Resensi Buku-17: PENGAKUAN IMAN WESTMINSTER (Rev. G. I. Williamson, B.D.)

…Resensi Buku 17…

Buku
PENGAKUAN IMAN WESTMINSTER (WESTMINSTER CONFESSION OF FAITH)

oleh: Rev. G. I. Williamson, B.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2006

Penerjemah: Irwan Tjulianto.

Pengakuan Iman Westminster merupakan sebuah perumusan yang setia dan ringkas dari pokok-pokok ajaran Alkitab yang paling penting dan mendasar, yang dianggap sebagai sebuah perumusan ortodoksi Calvinis/Reformed yang paling komprehensif, seimbang dan akurat, yang belum ada tandingannya.

Dalam buku ini Williamson menunjukkan bahwa Pengakuan Iman Westminster merupakan ajaran yang bersumber dari Alkitab. Ia dengan teliti memisahkan kebenaran dari opini-opini yang saling bertentangan. Setiap bagian dilengkapi dengan sejumlah pertanyaan yang dapat dipakai sebagai bahan studi lanjut, dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dimuat di bagian akhir buku ini. Dengan demikian, buku ini cukup jelas untuk dipakai secara pribadi, dan cukup menyeluruh untuk digunakan dalam kelas-kelas pembinaan. Selama beberapa dekade, uraian Williamson terhadap isi Pengakuan Iman Westminster ini telah menjadi sebuah manual yang menjadi berkat besar bagi banyak gereja.

Buku ini mendapatkan pujian dari para profesor theologi, a.l. Prof. Dr. Joel R. Boeke (Profesor Theologi Sistematika dan Homiletika di Puritan Reformed Theological Seminary), Prof. Dr. Richard B. Gaffin, Jr. (Profesor Theologi Biblika dan Sistematika di Westminster Theological Seminary) dan Prof. Dr. Cornelis P. Venema (Presiden dan Profesor Studi Doktrinal di Mid-America Reformed Seminary)

Profil Rev. G. I. Williamson:
Rev. G. I. Williamson, B.D. meraih gelar Bachelor of Divinity (B.D.) dari Pittsburgh-Xenia Theological Seminary. Beliau adalah pendeta yang telah melayani di berbagai jemaat Reformed dan Presbiterian di Amerika Utara, dan saat ini melayani di Reformed Churches of New Zealand dan Orthodox Presbyterian Church. Menjelang usia pensiunnya, Williamson tetap menjadi editor untuk Ordained Servant, jurnal yang diterbitkan oleh Orthodox Presbyterian Church untuk para gembala sidang, penatua, dan diaken. Karya lainnya yang diterbitkan oleh Penerbit Momentum adalah Katekismus Singkat Westminster (2 jilid).