Protestan?katholik?

saya terlahir di keluarga yg menganut sekulerisme agama.jadi pelajaran agama sangat minim di keluarga saya.bahkan sudah 19 tahun saya hidup,hanya 1 kali saya diajak ke gereja,waktu kelas 2 SD.

akibatnya yg menenutkan agama saya malah justru sekolah saya,kebetulan sd di sekolah katholik,smp sma di kristen protestan

sekarang saya sendiri bingung,antara 2 protestan dan katolik ini

sementara saya masih ibadah di gereja katolik karena kebetulan angkot yg saya tahu berhenti di gereja katolik.kalau mau ke protestan musti nyebrang terus jalan lagi

tapi saya merasa konyol kok yg menentukan malah sopir angkot

saya jadi bingung antara protestan dan katolik ini,dasar yg bagus untuk memilih bagaimana?

atau tidak dipilih pun tidak apa?mengingat banyak denominasi atau apalah saya juga bingung

Berdoalah pada Tuhan Yesus dan tanyakan padaNya, Yang jelas agama tidak menyelamatkan kita, Hanya Tuhan Yesuslah juru selamat. Saudaraku, keraguanmu sudah betul kok supir angkot yang menentukan. Sekarang mintalah petunjuuk Tuhan supaya Dia yang menentukan.

Berdoalah kepada Tuhan Yesus. Dan setelah itu bacalah Alkitab. Minta bimbingan Roh Kudus supaya anda dapat menemukan kebenaran sejati.

Efesus 2:8
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Saya juga mengalami hal yang mirip dengan anda, cuma mungkin bedanya, beberapa keluarga saya masih ada menyembah dewa-dewi. Sebagian lainnya juga sebelumnya cuma agama ktp aja, semacam atheis lah. Dan akhirnya sebagian besar dapat dimenangkan dan terima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Bagaimana bisa mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat?

Kalau Paman saya, dari membaca Alkitab bahasa Mandarin, dari sekedar ingin tahu, lalu Tuhan jamah langsung. Dan akhirnya Paman saya tidak menyembah patung dewa-dewi lagi. Paman saya juga tau kok kalau ada juga pengikut Yesus yang berdoa pakai patung, makanya menurutnya sama aja, cuma beda bentuk aja. Karena Tuhan yang jamah langsung, makanya dia akhirnya sadar, kalau Tuhan tidak suka hal itu.

Kalau saya, dari baca Alkitab (terbitan LAI). Ingat, baca Alkitab, jangan buku-buku lain yang sumbernya diragukan. Soalnya Alkitab itu Firman Tuhan yang tertulis. Kalau anda ragu dengan suatu ajaran, ujilah dengan membacanya di Alkitab. Ada gak ajaran itu? Kalau gak ada, coba berdoa dengan sunguh-sungguh kepada Tuhan Yesus. Dan rasakan bedanya. Percayalah Tuhan Yesus sanggup membukakan semua kebenaran itu kepada saudara.

terimakasih atas jawabannya.yg jadi amsalah itu begini

1.soal baca alkitab
alkitab itu sangat tebal,sudah 1 minggu ini saya baca secara urut,dari kejadian .sekarang saya sudah sampai di bagian nabi Elia yang dikatai botak oleh anak anak kecil .tapi saya tetap bingung soal kekristenan ini.karena ntah kenapa saya baca alkitab kok seperti baca dongeng… apa mungkin bagian yg saya baca kurang cocok?

2.Lalu apakah sah kalau seperti saya ini,menganut kristen,tapi saya tidak tahu apakah saya Katolik atau Protestan?

Fokus pada cari Tuhan Yesus dulu bro nanti kan dengan berjalanya waktu Dia akan memimpin bro. Sekarang sudah betul yaitu baca alkitab. Itu bukan dongeng tapi kisah nyata, betapa kuasanya Tuhan dan Tuhan tidak sembarangan bisa dipermainkan terbukti Elisa dihina gundul2 maka Tuhan turun tangan. Ini untuk pelajaran bagi kita bahwa berhadapan dengan Tuhan tidak boleh main2 harus penuh hormat dan serius.

