pertanyaan tentang kebiasaan buruk tentang tangan harus basah

pertanyaan tentang kebiasaan buruk tentang tangan harus basah?
dari kecil kebiasaan masuk mulut ,ortu sudah usahain dikasi obat pahit dan lain2,dikasi sambal pedas, tetap aja kebiasaan itu tidak membuahkan hasil. kebiasaan ini terus terbawa sampai remaja dan sudah dewasa,sampai sekarang… tetapi membasahi tangan dengan air bersih. jadi tangan intinya harus basah gitu,ga boleh kering… tapi kadang2 suka kering,kadang2 harus basah gitu,apakah ini dosa ya?

Tidak dosa, itu hanya kebiasaan saja. Bisa hilang jika kamu sendiri menghendakinya tidak lagi seperti itu. Jika kamu benar-benar menghendaki, jika coba-coba menghilangkan kebiasaan yang kamu anggap mengganggu, tidak akan pernah bisa sebab coba-coba itu bukan benar-benar menghendaki.

ga ngerti masalah dosa atau tidaknya secara ane kurang nangkep kebiasaan yg dimaksud seperti apa(bisa lebih diperjelas lagi??).bisa jadi krn kebiasaan dari kecil begitu jadinya secara ga sadar malah terprogram ke alam bawah sadar anda.solusinya ya anda musti tanamkan pada pikiran anda bahwa tangan kering bukan masalah yg akan menganggu anda(kecuali anda punya problem penyakit kulit).klo mau bener2 berenti tentu harus melewati proses disiplin diri/melatih diri.

Semacam phobia kali?

Xerophobia?

Symptoms of Xerophobia
A person with this fear may avoid dry climates, use moisturizing hand and face creams, lip balm, and drink plenty of fluids.They might also insist on running a humidifier in their homes and making certain their lawns get loads of water.

http://www.phobiasource.com/xerophobia-fear-of-dryness/

Itu obsessive compulsion disorder yg muncul krn kecemasan.
Kecemasan itu ada akarnya.

Apakah dosa?
Tidak juga.

makasih atas jawabannya. Gbu all