Pertanyaan tentang Yusuf suami Maria

kita kan tahu kalau di injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes diceritakan bagaimana si Yusuf dihamipiri pleh malaikat utk tidak takut mengambil Maria menjadi istrinya…

yang jadi bahan pertanyaan saya kemana sosok Yusuf di 4 injil tadi, karena sosok yusuf hilang dalam konteks ceritanya, bahkan sampe yesus disalibkan, sosok yusuf itu tidak terulis lagi…

di injil matius kisah yusuf habis di Matius bab 2:23, setelah itu tidak terdengar lagi, padahal kitab matius ada 28 bab.

di injil markus, malah tidak ada tentang kelahiran yesus

di injil lukas, ada pada bab 2 : 52, setelah itu tidak terdengar lagi, padahal kitab lukas ada 24 bab.

di injil yohanes, malah tidak ada tentang kelahiran yesus…

kasih masukan donk, kemana sosok Yusuf yang menjadi ayah Yesus, karena saya berpikir secara logika, kayaknya sosok Yusuf sengaja dihilangkan dalam keempat injil tersebut…

Thanks dan maaf jika ertanyaan saya juga menganggu para member
:happy0025: :happy0025: :happy0025:

@journey

Pertanyaannya masih tetap mengindikasikan kalau anda diragukan kekatolikannya bro. Benarkah anda seorang penganut Katolik?

Sekedar menjawab pertanyaan anda.
St.Joseph memang telah berakhir perannya dalam kisah penyelamatan manusia.
Dipercaya bahwa beliau telah wafat sebelum Jesus mengawali pengajaranNya.

Alkitab, dalam hal ini Injil, bukanlah kitab sejarah, sehingga anda tidak bisa menuntut untuk mengetahui seluruh peristiwa tertulis jelas dalam Alkitab. Contoh jelas adalah, kisah Jesus, yang adalah tokoh utama dalam Alkitab, tidak dikisahkan secara lengkap pada saat Jesus berusia 12 tahun hingga usia 30 tahun.

Syalom

Sebenarnya pertanyaan yang aneh.

Dimana-mana, bahkan di buku novel sejarah-pun tidak semua tokoh yang namanya disebutkan di buku harus dikisahkan riwayatnya secara lengkap. Nanti akan setebal apa buku tersebut?

Demikian juga injil jika mau disebut sejarah, adalah bagian dari sejarah keselamatan. Nama-nama tokoh yang tertulis hanyalah diceritakan ketika ada kaitannya ataupun perannya dalam kisah keselamatan tersebut.

Saya curiga, jangan2 pertanyaan anda berikutnya: kenapa dari murid2 Yesus yang 12 org, hanya Petrus, Yohanes, dan beberapa saja yang diceritakan. Kenapa yang lain cuma disebut nama tapi gak ada ceritanya?

Orang yang senang membaca buku/cerita/sejarah/novel/dll pasti tahu bahwa pertanyaan ini adalah pertanyaan bodoh.

Salam

manusia itu selalu bertanya… gimana caranya ke bulan? apa itu awan? dstnya…

demikian pula dengan Yusuf dan Yesus. kenapa tokoh Yesus yang hebat, nggak lengkap autobiographi-nya? ada masa yang hilang dan juga nggak lengkap cerita tentang ortunya dstnya…
bandingkan dengan tokoh2 dunia, artis ini itu, kan ada ortunya, masa kecil yg dilaluinya, dstnya…

Kalau mau cari ajaran Jesus, lihat Alkitab
Kalau mau cari biografi Jesus, belajar sejarah.
Kalau mau baca tokoh dunia, lihat wikipedia.

:coolsmiley:

jawabanya sederhana : inilah gunanya Sacred Tradition, sebagai katolik harusnya tahu ya,

Bro the_journey,
memang ke empat Injil tdk menuliskan secara lengkap kehidupan Tuhan Yesus sejak lahir hingga kematian-Nya. Adanya kevakuman kisah Yesus antara usia 12 - 30 ini yg dimanfaatkan oleh beberapa org utk mengajarkan kisah2 palsu, bahwa Yesus pernah pergi ke negara ttt utk belajar.

Padahal kita semua tahu bahwa pengajaran Yesus sangat menekankan pengorbanan diri-Nya di kayu salib sbg penebusan dosa, sedangkan negara yg dikatakan sbg tempat belajar Yesus mengajarkan perbuatan baik sbg jalan mencapai kesempurnaan (bukan keselamatan.).

Diperkirakan Yusuf sbg kepala keluarga, meninggal tdk lama setelah peristiwa dlm Lukas 2:42-51. Ini dikuatkan juga dgn fakta bahwa setelah peristiwa Yesus bersoal jawab dgn alim ulama di bait Allah, tdk ada lagi nama Yusuf disebutkan, bahkan pd saat penyaliban Yesus disana hanya ada Maria ibu-Nya.
Sbg anak sulung dlm keluarga maka Yesus menggantikan Yusuf sbg tukang kayu sampai Dia berumur 30 tahun. Yesus mulai muncul kembali pd usia 30 tahun karena pd masa itu seseorg baru dianggap dewasa dan dianggap dpt menjadi pemimpin pd usia 30 tahun.

Ke empat Injil itu ditulis oleh empat orang yg berbeda secara karakter dan latar belakang, ke empatnya ditulis utk saling melengkapi.
Tidak semua kisah tt Yesus dituliskan dgn sama di semua Injil, ada kisah yg hanya dituliskan pd Injil ttt.
Mudah2 an penjelasan singkat ini dpt memberikan sedikit pencerahan Bro.

oh saya jadi tahu bro, kemana sih larinya si yusuf ini, karena tokoh Maria masih hadir dalam pengembaraan Yesus, tertulis di Yohanes bab 2:1-11(Perkawinan di Kana) dan juga setalah itu Tokoh Maria juga hilang dalam injil tersebut, tetapi muncul lagi pada saat yesus disalibkan, tertulis pada Yohanes bab 19:25-27.
makanya thread ini saya naikkan, karena saya tidak menemukan kemana cerita sosok Yusuf yang menjadi ayah Yesus, bukan ada ada maksud lain Bro…

jadi jangan terus member selalu melihat pertanyaan saya dan mengkaitkan dengan agama saya, yang pasti yang saya posting tidak menimbulkan perpecahan hanya sebatas wacana yang sifatnya ingin tahu…

maaf bro seingat yang aku baca, murid Tuhan yesus selalu bersama dia sampe akhirnya, jadi gak perlu dijelaskan nama namanya, mereka berpencar sewaktu kejadian di taman getsemani, sewaktu Yesus ditangkap (Matius 26:56), bahkan mereka sempat kok melakukan perjamuan terakhir (Mat 26:17-25; Mrk 14:12-21; Luk 22:7-14; Yoh 13:21-30), tetapi hanya petrus yang ikut…
makanya agak dibaca sikit bro alkitabnya…hahahahah

maksudnya…

gak nyambung bro…
lain pertanyaan lain jawaban
da dicari di om google, kayaknya gak da info ttg kematiannya
kalau ada bantuin kirim linknya donk, biar ada referensi di saya

emang benar ni sacred tradition, tapi kan gak salah kita mengali pengetahuan tentang yusuf karena bagiku dia juga tokoh yang paling sentral, karena mau menerima Maria yang sudah mengandung menjadi istrinya…
logikanya jikalau Ia tidak mau, apa mungkin cerita ini bisa seperti ini…

thanks
mari kita berbagi ilmu dan pengetahuan agar pengetahuan kita tentang agama kita semakin baik dan baik

terima kasih bro atas pencerahan nya semoga ini menjadi referensi saya untuk mengali informasi mengenai tokoh2 didalam alkitab, tapi kan gak salah kita mengali pengetahuan tentang yusuf karena bagiku dia juga tokoh yang paling sentral, karena mau menerima Maria yang sudah mengandung menjadi istrinya…
logikanya jikalau Ia tidak mau, apa mungkin cerita ini bisa seperti ini…

sekali lagi terima kasih bro…
semoga dengan pengetahuan ini, saya semakin dapat menyelami agama dan isi alkitab itu sendiri

lo, memangnya saya gak baca Alkitab?

Kan anda yang nuntut bahwa Yusuf harus ada kisahnya secara lengkap di Alkitab? Kalo gitu gimana kalo anda tanya aja ke matius, markus, etc…kenapa Yusuf gak diceritain di injil mereka…??

anda ini memang lucu ya…

;D ;D

Bro the_journey,
keberadaan kita disini utk saling melengkapi & saling memberikan pencerahan mengenai Alkitab.
Tks to u too Bro

O, ya…ini saya quote pernyataan anda yg tendensius. Jadi anda tidak menanyakan gimana kisah Yusuf setelah kelahiran Yesus, tapi lebih ke beropini bahwa ada konspirasi menghilangkan catatan ttg Yusuf di injil…

Maaf kalau saya salah, tapi jika anda bertanya karena benar2 bertanya sebaiknya lebih bijak memilih kata-kata, agar tidak terkesan tendensius.

Salam

Marriage

It is probably at Nazareth that Joseph betrothed and married her who was to become the Mother of God. When the marriage took place, whether before or after the Incarnation, is no easy matter to settle, and on this point the masters of exegesis have at all times been at variance. Most modern commentators, following the footsteps of St. Thomas, understand that, at the epoch of the Annunciation, the Blessed Virgin was only affianced to Joseph; as St. Thomas notices, this interpretation suits better all the evangelical data.

It will not be without interest to recall here, unreliable though they are, the lengthy stories concerning St. Joseph’s marriage contained in the apocryphal writings. When forty years of age, Joseph married a woman called Melcha or Escha by some, Salome by others; they lived forty-nine years together and had six children, two daughters and four sons, the youngest of whom was James (the Less, “the Lord’s brother”). A year after his wife’s death, as the priests announced through Judea that they wished to find in the tribe of Juda a respectable man to espouse Mary, then twelve to fourteen years of age. Joseph, who was at the time ninety years old, went up to Jerusalem among the candidates; a miracle manifested the choice God had made of Joseph, and two years later the Annunciation took place. These dreams, as St. Jerome styles them, from which many a Christian artist has drawn his inspiration (see, for instance, Raphael’s “Espousals of the Virgin”), are void of authority; they nevertheless acquired in the course of ages some popularity; in them some ecclesiastical writers sought the answer to the well-known difficulty arising from the mention in the Gospel of “the Lord’s brothers”; from them also popular credulity has, contrary to all probability, as well as to the tradition witnessed by old works of art, retained the belief that St. Joseph was an old man at the time of marriage with the Mother of God.

The Incarnation

This marriage, true and complete, was, in the intention of the spouses, to be virgin marriage (cf. St. Augustine, “De cons. Evang.”, II, i in P.L. XXXIV, 1071-72; “Cont. Julian.”, V, xii, 45 in P.L. XLIV, 810; St. Thomas, III:28; III:29:2). But soon was the faith of Joseph in his spouse to be sorely tried: she was with child. However painful the discovery must have been for him, unaware as he was of the mystery of the Incarnation, his delicate feelings forbade him to defame his affianced, and he resolved “to put her away privately; but while he thought on these things, behold the angel of the Lord appeared to him in his sleep, saying: Joseph, son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife, for that which is conceived in her, is of the Holy Ghost. . . And Joseph, rising from his sleep, did as the angel of the Lord had commanded him, and took unto him his wife” (Matthew 1:19, 20, 24).

The Nativity and the flight to Egypt

A few months later, the time came for Joseph and Mary to go to Bethlehem, to be enrolled, according to the decree issued by Caesar Augustus: a new source of anxiety for Joseph, for “her days were accomplished, that she should be delivered”, and "there was no room for them in the inn (Luke 2:1-7). What must have been the thoughts of the holy man at the birth of the Saviour, the coming of the shepherds and of the wise men, and at the events which occurred at the time of the Presentation of Jesus in the Temple, we can merely guess; St. Luke tells only that he was “wondering at those things which were spoken concerning him” (2:33). New trials were soon to follow. The news that a king of the Jews was born could not but kindle in the wicked heart of the old and bloody tyrant, Herod, the fire of jealousy. Again “an angel of the Lord appeared in sleep to Joseph, saying: Arise, and take the child and his mother, and fly into Egypt: and be there until I shall tell thee” (Matthew 2:13).

Return to Nazareth

The summons to go back to Palestine came only after a few years, and the Holy Family settled again at Nazareth. St. Joseph’s was henceforth the simple and uneventful life of an humble Jew, supporting himself and his family by his work, and faithful to the religious practices commanded by the Law or observed by pious Israelites. The only noteworthy incident recorded by the Gospel is the loss of, and anxious quest for, Jesus, then twelve years old, when He had strayed during the yearly pilgrimage to the Holy City (Luke 2:42-51).

-bersambung-

-lanjutan-

Death

This is the last we hear of St. Joseph in the sacred writings, and we may well suppose that Jesus’s foster-father died before the beginning of Savior’s public life. In several circumstances, indeed, the Gospels speak of the latter’s mother and brothers (Matthew 12:46; Mark 3:31; Luke 8:19; John 7:3), but never do they speak of His father in connection with the rest of the family; they tell us only that Our Lord, during His public life, was referred to as the son of Joseph (John 1:45; 6:42; Luke 4:22) the carpenter (Matthew 13:55). Would Jesus, moreover, when about to die on the Cross, have entrusted His mother to John’s care, had St. Joseph been still alive?

According to the apocryphal “Story of Joseph the Carpenter”, the holy man reached his hundred and eleventh year when he died, on 20 July (A.D. 18 or 19). St. Epiphanius gives him ninety years of age at the time of his demise; and if we are to believe the Venerable Bede, he was buried in the Valley of Josaphat. In truth we do not know when St. Joseph died; it is most unlikely that he attained the ripe old age spoken of by the “Story of Joseph” and St. Epiphanius. The probability is that he died and was buried at Nazareth.

Devotion to Saint Joseph

Joseph was “a just man”. This praise bestowed by the Holy Ghost, and the privilege of having been chosen by God to be the foster-father of Jesus and the spouse of the Virgin Mother, are the foundations of the honour paid to St. Joseph by the Church. So well-grounded are these foundations that it is not a little surprising that the cult of St. Joseph was so slow in winning recognition. Foremost among the causes of this is the fact that “during the first centuries of the Church’s existence, it was only the martyrs who enjoyed veneration” (Kellner). Far from being ignored or passed over in silence during the early Christian ages, St. Joseph’s prerogatives were occasionally descanted upon by the Fathers; even such eulogies as cannot be attributed to the writers among whose works they found admittance bear witness that the ideas and devotion therein expressed were familiar, not only to the theologians and preachers, and must have been readily welcomed by the people. The earliest traces of public recognition of the sanctity of St. Joseph are to be found in the East. His feast, if we may trust the assertions of Papebroch, was kept by the Copts as early as the beginning of the fourth century. Nicephorus Callistus tells likewise — on what authority we do not know — that in the great basilica erected at Bethlehem by St. Helena, there was a gorgeous oratory dedicated to the honour of our saint. Certain it is, at all events, that the feast of “Joseph the Carpenter” is entered, on 20 July, in one of the old Coptic Calendars in our possession, as also in a Synazarium of the eighth and nineth century published by Cardinal Mai (Script. Vet. Nova Coll., IV, 15 sqq.). Greek menologies of a later date at least mention St. Joseph on 25 or 26 December, and a twofold commemoration of him along with other saints was made on the two Sundays next before and after Christmas.

http://www.newadvent.org/cathen/08504a.htm

buat bro bruce thanks a lot…
makin banyak pencerahan buat saya

Syukurlah jika bermanfaat.

Syalom

Saya jadi ingat di film Dogma, ada satu murid lagi yang bernama Rufus. Namanya bahkan tidak tercatat di Alkitab hanya karena ia berkulit hitam.

Kalau TS mencoba berpikir secara logika, seharusnya yang lebih banyak ditampilkan ialah tokoh utamanya (YESUS). Analoginya, kalau ada yang menulis biografi Pangeran Diponegoro, isinya pasti lebih banyak tentang masa kecil Pangeran Diponegoro, pemikirannya, pengalaman hidupnya, dll.
Tidak mungkin penulisnya lebih banyak menampilkan ayahnya, pamannya, bahkan tentang kuda tunggangannya.

Salam