Pesantren Berstandar Nasional akan Dibangun

Saat nya membangun sekolah Theologi berstandar internasional di Indonesia :afro:

Pesantren Berstandar Nasional Tengah Dirumuskan Jum'at, 22 Oktober 2010 - 01:17 wib

JAKARTA - Kementerian Agama tengah membuat rancangan standardisasi pendidikan pesantren salaf seperti pendidikan berstandar nasional.

Di mana upaya ini memberikan peluang bagi para alumni pesantren untuk bekerja dibidang formal. Menurut Direktur Jendral Pendidikan Islam, Muhammad Ali upaya tersebut untuk memberikan kesempatan dan kemudahan bagi para lulusan pesantren dapat bekerja dibidang formal.

“Depag memperjuangkan ujian standar nasional bagi pondok pesantren yang setaraf dengan pendidikan nasional yang lain. Rancangan ini untuk memberi peluang bagi alumni pesantren bisa bekerja di sektor formal,” ungkapnya di kantor Kementerian Agama di Jalan Lapangan Banteng, Kamis, (21/10/2010).

Ia menjelaskan bahwa para santri di pesantren bisa ikut ujian nasional apabila pesantren tempatnya belajar memuat beberapa mata pelajaran yang telah ditetapkan sebagai mata pelajaran wajib dalam ujian nasional. “Pesantren bisa ikut ujian nasional apabila mereka memuat beberapa mata pelajaran yang distandarkan,” ujarnya.

Ali menyadari bahwa masih banyak pesantren yang tidak sepenuhnya menerima program ini meski demikian pihaknya tidak akan memaksa pesantren untuk ikut rancangan tersebut. “Rancangan ini kami akan lakukan dengan pendekatan persuasif, tidak dengan pemaksaan,” katanya.(ful)