Pohon ara di kebun anggur

[ITB] Luk 13:6-9
(6) Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.
(7) Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!
(8) Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,
(9) mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

Fakta dari narasi diatas adalah :

  1. Kebun anggur adalah kebun yang diperuntukkan budidaya anggur.
  2. Fakta lain adalah sebuah pohon ara yang tumbuh di perkebunan pohon anggur.

Sedangkan hukum Taurat yang berlaku adalah :

Jangan kau taburi kebin anggurmu dengan dua jenis benih : benih anggur dan benih lain …

[ITB] Deu 22:9 Janganlah kautaburi kebun anggurmu dengan dua jenis benih, supaya seluruh hasil benih yang kautaburkan dan hasil kebun anggurmu jangan menjadi milik tempat kudus.

[KJV] Deu 22:9 Thou shalt not sow thy vineyard with divers seeds: lest the fruit of thy seed which thou hast sown, and the fruit of thy vineyard, be defiled.

[AMP] Deu 22:9 You shall not plant your vineyard with two kinds of seed, lest the whole crop be forfeited [under this ban], the seed which you have sown and the yield of the vineyard forfeited to the sanctuary.

…agar pemilik anggur tidak kehilangan seluruh hasil kebun tersebut.

Namun mengapa Tuhan Yesus tidak mempermasalahkan percampuran dua benih ini dan justru menggunakan percampuran benih ini sebagai ilustrasi?

Dalam Misnha bab pertanian [agricultural, 1] sub bab Kilayim [04] dan sesi 6:4

Mishna 1xx: Agriculture (04) Kilayim 6:4

6:4 He who trains a vine over part of a fruit tree— it is permitted to put seed under the remainder [of the tree]. `And if the new growth [of the vine] spread [over the rest of the tree], he shall turn it [the new growth] back. `M’SH S{M’SH S A precedent concerning a law given in abstract language; an illustration.}: R. Joshua went to R. Ishmael at Kefar Aziz, and he showed him a vine which was trained over part of a fig tree. `[R. Joshua] said to him, “May I put seed under the remainder [of the tree]?” `[R. Ishmael] said to him, “It is permitted.” `And he brought him up from there to Bet Hamaganyah, and he showed him a vine which was trained over part of a branch and a trunk of a sycamore tree, in which there were many branches. `[R. Ishmael] said to him, “Under this branch it is prohibited [to put seed], under the rest [of the branches] it is permitted.”

Mishna atau ‘hukum Taurat’ versi tradisi tidak tertulis, tradisi lisan turun temurun menyatakan hal tersebut dijinkan dengan beberapa syarat diatas.

Namun demikian, saya tidak akan membahas persyaratan legal tidaknya percampuran tersebut.

Fakta tambahan dari dua fakta diatas adalah :

  1. Ada pemilik kebun anggur yang sesungguhnya
  2. Ada mandur atau yang mengusahakan/memelihara kebun anggur tersebut : yang membiarkan pohon ara tumbuh di kebun tuannya
    3.Sudah tiga tahun sejak pertama kali pemilik kebun anggur itu menjumpai pohon ara di kebunnya tidak pernah berbuah, ia menghendaki untuk menebang saja pohon ara ini.
  3. Namun penjaga kebun memohon belas kasihnya untuk mengulur waktu satu tahun saja, supaya ia bisa merawat, memberi pupuk sehinngga ada tahun kelima pohon ara ini dapat berbuah. Bila tidak, maka ia boleh ditebang.

Apakah yang hendak disampaiakn oleh Tuhan Yesus dalam narasi diatas?

Mari kita gali lebih dalam :

* Bapa adalah pengusaha atau pemilikkebun anggur itu


Joh 15:1 "... Bapa-Kulah pengusahanya." 

Yesus adalah Pokok Anggur atau pengawas kebun anggur ini

Joh 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar ..."

* Kita lah pohon ara itu

Yesus telah membiarkan kita orang-orang non Yahudi fisik yang adalah pemilik sah atas warisan ini - untuk tinggal dalam kebun anggur Bapa, untuk turut serta menikmati warisan ini.

Kita adalah cabang yang telah dicangkokkannya ke dalam kebun itu, kedalam Pokok Anggur itu.

Rom 11:17 ...kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah

Maka kita pun telah dicangkkkan kembali kedalam pokok anggur dan tinggal didalamnya

Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.

* Tiga tahun tanpa buah

Joh 15:5 ...Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Namun demikian selama tiga tahun pertama, Bapa tidak melihat buah itu pada kita : pohon ara di kebun anggur, tunas liar yang telah dicangkokkan.

Tiga tahun menurut saya memiliki dua makna

Pertama

Itu adalah masa misi pelayanan Yesus di bumi yang hanya sekitar 3.5 tahun saja.
Pada masa 3 tahun inilah pohon ara kedapatan ada di kebun anggur Bapa, namun diijinkan tumbuh di kebun anggur Bapa oleh pengawas kebun angur yaitu Sang Putra.

Tiga tahun pertama , pohon ara tidak bebuah, maka pengawas kebun anggur pun meminta tambahan waktu agar dia bisa merawat, mencangkul tanah sekelililingnya biar subur serta memberi pupuk.

Yesus mencangkul hati murid-muridNya
Yesus merawat tanaman pohon ara ini
Batu-batu dan kerikil dibuang
Rumput ilalang disingkirkan

Dan yang terakahir

Dia memberi pupuk

Roh Kudus lah pupuk itu.

Ia adalah Roh yang dijanjikanNya

Joh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Kedua

Masa tiga tahun adalah masa tiga tahun dekade kehidupan kita yang telah selama ini tinggal dalam kebun anggur Bapa.

Mungkin selama masa ini hidup kita tidak pernah berbuah

Bahkan mungkin ini adalah masa dimana kita hidup dalam pesta pora duniawi.

Kini saatnya kita memasuki tahun ke 4, tahun pemberesan, tahun pemulihan, tahun pembentukan.

Berikan diri kita untuk dibentuk

Berikan diri kita kepada Tuhan seutuhnya agar Roh Kudus dengan bebas berjarya dalam hidup kita, sehingga kita pun berbuah : 30 , 60 bahkan 100 kali lipat.

Atau, perlukah kita menantikan sampai tahun ke-4 itu agar bisa berbuah dalam hidup kita?

* Pohon yang ditebang

Bila telah memasuki tahun kelima dan ternyata tidak berbuah, maka pohon ara yang tidak berbuah itu akan ditebang.

Joh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya 

Bapa akan memotong ranting itu

Bapa akan memotong pohon ara itu

Luk 3:9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api."

IMO, pohon ara tdk dpt dicangkokkan kepada pohon anggur
pohon ara dituntut utk mengeluarkan buahnya sendiri,
Lihat di ayat 7 : “Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya”.
Dlm Roma 11:17 pohon zaitun liar dicangkokkan kpd pohon zaitun asli itu memang bisa,
ada banyak tumbuh2an yg sejenis bisa saling disilangkan.
GBU

perump kebun anggur dlm Luk 13:6-9 dan Deu 22:9 adalah mengenai dua hal yg berbeda.

Dlm lukas, perumpamaan kebun anggur yg di maksud adalah ladang tuhan, yaitu bumi dan manusianya ( pohon ara adalah bangsa israel),

sedangkan dlm Deu 22:9 adalah sama artinya dgn Deu 22:10-11, yg adalah tentang menjaga “kemurnian”, bisa mengacu pd worship kpd yg esa saja, ataupun jgn menebar “benih” yg bukan dari allah (kefasikan), karena itu akan bisa mencemarkan seseorang (defiled).

Salam

Namun ANEH tetapi NYATA … dari Pelajaran yg anda kemukakan diatas malahan yg ditangkap oleh Bangsa Yahudi adalah mereka MENGHINA, MELECEHKAN Kaum SAMARIA, yaitu Bangsa Yahudi Campuran karena menikah dengan orang2 dari bangsa lain.
Itu sebab nya maka Tuhan memberikan waktu yg amat panjang agar bangsa2 lain yg tanpa bibit darah Bangsa Yahudi (Domba dari Kandang lain) disedialan Tempat se luas2nya sampai Jumlah mereka memenuhi Quota yg Tuhan sudah tentukan Jumlahnya . Sedang bagi Bangsa Yahudi yg akan diselamatkan hanya berupa “sisa2 Bangsa Israel”. TRAGIS !
DULU Bangsa Samaria yg masih ada darah Yahudinya mereka LECEHKAN, SEKARANG bahkan yg dari bangsa2 lain yg sama sekali tak ada darah keturunan Yahudinya dijadikan Israel Rohani untuk diselamatkan ! Saat RAPTURE, baru deh mereka SHOCK dan TERKEJUT melihat kenyataan itu !
Waktu mereka untuk diselamatkan hanya ada di Masa Anti Kristus dan mereka Peroleh di Pertengahan Masa Anti Kristus yg 7 Tahun, dimana mereka masih digojlok dalam Kemah Allah di Padang Gurun selama 3 1/2 Masa atau 42 Bulan atau 1260 hari setelah mereka menolak Tanda 666 dilekatkan di Tangan Kanan dan Dahi mereka … baru mereka diperkenan masuk dalam kumpulan Orang2 Percaya yg RAPTURE dan turun ke Bumi untuk mendirikan dan masuk kedalam Masa Kerajaan 1000 Tahun.

Pohon ara gak mungkin berbuah anggur.
Biarpun dicangkul, dipupuk lalu ditunggui 100 tahun tetap aja gak ada buah anggurnya. Jadi baiknya ditebang :tongue:

Sama halnya dengan perumpamaan gandum dan ilalang. Ilalang gak akan menghasilkan bijih gandum, kendatipun tumbuh di tanah yang sama, dan mendapat perawatan yang seragam dengan gandum.

GBU

Bukan disuruh berbuah anggur tp disuruh berbuah pohonnya sendiri, lihat ayatnya:

Buah yang dicari di kebun anggur ya buah anggur

Deu 22:9 Janganlah kautaburi kebun anggurmu dengan dua jenis benih, supaya seluruh hasil benih yang kautaburkan dan hasil kebun anggurmu jangan menjadi milik tempat kudus.

Pohon ara yang itu liar :slight_smile:

GBU

Terlanjur tumbuh, sebab itu diharapkan berbuah

Kata pak Tani … terkadang Pohon Turi ditanam di Ladang Pohon Utama yg akan dituai hasilnya … bukan disuruh Berbuah seperti Pohon Utama, tetapi untuk menyuburkan Tanahnya karena Pohon Turi banyak menghasilkan Nitrogen yg sangat baik bagi KESUBURAN TANAH yg akan ditanami Pohon Utamanya !
Hanya Petani yg memahami Gunanya Pohon Tumpang Sari ditanam di Ladang … kalau Mbok Dya hanya tahu Daun Bawang terkadang Enak bila dibubuhkan di Bakmi Ayam yg dihidangkan panas2 ! :mad0261: :coolsmiley: