@Pontifex : The pope's Twitter account

http://cdn-static.cnet.co.uk/i/c/blg/cat/popeipadmain1.jpg

Vatican unveils Pope’s Twitter account @pontifex
4 December 2012

The Pope is to begin sending Twitter messages using the handle @pontifex as his personal account, the Vatican says.

A spokesman said Pope Benedict XVI would “reach out to everyone” with accounts in eight languages, although no tweets were posted on the first day.

In that time, the Pope’s English account had accumulated nearly 280,000 followers, well ahead of his Spanish (67,000) and Italian (26,500) accounts.

The first tweet from the accounts is expected on 12 December.

At his weekly audience the Pope will be use a question-and-answer format for his first Twitter session, focusing on answering questions about faith in 140 characters.

The Pope’s tweets will also be posted in German (with the account generating 7,000 followers in its first day), Portuguese (10,700), Polish (2,650), French (5,000) and Arabic (2,150).

So far, the Pope’s accounts @pontifex - which mean “pontiff” or “builder of bridges” - are only following each other.

The Vatican’s Twitter account has almost 110,000 followers, although it follows no-one.

Last year, the Pope sent his first tweet last year from a Vatican account to launch the Holy See’s news information portal.

“We are going to get a spiritual message. The Pope is not going to be walking around with a Blackberry or an iPad and no-one is going to be putting words into the Pope’s mouth,” said Greg Burke, senior media advisor to the Vatican.

“He will tweet what he wants to tweet,” he added, though the leader of the world’s 1.2 billion or so Roman Catholics is expected to sign off, rather than write, each individual tweet himself.

Paus Benedict Aktif di Twitter Mulai 12 Desember
Selasa, 04 Desember 2012

TEMPO.CO, Vatikan - Apa yang bisa dilakukan pemimpin tertinggi umat Katolik dunia untuk lebih mendekatkan diri dengan umatnya? Jawaban untuk zaman sekarang adalah menggunakan media sosial. Pilihan itulah yang kini dipilih Paus Benedict XVI.

Pria 85 tahun itu memiliki akun Twitter @pontifex sejak 23 Februari 2012. Vatikan pun menyiapkan kanal YouTube dan Facebook khusus bagi Sri Paus. Nantinya, tiga kanal itu akan jadi cara Sri Paus lebih dekat dengan umatnya.

Paus adalah pria yang akrab dengan teknologi. Ia diketahui aktif memakai iPad sejak 2011. Tapi langkah kicauan di dunia maya ini dianggap radikal bagi pria yang baru saja menerbitkan buku ketiga kajian tentang kehidupan Yesus Kristus itu.

Vatikan mengakui bahwa perlu cara yang revolusioner untuk menyebarkan pesan Injil. Mereka berharap, dengan 140 karakter, pesan Injil dapat meningkatkan umat untuk terus belajar, yang kini ada kecenderungan menurun.

“Akan menjadi tantangan untuk mencari bahasa yang tepat demi cuitan yang manis, pesan yang singkat, dan mempelajari pengaruh tiap katanya,” ujar Monsinyur Paul Tighe, pendeta Inggris yang merupakan Sekretaris Komunikasi Sosial Dewan Kepausan.

Selama tujuh tahun menjadi Paus, Benedict XVI acap menghadapi kesalahpahaman soal berbagai subyek yang sensitif. Seperti pandangan terhadap Islam, posisinya dalam penggunaan kondom dan pencegahan IADS, serta kasus phedophilian para pendeta di seluruh dunia.

Vatikan berusaha menjangkau pengguna Internet untuk menjelaskan itu semua. Mereka sudah memulainya dengan YouTube dan Facebook. Nah, Twitter akan menyebarluaskan lebih mudah dan cepat untuk 140 juta penggunanya yang sekitar 40 persen berusia 18-34 tahun.

“Ada keinginan yang kuat dari Paus untuk berdialog dengan pria dan wanita sekarang,” kata Uskup Agung Claudio Maria Celli, Presiden Komunikasi Sosial Dewan Keuskupan.

