Pikiran,konsentrasi.

Bagaimana membuat pikiran,konsentrasi kita tidak tercepah memikirkan hal" negatif, contohnya : gua jadi presiden enak nih, gua jadi gading martin enak nih punya cewe cakep,

Tergantung pikirannya.
Kalo pikirannya adalah tentang “Andai saya menjadi orang lain”, menurut saya itu bukan hal negatif. Apabila disikapi dengan benar, malah terkadang itu bisa menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik.
Tapi bila ingin menghentikannya mungkin perlu latihan kebiasaan.
Untuk langkah awal, supaya pikiran itu tidak terlalu menyita waktu dan mengganggu, mungkin anda bisa merelakan pikiran itu muncul dan kemudian berlalu begitu saja segera setelah anda menjawab pikiran itu.

“gua jadi presiden enak nih, bisa suruh-suruh orang, bisa makan enak, dihormatin banyak orang… tapi jam tidur gua jadi sedikit, stres juga mikirin negara sambil didesak pihak kiri kanan… ada enak, ada ga enaknya juga, okelah…”

Tuntaskan pikiran itu, kemudian lanjutkan kegiatan anda.

Trima kasih utk Pencerahan’nya kak :smiley:

ya …udah … , pikir aja HAL-HAL YANG POSITIF … beres deh…,

pis… :smiley:

Karena banyak ngangur karena itu banyak berkayal…

Biar tidak punya pikiran aneh-aneh lagi, coba lah mencari aktivitas yang berarti dan melakukan hal-hal yang positif seperti olah raga, bersosialisasi secara langsung dengan komunitas, bekarja atau mengerjakan tugas-tugas teman atau apa saja lah…