Puasa umat Kristiani yg benar mnurut kalian??

Teman2 seiman dlm Tuhan Yesus…
Mw tnya nii…
Puasa yg bnr mnurut kalian ky gmn?
Yg hrs dlakukan saat puasa?
Trus klo dtnya org msti blg apa?
Sdgkan kta alkitab,kalo bpuasa jgn mbri tau org laen n jgn munafik n tentu ga bole boong…
N apa aja yg kalian rasain stlh puasa??
Thx y.Mohon infonya.Jbu all… ^^

puasa ya puasa aja… ditanya ya ga masalah… khan ga munafik… rasanya setelah puasa yang pasti lapar…

btw sis yohana jangan tulis pake singkatan SMS ntar ditegur modie lho…

thx

Oh,modiena galak ya?
Maklum saya pan newbie… Terus postingnya juga pakai handphone…
Jadi terasa seperti sms. Tetapi bukan maksud hati begitu…

Terus saya mau tanya.
Kalau saat puasa kita hari minggu. Dan hari itu ada perjamuan kudus.Perjamuan kudusnya itu kita makan atau tidak?

@brother satya
sudah tidak gaya sms kan? Malah cenderung jadi formal ini.Takut dimarahin… Hehe…
Lapar mah pasti…
Tapi apa yang terjadi scra rohani gitu??

Thank’s.Jesus bless us…

Oh,modiena galak ya?
Maklum saya pan newbie… Terus postingnya juga pakai handphone…
Jadi terasa seperti sms. Tetapi bukan maksud hati begitu…

Terus saya mau tanya.
Kalau saat puasa kita hari minggu. Dan hari itu ada perjamuan kudus.Perjamuan kudusnya itu kita makan atau tidak?

@brother satya
sudah tidak gaya sms kan? Malah cenderung jadi formal ini.Takut dimarahin… Hehe…
Lapar mah pasti…
Tapi apa yang terjadi scra rohani gitu??

Thank’s.Jesus bless us…

Lho…

Konsep puasa yang dipahami sis yohana apa? supaya kita mengerti bagian mana yang mau dirombak…

renovasi itu biayanya lebih mahal daripada membangun baru…

Wakakakaka

Tambahan dari saya

Beberapa jenis puasa

  1. Puasa Esther

Dilakukan selama 3 hari 3 malam tanpa makan dan minum

Detail, silakan cek kita Esther

  1. Puasa Daniel

Selama puasa hanya makan sayuran dan buah-buahan plus air putih

Detai silakan cek di kitab Daniel

  1. Puasa reguler

Puasa ini tidak makan dan tidak minum selama jangka waktu tertentu

a. Jangka pendek

Dari pagi [sebelum matahari terbit] sampai petang [matahari terbenam]

Ada juga yang melakukan puasa sejak pukul 9 malam [makan minum terakhir] sampai pukul 6 sore keesokan harinya [atau ada juga yang sampai pukul 14 atau 16]

Puasa ini [yg pertama] sering diambil oleh bangsa Israel dengan untuk merendahkan diri dan mohon petunjuk Tuhan

b. Jangka menengah

Puasa bisa dilakukan selama 1 minggu

c. Jangka Panjang

Puasa 40 hari 40 malam

Musa melakukan puasa ini [tanpa makan dan minum]

Tuhan Yesus juga melakukan ini [masih kurang jelas apakah hanya tidak makan saja atau tidak minum juga, soalnya diakhir puasa dikatakan :…laparlah Ia…

Dalam beberapa gereja, masa puasa selama 40 hari disebut puasa raya, namun jenis puasa ini adalah jenis puasa jangka pendek yang dilakukan selama jangka panjang.

Apa yang dilakukan waktu puasa?

Puasa orang Kristen meniru pola puasa umat Israel, yaitu tidak sekedar menahan lapar dan haus, namun merendahkan diri, mencari Tuhan, berdoa…

Ketika berpuasa, jangan bersikap sok lemes, sok menderita…supaya orang lain tahu bahwa kita sedang puasa :smiley:

Kalo ditanya, ya spt bro Satya bilang, ya jawab saja dengan santai, ndak perlu di sembunyikan [tp ya itu, ndak perlu woro2 juga ]

Trus pas perjamuan gimana?

Ikut saja, karena puasa Kristen bukan sekedar menahan lapar dan haus plus harus strict tidak boleh terlambat atau lebih cepat mengahiri puasa.

Kita ndak mengenal puasa ‘batal’ , tp ya tetep perlu disiplin diri lho :smiley:

Karena esensinya bukan disana

Salam

Ada 1 jenis puasa lagi

Silakan di Yes 58

yang ini memang dasarnya…

@bro satya
Ya,puasa ta makan ta minum bro satya…
Makanya bngung kalo ada pjamuan kudus dmakan ato tidak…
Maklum saya baru dalam mlakukan ibadah ini.Jadi belum paham betul konsepna…

@bro/sis moe
tidak mngenal batal puasa?Maksudna?
Sjujurna slama bbrapa x bpuasa sya
mrasa ada yg kurang.
Makanya sya mau tau konsep yg bnar sperti apa…

@bro/sis siip
thx so much infona…
Jujur jg nih jrang baca alkitab.Jd saya aja gatau ada ayat ini…
Ckck… Parah…