Respons terhadap niat Paus itu langsung disambut para pengguna Twitter. Meski belum pernah mencuitkan apa pun, sudah ada pengikut sebanyak 293 ribu sejak ia bergabung 23 Februari 2012. Paus Benedict XVI siap menyapa para pengikutnya mulai 12 Desember 2012. Ia akan berkicau di dunia maya melalui akun Twitter @pontifex. Pernyataan tersebut keluar secara resmi dari Vatikan pada Senin, 5 Desember 2012.

http://www.tempo.co/read/news/2012/12/04/072445733/Paus-Benedict-Aktif-di-Twitter-Mulai-12-Desember

Ixixiiirr ngeksis yaw, ajib ga tuh ? :azn:

=========
Mulai tanggal 12 Desember mendatang, Paus Benediktus akan mengirim pesan lewat halaman Twitternya – @Pontifex – dalam delapan bahasa. Ia akan menanggapi berbagai pertanyaan mengenai keyakinan dalam acara publik mingguannya, menurut Vatikan hari Senin.

Pesan Twitter oleh Sri Paus akan dikirim bersamaan dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Portugis, Italia, Jerman, Polandia dan Arab. Kantor Sri Paus mengatakan mereka berharap akan menambah satu lagi yaitu bahasa Mandarin

Enam jam setelah pengumuman, Paus Benediktus langsung mendapat hampir 150.000 pengikut atau follower di halaman versi bahasa Inggrisnya saja, sementara ribuan lainnya di tujuh halaman bahasa lainnya.

Meski pesan Twitter pertamanya 12 Desember nanti akan dikirim langsung oleh Sri Paus, pesan-pesan berikutnya akan dikirim pihak sekretariat Vatikan. Namun pesan-pesan itu akan terlebih dulu disetujui Sri Paus, kata para pejabat Vatikan.

Sri Paus, yang berusia 85 tahun, mengirim pesan Twitter pertama kali tahun lalu lewat akun Vatikan, yang diluncurkan sebagai bagian dari upaya meningkatkan keberadaan Gereja di media sosial dan menyebarkan agama.

Vatikan semakin meningkatkan keberadaannya dalam media sosial, menggunakan saluran YouTube dan halaman Facebook untuk acara-acara khusus, serta Twitter untuk menarik perhatian publik terutama kaum muda. Vatikan menolak membuat halaman Facebook pribadi bagi Sri Paus karena dianggap sebagai interaksi yang terlalu pribadi dan memerlukan lebih banyak orang untuk memperbaruinya.

Akun Twitter Paus akan Ditutup 28 Februari 2013
Minggu, 24/02/2013

Jakarta - Paus Benediktus XVI menyatakan mundur sebagai Paus. Akun twitter milik Paus, @pontifex akan resmi ditutup pada pekan depan.

Demikian disampaikan Radio Vatikan yang dilansir AFP, Minggu (24/2/2013). “Tampaknya sangat tidak bisa dibayangkan bahwa seseorang akan melanjutkan alat komunikasi yang sangat populer dan berpengaruh saat menduduki tahta Vatikan,” kata Radio Vatikan.

Paus Benediktus dengan @pontifex dibuka pada 12 Desember 2012 dengan versi 9 bahasa mampu menyedot follower hingga 2 juta lebih dari berbagai negara. Hingga Minggu ini, Paus baru nge-tweet 34 kali.

Terakhir adalah tweet pada 17 Februari 2013 lalu yang kira-kira berbunyi: Pra Paskah adalah waktu yang menguntungkan untuk menemukan kembali iman kepada Allah sebagai dasar hidup kita dan kehidupan Gereja.

Namun sayang, akun ini akan ditutup pada 28 Februari 2013 nanti. Banyak yang mengharapkanPaus akan mencuit untuk terakhir kalinya pada 27
Februari 2013, ketika ia akan mengucapkan selamat tinggal kepada umat Katolik untuk khalayak umum di Lapangan Santo Petrus.

Sebelumnya langkah Paus untuk membuat twitter ini sempat menjadi perdebatan di kalangan gereja Katolik dan Vatikan. Namun banyak pendukungnya setuju dan mengatakan hal itu adalah cara yang berguna untuk menjangkau kaum generasi muda.

Belum bisa diprediksi kandidat pengganti Paus Benediktus namun beberapa kardinal disebut-sebut berpeluang kuat seperti Kardinal AS Timothy Dolan, Kardinal Brasil Odilo Scherer dan Gianfranco Ravasi dan Angelo Scola dari Italia. Mereka juga adalah pengguna aktif twitter.

http://m.detik.com/news/read/2013/02/24/151332/2178158/1148/akun-twitter-paus-akan-ditutup-28-februari-2013

Belum sampai 3 bulan y, :smiley:

Itu gambar pope pegang ipad asli atau rekayasa yak…
Keknya resolusi dan ketajaman gambar ipad, berbeda dengan gambar pope. Kayak hasil tempelan dua gambar pake photoshop :tongue:

GBU

Dikhawatirkeun if active more than 3months akan terjadi… … . twitwar… ? :cheesy:

aku ngambilnya random dari google image :smiley: :smiley:

twitwar ama siapa? ;D

Btw-button on d’way… … . :cheesy:
. … …d’next Pope twitter’an jg ndak yaw ? :onion-head48:
Or probably next Pope might join Social Number aja yg gress en dijamin lebih ‘aman nyaman’ exexeeeh


Akun Twitter Paus Benediktus XVI telah berganti nama menjadi “Sede Vacante” yang artinya “Kursi yang Lowong” hingga dewan kardinal memilih Paus baru…
Paus Benediktus XVI Tutup Akun Twitter
Paus baru nantinya akan memutuskan apakah ia ingin melanjutkan kebiasaan tersebut.

yang engkaumaksud dengan social number itu apa ya nak? :tongue:

Ah sirMod, pura-pura tak tahu maksudnya… padahal, (jangan2) jg sudah ngantongin Numbernya cqcq :char11:
Syahdan bukan legend Social Number sudah menjadi jejaring sosial anyar yg nge-hits yg minim ‘pasung’, exexeeh

BTT:
Just wondering bilamana next Pope ternyata lebih up to date & makin ndak gaptek di dunia maia,… wqwq @Pontifex probably akan tetap useful & insyaJC bisa lebih dr sekedar trending-topic :cheesy: #H2C :rolleye0014:

Era baru akun twitta’ vatikan: KICAUNYA kudu KAPITAL SEMUA ?.. :cheesy:

“HABEMUS PAPAM FRANCISCUM”
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/14/117467097

mungkin ngetikx pas sambil treakan :smiley:

Wqwq… terbaca olehQ ‘trek2an’ :ashamed0004:
Uhm… jelang misa Paskah bakalan ada update kicau dari beliau ndak y ? :rolleye0014:
… … . secara tersiar kabar dr patih-nya, Pope saggy will not use any smartphone … ? hemm
http://www.berita8.com/berita/2013/03/paus-francis-dijauhkan-dari-blackberry-dan-iphone

xixixixixi… ;D

kemaren kayakx update twit deh, :smiley: ketauan-jd-follower

Ahahaa iaa, berkicaw di hari Minggu ceriaa almost midnite hbs di’rasani’ ^^
#JgnSmpKetauan :cheesy:

Iki piye toh, wong protestan kabeh tapi podo ngintilin twit Paus :coolsmiley:

Pope Francis berkicaw: “True power is service[on March. 19]
Amien. Menyimak yg layak disimak. no problemo lhawuong just ‘ngintilin kicauan’ beliau koq yoo [^,*] ;D
This ‘Pope’ agree 1 thing as Christ J said about “whoever who have power, he’s a servant!” :happy0062: