Reformed tidak percaya Allah menghendaki semua manusia diselamatakan ?

2 Pet 3:9
Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Titus2:11
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

1Yoh 2:2
Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Pertanyaan : Mengapa ?

KARENA mengikuti perkataan kalvin …

Lho Pernyataan orang orang Reform : " Kembali ke Alkitab "

Harus hargai dong pernyataan Orang Orang Reformed !

Hi bro RK…
Sy bukan reformed… kalo boleh bertanya…
Sy hanya ingin tahu bagaimana anda menjelaskan ayat berikut:

Yoh. 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Penekanan pada kata:

  • Selain daripada dia yang telah DITENTUKAN untuk binasa, supaya genaplah tertulis dalam Kitab Suci.

Thanks.

1. Orang Reformed sekarang adalah orang Reformed gadungan / Palsu , yang gak mau " kembali ke Alkitab " Yakni :

" Yang ayat yang senang dipakai " tapi " Yang gak senang gak di-gubres " !

=======================================================

2. Yoh17:12 itu kan Yesus bicara pada 12 Rasul, bukan tentang " Keselamatan Manusia " !

Baca16:29 murid-murid-Nya: ''Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan.

Jadi anda bisa nilai anda termasuk ketegori yang mana ?

=============================================================

Kalau dibawah ini, anda dan orang orang Reform sama sekali gak mau digubres / direnungkan !

Terimakasih.

Iya… menurut bro Yoh 17:12 kan mengenai murid2 Tuhan, bukan bicara tentang keselamatan, rite ?

Pertanyaan sy tetap sama:
Jika demikian, yang DITENTUKAN untuk binasa, SUPAYA genaplah tertulis dalam kitab suci tersebut AKHIRNYA AKAN DISELAMATKAN JUGA atau TIDAK berdasar kehendak Allah (di akhir jaman barangkali) ?

Jika tidak diselamatkan, kenapa Allah menentukan “dia” untuk binasa supaya genaplah yang tertulis dalam kitab suci ?

Ini trit berisi pertanyaan yang cuma mau dijawab sendiri oleh TS ;D

GBU

1. Kalau bicara ya atau right jangan pakai right ? ( jangan pakai tanda tanya dong )

2. Yoh 17:12 itu adalah nubuat dari Maz 43:10 yakni Yasus akan dihianati / dijual !

Maz 43:10
Bahkan sahabat karib-ku yang ku-percayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.

Jelas ?

============================================================

Tema FT ini bukan Yesus dihianati, melainkan :

" Reformed tidak percaya Allah menghendaki semua manusia diselamatakan ? "

2 Pet 3:9
Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Titus2:11
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

1Yoh 2:2
Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Pertanyaan : Mengapa ?

================================================================

Terimakasih.

[b]Lho komentar yang salah lalu dibiarkan salah ! itu perbuatan tidak terpuji ! Harus dikoreksi sesuai Firman Tuhan, itu baru benar !

ah anda ini ada ada aja, ajaran dari Tuhan ya ?[/b]

GBU !

Maksud saya judul tritnya :tongue:

GBU

Anda bisa komentar demikian diatas dasarnya apa ? kok ikut ikut menyeletuk ?

GBU !

Ya iya, kalau dijawab mereka toh pasti tidak berguna karena mas gak terima.
Karena yang diterima adalah jawaban sesuai keinginan mas sendiri :tongue:

GBU

Kok aneh anda ini luar biasa !

Memang jawaban harus dimasuk akal dan sesuai Firman Tuhan keseluruhannya dong, bukan sepotong potong seperti keinginan anda sendiri, ya repot !

GBU !

Nah hal yang sama bisa dikatakan orang terhadap argumentasi mas. Repotnya tambah dobel :tongue:
Karena predestinasi banyak tertulis di Alkitab, bahkan secara eksplisit. Jadi harus diakui bahwa hal itu ada benarnya juga.

GBU

Nah ini anda semau gue komentar tentang saya, coba tulisan saya di Presditinasi-1 apakah saya gak grubes pernyataan pernyataan orang orang Reform ? atau sebaliknya komentar saya tentang ayat ayat Firman Tuhan, justru mereka gak mau menggubres / ditanggapi ! Repot !

Teliti lagi di Presditinasi-1 !
GBU !

Selamat malam, sampai jumpai besok sore.

GBU !

Ooooohhhh, pertanyaan anda yg di thread sebelah ya bro? Bukan tidak dijawab, belum ada yang jawab… :slight_smile:

Penting diketahui bahwa:
Kata “DITENTUKAN” sebenarnya tidak ada dalam naskah bahasa asli.

* Yohanes 17:12
LAI TB , Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMu, yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan(?) untuk binasa (VERB, passive), supaya genaplah yang tertulis dalam Kita Suci.
NIV, While I was with them, I protected them and kept them safe by that name you gave me. None has been lost except the one doomed to destruction so that Scripture would be fulfilled.

Bandingkan dengan :

LAI TL, Selagi Aku bersama-sama dengan mereka itu, Aku ini memeliharakan mereka itu atas nama-Mu yang Engkau karuniakan kepada-Ku, dan Aku sudah menjagai mereka itu, dan seorang pun tiada daripada mereka itu yang hilang kecuali anak kebinasaan (NOUN) itu, supaya isi Alkitab itu sampai.
MILT (2008), Ketika Aku ada bersama mereka di dunia ini, Aku senantiasa memelihara mereka dalam Nama-Mu, yaitu mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, Aku telah menjaganya dan tidak seorang pun dari antara mereka yang binasa, kecuali anak kebinasaan (NOUN) itu, supaya kitab suci dapat digenapkan.
NASB, "While I was with them, I was keeping them in Your name which You have given Me; and I guarded them and not one of them perished but the son of perdition, so that the Scripture would be fulfilled.
KJV, While I was with them in the world, I kept them in thy name: those that thou gavest me I have kept, and none of them is lost, but the son of perdition (NOUN); that the scripture might be fulfilled.
NKJV, While I was with them in the world, I kept them in thy name: those that thou gavest me I have kept, and none of them is lost, but [u]the son of perdition ; that the scripture might be fulfilled.

Naskah bahasa Asli Yunani:
TR, οτε ημην μετ αυτων εν τω κοσμω εγω ετηρουν αυτους εν τω ονοματι σου ους δεδωκας μοι εφυλαξα και ουδεις εξ αυτων απωλετο ει μη ο υιος της απωλειας ινα η γραφη πληρωθη
Translit. interlinear : hote {selama} êmên {Aku adalah} met {bersama} autôn {mereka} en {di dalam} tô kosmô {dunia} egô {Aku} etêroun {memelihara} autous {mereka} en {dalam} tô onomati {nama} sou {-Mu} hous {yang} dedôkas {Engkau sudah memberikan} moi {kepada-Ku} ephulaxa {Aku menjaga} kai {dan} oudeis {tidak ada seorangpun} ex {dari} autôn {mereka} apôleto {ia binasa} ei mê {selain daripada} ho huios {anak, noun - nominative singular masculine} tês apôleias {kebinasaan, noun - genitive singular feminine} hina {supaya} hê {yang} graphê { tertulis} plêrôthê {ia digenapi}"

Dalam naskah bahasa asli Yunani jelas TIDAK ADA KATA “DITENTUKAN”.

Catatan :

Naskah bahasa asli Yunani menulis “ο υιος της απωλειας ; ho huios tês apôleias” secara harfiah artinya “anak kebinasaan”, namun LAI menterjemahkan secara “CALVINIS” banget (atau barangkali mirip dengan terjemahan NIV) yang seolah-olah Yudas ini memang sudah ditentukan untuk binasa.

Namun dengan mengkaji dari bahasa aslinya, kita bisa kita mengerti bahwa wataknya yang ia miliki ‘sejak semula’, itu yang menjadikannya binasa, bukan karena ia sudah ditentukan Allah untuk binasa demi memuluskan misi Yesus Kristus mati di kayu salib . Maka, saya condong pada terjemahan static ala King James, atau juga terjemahan-terjemahan lain yang tidak condong kepada suatu doktrin tertentu.

“ο υιος της απωλειας ; ho huios tês apôleias” sebenarnya adalah berbicara tentang WATAK (perhatikan kata tersebut ditulis dalam bentuk feminine, merujuk suatu gambaran dari tabiatnya yang membawa dirinya pada kebinasaan.

bersambung…

Bandingkan dengan ayat di bawah ini yang juga menggunakan kata yang sama “apôleia”, dalam bentuk gender feminine pula:

* 2 Petrus 3:16
LAI TB, Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.
KJV, As also in all his epistles, speaking in them of these things; in which are some things hard to be understood, which they that are unlearned and unstable wrest, as they do also the other scriptures, unto their own destruction.
TR, ως και εν πασαις ταις επιστολαις λαλων εν αυταις περι τουτων εν οις εστιν δυσνοητα τινα α οι αμαθεις και αστηρικτοι στρεβλουσιν ως και τας λοιπας γραφας προς την ιδιαν αυτων απωλειαν
Translit, hôs kai en pasais tais epistolais lalôn en autais peri toutôn en hois estin dusnoêta tina ha hoi amatheis kai astêriktoi streblousin hôs kai tas loipas graphas pros tên idian autôn apôleian {kebinasaan, noun - accusative singular feminine}

Artinya hal-hal yang membuatnya binasa adalah karena sikap, watak, dan perbuatan atas pilihannya sendiri. Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa dan memberkati mereka untuk ber-anak cucu, apakah Allah sudah menentukan manusia itu binasa karena dosa? Tentu tidak!

Blessings in Christ,
BP

Thanks penjelasannya bro SP. :slight_smile:

Menurut bro SP:
A. ayat Yoh 17:12 tentang ‘anak kebinasaan’ refer to ?
B. kalimat ‘kecuali anak kebinasaan, supaya tertulis ia digenapi’ = Foreknown Allah ?
C. Jika B adalah Foreknown Allah, pertanyaan C: apakah kita exist sebelum lahir sebagai roh atau masih dalam MIND Allah ?
D. Jika C adalah kita pre-existence masih dalam MIND Allah, artinya tidak dapat disebut Foreknown… Foreknown dapat terjadi apabila kita exist sebelum lahir… dan Allah mengetahui apa yg terjadi pada kita setelah lahir… namun jika kita pre-existence masih dalam MIND Allah, menurut bro ForeOrdained atau nda ?