Thanks infonya…
Gbu all…

Hmmmm sms lagi dech…

Kalo saya memang kalo lagi pesta ga akan puasa…

jadi ga pernah ngalamin itu

masa diundang pesta makan sama tuhan malah bersedih…

ntar malah dimarahin tuhan khan…

so atur waktu puasa… saya tidak pernah puasa kalo hari minggu dan hari perjamuan…

Rekan sebelah, puasanya akan batal bila menelan ludah, puasanya akan batal bila berbuka puasa 1 detik mendahului waktu resmi buka puasa, [wanita] puasa akan batal bila seseorang mendapat menstruasi, puasa akan batal bila waktu berbuka puasa terlambat, puasa akan batal bila waktu sahur terlambat…dll

Wah…
Kayanya yang nasehatin saya bukan momodnya…
Malah om satya…
Ckck…
Om jadi penasehat saya dah… Hehe…
Habisnya saya kan pakai handphone.Jadi kalau panjang2 nanti byte nya besar n berdampak pada kehidupan pulsa saya…
(0ot dah…)
Oce… BTT…

@om satya n brosis Moe…
so,kalau pas hari minggu dan ada pjamuan memang lebih baik tidak puasa gitu atau jangan puasa malah?
Tapi intinya kalau tetep mau puasa jadi perjamuannya boleh dimakan atau tidak?

Waktu itu saya lagi puasa ta makan dan minum,eh,tiba2 pas temen nawarin kacang.
Langsung saya makan…
Paz suda sampai tenggorokan.Saya ingat lagi puasa.
Terus itu lagi di kelas.Jadi ta mungkin dibuang juga.Saya telen,abiz itu minta maap ma Tuhan Yesus…
Kalau kaya gitu,batal ga sih?
Thanks…

Mohon infonya.Jbu all…
^^

Sis Yohana… puasa itu tidak bicara soal makan dan minum … coba baca Yesaya 58 dulu…

lakukan saja apa yang sis yakini… tuhan sebenarnya ga butuh puasa kita…

yoi :d

puasa adalah bagian dari merendahkan diri kita dihadapan Tuhan [bukan sekedar menahan haus dan lapar - maka diatas saya katakan ‘tidak mengenal batal’, lha emang kita mau membatalkan keinginan kita untuk merendahkan diri dihadapanNya? ], namun satu sisi ada juga bagian pendisiplinan fisik, pengendalian diri

Lha kalo sdh terlanjur makan kacang ya sudah, jgn trus malah dilanjut ngemilnya [ah batal deh :smiley: ]

Tapi ya jangan juga menjadi pembenaran untuk ngemil dg alasan lupa, kapan mau tumbuh dewasa dalam pendisiplinan dong :smiley:

Bro Satya lebih memilih untuk tiudak puaa di hari minngu atau perjamuan, namun bagi saya tidak ada masalah , meskipun saya puasa, saya tetap ikuti perjamuan.

Tentukan dan putuskan sendiri yg tepat bagi anda

Salam

Oh… Oke2…
Saya mengerti…
Thank’s yup…

Saya sudah baca ko yesaya 58…
Iya,saya tahu kalau puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tapi lebih ke sikap kita untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan…
Betul begitu kan?

Thank you. Jbu all…
^^

Puji Tuhan silakan dipraktekkan…

sebelum nya kita harus memahami perbedaan perjanjian lama dan perjanjian baru

tentu masa perjanjian lama berakhir seperti dalam lukas 16:16 “Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.”

ada perbedaan besar antara PL dan PB , dalam PB kita penyembah dalam roh dan kebenaran (dengan hati)

seperti dalam yoh 4:23 “Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

sehingga puasa yang benar itu sesungguhnya bukan untuk tidak makan , banyak orang kristen berpuasa seperti orang muslim, orang muslim pun berpuasa mengikuti orang yahudi dalam perjanjian lama , bahkan orang yahudi perjanjian lama salah dalam hal berpuasa, coba yohana baca yesaya 58

berpuasa yang benar itu adalah ketika kita sedang bergumul berdoa kepada Tuhan ,saking serius nya kita tidak mementingkan makanan atau minuman

kalo dipikirkan dengan akal sehat, jaman sekarang ini orang kristen berpuasa seperti meminta sesuatu dari Tuhan dengan menyakiti diri sendiri , seperti orang budha yang bersemedi , supaya menimbulkan rasa kasihan dari pihak Tuhan

jika yohana perhatikan dalam PB selalu di perintahkan " …berdoa dan berpuasa…" dapat di artikan berdoa dengan kesungguhan hati

marantha

Haha… Ka sprintcis thx ya…
Saya sudah baca PM kk…
Keren… Job nya pendeta yap?
Sama dunk kaya babe satya… Hehe…

Sbntar deh,mau tnya…
Jadi kata ka moe puasa kita ta pernah ada yang batal?Beneran tuh?
Atau bisa batal.Hal2 apa saja yang membuat batal?
Kalau paz puasa marah,dsbnya… Gimana?

Bener ya,kalau lagi puasa jangan tidur kalau bisa…(maksudnya tidur siang…)

Jbu all… ^^
thanks infonya

Gak perlu berpuasa, toh pasti selamat krn iman, & itu sudah cukup.

Kalau udah tahu teorinya, mari kita praktekin.
Diterima apa ga itu urusan Tuhan bukan penilaian manusia.