Pertanyaan untuk orang Kristen

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
Dengan menyebut nama Allah, yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Saya adalah orang islam yang hidup dengan ajaran islam dan diajarakan untuk beriman kepada kitab al - qur`an dan kitab sebelumnya, yaitu injil, zabur, taurat. Karena saya tidak tau apa - apa tentang injil, maka saya memutuskan untuk mencoba membacanya, dan alhasil isinya cukup menarik, apalagi saya cukup suka membaca tentang cerita - cerita yang ada didalamnya.

Setelah satu bulan saya membaca Al - Kitab, saya sampai pada ayat Jhon 16:7 yang berbunyi :

Namun benar yang kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus dia kepadamu

Jadi saya ingin bertanya kepada anda Kristen yang terpelajar, dapatkah kalian memberi tau saya, siapa itu si penghibur yang dikatakan oleh yesus dalam ayat diatas karena saya tidak mengetahuinya, TX.

Yang dimaksud dengan “Penghibur” itu adalah Roh Kudus, yaitu Roh-Nya TUHAN yang keluar dari Allah.

Salam,

Penghibur itu adalah Roh Kudus, atau Roh Kebenaran

Yohanes 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Kapan Ia datang?
Baca selengkapnya di Kisah Para Rasul 2:1-13

Salam

Sudah jelas tertulis dalam Injil, siapa yang dimaksud dengan “penghibur” ( = παράκλητος = paraklētos ) :

Joh 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Joh 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Penolong yang dimaksud adalah Roh kebenaran = Roh Kudus, yang akan diam di dalam murid-muridNya.

GBU

kepada saudara :
@sizxbn dan
@Kahlil
@Dya11^_^

Saya mohon maaf jika atau mungkin anda berpikir bahwa saya sok tau atau sebagainya karena perbedaan kita bahwa anda lebih lama mempelajari al - kitab dari pada saya, namun disini saya ingin memperjelas bahwa, jika memang si penghibur adalah ROH KUDUS maka saya ingin tau kapan ROH KUDUS itu datang karena yesus berkata seperti pada ayat Jhon 16:7 yang berbunyi :

“Namun benar yang kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus dia kepadamu”.

Bukankah itu malah memberi tau kita bahwa yesus harus pergi, jika dia tidak pergi si pengibur (ROH KUDUS menurut kalian) tidak akan datang, sedangkan ROH KUDUS itu sendiri sudah ada bersama yesus sejak yesus belum dilahirkan. Seperti ayat berikut :

“Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,” Lukas 1:41.

Disitu tertulis dipenuh dengan ROH KUDUS apa maksudnya? Maka jelaslah tidak ada hubungannya dengan kepergian yesus karena ROH KUDUS sudah ada sebelumnya. Kemudian menurut Matius 12:28 yang berbunyi sebagai berikut :

“Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.”

Maka bisa disimpulkan yesus melakukan tugasnya dengan pertolongan ROH KUDUS. Jadi tidak masuk akal jika yesus harus pergi, jika tidak ROH KUDUS itu tidak akan datang sedang ROH KUDUS itu sudah bersama yesus dari lahir samapi ditiang salip, menurut al - kitab. Sekali lagi saya minta maaf jika menurut anda saya sok tau atau sebagainya, dan dari pernyataan diatas saya ingin tau apakah pendapat saya salah atau benar, dan bagaimana pembelaan anda terhadap ayat tersebut.

Salam.

Anda mau bertanya atau mau membawa ajaran tertentu?
Jadi tidak masuk akal jika” adalah kalimat yang mengawali kesimpulan, bukan pertanyaan. Jika niat Anda memang ingin bertanya, maka seharusnya Anda lebih banyak menanyakan arti ayat tertentu. (Misalnya ayat ini mengatakan begini, bagaimana penjelasannya).

Salam

Sebenarnya untuk memahami hal ini jangan hanya dilihat dari katanya saja… namun dari hikmatnya juga… sebab banyak yang tersembunyi yang harus digali…

kita harus memahami… bahwa ketika TUHAN YESUS masih di bumi… segala pengajaran, pendampingan, nasihat, hiburan… dilakukan olehNYA… namun kita juga harus tahu bahwa… manusia pun harus belajar meneguhkan dan mendewasakan iman dan tidak selalu harus ada TUHAN YESUS yang terlihat… untuk itulah DIA harus pergi agar manusia bisa belajar untuk dewasa… agar terus berada dijalan yang benar… tentunya diperlukan pendamping, penolong, penunjuk agar kita tidak tersesat… untuk itulah TUHAN mengutus ROH itu dan ditempatkan di dalam hati kita agar kita selalu dihibur dalam kesesakan, penderitaan… dan diberi petunjuk untuk menghadapi segala penderitaan dunia… namun tentunya kita harus memelihara kebersihan hati kita… dan selalu mendengarkan suaraNYA… petunjukNYA… yang mengarahkan kita pada kebaikan… semakin kita mengabaikan suara ROH itu… akan semakin hilanglah suaraNYA di hati kita … disitulah dimana kita jatuh dalam kegelapan…

kira2 begitulah arti dari ayat tersebut menurut saya…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

Maaf sepertinya anda sedikit emosi disini, tapi maksud dari pernyataan saya tadi adalah saya ingin memperjelas apakah pernyataan yang saya ajukan adalah benar atau salah. Saya juga minta maaf jika ada beberapa kata - kata yang salah. karena itulah saya menulis kata dibawahnya, yaitu : “dan dari pernyataan diatas saya ingin tau apakah pendapat saya salah atau benar, dan bagaimana pembelaan anda terhadap ayat tersebut.”

Jika menurut anda pernyataan saya salah anda cukup menerangkan yang mana yang salah dan yang mana yang benar. Jika pernyataan saya saya kemukakan adalag benar bagaimanakah pembelaan anda tentang ayat tersebut?

1. Terimakasih dan bersyukur, setidaknya anda sudah mengerti setelah membaca Alkitab Kristen, bahwa yang dimaksud Roh Kudus bukanlah nabi yang akan datang, masak nabi yang belum datang bisa menolong Yesus atau menghinggap Elisabet ? mustahil !

  1. Ya, Yesus tidak salah mengatakan demikian, karena selama Yesus bersama murid2Nya ( sahabat2Nya istilah kalangan anda ) maka yang berFirman dan menjelaskan adalah Yesus sendiri, jadi sementara tidak perlu Roh Kudus menyertai murid2Nya karena Yesus sendirilah menyertai murid2Nya ( sahabat2Nya ).

Sedangkan Elisabet, kasusnya berlainan, karena waktu Elisabet, Yesus belum lahir dan berFirman, maka Roh Kudus menghinggap ke Elisabet, seperti Roh Allah (Roh Kudus) hingga nabi2 sebelum Tuhan Yesus dilahirkan dan berFirman.

3. Dipenuhui Roh Kudus atau Roh kudus didalam hati yang percaya itu berbeda kasusnya.

Tentang istilah dipenuhi Roh Kudus adalah Roh Kudus ( Roh Allah / Allah Roh Kudus ) secara khusus kepada orang tersebut dimana orang tersebut bisa bernubuat khusus yang dikehendai Roh Kudus padanya ;

  1. Luk1:41b, 42-45 Dengan kepenuhan Roh Kudus lalu berseru (Elisabet ) dengan suara nyaring: ‘‘Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku ? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.’’

  2. KPR2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

3.Kis6:3 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Semoga lebih jelas anda tentang Alkitab ( Torat s/d Injil )

Salam. dan lebih mengenal siapa Roh Kudus.

Pengertian ROH KUDUS pada kalimat “penuh dengan ROH KUDUS” (Luk. 1:41) adalah penuh dengan Kuasa Allah.
Dan “Kuasa Allah (ROH KUDUS)” pada saat itu belum dianugerahkan kepada semua orang, melainkan hanya dianugerahkan kepada orang-orang tertentu saja sesuai dengan rancangan rencana-Nya.
Sedangkan “Penghibur (ROH KUDUS)” yang dijanjikan oleh Yesus Kristus adalah Kuasa Allah yang dianugerahkan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya.

Mudah-mudahan paham…

Benar, adalah mustahil Penghibur (ROH KUDUS) itu akan datang apabila Yesus Kristus tidak pergi; Sebab Penghibur (ROH KUDUS) yang dimaksud –sesungguhnya– adalah Kuasa Allah yang ada di dalam Diri-Nya Yesus, yang juga bisa disebut sebagai Roh Kristus.

Salam,

Kej1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Roh Allah yang tua atau yang muda ya ?

Luk1:41b, 42-45 Dengan kepenuhan ROH KUDUS lalu berseru (Elisabet ) dengan suara nyaring: ‘‘Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku ? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.’’

Kalau begitu Roh Kristus loncat ke tubuh Elisabet dong, padahal Yesus belum lahir !

Salam.

Benar bahwa “penolong yg lain” yg di maksud adalah Roh Kudus/ Holy Spirit.
Benar bahwa Roh kudus sudah eksis di bumi sebelum Yesus “pergi”.

Tapi,

  • Karunia Roh kudus belum tersedia bagi umat manusia secara luas.
  • Di masa itu murid2 Yesus memperoleh berbagai kuasa dari Yesus (belum di curahkan roh kudus kepada mereka), mereka masih bersama “mempelai” itu (Mat 9:15), selama “mempelai” itu ada bersama mereka, maka tersedia “makanan” melimpah bagi mereka => mereka belum perlu “penolong/makanan” yg lain.
  • Ketika Yesus pergi, maka murid2 Yesus tdk punya sumber “makanan” lagi di samping mereka, maka akan di datangkan “makanan/penolong” yg lain itu dari sorga.

perbincangan yang menarik…debat yang menarik…heeheh

Kenapa soadara berkomentar seperti itu? Ya, sebab sodara tidak mengerti Kitab Suci maupun Kuasa Allah.

Salam,

Kalau salah ya kasih tau dong, jangan ambek. bertanya sebisa dijawab, jangan spt anda lansung mengvonis, ya itu namanya egois, gak bagus diforum berdebatan sini.

Ada pertanyaan anda ?

Salam.

Bukan emosi. Saya hanya ingin klarifikasi, sebab sudah terlalu banyak orang yang pura-pura bertanya, tapi sebenarnya mau menunjukkan ajarannya seperti apa.

Pembelaan hanya terdapat dalam adu argumen, bukan pertanyaan. Berarti jelas, Anda memang mau berdebat, bukan bertanya. :slight_smile:

Salam

mengenai Yoh 16:7
“Sebab jikalau aku tidak pergi, penghibur itu tidak akan datang kepadamu”

Penjelasannya dapat dilihat di:
http://www.sarapanpagi.org/kedatangan-roh-kudus-vt1888.html

Salam

Pendapat mas ada benarnya :afro:

Kitab suci diorganisir menjdi dua bagian menurut kronologi sbb:

  • Kitab suci sebelum Yesus Kristus, disebut dengan Perjanjian Lama( Kejadian s/d Maleakhi)
  • Kitab suci sesudah Yesus Kristus, disebut dengan Perjanjian Baru. (Matius s/d Wahyu)
    ( Walaupun secara kronologis, Perjanjian Baru ( Janji Allah kepada manusia melalui Abraham) lebih dulu ada ketimbang Perjanjian Lama (Janji Allah kepada manusia melalui Musa)

Dalam kitab suci Perjanjian Lama, kita membaca bahwa orang-orang tertentu dipenuhi dengan ROH KUDUS.

Contoh, Yusuf :
Gen_41:38 Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: “Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?”

Contoh, Yoshua:
Deu_34:9 Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Contoh, Mikha:
Mic_3:8 Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya.

Dan masih banyak lagi, semua nabi dipenuhi oleh Roh Allah. Yesus Kristus adalah Firman Allah (yang adalah Allah) yang menjadi manusia/daging, yang penuh dengan Roh Allah :

Col_2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

Lalu apa bedanya antara kepenuhan Roh pada Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ?

Dalam Perjanjian Lama kita melihat bahwa mereka yang dipenuhi ROH KUDUS hanya orang-orang tertentu, dari bangsa Yahudi.

Joh_4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Tetapi melalui yesus Kristus, semua bangsa layak dihadapanNya dan boleh menerima ROH KUDUS :

Gal 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”
Gal 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu

Jika mas percaya kepada Yesus Kristus, maka mas juga akanmenerima ROH KUDUS :
Eph_1:13 Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu.

Sejak Perjanjian lama, memang hal ini sudah dinubuatkan, antara lain sebagai berikut:

