Reformed di Indonesia (atau Jakarta), harusnya ikutan siapa?

Bagi saya OSAS dan non OSAS, Arminianism dan Calvinism hampir sama aja. Cuma beda fokus, yaitu beda dimensi. Ibarat kubus, yang satu membahas sisi sebelah bawah dan yang satunya bahas sisi sebelah atas. :slight_smile:

GBU

nah setelah kita tahu, kalau arminius telah merformasi ajaran kalvin, lalu kembali ke topik awal

siapa diantara kedua kubu reformed itu yang benar ?

Baik Arminian maupun Calvin benar dari sudut pandangnya masing-masing. :afro:

GBU

karena pandangan inilah maka Persekutuan Gereja-gereja Indonesia bisa ada, karena di dalamnya Calvinist/Reformed bersekutu bersama dengan kaum Arminian tanpa saling mengatakan sesat.

Kebanyakan anggota PGI yang Calvinist/Reformed (Gereja Batak, gereja Papua, Gereja Sulawesi, Gereja Kalimantan, Gereja Jawa, Gereja Nusa Tenggara) bersekutu dengan hormat, saling mengakui, saling menghormati, di dalam Tuhan dengan gereja-gereja berteologia Arminian seperti Gereja Bahtera Injil (GBI) dan Gereja Pentekosta di Indonesia (GPdI) tanpa mengurangi rasa hormat banyak gereja Pentekosta di PGI.

jadi anggota-anggota PGI berbeda teologia keselamatan, tetapi mereka dalam satu persekutuan PGI. mereka semua SATU FORMASI dalam Kristus, dan tidak ada satu yang mereformasi lainnya, tetapi mereka memegang sudut pandang yang berbeda.

Lalu apa yang disebut KEBENARAN?

ALKITAB sangat jelas, bahwa KEBENARAN ITU ADALAH ALLAH, TUHAN YESUS KRISTUS.

jika Saksi Yehovah diterima oleh PGI, maka saatnya kita minggat dari PGI. Tetapi jika Kharismatik masuk ke PGI, ya with pleasure welcome. :slight_smile:

ah petra lips service lagi yah.

tuh, coba baca pada trit lainnya. Si Reformanda mengatakan kalau arminian itu sesat.

jadi mengapa perkataan petra berbeda dengan perkataan sesama reformed lainnya ??

jadi kalau bgt, manakah sesungguhnya pendapat calvinis ? pendapat petra atau pendapat refomanda ???

jika mata hati anda terbuka dengan indah dan baik terhadap kebenaran jo,
anda tidak akan ragu-ragu mengakui bahwa pendapat Gereja Reformed / Calvinist tercermin dalam PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA INDONESIA.

jadi jika semua gereja Reformed / Calvinist bersekutu bersama dengan sodara-sodara Arminian di PGI apalagi yang anda inginkan???

jika hati anda terobsesi oleh PERPECAHAN, ya silahkan saja, itu urusan anda.

tetapi KESAKSIAN BESAR KRISTEN REFORMED di Indonesia sikapnya terhadap sodara 2 Arminian ya terwujud dalam jalinan kasih dan persekutuan di PGI itu.

soal ada banyak gereja Kharismatik yang membangun organisasinya sendiri ya itu urusan mereka tho.

pertanyaannya adalah : mengapa kelompok reformed spt reformanda mangatakan arminian sesat,

perkataan perpecahan sesat itu berasal dari kaum reformed loh, bukan dari saya… jadi jangan dibalik mengatakan saya menginginkan perpecahan, sebaliknya kaum reformedlah yg justru mengingikan perpecahan dengn mengeluarkan kata sesat bagi yang lainnya.

anda mengerti dengan perkataan saya diatas ?

justru anda dari tadi tetap ngeyel “reformed menginginkan perpecahan” hanya karena ada nick name bernama reformanda yang pernah keceplosan mengatakan sesat.

itu kan pikiran anda doang. kalo ada orang di thread ini mengakui seperti itu, kau aneh aja menganggap semua reformed seperti itu, sedangkan saya tunjukkan faktanya bahwa BIG MAJORITY REFIORMED bersekutu dengan wakil Arminian di PGI.

makanya aku bilang, pikiranmu yang dipenuhi pemikiran PERPECAHAN hanya karena seorang bernama reformanda ??? hahahahahaha pegimane sih jo ???

Coba dikasih referensi resmi omongan pdt. Budi Asali itu.
Jangan sampai yang diributin ternyata omongan mas roderick sendiri dengan mencatut nama orang lain ;D

GBU

oh begitu jadinya

jadi ternyata reformed ada yang moderate, tetapi ada yang non kompromis.

Petra (dan mayoritas reformed) termasuk moderate

Reformedanda (dan satu gereja dgn dia) termasuk non kompromis dan suka menghakimi grj lain dengan seenaknya sendiri.

i see know.

thanks untuk penjelasannya.

dugaan saya, orang2 spt reformedanda itu tidak banyak jumlahnya, dan mungkin berasal dari satu grj tertentu saja. benar itu pet ?

Namanya beda orang pasti ada perbedaanlah…
Bukan mentang-mentang satu label lalu jadi seragam semua kayak cetakan pabrik :smiley:

Perbedaan dari masing-masing pribadi, mulai dari beda kecil hingga besar pasti ada di semua label. Entah yang menamakan diri Yahudi, Reform, Muslim, Budha, Pantekosta, Kharismatik, dll.

GBU

nah yang menjengkellkan, suara kelompok kecil ini lantang dan sangat menjengkelkan sekali.

mereka itu ibarat semut merah. Ukurannya kecil tapi suka menggigit seenaknya sendiri

Kalau saya sih urusan begituan cuekin aja :smiley:

Kan omongan punya dua sisi, ke dalam dan ke luar. Makin terkenal dan terhormat konsekuensinya makin berat. Kalau omong terus tapi gak benar nanti yang malu adalah diri sendiri . :tongue:

Jadi gak perlu susah-susah

GBU

betul juga. Pantes 15tahun , jemaat mereka hanya 3.000 saja. … kasihan sekali …

kotbahnya hanya kritik grj lain saja.

Yup, hadir…absen dulu, pantesan kuping gatel…ternyata lagi dibawa-bawa di thread ini.

Jawaban thread ini gampang. Jelas ikut Yesus semua beres, mau permen?

mau dong permennya. hehehe

kok jadi ingat sama pak brengos ya.

Anda kebingungan? penuh kebimbangan harus pilih yang mana? Jangan takut, ikut Yesus semua beres. Yesus akan membereskan kebingungan anda.

Bro Rodrick, ikut Yesus memang semuanya beres, masalahnya Yesus yang mana nih? Benar kata anda, terlalu PEDE rekan kita yang satu itu, maklum keracunan paham OSAS.

Salam… :slight_smile:

Yesus Tuhan kita cuma SATU. Koq jadi bisa jadi kek gini apa salah minum obat :slight_smile:

GBU

Bro Ro, Reform adalah back to bible sebagai pedoman dan dasar hidup orang percaya.

Setiap orang mempunyai keyakinan masing2, jadi reform ya reform, kembalilah MEMAKAI ALKITAB SEBAGAI DASAR DAN PEDOMAN ANDA.

Sudah benar pak Tong jawab bahwa dia tidak memastikan seseorang masuk surga atau tidak itu adalah HAK PREROGATIF ALLAH BAPA YANG MERENCANAKAN DI DALAM KEKEKALAN.

Tidak ada yang menabrak atau saling menabrak, Budi Asali tidak sering ikut khotbah pak Tong, jadi dikhotbah yang lain, dimana pak Tong mengatakan keselamatan ditentukan dipilih oleh Allah didalam kekekalan, yang hanya dapat diketahui orang itu dan Tuhan.

Sehingga pak Tong tidak dapat memastikan dan juga tidak salah mengharapkan seseorang dapat masuk surga juga.

Apakah kamu tidka mempunyai keinginan supaya ortu kamu masuk ke surga, seperti pak Tong mengharapkan Kong Fu Tze dapat masuk kesurga.

Reform adalah satu gerakan dimana orang orang ingin kembali lagi memakai ALKITAB sebagai pedoman dasar hidup kita.

Jadi tidak ada kelompok2 , hanya pengikut Tuhan Yesus, kristen, orang orang percaya, orang orang kudus, anak anak Allah, milik Allah.

Disurga tidak ada katolik, protestan dll, hanya orang percaya , orang pilihan Allah, yang sudah mendapat panggilan kudus, mengalami lahir baru dan bertobat, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.