Perbedaan pokok Protestan dgn katolik:
Protestan hanya berdoa kepada Bapa/Yesus dalam nama Yesus > sesuai yg Tuhan Yesus ajarkan dlm Yohanes
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.
Doanya sesuai dgn kebutuhan, spontan
Baptisan air tdk menyelamatakan

Katolik berdoa kpd yg lain, ditutup dgn atas nama Bapa , Putra dan Roh Kudus
Doanya ada buku tuntunannya, hapalan.
Baptisan air menyelamatkan

bro…
kalo imho nih ye…

masih mending di keluarga yang tidak mementingkan afiliasi dengan institusi formal agama tertentu…
tapi dalam praksis kehidupan kesehariannya justru sudah meng-implementasi-kan substansi dari ajaran-ajaran aliran itu…
misalnya: Cinta Kasih, Toleransi, Rela Berkorban, Tidak suka menyalah-kan orang lain, Menghargai Budaya yang luhur, Suka membantu tanpa pamrih & tanpa embel-embel, Menghormati orang tua, dlll…

daripada mas…
yang HAPAL banget Kitab Suci salah satu agama formal tertentu…
terus ngaku kalo paling BENER PEMAHAMAN-nya…
tapi KELAKUANNYA justru KONTRADIKTIF dan bertentangan dgn Esensi Ajaran agama yang dianutnya…
misalnya:

  • Merasa PALING BENAR SENDIRI, dan hobi MENYALAHkan orang / kleompok lain
  • Merasa SUDAH PALING TAHU dan BENAR, sehingga me-nyesat-sesat-kan orang lain
  • Sering membantu atau berbuat baik, tetapi TERNYATA pakai PAMRIH / EMBEL-EMBEL, misalnya: ngajak baca alkitab, memprovokasi dan meng-agitasi untuk pro / kontra aliran tertentu, dll…
  • Mengkorupsi UANG dan HARAPAN masyarakat dengan MENG-ATAS-NAMA-kan agama atau kitab suci
  • Memuaskan NAFSU DUNIAWI dan EGOISME PRIBADI KELOMPOK tertentu dengan lagi-lagi MENGATASNAMAKAN tuhan dan seolah-olah MERASA DIPERINTAH TUHAN → which is totally the opposite of Cinta Kasih…
  • dan segala kelakuan MUNAFIK lainnya…

santai aja ah mas…

jadi enggak usah bingung ah…

Saya kok masih yakin bahwa TUHAN itu TIDAK SEPICIK yang KITA MAMPU BAYANGKAN…
Dari HASIL BACA_BACA alkitab, kita MENGANGGAP dan MERASA bahwa kita harus berafiliasi dgn organisasi formal tertentu, dan yang lain-nya pasti salah & masuk neraka kan?
padahal BELUM TENTU demikianlah yang dimaksudkan TUHAN kan?
lha wong kita ini cuma MANUSIA BIASA yang cuma MAMPU-nya segitu dalam meng-INTERPRETASI-kan hasil bacaan kita atas kumpulan huruf-huruf itu…

Ehm… katholik atau protestan sama saja, mau kemana saja tidak masalah. Banyak denominasi itu cuman masalah management aja kayanya. Dulu saya juga besar di sekolah katholik, dan ikut katholik juga tidak bingung mau pilih ini atau itu, sebab sejatinya kalau anda jujur dengan pertanyaan anda, tidak akan bingung. Ini soal hati, bukan logika, bukan juga sains atau partai politik.

Sperti TS, Sebenarnya membingungkan, bila ada dipersimpangan sperti itu, jika mau ke yang protestan, digereja itu juga tak kunjung menemukan kedamaian, (subyeksi pribadi)…
Kadang Image yang telah dibangun oleh Katolik, sebgai agama yang berwibawa, dan cukup bisa dipandang oleh orang lain sebgai hal yang benar…

buat orang yg rada2 awam spt saya ini,kira2 ada anjuran kah baca alkitab itu mulai dari mana dulu?

saya ngerti,itu bukan dongeng,itu kisah nyata.maksud saya tadi “seperti dongeng” artinya saya belum dapat pencerahan sama sekali…

tapi kalau saya ambil kesimpulan dari jawaban kawan kawan,sepertinya katolik atau protestan itu bukan pilihan yg penting,sepertinya jauh lebih penting untuk berbuat baik…

kalau sayaa mau dibabtips,kira2 apa yg perlu disiapkan? apa dibabtis harus ke 1 gereja yg sama secara rutin?

Baca dari Perjanjian Baru dulu ( Matius dst)

      Hmmm... maaf, ya kalau telat memberi komentar. Saya mau urun rembug dulu. Jika saya pribadi, pilihlah yang lebih membuat Anda lebih dekat dengan Kristus, mana yang penjelasan Alkitabnya mengena di hati Anda, mana yang hadiratNya Anda rasakan. Jika pilihannya adalah B, ya... Anda harus rela berkorban. Entah jalan kaki harus nyebrang lagi, kehilangan teman2, dan lain sebagainya. Tapi, jika belum siap lebih baik ibadah 2 kali.
      Untuk kitab suci, memang tak semuanya kita pahami makna di balik suatu cerita atau teks. Anda bisa mencari pemahamannya lewat buku-buku renungan harian Protestan (misalnya, Renungan Harian, Renungan Pagi/Siang/Malam, Renungan Anak Muda, Spirit Next, Spirit Girls, Rajawali, Air Hidup, dan buanyak lagi), buku-buku yang membahas kitab tertentu, bertanya pada sesi interaktif kotbah-kotbah di radio, dan buanyak lagi cara lain untuk memahami kitab suci secara kontesktual. Kadang, kita bisa memahami dengan sendirinya dengan ilham dari Roh Kudus. Anda sudah benar karena memulainya dari Kitab Kejadian, asalkan tidak asal buka kitab suci dan maunya tentang apa langsung baca yang itu saja (suka-suka kita bacanya).
      Sebelum Anda memutuskan dibaptis di A atau B, putuskan dulu berdasarkan perenungan yang saya berikan di atas. Untuk dibaptis, setiap merk (baca: denominasi) Protestan memiliki prosedur yang berbeda-beda. Secara umum, ya Anda isi formulir dan benar-benar memahami bahwa Yesus Kristus telah mati bagi Anda. Keterangan lebih lengkap, hubungi sekretariat gereja setempat.

Halelu Yahweh, Tuhan Yeshua memberkati !!

Pengalaman di gereja ane, jiwa-jiwa baru seperti @cheese123, diwajibkan membaca kitab yohanes atau kalo mau lebih afdol mulai dari matius, markus, lukas dan yohanes. Intinya memperdalam pengenalan tentang Yesus.

Untuk dibaptis, yg perlu dipersiapkan adalah iman.

Coba baca Kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes dulu. Kalau udah, coba dilanjutkan baca Kitab Yesaya. Kalau gak ngerti coba tanya Pak Pendeta, biar lebih jelas. GBU.

Mau pakai Denominasi manapun dalam menganut KRISTEN (Katholik/Protestan yg banyak peachan2nya) didalam semua itu ada KESAMAAN, yaitu :
Dari Alkitab semua Denominasi mengakui bahwa :

  1. Umat Manusia sejak moyang mereka jatuh dalam Dosa Pertama di Taman Eden yaitu tidak PATUH atas Larangan yg Tuhan Allah berikan untuk “Jangan makan Buah Pohon Pengetahuan Baik dan Jahat = Buah Terlarang” maka status Manusia adalah Tidak Mulia lagi = NAJIS dan semua yg NAJIS akan ditempatkan KEKAL = se lama2nya di Neraka yg penih Kertak Gigi dan Jerit Tangis !

  2. Karena Manusia Pertama melakukan Ketidak Taat an itu karena DITIPU oleh Iblis, maka Allah masih memberikan Jalan agar Mendapatkan Kembali Tubuh Mulia nanti agar bisa Hidup Kudus dan Layak bersama dengan Tuhan Allah di Rumah Bapa di Sorga !
    Karena yg akan DITEBUS adalah manusia, maka Allah menyeediakan Diri-Nya sendiri dalam Ujud Manusia Suci yg bukan Hasil Persetubuhan yaitu yg dikenal dan disebut dalam Nama Yesus= Yahweh adalah Juruselamat !
    Semua yg PERCAYA dan MENGIMANI Maha Karya Penebusan Allah didalam Tuhan Yesus maka suatu saat nanti akan di ANGKAT NAIK KE ANGKASA (Peristiwa RAPTURE) sebelum Masa Anti Kristus datang serta mendapatkan Tubuh Baru yaitu Tubuh Mulia yg tidak bisa Sakit/Tua/Mati !
    Nah ITULAH INTI dari Isi Alkitab sejak Kitab Kejadian s/d Kitab Wahyu !
    Adanya ajaran2 manusia yg terkadang lebih dikedepankan dari Firman Tuhan dalam Alkitab maka timbullah aliran2 buatan manusia yg disebut DE-NOMINASI ( alias Menruunkan Nilai Gerejani dari si Umat bila ikut2an dalam Tindakan mengutamakan Denominasi !) :mad0261: :’(

*) Jadi Langkah Awal anda SUDAH BENAR dengan menjadi Pengikut Kristus (=KRISTIANI) entah apapun Denominasi nya. Anda SUDAH DITEBUS dan memiliki Roh Kudus saat anda DIBAPTIS. Serta anda LEGAL dan SAH menjadi anak anak Allah dan Pewaris Kerajaan Allah serta nama anda sudah dicatat dalam Kitab Kehidupan Anak Domba (Wahyu 21 : 27). Anda PASTI masuk ke Sorga ! Itu Janji Allah !

*) Jangan terlalu TERLIBAT dalam Adu Jotos nya Denominasi yg tidak mempersatukan malahan memecah belah Umat Kristiani

*) Makin sering Belajar dan mengenal Sosok Allah yg Tuhan dan Juruselamat anda itu, karena ITU yg disukai-Nya ! :afro: :happy0062:
Yeremia 31 : 33 - 34 :
33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Yeremia 9 :
23 Beginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,
24 tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.”

Banyak ayat2 dalam Alkitab yg terkadang SUKAR DIMENGERTI, di Forum Kristen inilah anda bisa menanyakannya kepada para senior/rita . Jangan Segan dan Sungkan untuk BERTANYA !
Selama anda mau BELAJAR maka Roh Kudus dalam diri anda akan membimbing dan mengajar anda ! :coolsmiley: :happy0062:

Saya setuju, sengan Om Octafalto, wew kasih appaluse dulu akh, :happy0065:, itu saya katakan, om manusia suka membuat kotak kotak bagi diri sendiri, membuat sekat-sekat yang membuat dirinya berbeda dengan orang lain , bukan perbedaan yang saling melengkapi namun perbedaan yang menimbulkan perselisihan yang tidak penting.

maka saya pun heran saya baca postingan disini yang berkata: “jika Tuhan saja tidak mendebat tentang kesetaraanNya dengan Allah sebgai hal yang perlu dipertahankan”, koq manusianya yang scara simbolisnya suka2 membuat perselisihan2 yang tidak penting. ;D

demikianlah tinggal ketiga hal ini: " Iman Kasih dan Pengharapan" (ini semua fiksi) ;D, lebih fiksi lagi saya tidak beragama Kristen, tapi saya Kristen tanpa kata agama, namun kerjaannya membuat sekat2 yang tak setara dengan apa yang dikerjakan Tuhannya, ;D

Nah kalau SUDAH MENGERTI, ini baru namanya Ponakan Om !
Domba satu sama lain , apa sih bedanya ? Kalau dibandingkan dengan Buaya , baru kelihatan Jelas bedanya, bukan ? Ada2 saja Ajaran Manusia itu !

maka saya pun heran saya baca postingan disini yang berkata: "jika Tuhan saja tidak mendebat tentang kesetaraanNya dengan Allah sebagai hal yang perlu dipertahankan", koq manusianya yang scara simbolisnya suka2 membuat perselisihan2 yang tidak penting. ;D
Mungkin sudah kena [b][u]DEMAM[/u] Goyang Caesar[/b] kali ya ? Yang Penting [u][b]RAME' dan BERKERINGAT[/b][/u] kali ya, [u][b]Tanda KERJA[/b][/u] !
demikianlah tinggal ketiga hal ini: " Iman , Kasih dan Pengharapan" (ini semua fiksi) ;D, lebih fiksi lagi saya tidak beragama Kristen, tapi saya Kristen tanpa kata [b][u]agama[/u][/b], namun [i]kerjaannya membuat sekat2 [/i]yang tak setara dengan [b][u]apa [/u]yang dikerjakan Tuhannya[/b], ;D
Nah bayangin saja , SEKAT yg membatasi Ruang Maha Suci dengan Ruang Suci di Bait Allah sudah Dirobek-Nya dari Atas ke Bawah, eh eh eh banyak Pencinta Goyang Caesrar malahan bikin [u][b]SEKAT2 BARU[/b][/u], apa gak [u][b]ANEH bin LUCU[/b][/u] itu namanya ? :coolsmiley: :mad0261: :rolleye0014:

Protestan lahir karena protes terhadap Katholik, karena Katholik telah malakukan penyimpangan, memberitakan injil lain yang bukan dari YESUS. Dengan pendekatan biologis dan manusiawi menganggap Maria ibu YESUS sebagai Ratu Sorga.

Protestan lahir karena kerinduan akan kembali kepada kebenaran FIRMAN TUHAN. yang telah tercatat dalam sejaran martin luther, dll.

Protestan mengatakan bahwa keselamatan oleh karena iman, bukan karena surat babtisan dari GEREJA.

Dalam perkembangannya muncul aliran Pantekosta.

Peristiwa ROH KUDUS yang terjadi dalam kisah para rasul terulang kembali dan mereka yang pantekosa mengalami kepenuhan ROH KUDUS.

Menerima pekerjaan ROH KUDUS, karunia2 dan pimpinan ROH KUDUS yang dijanjikan YESUS sebagai ROH ALLAH ROH pembimbing.


Jadi kalau anda mau dikasih mobil disuruh milih ada 3 mobil, mobil 1 tahun 80an dengan gaya klasik dan masih bisa jalan, akan tetapi boros bahan bakar dan berat sekali sehingga tidak bisa lari.
Mobil 2 lumayan tahun 90 an sudah lebih irit tapi body masih kaku.
mobil 3 mobil baru tahun 2013. dengan teknologi terbaru yang pasti sangat irit bbm.

Monggo kalau milih katholik berarti anda suka mobil 80an.
kalau milih protestan berarti anda milih mobil 90an
kalau pantekosta anda milih mobil baru.

semua bisa dikendarai, tapi yang kuno mempunyai keterbatasan.

Analogi yang unik. Selain itu, Protestan juga lahir karena Katolik telah melakukan penjualan indulgensi (surat pengampunan dosa) yang dipercaya dapat mengampuni dosa anda, sehingga anda bisa selamat masuk surga. Tentunya hal itu bertentangan dengan Firman Tuhan, karena keselamatan itu adalah kasih karunia melalui iman yang sejati kepada Tuhan Yesus Kristus.

@Cheeese123, silahkan memilih. GBU.