Joe_2:28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

GBU

[i][b]Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah, yang maha pengasih lagi maha penyayang.[/b][/i] Saya adalah [b]orang islam[/b] yang hidup dengan[b] ajaran islam[/b] dan [u][b]diajarakan untuk beriman[/b][/u] kepada [b]kitab al - qur`an[/b] dan [b]kitab sebelumnya[/b], yaitu[b] injil, zabur, taurat.[/b] Karena saya [u][b]tidak tau apa - apa[/b][/u] tentang [b]injil,[/b] maka saya memutuskan untuk mencoba membacanya, dan alhasil isinya cukup menarik, apalagi saya cukup suka membaca tentang cerita - cerita yang ada didalamnya.
Kisah anda INI adalah keberadaan saya sebelum SAYA MENGERTI bahwa KEBENARAN yg di Ridhoi Allah yg BENAR hanya ada di Al-Kitab yg berisi [b] injil, zabur, taurat.[/b] plus [b]Kitab Para Nabi dari Israel ![/b]. Untuk itu akan saya TUNTUN sedikit demi sedikit dimana saja [u][b]PERBEDAAN[/b][/u] [b]Kitab dari Allah YHWH[/b] dengan [b]Kitab yg dari Sosok yg menamakan Dirinya "Allah swt" itu[/b], yg[u][b] BUKAN[/b][/u] SOSOK yg SAMA ! Nabi Terachir daklam Alkitab adalah Nabi Yahya Pemandi yg disebut Yohanes Pembaptis ![u][b] Tak ada[/b][/u] NABI yg [b]BUKAN berasal [/b]dari Umat/Bangsa Pilihan "ISRAEL", itu yg [u][b]dinyatakan dalam Alkitab ![/b][/u] Apakah anda TAHU ? :coolsmiley: :happy0062: [i][b]"Yg disebut Keturunanmu (Abraham) adalah yg berasal dari ISHAK bukan dari Ismael" (Kitab Kejadian psl 17).[/b][/i ]Keselamatan Achirat bagi seluruh Bangsa, datang dari [b]Umat Pilihan “Israel”[/b] tsb, [b]bukan dari Bangsa lain[/b] ! Apakah anda tahu siapa orang yg bernama Israel itu ? Semua Utusan-Nya setelah kehadiran Yesus Juruselamat disebutnya Rasul, bukan Nabi. Beerbeda dengan Ajaran Arab dimana Nabi dan Rasul dijejalkan pada SATU SOSOK !! :cheesy: :'( Perhatikan betapa [b]SESAT [/b]yg diajarkan oleh Ulama2 Tanah Arab yg kemudian disadap mentaqh2 oleh Ulama di Indonesia, yg merubah dengan Imbuhan “tambahan2” pda ayat ASLI di Kitab anda sehingga [b]MERUBAH Artinya[/b] ! Kita akan BAHAS HAL ini melalui Sarana PM = Personal Message yg tersedia di Forum ini karena menyangkut ayat2 dalam Quran yg di [b]HARAM[/b] kan tampil disini ! Bersambung ......

Sambungan …
Sekarang kita kembali pada Pertanyaan anda :

1.Namun benar yang kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, [b]Penghibur[/b] itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus [b]Dia[/b] kepadamu Jadi saya ingin bertanya kepada anda Kristen yang[u][b] terpelajar[/b][/u], dapatkah kalian memberi tau saya, siapa itu si [b]Penghibur[/b] yang dikatakan oleh Yesus dalam ayat diatas karena saya tidak mengetahuinya, TX.
Anda PASTI dalam [b]Ajaran Pesantren[/b] diajarkan bahwa[b] Penghibur[/b] itu adalah [b]Muhammad saw[/b]. Bagi yg mengerti Hikmat Alkitabiyah maka Ajaran tsb [b]meng [u]GELI [/u]kan[/b] karena beberapa [b]HAL KEBODOHAN[/b] sbb :

1.Yesus meminta agar para Murid2-Nya tetap menunggu di Yerusalem sampai Penghibur itu datang. Kedatangan Roh Penghibur atau Roh Kudus bagi seluruh murid2Nya terjadi pada Hari ke 50 (Hari Pentakosta). setelah Kematian Tubuh Jasmani-Nya dikayu Salib.(7 x 7 Sabat plus 1 Hari).
Kalau nunggu Muhammad datang ke dunia yg nongol 600 tahun kemudian , ya udehan keburu jadi Bangke’ semua Murid2Nya tsb, Bro !
2.Yesus Kristus mengatakan bahwa Penghibur itu akan menyertai kamu se lama2nya sampai Achir zaman. HAL ini tidak dipenuhi oleh nabi anda yg sudah masuk Liang Kubur di Abad ke VII, umurnya MENTHOK di sekitar 50 tahunan doang akibat DIRACUNI oleh salah satu Wanita dari Bangsa Yahudi Pampasan Perang yg dipaksa jadi Pemuas Sex nya !! Apakah anda tahu nama Wanita tsb dan Kejadian Keracunan tsb ! Silahkan dicari ya Bro, kalau enggak dapat , balik kesini entar ditunjukkan dimana carinya !
3. Kedatangan Roh Penghibur tsb akan membawa suatu Perubahan Besar bagi para Rasul-Nya dari selalu Ketakutan dan sembunyi2 karena takut ditangkap Pengawal Bait Allah dan Tentara Romawi menjadi Lebih Berani dalam bersaksi tentang Yesus Sang Mesias dan Juruselamat Manusia , yg dijanjikan sejak di Taman Eden kepada Adam dan Hawa (Kejadian 3 : 15) serta Para Rasul diberi KUASA untuk melakukan Mujizat2 juga !
Jadi terlalu CEROBOH dan JAHIL/ BODOH yg mengajarkan dan juga Percaya pada ajaran BODOH seperti itu Bro ! :cheesy: :coolsmiley: :happy0062: