Reaktor Yongbyon akan Diaktifkan, Korsel Kecewa dengan Korut

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menyesalkan tindakan Korea Utara (Korut) yang ingin mengaktifkan kembali reaktor nuklir Yongbyon. Seperti diketahui, reaktor nuklir itu sudah ditutup sejak 2007 silam di saat Korut masih dipimpin Kim Jong-Il.

“Saya melihat laporan dari KCNA (media Korut). Sangat disayangkan bila laporan berita itu benar,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel Cho Tai, seperti dikutip Xinhua, Selasa (2/4/2013).

Pengaktifan reaktor nuklir di komplek Yongbyon memang masih berupa wacana. Namun KCNA melaporkan bahwa Pemerintah Korut tidak akan menunda proyek pengaktifan reaktor nuklir tersebut.

Negeri komunis Korea itu menegaskan, pengaktifan kembali reaktor nuklir Yongbyon ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari energi nuklir. Laporan itu langsung diutarakann oleh Departemen Energi Atom Korut.

Selain Korsel, China pun mengutarakan kekecewaannya atas hal tersebut. Belakangan ini, Korut perlahan mengabaikan peringatan maupun desakan dari China yang tak lain adalah satu-satunya negara mitra Korut.

Penutupan reaktor nuklir Yongbyon pada 2007 menjadi bagian dari perjanjian pelucutan senjata Korut. Lewat penutupan itu, Korut diberikan bantuan pangan sebagai hadiah khusus karena sepakat menghentikan program pengayaan uraniumnya di reaktor nuklir Yongbyon.

http://berita.plasa.msn.com/internasional/okezone/reaktor-yongbyon-akan-diaktifkan-korsel-kecewa-dengan-korut


korut cuman gertak aja… ga ada apa-apanya.