PETA ZAMAN

Tolong teman2 bantu saya masih awam, bagaimana pendapat kalian tentang hal ini?
benarkah kita di penghujung milenium ke 6?
PEMETAAN ZAMAN

Yang dimaksud dengan Peta Zaman dalam pelajaran Eskatologi adalah upaya pemetaan perjalanan -napak tilas- para leluhur umat manusia, berikut tokoh-tokohnya yang dipakai sebagai Tonggak Sejarah. Peta Zaman penghitungannya dimulai sejak manusia diusir keluar dari Taman Allah, Taman Eden. Berapa lama sejak masa penciptaan sampai kejatuhan dalam dosa, tak seorang pun yang tahu, karena tidak ada keterangan atau catatan dalam Kitab Suci.

Penjelasan Peta Zaman terbangun berdasarkan ayat Firman Allah : “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.” (2 Petrus 3 : 8). Makna pertama dari ayat adalah, bagi Allah yang hidup dalam keabadian, tiada bedanya antara 1 hari dengan 1000 tahun. Namun karena kita manusia terbatas oleh waktu dan ruang, makna yang bernuansa Theologis ini sulit untuk dapat kita mengerti. Jangankan 1 hari dengan 1000 tahun ! 1 hari dengan 2 hari saja sudah berbeda. Sedang makna kedua dari ayat ini adalah untuk memberi pedoman dan patokan waktu bagi kita umat manusia.

Dengan patokan 1 hari adalah lambang dari 1000 tahun, ternyata menjelang berakhirnya 2000 tahun (hari kedua), datanglah banjir dahsyat di zaman nabi Nuh. Kemudian, 2000 tahun berikutnya adalah “hari ke 3dan ke 4.” Awal dari “hari ke 3,” di sana ada nabi besar Abraham atau Kanjeng Nabi Ibrahim. Menjelang “hari ke 4” berakhir, Yesus Kristus atau Isa al Masih disalibkan, wafat dan dimakamkan. Kemudian Beliau bangkit dari kematian dan kemudian terangkat dan kembali ke rumah-Nya di Sorga. Pada saat inilah “hari ke 4” berakhir, atau millennium yang keempat.

Berikutnya, “hari ke 5” dimulai dengan pencurahan Roh Kudus, yang disebut “Hari Pentakosta.” Lalu menjelang berakhirnya “hari ke 6,” Isa al Masih atau Yesus Kristus akan datang kembali. Ini yang sering disebut “The Second Coming”, kedatangan-Nya yang ke 2xnya, setelah yang pertama datang di kota kecil Betlehem, di wilayah Yudea, sekitar 5 atau 6 km dari kota Yerusalem.

Kedatangan Yesus Kristus yang ke 2xnya ini bersamaan dengan terjadinya kebangkitan orang mati yang pertama. Yaitu bangkitnya orang-orang pilihan Allah. Setelah itu akan terjadi perubahan (Allasso) – jadi seperti malaikat- bagi umat Kristiani pilihan Allah. Kemudian pengangkatan jemaat pilihan Allah (Rapture) pun terjadilah. Hal tersebut terungkap dari ayat-ayat Firman Allah ini : “Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.”

( Surat 1 Korintus 15 : 51-53)

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” (1 Tesalonika 4 : 16, 17) dan

“Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.(Injil Matius 24 : 30, 31).

Yang ironis adalah, disaat yang diangkat (alami Rapture) sedang berpesta rohani di alam permai nan ilahi, di dunia si Dajjal – Antikris berkuasa, aniaya, siksa dan bencana menerpa (3,5 tahun). Setelah itu, pada akhir “hari ke 6,” Isa al Masih / Yesus Kristus mendarat di bumi. Dajjal – Antikris dan Nabi Palsunya dilempar ke neraka dan “hari ke 7”, Millennium Damai (1000 th.) dimulai.

Itinya kita akan mendekati penghujung milenium ke 6 menurut maetos.com
silahkan baca karena panjang beud… :ashamed0004:

maksudnya n=bukan rapture diam2 gimana? :mad0261:
jadi benar ya kita udah berada diambang penghujung milenium ke 6?

Seharusnya Berita dari sumber di-quote disini, baru kemudian dikomentari sekaligus membuka diskusi. :slight_smile:

sorry mas OLIVER kepanjangan sumber beritanya… massage nya gak cukup soalnya cuman bisa nampung 5000 karakter aj… :ashamed0004:

kalau beritanya kepanjangan, bisa disiasati dengan meng-quote sebagian,yang penting essensi beritanya ada. Toh kalau kurang masih bisa disambung ke post berikutnya :wink:

untuk kali ini okelah ditoleransi, tapi next time ikuti alur ya,karena board ini memang board Berita :slight_smile:

ok mas terima kasih pemberitahuannya… :afro: