Puasa dalam ajaran Kristen

menurut kalian kalo puasa itu * sesuatu hal yang memaksa Tuhan * iya/gak. ? + alasanya.

Ya akan MEMAKSA-Nya kalau emang Motivasinya DIA harus menuruti Kehendak elo ,
bukan elo yg menuruti Kehendak-Nya ! :coolsmiley: :happy0062:

contoh Kasus Bro :

Buat panitia or TK, ato apalahh… yang pasti organisasi yang di dalmnya juga pelayanan…
nahh, tiap ada program yang dibuat, ada doa puasanya… pan kita2 pada, udah nyusun kegiatan buat dikerjakan selama seminggu or 2 minggu berjalan, udah tentu tidak ada yang mengganggu gugat buat nyelesain tu program, tujuan doa puasanya untuk apaa hayoo??

Berpuasa itu adalah cara untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan. Bangsa Israel diperintahkan merendahakan diri dengan berpuasa selama sehari penuh pada hari raya Pendamaian (Yom Kippur)

Imamat 23:32
Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu."

Jelas, berpuasa itu tujuannya ke diri sendiri, untuk merendahkan diri, bukan kepada Tuhan, seolah2 kalau sudah menyiksa diri dengan lapar dan haus maka Tuhan ‘terpaksa’ memenuhi keinginan kita.

Shalom…
Saat ini saya mempunyai pergumulan dan saya ingin berpuasa utk itu. Namun saya masih bingung ttg waktunya.Bagaimana cara mengatur waktu berpuasa amenurut ajaran Kristen? Dan ketika berpuasa apakah tidak boleh minum air putih?
mohon infonya.
Trims

Shalom, salam kenal…

Tentang puasa, Tuhan Yesus berkata di Matius 6:16-18

6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Brarti berpuasa datangnya dari hati, bukan ingin pamer dan terlihat “tak berdaya” ketika puasa. Bukan juga alasan untuk tidak melakukan aktivitas pekerjaan sebagaimana hari biasa.

6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

So, intinya gada aturan baku… harus puasa brapa jam, makan apa ketika udahan puasa, apakah boleh minum atau engga.

Kalau saya sih dulu pernah puasa full, ya ga minum air juga. Pernah juga puasa tapi boleh minum air putih.

Intinya sih bukan ke ritual/aturan nya, tapi niat kita. Praktis nya mungkin boleh sis bisa mulai puasa 12 jam + minum air putih… ya, anjuran aja sih…

salam kenal juga…

Sebelumnya terima kasih atas sarannya…
Saya setuju dgn pernyataan anda bhw berpuasa ga hrs pamer ke org lain. Tapi kdg2 saya merasa krg pede dgn waktunya. Saya takut kalau puasanya salah atau tdk berkenan bagi Tuhan.
Kalau puasa full berarti 24 jam ya?

Ga usah ga pede ama waktunya… yang penting ga kurang dan ga lebih… kalo kurang ya, rasanya “kurang berserah” gitu ama Tuhan, kalo kelebihan ya kasian badan kita.

Coba aja dl 12 jam an, sist… 24 jam kayaknya kelamaan tuh…

Shallom teman,

Ada dua cara yang bisa kita lakukan :

1, Berpuasa 3 hari 3 malam tanpa makan dan minum

  1. Berpuasa selama 40 hari dengan minum air bening.

Tapi intinya bukan tidak makan atau minum tapi konsentrasi kita berpusatkan pada apa yang kita doakan dan mencari perkenanan Tuhan.

:cheesy:

yang menjadi pertanyaan adalah… apa yang ingin anda dapatkan dari berpuasa…???