pertanyaan ttg injil markus dengan injil kejadian

ada tertulis di dalam alkitab Markus 1 ayat 16 ( Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan YESUS yang disebut KRISTUS)

lalu dalam kitab kejadian ada cerita tentang yusuf anak yakub yang sudah meninggal. ada dalam ayat Kejadian 50 ayat 26 (Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempahi, dan ditaruh dalam peti mati di Mesir).

nah kita bandingkan ayat markus diatas bahwasanya maria memiliki suami bernama yusuf anak yakub…
sementara di kitab kejadian diceritakan bahwasanya yusuf anak yakub telah meninggal dunia…

pertanyannya dengan Yusuf anak yakub yang mana lagi yang jadi suami Maria di ayat markus tersebut…? padahal yang setahu saya kitab kejadian adalah kitab permulaan, mungkin beda berapa ratus tahun dengan kitab masa YESUS itu sendiri…

mohon kepada semua member dan suhu untuk memberikan penjelasan kepada saya

[/font][/color]

Yusuf dalam kitab Kejadian dan Yusuf dalam kitan Injil Markus adalah dua orang yang berbeda.

Dua orang ini hidup di jaman yang berbeda jauh.
Please perhatikan timeline-nya, jangan seperti agama tetangga membahas tentang Miryam/Maria dan Harun.

Hanya kedua orang Yusuf ini memiliki ayah yang sama-sama namanya Yakub.

Dalam Alkitab sering terjadi kesamaan nama.
Berikut ini contohnya:
Kejadian 11:22 Setelah Serug hidup tiga puluh tahun, ia memperanakkan Nahor. 11:23 Serug masih hidup dua ratus tahun, setelah ia memperanakkan Nahor, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:24 Setelah Nahor hidup dua puluh sembilan tahun, ia memperanakkan Terah. 11:25 Nahor masih hidup seratus sembilan belas tahun, setelah ia memperanakkan Terah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:26 Setelah Terah hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Abram, Nahor dan Haran.

Urutnya: Nahor (sang Kakek) - Terah (sang Ayah) - Nahor (sang Anak).

Ada lagi yang seperti ini:
Kejadian 4:17 Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya. 4:18 Bagi Henokh lahirlah Irad, dan Irad itu memperanakkan Mehuyael dan Mehuyael memperanakkan Metusael, dan Metusael memperanakkan Lamekh. 4:19. Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila. 4:20 Ada itu melahirkan Yabal; dialah yang menjadi bapa orang yang diam dalam kemah dan memelihara ternak. 4:21 Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling. 4:22 Zila juga melahirkan anak, yakni Tubal-Kain, bapa semua tukang tembaga dan tukang besi. Adik perempuan Tubal-Kain ialah Naama.

Bandingkan dengan ini:
Kejadian 5:18 Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia memperanakkan Henokh. 5:19 Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 5:20 Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun, lalu ia mati. 5:21. Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah. 5:22 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:23 Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun. 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah. 5:25. Setelah Metusalah hidup seratus delapan puluh tujuh tahun, ia memperanakkan Lamekh. 5:26 Dan Metusalah masih hidup tujuh ratus delapan puluh dua tahun, setelah ia memperanakkan Lamekh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 5:27 Jadi Metusalah mencapai umur sembilan ratus enam puluh sembilan tahun, lalu ia mati. 5:28. Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki, 5:29 dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”

Ada dua orang bernama Henokh, ada dua orang bernama Lamekh.
Padahal dari dua garis keturunan yang berbeda.

Anda akan menemukan banyak lagi semakin banyak baca Alkitab:

Ada Pihenas anak Imam Eleazar (cucu imam Harun) dan Pinehas anak Imam Eli.
Nama sama-sama Pinehas, jabatan sama-sama sebagai iman. Tapi kelakuannya jauh berbeda bagai langit dan bumi.

Salam.

Terjawab, TS nampaknya bukan seorang Khatolik, term yang digunakan (injil kejadian, what a shame!!) dan pertanyaan mengenai Jusuf, yang adalah dua orang yang berbeda dengan nama yang sama, menunjukkan bagaimana jumlah frekuensinya membaca Alkitab (ketidaktahuannya mengenai timeline dasar Alkitab).

Dulu saya sudah pernah pindahkan topik TS ke board Pertanyaan dari Member Non Kristen. Tapi ybs tetap mengaku sebagai Katolik. Ya sudah saya kembalikan lagi :slight_smile:

Salam

berarti kedua suhu tidak mengerti apa yang sata ajukan…
saya mengajukan timeline atas dasar bukan nama pada harifiahnya, tapi bersadarkan keturunan, sudah jelas kan suhu
bahwasanya injil markus mengatakan kalau Yusuf yang jadi suami maria adalah yusuf dari keturunan Yakub… itu ada tertulis di injil markus 1 ayat 16 ( Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan YESUS yang disebut KRISTUS), kata ini dulu yang kita tangkap… Yusuf anak yakub…

nah di kitab kejadian mungkin suhu tahu kalau yusuf anak yakub itu yang dibuang dan menjadi raja, dan di akhir ceritanya dia meninggal Kejadian 50 ayat 26 (Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempahi, dan ditaruh dalam peti mati di Mesir).

jadi bukan karena kesamaan nama…
kalau mengikuti suhu hans 188, anda hanya bermain di kesamaan nama, bukan di kesamaan keturunan…
jadi kalau mengikuti postingan anda, bisa aja seperti ini…
yakub memperanakan yusuf, lalu yusuf memperanakan yakub, dan begitu seterusnya sampai si yusuf menjadi suami maria, yang melahirkan Yesus Kristus…

saya hanya memperbandingkan kedua bacca diatas, karena di injil markus dengan tegas dikatakan bahwasanya yang menjadi suami maria adalah yususf yang menjadi keturunan yakub…

jadi atas dasar apa kita bisa mengatakan itu karena terjadi kesamaan saja… karena kalau saya baca di alkitab tidak ada keturunan yusuf anak yakub yang mempunyai nama Yakub…

suhu jangan karena saya memakai kitab kejadian, langsung suhu mengatakan kalau saya seorang non katholik…
saya menulis ini bahkan akan ada tulisan tulisan lain, dikarenakan saya ingin tahu kebenaran alkitab dan tulisan tulisan nya sendiri…
apa saya harus melampirkan ktp saya untuk meyakinkan suhu saya seorang katholik, (ntar sudah dilampirkan suhu malah bilang ktp orang lain lagi). jadi kitab apa yang bisa saya posting untuk meyakinkan suhu saya katholik, apa kitab perjanjian baru… kalau itu baiklah, saya akan posting, jika saya mendapatkan penjelasan yang mendekati ttg thread saya ini…
yang pasti seperti postingan ane sebelumnya saya pastikan kalau saya seorang katholik.
saya adalah umat di stasi belawan paroki st konrad martubung…suhu bisa cari info itu paroki. paroki ini dikepalai oleh Pst. Marthin, SVD

@belawan :

OOT sebentar, menurut bro siapakah yang dimaksud dengan Yohanes dalam injil Yohanes 1:6 ini ? :

Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya [b]Yohanes[/b]

btw Markus 1:16 apa bener isinya seperti diatas ?

Berikut ini ayatnya.

Markus 1:16
Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.

Salam

@belawan

Sungguh, bro, jika anda adalah benar Katolik, saya harus minta maaf.
Tetapi, pertanyaan anda sama sekali tidak mencerminkan anda adalah seorang Katolik.
Anda tentu saja bisa menuliskan paroki mana, atau siapa pastor anda, tetapi tetap saja pertanyaan anda tidak akan pernah ditanyaka oleh orang Katolik.

Terlebih lagi, anda jelas jelas salah dalam menuliskan ayat Markus 1:16, coba di check ulang.

Tahun berapa anda di baptis dan Krisma, dan oleh siapa bro?

Salam

Mungkin yg dimaksud ayat ini kali yah,

Matius 1 : 16
Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

kalo Katolik kok bisa ngga’ tahu kalo “Kejadian” itu bukan kategori kitab injil… just courious :slight_smile:

Jujur saja, sebagai seorang Katolik, saya koq (disertai permohonan maaf) meragukan kalau TS adalah seorang Katolik.

Syalom

Ooo Oooww kamu ketahuan :cheesy: :cheesy:

Saudara sebrang kita memang banyak yang menganggap Injil = Kejadian s/d Wahyu = Alkitab :smiley:

TS nya kok linglung ya

yakub punya keturunan
1.yusuf anak kandungnya
2.yusuf cicit dari cicit cicit cicit dst cicitnya

emangnya keturunan yg beda generasi punya nama sama gak bole ya?

diindoensia aja banyak yg punya nama soeharto tp presiden yg namanya suharto sampe skrg cuma 1 kan??

Padahal saya sudah mau berbaik sangka. Anggap saja ybs mantan muslim, atau memang Katolik tapi pengetahuan Alkitabnya sedikit.

Tapi ternyata yang bilang ybs bukan Katolik tidak hanya saya :slight_smile:

Salam

Nama Yusuf bukanlah nama yang langka.
Dalam Alkitab ada banyak nama Yusuf maupun yang mirip seperti Yoses, dsb. Coba cari di Tawarikh , Ezra, Nehemia.
Lalu ada Yusuf dari Arimatea, Yusuf yang disebut Barsabas, Yusuf (yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas).

Dalam silisilah Tuhan Yesus yang dicatat Lukas, ada 3 nama Yusuf.

So… untuk yang beda jaman kenapa juga dipermasalahkan…
Yusuf dari keturunan Yusuf pun ada.

Yang paling penting, Anda kenal siapa itu Yesus dan asal usulnya.
Dia adalah penggenapan janji Allah yaitu “Sang Mesias” dari Keturunan Daud dan juga Keturunan Abraham.

Salam.

YANG PASTI… Orang Yahudi, bukan orang Arab yang …ngak jelas gitu dah…

Salam.

yang benar injil MAtius bro… maaf saya tulis :smiley: :cheesy:

buat admin kenapa id saya belawan di banned, apakah karena seluruh member disini kelabakan menjawab postingan saya, kalau emang tidak kenapa id saya di banned, mohon dikembalikan, dan mari kita membahas apa yang ada di kitab kita…

kalau main banned namanya pengecut bro…
baru 2 postingan saya, gimana klu semua isi alkitab saya pertanyakan disini, jangan2 adminya malah ngajak ketemuan, untuk menghabisi saya… :afro: :afro:

Teman-teman hgn berburuk sangka dulu , menurut saya kalo TS adalah muslim ,malah agama islam sendiri akan malu mempunyai umat seperti belawan/the journey. kalo memang berakhlak dan beragama ngapain si TS “malu” thd agamanya sendiri (Islam) sehingga saking malunya thd Islam si Ts malah lebih yakin dg identitas katolik!

menurut saya sifat2 seperti ini bukan sifat seorg yg beragama, jadi utk itu percaya aj dulu ap kata si belawan/the journey ! ingat kalo yakin dg agamanya janganlah malu mengakuinya dan berpura2 beragam lain, seorg yg malu akan agamanya sejatinya sebenarnya ragu thd agamany tersebut …

Salah satu bukti kebenaran akan suatu agama terlihat dari integritas kejujuran dari yang menganut agama tersebut, sia2 bila mengaku umat kebenaran tapi nyata2 menipu…

Btw utk thejourney/belawan saya perhatikan di signature anda dg id belawan tertulis

Hell ain’t a bad place, Hell is from here to eternity
=================666================

Apa dg memasang tulisan ini plus angka Antikristus 666 adalah bukti ke Katolikan anda?

Lalu saya ke profile anda(belawan)…ternyata anda memasang gambar salib terbalik dg gambar vulgar seorang perempuan yg tergantung di salib tersebut. Apa ini juga bukti ke-Katolikan anda?

Kalo ngaku orang beragama jadilah org yg jujur bro…mari menjadi pribadi yg berintegritas dalam mewakili agama kita masing2…ingat ini adalah forum kaum berakhlak…

trus ud coba belum forum katolik? http://ekaristi.org/forum/
siapa tahu anda sebagai katolik akan lebih mendapat pencerahan lebih banyak disana…Salam damai

apakah seorang katholik tidak bisa menampilkan simbol itu…
tapi sudahlah ini hanya akan memperlambat pertanyaan atas postingan saya…
saya heran kenapa semua membahas agama dan simbol saya, jika anda nasrani tolong dijawab postingan saya, lagian saya tidak akan mengakui kalau saya islam, karena saya bukan ISLAM atapun agama lain…

bro marthin luther king = anda benar jikalau logo itu adalah simbol anti kristus, tapi itu saya baut karena tidak ada maksud lain, itu hanya loogo saya di dunia maya…

buat admin= terserah saya mau di banned lagi ato tidak
yang pasti saya burtuh jawaban mendekati dari postingan saya, karena saya butuh itu, ada seseorang di komunitas OMK kami yang bertanya.