predistination

predistination atau preditinasi adalah istilah yg sering di pakai dalam doktrin keselamatan. Pengertian istilah ini menjelaskan bahwa keselamatan manusia sudah di tentukan sejak semula sebelum manusia lahir ke dalam dunia.
Walaupun sulit di terima akal, teori ini sudah mulai dapat di terima oleh sebagian kalangan gereja.
Menurut kalian gmana?

KOTBAH YG MENYESATKAN!
Merokok itu dosa
"DOSAKAH BERTENTANGAN DENGAN DOKTRIN ?"
Mengapa menginjili jika keselamatan dipredestinasikan?
free will dalam mengambil keselamatan..
free will dalam mengambil keselamatan..
free will dalam mengambil keselamatan..
free will dalam mengambil keselamatan..
Bagaimana anda yakin telah dipilih Tuhan untuk selamat?
OSAS-Calvin-ALKITABIAH????
Apakah Orang Kristen mati pasti masuk Sorga???
Anda bertanya Calvinist menjawab..
apakah menurut anda 'dosa' adalah suatu kedaulatan Tuhan yg sudah direncanakan??
Conflict konsep keselamatan iman, atau perbuatan.
Conflict konsep keselamatan iman, atau perbuatan.
Conflict konsep keselamatan iman, atau perbuatan.
Conflict konsep keselamatan iman, atau perbuatan.
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
Jemaat-Ku akan Ku-dirikan diatas DASAR IMAN YANG TEGUH-JAYA (BATU KARANG)
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.
kontradiksi promotor perpuluhan.

Mungkin yang dimaksud adalah Doktrin Predestinasi, dan yang paling terkenal adalah Doktrin Predestinasi ala John Calvin.
Predestinasi ala Calvin (yang “katanya” Alkitabiah itu… ), sebenarnya berbeda dengan Predestinasi menurut Alkitab :slight_smile:

Yes, Predestinasi ala Calvin — > TULIP khan.


tanya tentang predestinasi :

jika tidak di predestinasi, brarti iman sambil ketemu di jalan dong. apakah Tuhan tidak punya rencana, apakah anak-anakNya dipanggil berdasarkan respond masing2 orang?

apakah iman bukan sebuah anugerah? apakah iman lahir dari nol kemudian bertumbuh dan berbuah murni pada diri manusia?

jika Tuhan menanam benih iman dalam diri manusia, bukankah hal ini menunjukan Tuhan sudah merencanakan ladang itu, sedang menggarapnya, lalu menanamnya ?

ups … ini hanya sekedar tanya orang yang ingin tahu aja :slight_smile:

salam semua

emang menurut alkitap gmana?
setau gw teori kalvin jga mengunakan ayat2 alkitab.

Kalau tidak ada Predestinasi, manusia semuanya ke neraka, justru kita bersyukur, adanya predestinasi, manusia mendapatkan kasih karunia Allah.

Semua predestinasi harus berdasarkan ALKITAB.

Efesus 1

1:4 [b]Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia

dijadikan[/b], supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

1:5 [b]Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus

Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan

kehendak-Nya,[/b]

1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

1:11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya --

1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.

1:13 Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman

kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga,

[b]ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang

dijanjikan-Nya itu.[/b]

1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

memang menggunakan ayat2 Alkitab, tetapi bukan berarti Doktrin Predestinasi ala Calvin Alkitabiah. Coba timbang bagaimana Yohanes 3:16 ditinjau dalam kerangka “TULIP.” Yohanes 3:16 bisa berubah maknanya dengan adanya doktrin tsb.

ada nya respond dari sikap hati…
seperti benih yang di tabur,…

Bro, boleh kah saya belajar dari anda, tentang yang di atas keterangan anda, saya ingin mengetahui pendapat anda.

gambarnya itu jatuh kemana tuh kereta dorong ?

bukan jatuh kali…
itu kereta lewatin jembatan tanpa pengemudi… hehe…

Saya berpendapat bahwa Yohanes 3:16 adalah suatu anugerah yang luarbiasa yang diberikan kepada seluruh umat manusia di dunia,yang tidak terbatas dan tak terkecuali yang di predestinasi dan yang tidak dipredestinasi.

* Yohanes 3:16
LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
KJV, For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.
TR, ουτως γαρ ηγαπησεν ο θεος τον κοσμον ωστε τον υιον αυτου τον μονογενη εδωκεν ινα πας ο πιστευων εις αυτον μη αποληται αλλ εχη ζωην αιωνιον
Translit Interlinear, houtôs {demikian} gar {karena} êgapêsen {mengasihi} ho theos {Allah} ton kosmon {(manusia di) dunia} hôste {sehingga} ton huion{anak} autou ton monogenê {yang tunggal/ yang unik} edôken {Ia telah memberikan} hina {supaya} pas {setiap (orang yang)} ho pisteuôn {percaya} eis {kepada} auton {Dia} mê {tidak} apolêtai {menjadi binasa} all {melainkan} ekhê {beroleh} zôên {hidup} aiônion {kekal}

Namun sayang sekali pada pemahaman “Doktrin Predestinasi ala Calvin” kata “dunia” ini di-Limit menjadi “dunianya orang2 yang dipredestinasi saja,” dan Kasih Allah terbatas kepada orang2 yang dipredestinasi saja.

Sist Rita…, dalam hal ini pemahaman Anda tentang makna kata dunia dalam Yohanes 3:16 dalam makna yang luas, ataukah Limited?

Barulah kemudian kita bisa lanjutkan diskusinya.

TULIP ini memang pembahasan yg tidak habis2nya

Yoh 3:16, betul Allah mengasihi (isi) dunia ini, krn memang Allah menciptakan dunia ini dengan sangat baik.
Ttp hrs diingat bagian b ayat 16 ini,
“supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”
HANYA org yg percaya saja yg diselamatkan

…kemudian : ‘yang percaya’ adalah sekumpulan orang2 yg punya free will atau memang sudah ditetapkan dari sononya (predestined)

lak muter lagi ta :smiley:

ya memang begitu bro…

(Rom 8:29) Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

(Rom 8:30) Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

ist

Rita…, dalam hal ini pemahaman Anda tentang makna kata dunia dalam Yohanes 3:16 dalam makna yang luas, ataukah Limited?

Barulah kemudian kita bisa lanjutkan diskusinya.

Yang limited, karena kalau luas, kenapa ada pilihan di Efesus 1 ???/

Banyak lagi ayat2 alkitab yang mengatakan , hanya orang pilihan, anak2 Tuhan dll.

kalau pandangan anda , kenapa luas ??? bagaimana dengan Efesus 1 : 4 ?

Bukan untuk di ributkan ya, hanya ingin mengetahui alasan anda.

Predestinasi dan free will lagi… hehe

predestinasi sudah ditentukan
free will kehendak manusia…

semua masalah terpecahkan jika orang tersebut memiliki iman yang kuat.

edited
:slight_smile:

Mantap :slight_smile:

haha, esensinya bukan itu, tapi ‘what a scary thought!!!’ nya. ;D

hak asasi manusia sih percaya predestinasi ato tidak. tapi menurut tanggepan saya pribadi, kuasa Tuhan yang ga terbatas jangan disalah artikan dengan Tuhan juga yang membuat manusia berdosa, misalkan Yudas Iskariot yang berkhianat sehingga karya Keselamatan bisa berlangsung.