Rendra Dikenang

Liputan6.com, Depok: Hingga tengah malam keluarga dan kerabat terus berdatangan menyampaikan bela sungkawa dan memanjatkan doa bagi almarhum W.S. Rendra di kediamannya di Perumahan Pesona Kahyangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (6/8). Rekan “Si Burung Merak” dari berbagai kalangan juga tampak hadir. Di antaranya adalah mantan Menteri Sekretaris Negara Moerdiono dan bekas Direktur Utama TVRI Ishadi.

Sosok Rendra dengan keteguhan prinsip serta visinya mendapat pujian dari mereka yang mengenalnya. Rencananya, pemakaman akan dilakukan hari ini selepas salat Jumat di Cipayung, Depok, Jabar.

Sepanjang hidupnya, sudah tak terhitung karya yang dihasilkan Rendra. Salah satu di antaranya adalah Sajak Sebatang Lisong yang mengkritik pedas pemerintah, khususnya di bidang pendidikan. Sajak yang dibacakan di Kampus Institut Teknologi Bandung pada 1977 ini menjadi salah satu adegan film Yang Muda Yang Bercinta karya Syumanjaya. Peredaran film ini dilarang pemerintah Orde Baru.

Rendra pergi untuk selamanya hanya dua hari setelah rekannya seniman Mbah Surip meninggal. Ia tak sempat menghadiri pemakaman Mbah Surip karena Rendra sendiri sedang dirawat intensif karena penyakit jantung dan gagal ginjal di Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Namun, Rendra kemudian meminta pulang dari RS Mitra Kelapa Gading untuk mendatangi makam Mbah Surip yang dikebumikan di Bengkel Teater, Depok, tiga hari silam. Bengkel Teater adalah basis kegiatan seni yang didirikan Rendra. Tadi malam, Rendra akhirnya meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok [baca: Rendra Tutup Usia]

tempatnya dipake mbah surip malah dia jg ikut mbah surip

Orang meninggal memang misteri…
Kemarin dulu Jacko …
Lalu Mbah Surip…
Ngga lama kemudian Rendra…

Siapa mau menyusul??? :mad0261:

lagi pada ngedaftar tuh…dibelakangnya

Saya mo nyusul… 99 tahun lagi…

weleh…weleh…masih kuat ng tuh???^^

Y

he…he… kalo sekarang umur 20 th + 99 th
apa kira2 ngga nyusahin anak cucu yaq :cheesy: