat berkata mereka didirikan sendiri oleh Yesus. Oleh karena itu kami umat Katolik percaya bahwa janji Yesus adalah YA dan AMIN. Semenatara apa yangh bisa dijanjikan Martin Loter ke umatnya?

karena terlalu terlena dgn penafsiran yg salah Matius 16:18
padahal sdh terlalu sering diuraikan bedanya Petra dgn Petros
shg tdk menyadari penyimpangan2 yg sdg terjadi, dan Wahyu 17 merupakan akhir dari segalanya
masih ada cukup waktu, silakan berpikir & memutuskan utk keluar dari pusaran kebinasaan


Gereja hanya bisa diterima oleh Manusia dari Allah. Manusia tidak bisa mendirikan Gereja,

Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya (Mazmur 127:1)

Baca:
Syukur atas GEREJA yang dibangun TUHAN bukan oleh manusia

Yang terlena justru adalah orang2 yang mengingkari Firman Tuhan yang menolak GerejaNya yang Ia bangun diatas PETRUS. Tuhan telah memberikan GerejaNya kepada kita.

Cardinal Ratzinger mengatakan bahwa sama seperti iman dan sakramen, manusia tidak bisa membuat Gereja, namun menerimanya dari Kristus. Kalau iman, gereja, dan sakramen adalah tanda kasih Allah, maka kasih tersebut hanya bisa diterima. Manusia tidak bisa membuatnya, namun manusia dapat turut berpartisipasi dalam kasih Allah.

Gereja adalah Pemberian Allah, Kristus telah mendirikan GerejaNya diatas Petrus. Karena itu Gereja Kritus adalah Gereja yang didirikan oleh TUHAN diatas Petrus yang kemudian wafat disalib dimakamkan di Bukit Vatican yang menandakan terpenuhinya nubuat: Diatas Batu Karang ini aku dirikan GerejakU. Sampai kapanpun ini tak terbantahkan apalagi melihat kenyataan dimana Gereja yang dulu dibantai selama beratus2 tahuh oleh Kaisar Romawi justru bertahan hingga sekarang, sementara Kekasiran Romawi justru hancur lebur. Anda pun mau berkoar koar sampai lidah anda keringpun tidak akan mampu menghapus kenyataan bahwa nubuat Yesus telah tergenapi.

Tafsiran Petra dan Petros baru muncul ribuah tahun setelah Gereja Katolik terbentuk.

Kedua yang perlu diingat YESUS BERBICARA DALAM BAHASA ARAM, BUKAN YUNANI!!!

sesungguhnya nama yang diberikan oleh Tuhan Yesus kepada Simon Petrus adalah Kepha (= Kefas dalam terjemahan Indonesia), yaitu suatu kata bahasa Aram yang berarti batu karang. Ini disebutkan oleh Rasul Yohanes dalam Injilnya (Yoh 1:42), dan juga oleh Rasul Paulus dalam suratnya (Gal 1:18). Maka para rasul yang lain mengingat bahwa nama yang Tuhan Yesus berikan kepada Simon adalah ‘Kefas’, dari bahasa Aram. Maka, sebenarnya ayat Mat 16:18 itu sesungguhnya mengatakan, “Kamu adalah Kefas, dan di atas Kefas ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku.” Dan Kefas ini adalah Rasul Simon Petrus.

Soal siapa yang akan binasa itu URUSAN TUHAN BUKAN URUSAN LOE!!! Tapi utk menjawab mengapa Gereja Katolik itu benar saya kutip pernyataan seorang Mantan Protestan.

[quote author= Gary Hoge]
Saya mulai mempertanyakan secara serius fondasi doktrin-doktrin Protestanisme: sola fide dan sola scriptura. Gereja Katolik memberikan argumen kuat bahwa doktrin ini tidak diajarkan dalam Alkitab, dan bahkan keduanya ditolak oleh Alkitab. Tidak hanya itu, kedua doktrin tersebut tidak diajarkan oleh siapapun sebelum gerakan Reformasi Protestan. Saya merasa argumen Protestan dalam hal ini tidak meyakinkan. Mereka tampak mengambil Alkitab diluar konteks dan mengenyampingkan ayat-ayat yang bertentangan dengan interpretasi mereka. Kadang mereka mengutip dari sumber Kristen perdana yang tampak mendukung posisi mereka, tetapi mereka mengabaikan hal-hal lain oleh penulis yang sama yang menjadikan jelas bahwa mereka tidak mendukung argumen Protestanisme. Karena Protestan adalah pihak yang memisahkan diri dari Gereja dan menuduh Gereja telah terkorupsi, saya tahu bahwa beban untuk membuktikan hal ini ada pada pundak mereka, dan sejujurnya, saya merasa mereka tidak berhasil membuat argumen yang kuat.

Pengertian gerejanya saja ngaco, gak ngerti Total
berani2nya ngomongin gereja dan ngukur2 gereja

Sdh jelaskan, penegrtian gereja anda kacau balau, mau tahu apa itu gereja?
I Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
kalo apa itu gereja saja gak tahu, jangan ngomongin yg berat2 spt nubuatan :smiley:

Jadi bhs Ibrani itu ada setalah ada katolik?
istilah katolik itu ngambilnya dari mana?
lagipula kata holos itu artinya throughout all > lihat selengkapnya >
KJV Acts 9:31 Then had the churches rest throughout all Judaea and Galilee and Samaria, and were edified; and walking in the fear of the Lord, and in the comfort of the Holy Ghost, were multiplied.

throughout > 2596 κατά kata {kat-ah’}
Meaning: 1) down from, through out 2) according to, toward, along

all > 3650 ὅλος holos {hol’-os}

Meaning: 1) all, whole, completely
Jadi jangan ikut2an salah kaprah :slight_smile:

jadi kamu tdk mengakui inerrancy-alkitab?
kenapa kamu gak pakai Alkitab bhs Aram?
coba tunjukan Matius 16:18 dlm naskah Aram nya

Itukan hanya versi simplenya kamu yg gak mau repot2, cuma copy paste turun temurun

Sola siapa yang akan binasa itu URUSAN TUHAN BUKAN URUSAN LOE!!! > Itu tandanya kamu tdk punya kasih, percum angaku2 kristen, pake pindah2 lagi cari sumber yg katanya benar, padahal tdk. Org yg pindah dari protestan itu umumnya yg gak ngerti Alkitab, terbukti pengetahuan mereka sangat minim di FK ini.
Baca ayat ini (Kalau ngerti ):
Yehezkiel 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! – dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
3:19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu

Kalau saya berani trs knp? Siapa yang mengangkat kamu untuk menjadi hakim atas apa yang saya imani?

Ohhh… Jadi inikah pengertian gereja menurutmu? Pasti lagi2 Roh kudus yg memberitahu padamu langsung! Inilah akibat orang yang sedikit2 membajak nama Roh Kudus dan menafsirkan sesuai kesenangan dirinya, sesuai pengertian dirinya sendiri. Berbeda dengan kami, yang kata kamu mau saja disuapi oleh Paus dan Pastor. Namun kami dengan senang menerima dan mau disuap oleh pengajar2 yang kami percaya di karuni oleh Roh Kudus. Sebab Yesus sendiri telah berfirman tentang mereka: Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku." Luk. 10:16 Karena itu kami dengan rendah hati mau disuapi oleh mereka,mau belajar dari pengajaran2 mereka tentang Kitab Suci, bukan malah mau bermegah menyatakan diri LEBIH TAHU dari para Bapa Gereja.

Kembali ke ayat I Korintus 3:16; 6:19 yang anda comot dan anda tafsirkan bahwa ayat tersebut berbicara tentang gereja. Dalam hal ini tafsiran anda tidak sama dengan pengajaran yang saya terima dari para pengajar Gereja Katolik. Ayat diatas berbicra tentang bagaimana kita harus memperlakukan tubuh kita, bukan berbicara tentang gereja.Rasul Paulus mengingatkan bahwa ‘tubuh itu bukan untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan’ (1 Kor 6:13) oleh karena itu, kita selayaknya melihat tubuh ini bukan sebagai obyek kesenangan mata, tetapi sebagai ciptaan Tuhan yang mulia, sebab tubuh kita adalah bait Allah:

Sedangkan ayat yang berbicara tentang Gereja ada di Mat 16:18 yang berkisah tentang Yesus mendirikan GerejaNya di atas Rasul Petrus (Kepha) -yang artinya batu karang- (Mat 16:18) dan memberikan kuasa yang khusus kepadanya di atas para rasul yang lain, untuk menggembalakan domba-domba-Nya (Yoh 21:5-7). Walaupun Kristus juga memberikan kuasa kepada rasul-rasul yang lain (Mat 18:18), hanya kepada Petruslah Ia memberikan kunci- kunci Kerajaan Surga (Mat 16:19) yang melambangkan kuasa untuk memimpin GerejaNya di dunia.

Penjelasan saya diatas sudah membuktikan siapa sebenarnya yang sok tau dalam forum ini.

Ini buktti bahwa anda takut akan kebenaran Firman Tuhan sehingga takut menerima kenyataan bahwa NUBUAT TUHAN TELAH TERGENAPI. Jelas berat omongan ini karena ini FIRMAN YANG HIDUP. Sebab Allah Putra telah berfirman :

“Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”
(Mat 16:18)

Pada saat Petrus disalibkan dan kemudian wafat dan dimakamkan di bukit Vatican, mungkin para algojo2 pembantai dan Kaisar Romawi sendiri sudah berpikir bahwa inilah akhir dari para pengikut Kristus. Namun perkiraan mereka keliru justru kekaisaran Romawilah yang hancur sementara GEREJA TUHAN YESUS BERDIRI DIATAS PETRUS. Dimana Petrus dimakamkan, hari ini Berdiri kokoh Gereja TUHAN, dengan demikian tergenapilah Firman Tuhan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku

Lihatlah kenyataan tergenapinya nubuat Kristus;

http://www.darkoff.com/Honeymoon/2007-05-26RomeVaticanAltar.jpg

Gambar Altar Vatican

dibawah Altar inilah tepat ditemukan kembali makam Santo Petrus

Secrets of a Basilica. - part 2 - (the grave)

The Evolution of St Peter’s Tomb under Saint Peter’s Basilica

Jadi anda mau berbusa-busa sampai mulut anda keringpun tidak bisa membantah tergenapinya nubuat TUHAH YESUS yang bersabda:

“Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”(Mat 16:18)

Nice post bro Clay, GBU always

Syalom

Tuhan memberkatimu juga saudaraku

Karena memang cuma itu saja kemampuan yang ia miliki bro. Kasihan jg sebenarnya melihat hatinya seperti penuh dengki dan iri, tidak ada damai, Jika agama yg ia yakini tidak membawa damai dihati adalah bijak dia mencari kebenaran di luar agama itu,. Rasa2nya atheis masih jauh lebih baik dari dia.

mana ayat bhs Aramnya? gak ada ya, cuma membual?

Silahkan anda lihat di link ini: Matthew 16 Peshitta Aramaic/English Interlinear

Sumber anda adalah Tim F. Lahaye dan Jerry B Jenkins, yang menulis buku:Are We living in the End of Times? yang merasa diterangi oleh ROH KUDUS mengatakan bahwa Gereja katolik adalah “Whore of Babylon”. Mungkin bagi non Katolik buku itu dianggap semakin meneguhkan iman, sebab bagi mereka buku itu adalah bukti bahwa Gereja Katolik itu pelacur babilon sebagaimana yang dimaksud dalam wahyu 17. Tetapi umat Katolik lebih berpegang pada Firman Tuhan sendiri yang menyatakan "Alam mau tidak akan menguasai GEREJA YANG IA DIRIKAN" dibanding percaya akan tafsiran Tim F. Lahaye dan Jerry B Jenkins atas wahyu 17 dengan menggunakan ilmu gotak gatok dalam melihat alkitab dan mencoba mencocok-cocokan dengan Katolik. Orang Katolik yang mengenal imannya dengan baik akan mengetahui bahwa tuduhan di atas sama sekali tidak benar!

Bagi umat Katolik, Katolisisme Roma adalah institusi geopolitik yang paling tua dan tetap hidup, meski semua Kaisar, Raja, Gebernur dan ditaktor berusaha menghancurkannya. Seperti yang dijanjikan KRISTUS pintu neraka, tidak akan menghancurkan gereja-Nya.

KRISTUS menghendaki wakil gereja-Nya berada di Roma, secara geopolitik adalah pusat dunia pada saat itu. Sebab Roma memerintah dunia adalah “babilonia baru” takhtha binatang. Jika ke Kristenan mengalahkan setan, Kekristenan harus mengalahkan dia dari dalam pusat iblis dan tidak dimana-mana.

KRISTUS berjanji akan menyertai dan menjaga gereja-Nya. Dan selama 2000 tahun KRISTUS telah menjaga gereja-Nya meskipun banyak usaha, tidak seorangpun dapat menghancurkan gereja Katolik Roma. Inilah institusi geopolitik paling tua di dunia, lebih lama daripada setiap kekaisaran, kerajaan, pemerintahan. Dan iblis terus berupaya menghancurkannya melalui Keditaktoran, tirani, penganiayaan, bidaah, namun Gereja Katolik Roma tetap berdiri kokoh hingga sekarang.

Gereja tanpa pemimpin yang mempunyai otoritas yang dari Kristus, akan terpecah belah dengan sendirinya, dan inilah yang terjadi pada gereja-gereja Kristen non- Katolik yang jumlahnya mencapai 28,000 denominasi. Agaknya firman Kristus ini dapat menjadi permenungan, “…Siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan…./ “…he who does not gather with Me, scatters.” (Mat 12:30)

Mat 5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Takhta Suci VATICAN yang memiliki hanya 40 ha luas tanah terletak diperbukitan kota Roma. Dibawah ini saya sertakan Video pembanding dengan Video yang diatas.

Catholic Church Unbroken History

just masukan aja. Buat yang Kristen Protestan, mau menganggap gereja katolik sesat sah2 saja asalkan dengan hal tersebut bisa membuat saudara bisa hidup damai dan menjalankan iman anda dalam tindakan nyata. Bagi saudara Kristen Katolik jangan terpancing dengan penyataan2 yang menyudutkan gereja Katolik, namun tetap berpegang pada iman kebenaran dalam Kristus dan hidup dalam kasih akan Kristus yang nampak dalam tidakan nyata kita kepada sesama.

Wussssh, tidak boleh menganggap sesat dan saling menyesatkan di forum ini, bro.
Jadi tidak benar kalau ada yang mengatakan Katolik itu sesat. Karena dengan mengucapkan itu, sama saja mereka juga menyatakan diri sendiri sebagai sesat.