ramalan jayabaya dan Kekristenan

Hi semua…
perkenalkan saya member baru :slight_smile:
saya ingin sharing mengenai ramalan Jayabaya…(ups ramalan kan ga boleh dlm iman Kristen :rolleye0014:)
tunggu bentar guys…baca2 dulu
krn dalam ramalan ini ada bnyk hal yg mnrt gw kok mirip2 ya dg apa yg ada dlm agama Kristen…pdhal kan waktu itu agama yg ada adalah Hindu,Budha dan Islam :mad0261:

ramalan yg ingin kubahas ada dalam bait2 akhir Jangka Jayabaya
yg menggambarkan seseorg pemimpin yg akan membawa Indonesia ke dalam masa keemasan
org itu disebutkan dg nama “Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu” (ksatria yg bersifat religius spt pendeta, yg sering mendpt wahyu Tuhan)

untuk lebih jelasnya ak kasih poin2 yg membuatku tertarik :

1. Satria yang berkuasa mengusir setan
bait 171.
aja gumun, aja ngungun
hiya iku putrane Bethara Indra
kang pambayun tur isih kuwasa nundhung setan
tumurune tirta brajamusti pisah kaya ngundhuh
hiya siji iki kang bisa paring pituduh
marang jarwane jangka kalaningsun
tan kena den apusi
marga bisa manjing jroning ati
ana manungso kaiden ketemu
uga ana jalma sing durung mangsane
aja sirik aja gela
iku dudu wektunira
nganggo simbol ratu tanpa makutha
mula sing menangi enggala den leluri
aja kongsi zaman kendhata madhepa den marikelu
beja-bejane anak putu

jangan heran, jangan bingung
itulah putranya Batara Indra
yang sulung dan masih kuasa mengusir setan
turunnya air brajamusti pecah memercik
hanya satu ini yang dapat memberi petunjuk
tentang arti dan makna ramalan saya
tidak bisa ditipu
karena dapat masuk ke dalam hati
ada manusia yang bisa bertemu
tapi ada manusia yang belum saatnya
jangan iri dan kecewa
itu bukan waktu anda
memakai lambang ratu tanpa mahkota
sebab itu yang menjumpai segeralah menghormati,
jangan sampai terputus, menghadaplah dengan patuh
keberuntungan ada di anak cucu

bandingkan dg ini :
Markus 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

apakah sosok pemimpin ini adalah orang percaya???

masih bnyk poin lagi…sy ulas satu persatu :happy0062:

2.Konsep penebusan dosa

Dalam agama Hindu,Budha dan Islam tidak dikenal adanya konsep penebusan dosa. Akan tetapi disinggung dalam ramalan ini mengenai perubahan budaya masy Jawa pada bulan Sura. Dimana sebelumnya kebiasaan masy Jawa selama/sebelum menyambut bln Sura adalah :.
Ada berbagai macam ritual yang dilakukan menjelang dan selama bulan Sura seperti berikut ini;

  1. Siraman malam 1 Sura; mandi besar dengan menggunakan air serta dicampur kembang setaman. Sebagai bentuk “sembah raga” (sariat) dengan tujuan mensucikan badan, sebagai acara seremonial pertanda dimulainya tirakat sepanjang bulan Sura;
  2. Tapa Mbisu (membisu); tirakat sepanjang bulan Sura berupa sikap selalu mengontrol ucapan mulut agar mengucapkan hal-hal yang baik saja.
  3. Lebih Menggiatkan Ziarah; pada bulan Sura masyarakat Jawa lebih menggiatkan ziarah ke makam para leluhurnya masing-masing,
  4. Menyiapkan sesaji bunga setaman dalam wadah berisi air bening. Diletakkan di dalam rumah. Selain sebagai sikap menghargai para leluhur yang njangkung dan njampangi anak turun, ritual ini penuh dengan makna yang dilambangkan dalam uborampe.
  5. Jamasan pusaka; tradisi ini dilakukan dalam rangka merawat atau memetri warisan dan kenang-kenangan dari para leluhurnya.
  6. Larung sesaji; larung sesaji merupakan ritual sedekah alam. Uborampe ritual disajikan (dilarung) ke laut, gunung, atau ke tempat-tempat tertentu.
  7. Di Jogja dan sekitarnya, laku tirakat yang sering dilakukan masyarakat paling banyak adalah mendatangi Gunung Merapi dan pantai selatan, yaitu Pantai Parangkusumo. Ini berkaitan erat dengan penguasa pantai selatan yang dikenal sebagai Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul.

Sedangkan dalam ramalan Jayabaya disebut tradisi tsb akan hilang berganti dengan peringatan tentang Penebusan Dosa. (Dalam agama Hindu,Budha dan Islam tidak dikenal adanya konsep penebusan dosa.)

pendhak Sura nguntapa kumara
kang wus khatam nembus dosane
kadhepake ngarsaning sang kuasa
isih timur kaceluk wong tuwa
paringane Gatotkaca sayuta

tiap bulan Sura sambutlah semua
yang sudah penuh menebus dosa
dihadapan sang Maha Kuasa
masih muda sudah dipanggil orang tua
warisannya Gatotkaca sejuta

intinya sosok pemimpin ini akan menggantikan kebiasaan masy Jawa pd bulan Sura dg upacara baru yg memperingati penebusan dosa

halo,
slm kenal…

jayabaya ini siapa ya?

3.Trisula Wedha = ALKITAB??
Dalam ramalan berkali2 disebut ksatria tsb bersenjata Trisula Weda.
Trisula Weda ini sendiri memegang peranan yg sangat penting dan menjadi “ciri” pemimpin ini.
Dalam ungkapan jawa seringkali sesuatu tdk dinyatakan scr eksplisit tapi lebih secara implicit (bhs jawa:sanepan). Jadi senjata disini belum tentu berarti berbentuk senjata pad umumnya, tapi lebih pada sesuatu yang dijadikan PEGANGAN.
Bait 164 : kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda (Ind: membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda)

Sebnrnya apa yg disebut trisula weda?? Trisula = senjata dg 3 ujung yg runcing, weda = kitab suci. Trisula Weda = kitab suci nya Tritunggal ?? Jadi Trisula Weda = ALKITAB??

Bait 159.
selet-selete yen mbhesuk ngancik tutuping tahun
sinungkalan dhewo wolu, ngesto manggalaning ratu
bakal ono dhewo ngejawantah
apengawak manungsa
apasuryo podho bethoro Kresno
awatak Bolodhewo
agegaman trisulo wedho

selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun
(sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu)
akan ada dewa tampil
berbadan manusia
berparas seperti Batara Kresna
berwatak seperti Baladewa
bersenjata trisula wedha

bait 162.
akeh wong dicakot lemut mati
akeh wong dicakot semut sirna
akeh swara aneh tanpa rupa
bala prewangan makhluk halus padha baris, pada rebut benere garis
tan kasat mata, tan arupa
sing madhegani putrane Bethara Indra
agegaman trisula wedha
momongane padha dadi nayaka perang
perange tanpa bala
sakti mandraguna tanpa aji-aji

banyak orang digigit nyamuk,
mati banyak orang digigit semut, mati
banyak suara aneh tanpa rupa
pasukan makhluk halus sama-sama berbaris, berebut garis yang benar
tak kelihatan, tak berbentuk
yang memimpin adalah putra Batara Indra,
bersenjatakan trisula wedha
para asuhannya menjadi perwira perang
jika berperang tanpa pasukan
sakti mandraguna tanpa azimat

bait 164.
putra kinasih swargi kang jumeneng ing gunung Lawu
hiya yayi bethara mukti, hiya krisna, hiya herumukti
mumpuni sakabehing laku
nugel tanah Jawa kaping pindho
ngerahake jin setan
kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo
kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda
landhepe triniji suci
bener, jejeg, jujur
kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong

putra kesayangan almarhum yang bermukim di Gunung Lawu
yaitu Kyai Batara Mukti, ya Krisna, ya Herumukti
menguasai seluruh ajaran (ngelmu)
memotong tanah Jawa kedua kali
mengerahkan jin dan setan
seluruh makhluk halus berada dibawah perintahnya bersatu padu
membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda ,tajamnya tritunggal nan suci
benar, lurus, jujur
didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong

allahim, tolong tambahin lagi tentang 5 presiden indo itu donk???
sebab itu menarik untuk diceritakan. konon kabarnya gambar burung garuda itu meramalkan tentang 11 pemerintahan yang akan memimpin indonesia yg diakhiri dengan kepala menghadap kanan = orang benar

@all4Him

ini apa sich?
ajaran baru atau ajaran yang di tambah2in… disama samakan… direfisi sendiri

:smiley:

bro fluk

bukan allahim

all 4 him =.=’

sekalian nanya juga arti lambang salib itu apa ya?? :smiley:

aku tahu,sengaja…hehe

@flux: 5 presiden?? yg ini maksudnya??
Menurut Ronggo Warsito ada tujuh satrio yang akan muncul sebagai tokoh yang dikemudian hari akan memerintah atau memimpin wilayah seluas wilayah “bekas” kerajaan Majapahit , yaitu : Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro, Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar, Satrio Jinumput Sumelo Atur, Satrio Lelono Topo Ngrame, Satrio Piningit Hamong Tuwuh, Satrio Boyong Pambukaning Gapuro, Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu.

  1. SATRIO KINUNJORO MURWO KUNCORO. Tokoh pemimpin yang akrab dengan penjara (Kinunjoro), yang akan membebaskan bangsa ini dari belenggu keterpenjaraan dan akan kemudian menjadi tokoh pemimpin yang sangat tersohor diseluruh jagad (Murwo Kuncoro). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia yang juga Pemimpin Besar Revolusi dan pemimpin pada masa Orde Lama. Berkuasa tahun 1945-1967.

  2. SATRIO MUKTI WIBOWO KESANDUNG KESAMPAR. Tokoh pemimpin yang berharta dunia (Mukti) juga berwibawa/ditakuti (Wibowo), namun akan mengalami suatu keadaan selalu dipersalahkan, serba buruk dan juga selalu dikaitkan dengan segala keburukan / kesalahan (Kesandung Kesampar). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Soeharto, Presiden Kedua Republik Indonesia dan pemimpin pada masa Orde Baru. Berkuasa tahun 1967-1998.

  3. SATRIO JINUMPUT SUMELA ATUR. Tokoh pemimpin yang diangkat/terpungut (Jinumput) akan tetapi hanya dalam masa jeda atau transisi atau sekedar menyelingi saja (Sumela Atur). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai BJ Habibie, Presiden Ketiga Republik Indonesia. Berkuasa tahun 1998-1999.

  4. SATRIO LELONO TAPA NGRAME. Tokoh pemimpin yang suka mengembara /keliling dunia (Lelono) akan tetapi dia juga seseorang yang mempunyai tingkat kejiwaan Religius yang cukup / Rohaniawan (Tapa Ngrame). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai KH. Abdurrahman Wahid, Presiden Keempat Republik Indonesia. Berkuasa tahun 1999-2000.

  5. SATRIO PININGIT HAMONG TUWUH. Tokoh pemimpin yang muncul membawa kharisma keturunan dari moyangnya (Hamong Tuwuh). Tokoh yang dimaksud ini ditafsirkan sebagai Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia. Berkuasa tahun 2000-2004.

  6. SATRIO BOYONG PAMBUKANING GAPURO. Tokoh pemimpin yang berpindah tempat (Boyong / dari menteri menjadi presiden) dan akan menjadi peletak dasar sebagai pembuka gerbang menuju tercapainya zaman keemasan (Pambukaning Gapuro). Banyak pihak yang menyakini tafsir dari tokoh yang dimaksud ini adalah Susilo Bambang Yudhoyono.

  7. SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU. Tokoh pemimpin yang amat sangat Religius sampai-sampai digambarkan bagaikan seorang Resi Begawan (Pinandito) dan akan senantiasa bertindak atas dasar hukum / petunjuk (wahyu) Yang Maha Kuasa. Dengan selalu bersandar hanya kepada Yang Maha Kuasa, bangsa ini akan mencapai zaman keemasan yang sejati,

terus terang ak bingung…kok bisa seakurat ini ya?? :mad0261:

@liberty: bukan pengajaran…sekedar analisa otak atik mathuk dr saya…krn setau saya pd akhir zaman ada penuaian besar2an seblm Antikris menyatakan dirinya secara terbuka…bisa aja kan di Indonesia ini ada seorg pemimpin yg Tuhan bangkitkan dr org percaya pd masa itu :slight_smile:

sepertinya decoding :smiley:

lha apa orang kristen percaya ramalan?
wong aq wae ora percaya … wkwkwk…

;D

ada-ada saja…
http://www.laymark.com/i/o/36.gif

klo baek baek sih percaya aja :smiley:

Asalkan jang ramalan astrology saja :smiley:

BTW, siapakah orang majus (maggus - maggy) :smiley:

@moe: ga tau…kmu kenal?? kenalin donk :smiley:

@all4him, kenapa sama? begini jawabannya.
apa perbedaan nabi TUHAN dengan nabi palsu? keduanya bernubuat,keduanya benar2 akurat. perbedaannya di Yohanes fasal 10 tentang Yesuslah pintu kedomba2.

fakta yang benar adalah alam roh/ surga / Shamayim ada 3 tingkat.
-alam nyata tempat kita hidup (tingkat I)
-alam roh tempat iblis dan antek2nya berada (tingkat II)
-alam surga tempat tahta TUHAN berada (Tingkat III)

baik nabi Tuhan maupun dukun (nabi palsu) punya akses kedalam alam roh. yang membedakan adalah aksesnya seperti yang dijelaskan di Yohanes 10.
Yesus = pintu
gembala = nabi
pencuri = dukun
kandang = alam roh
-gembala (nabi) datang lewat pintu (Yesus), pencuri datang memanjat tembok.
-nabi masuk alam roh secara legal,dukun masuk alam roh secara ilegal.
-nabi dapat bernubuat (Yer 1/2 saya lupa) (mencabut,merobohkan,membangun dan menanam) sedangkan dukun hanya bisa memberi eh maaf mencuri informasi di alam roh kemudian membawa informasi itu ke alam nyata yang kita sebut dengan meramal.

inilah jawaban kenapa ramalan nabi palsu itu bisa akurat.

yg aku kenal, maggy yg terakhir - maggyZ

ow gitu ya…baru tau
iblis cuma mencuri info aja ya…
brarti Iblis bisa tau rencana Tuhan dong buat anak2NYA??

saudara moe benar juga siapa orang majus itu?
majus = mage???