REFLEKSI NATAL, mengapa PROTESTAN mengikuti Konsili yg MENGUTUK TUHAN YESUS?

Thread baru dalam merayakan Natal, Hari Lahir Sang Juruselamat, TUHAN kita YESUS KRISTUS :slight_smile:

Lalu, bagaimana bagi yang menolak bahkan mengutuk TUHAN YESUS, apakah kita “BOLEH MEMPERCAYAI” mereka? :smiley:

Perhatikan ini:

A hypothetical Council of Jamnia circa 85 is often stated to have condemned all who claimed the Jewish Messiah had already come, and Christianity in particular.
http://en.wikipedia.org/wiki/Split_of_early_Christianity_and_Judaism#Council_of_Jamnia

Mengutuk YESUS bahwa Ia adalah “anak haram” di dalam Alkitab.

YESUS dianggap ‘anak haram’ (mamzer).

Perhatikan “sindiran kepada YESUS” dalam ayat ini : Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.” (Yohanes 8:41b) → salah satu ketidak percayaan kaum Yahudi karena menurut pandangan mereka bapaknya YESUS itu tidak jelas

“JESUS was a bastard born of adultery.” (Yebamoth 49b, p.324).

“Mary was a whore: JESUS (Balaam) was an evil man.” (Sanhedrin 106a &b, p.725).

“JESUS was a magician and a fool. Mary was an adulteress”. (Shabbath 104b, p.504).

Sanhedrin 106 gloats over the early age at which JESUS died: “Hast thou heard how old Balaam (JESUS) was?–He replied: It is not actually stated but since it is written, Bloody and deceitful men shall not live out half their days it follows that he was thirty-three or thirty-four years old.”

Gittin 57a. Says JESUS is in hell, being boiled in “hot excrement.”
benarkah Yesus adalah Isa ? - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Mengapa protestan memakai Konsili Jamnia yang mengutuk TUHAN YESUS dan menolak Konsili Katolik yang menyembah TUHAN YESUS?

Silahkan agan-agan sekalian… :smiley:

Jawaban di pindah ke Thread Kesaksian sesuai permintaan/komentar

Peraturan tentang “anak Haram” adanya dalam kitab Nabi (perjanjian lama) akan tetapi kita tahu didalam Perjanjian Baru " dinyatakan perjanjian lama sudah USANG dan kitab para nabi berlaku sampai pada zaman yohanes ,dan hukum Taurat telah BATAL

PERJANJIAN LAMA : (HUKUM TAURAT)
Ulangan 23
23:2 Seorang anak haram janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN.

PERJANJIAN BARU:

Ibrani 8
8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan USANG, telah dekat kepada kemusnahannya.

Lukas 16
16:16a Hukum Taurat dan KITAB PARA NABI berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

efesus2:15a
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA

Tuhan Yesus Memberkati
Han

pertanyaan yg sama untuk anda :

mengapa katolik (juga protestan tentu saja) pakai kitab suci yg sama dg kitab suci orang yahudi yg mengutuk yesus?

Shallom

Bro, menurut saya pribadi sih, ini jawaban anda atas pertanyaan bro St.Yopi super NGAK nyambung…
Kan pertanyaan nya soal Konsili yang mendukung Yesus sebagai Tuhan yg diadakan Katolik tapi koq PROTESTAN memakai/mendukung konsili Jamnia yg salah satu nya menolak/menghujat ke Tuhan nan Yesus ?
Begitu Bro.

GBU

Shalom Han, met pagi salam perkenalan.

Iya sih demikian bagi orang Kristen, tetapi ingat ya, bagi Bangsa Israel yang beragama Yahudi, tidak ada itu Perjanjian Baru, tidak dikenal surat-surat para Rasul. Mereka hanya mengenal Hukum Taurat dan Kitab para nabi, sampai Maleakhi, begitu dear.

Tetap saja Allah harus menggenapi janjinya bagi Bangsa Israel, dan belum semua tergenapi sampai saat ini.
Perhatikan dunia sekarang ini, perhatikan bagaimana Allah menggenapi janjinya sejak gerakan Zionisme, deklarasi Balfour, Kemerdekaan Israel, Perang Arab-Israel, pembangunan Bait Allah ketiga dll.

Perhatikan tanda-tandanya. Dah dulu ya nanti dianggap out of topic.

Shalom.

begitu ya… maaf deh saya baca kurang teliti :ashamed0004:
thx atas peringatannya

saya pikir yg dibahas ini :

  • In 90 AD, the council of Jamnia was unimportant in determining the Jewish Canon.
  • It was not a major council like Nicea, but a small collection of rabbinic Jewish leaders.
  • They did not gather to determine the canon of the Old Testament, but rather limited their discussion to the books of Ecclesiastes and the Song of Solomon.
  • Roman Catholics and Orthodox leaders misrepresent history when they make claims that the Canon of the Old Testament was not fixed until the council of Jamnia in 90 AD. They desperately don’t want to be bound to following the Bible. Roman Catholics and Orthodox leaders feel that re-writing history to suggest the canon of the Jews was not fixed until after the Jewish system was abolished in 70 AD, is as absurd as it is wishful thinking. Think about it, only after God destroys the Jewish religion, do the Jews get a fixed canon.
  • There was clearly a fixed canon long before Jesus was born and when Jesus was tempted by the Bible three times, he did not reply, “human, man-made church tradition says Satan” Rather all three times Jesus replied, “It is written”, (Matthew 4:1-4) referring to the Old Testament canon. In other words, the Devil didn’t ask, “Written in what?” for everyone, including even the Devil knew what books were included in the Old Testament.
Mengapa protestan memakai Konsili Jamnia yang mengutuk TUHAN YESUS dan menolak Konsili Katolik yang menyembah TUHAN YESUS?
Silahkan tanyakan saja sama Yesus yg masih nyuruh mendengarkan dan menuruti ajaran para rabi Yahudi yg jelas2 menolak dan membenci Dia (Yesus) (Mat 23:3).

Sayangnya anda sedang menyangkal Alkitab, aku ikut Alkitab, buka om yang gak jelas darimana! :smiley:

:smiley:

Setelah TUHAN YESUS naik, ini perintah-NYA:

Yoh 21
15 Sesudah sarapan YESUS berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
16 Kata YESUS pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya:“Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
17 Kata YESUS kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena YESUS berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya:"Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Mat 16
18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya
19 Kepadamu akan Kuberikan kunci kerajaan sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga

Yoh 20:22-23 “Terimalah ROH KUDUS. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan
jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

1Tim 3:15 GerejaNYA adalah tiang penopang dan dasar kebenaran
2Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baiksecara lisan, maupun secara tertulis.

Sayangnya, di Alkitab kamu gak ada ayat-ayat tersebut, gak heran kamu gak tahu, entah sengaja atau tidak sengaja :smiley:

maksudnya gini lho om…

orang yahudi itu ga percaya yesus itu mesias apalagi Allah.

konsili jamnia itu konsili para rabbi yahudi (sekitar thn 100 M)sebagai reaksi atas berkembang pesatnya kekristenan waktu itu, justru sepeninggal yesus kristus kesurga.

nah, Gereja waktu itu tidak mengakui hasil kanon dari konsili jamnia itu…
Gereja tetep berpegang pada konsili di alexandria yg mengahsilkan septuaginta… sekitar 250-125 SM.

nah, 1500 tahunan kemudian si Luther melakukan gerakan reformasi… dia dengan ajarannya yg melawan ajaran gereja memutuskan untuk tidak memakai lagi PL hasil konsili alexandria, tapi justru dia (Luther) memakai PL hasil konsili jamnia itu, yg notabene adalah konsili yg bereaksi (buruk) terhadap kekristenan… mereka para yahudi yg tidak percaya yesus Tuhan “merevisi” kitabnya.

yg menjadi poin pertanyaan bro yopi adalah: kenapa protestan justru memakai hasil konsili penetap kanon yg di jamnia… bukan yg alexandria (yg jelas kanon kitab yg dipakai yesus mengajar).

protestan tetep pake PB yg dikanon Gereja, tapi PLnya pake yg dikanon oleh rabbi2 yahudi penentang yesus.
aneh ga om???
gitu lho…

@Yopi & Ond3

Kalau menuut pemikiran saya sebabnya adalah sbb:

Martin Luther sangat tidak setuju dengan indulgensi. Tetapi masalah indulgensi dan purgatory nyata nyata terdapat di dalam Alkitab. Maka adalah sulit menyangkal apa yang nyata ada di dalam Alkitab. Karenanya, kitab yang menjadi dasar indulgensi dan purgatory harus dilepas dari ALkitab. Tetapi, tentu saja sebagai doktor theology, ia mengetahui bahwa mencabut kitab dari Alkitab adalah perbuatan yang sangat tidak bisa diterima. Maka, Luther melihat ada perbedaan antara kanon dari Alexandria dan kanon dari Konsili Jamnia. Dan, dengan tidak berpikir panjang, Luther memakai konsili Jamnia untuk mencabut kitab kitab yang tidak termasuk dalam konsili Jamnia. Maka untuk sementara persoalan Luther dengan indulgensi dan purgatory seolah bisa terselesaikan.

Tentu saja Luther tidak berpikir panjang, bahwa Konsili Jamnia adalah konsili para rabbi Yahudi, dan mereka jelas jelas tidak mengakui (bakan mengutuk Jesus).

saya rasa iya bro…

saya pikir juga bukan dimaksudkan “asal beda” dengan katolik. (karena PBnya juga sama), tapi krn masalah indulgensia jadi merembet menjadi teori SOLAFIDE versi luther. dari solafide versi luther itu maka ber konsekwensi logis pada ajaran purgatory, mendoakan orang yg meninggal, persekutuan para kudus, hingga pada infallibilitas Paus dan Gereja dan juga TradisiSuci… sehingga produk dari itu adalah solascriptura.

satu simpul saja di “goyang”, maka runtuhlah bangunan itu… bangunan iman kristen sejati.

idem sama bro Onde, namun aku ingin mengetahui pendapat mereka yang protestan :smiley:

Dearest St Yopi

NO, saya tidak akan menyangkal apa yang Alkitab tuliskan, kecuali mungkin ya untuk tetek bengek diluar Alkitab.
Ini saya buka ayat-ayatnya, cukup jelas, dari Alkitab LAI, lengkap, dan TIDAK ADA DISTORSI, definitely.

Statement saya : “EDO TIDAK AKAN PERNAH IKUT ALKITAB, oke? EDO HANYA AKAN IKUT TUHAN YESUS SAJA”, definitely.

Kenapa? Karena Alkitab tidak punya DARAH KUDUS dear, untuk menghapus dosa EDO.

Alkitab bagi EDO adalah anugerah Bapa melalui Roh Kudus agar EDO mengerti tentang Kebenaran, dan EDO telah mengerti Kebenaran, dan Kebenaran itu TELAH memerdekakan EDO. Kebenaran itu telah EDO temukan yaitu : YESUS KRISTUS.
Dan Tuhan Yesus Kristus adalah anugerah dari Bapa untuk Keselamatan EDO dengan penebusan dosa EDO, oleh DARAH ANAK DOMBA ALLAH YAITU TUHAN YESUS KRISTUS, melalui pengakuan dibawah ini EDO telah ditebus, sah, definitely.
Karena EDO mengaku dengan mulut EDO dan percaya dengan hati, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,

==== MAKA EDO S.E.L.A.M.A.T. ====

Tidak ada lagi penghukuman bagi EDO, oke? Sekalipun nama Edo adalah nama di FK bukan nama sebenarnya, dan Roh Kudus pasti tahu nama lengkap EDO itu siapa, juga nama permandian perciknya siapa, dan nama permandian selamnya siapa.

DEFINITELY.

Ini statement Tuhan Yesus, dan Rule of The Game-Nya. Saya yakin Tuhan Yesus dan Roh Kudus tidak akan berkelit, dan plintat plintut atas ayat-ayat ini, karena BAPA jaminanNya :

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Roma 8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

Yopi sudah belajar tentang Perjanjian Darah kan ? juga Darah Perjanjian kan?

PERJANJIAN DARAH UNTUK PENDAMAIAN MANUSIA DENGAN ALLAH :

Bahwa dosa adalah pelanggaran Firman Tuhan, dan upah dosa adalah maut (mati), dan nyawa mahluk ada dalam darahnya, dan untuk menjadi hidup (dari mati) harus ada penumpahan darah, dan murka Allah surut oleh darah, dan darah yang berkenan kepadaNya adalah Darah Anak Domba Tuhan Yesus Kristus? Is it clear?

Keluaran 30:10 Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi TUHAN."

INI DARAH PERJANJIAN
Dalam PL dengan darah anak domba (betulan), sampai dengan darah Tuhan Yesus tertumpah di kayu salib, sebagai persembahan darah yang tak bercacat cela (Kudus).

Keluaran 24:8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: “Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”

Zakharia 9:11 Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjian-Ku dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair.

Ini aktualisasi dan realisasi DARAH PERJANJIAN dan PERJANJIAN DARAH YANG KEKAL :

Matius 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Markus 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.

Ibrani 9:20 sambil berkata: “Inilah darah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi kamu.”

Ibrani 13:20 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,

Roma 5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Kolose 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Dahsyaat kan. Do you believe that?
I absolutely believe in those verses, for those verses are GOD’S WORD. Definitely.

Shalom, Tuhan Yesus memberkati anda dan seisi rumah anda. Amin.

Wah bagi saya martin luther sudah memiliki pancaindranya yng sempurna dalam kerohaniannyanya, sehingga kedewasaan untu makanan yng keras-keras malah melahirkan satu panggilan dahsyat untu k mengajak kembali kepada kemurnian Ajaran Tuhan Yesus Kristus , makanya dgn sudah memperhitungkan dgn matang dan saksama tsb lahirlah prinsip-prinsip dasar ajakan yng dimaksud dgn namanya solascrippture tsb. Jadi martin luther lebih cerdas dan moderat serta progressive jika di bandingkan oleh para paus dan romo romo yang hidup selamanya waktu itu, xixixix…

Salam natal

Masih tetap sama, ada orang yang mengaku-ngaku kenal TUHAN YESUS, siapa yang percaya? Aku percaya kata Alkitab saja :smiley:

:smiley:

Amin. GBU2

BTW, ini kan tentang Kanon Jamnia Vs Kanon Kartago, kenapa si om malah posting kesaksian ya? :rolleye0014: :mad0261:

Om, silahkan saja kalau mo menanggapi mengenai kedua kanon tersebut, gak usah memberikan kesaksian segala, kadang aku muak dengan kesaksian, karena banyak saksi-saksi palsu jaman sekarang, kalo om mau kesaksian silahkan ke Board Kesaksian ya… :smiley:

Shalom Yopi…

Biarlah penghakiman itu menjadi hak Tuhan Yesus. dan saya tidak mau ikut menghakimi ORANG, sebagai individu, siapapun mereka.
Saya tidak akan terpancing. Shalom. berkat Tuhan Yesus untuk anda sekeluarga.

Good bye.

ini pendapat saya ya

benar kanon jamnia adalah konsili Yahudi yang adalah penentang Tuhan Yesus
tapi hasil disitu adalah PL, dan menurut hemat saya bangsa Yahudi lebih mengetahui masalah kitab2 PL
karena itu adalah ajaran yang mereka anut turun temurun

dan mungkin atas dasar inilah Luther memakai PL kanon Jamnia
dan untuk PB sendiri Luther tetap memaki apa yang sdh ditetapkan oleh Bapa2 gereja sebelumnya, karena memang sdh akurat

ini pendapat saya loh… :slight_smile: