Resensi Buku-18: KATEKISMUS SINGKAT WESTMINSTER-1 (Rev. G. I. Williamson, B.D.)

…Resensi Buku-18…

Buku
KATEKISMUS SINGKAT WESTMINSTER-1 (THE SHORTER CATECHISM-1)

oleh: Rev. G. I. Williamson, B.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2006

Penerjemah: The Boen Giok.

[i]Katekismus Singkat Westminster adalah suatu bahan katekisasi yang dipersiapkan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam sinode Westminster di kota London (diselesaikan pada tahun 1647). T. F. Torrance menyebut Katekismus Singkat ini sebagai “salah satu dokumen yang agung dan sangat luar biasa dalam sejarah theologi Kristen.” Katekismus ini diterima oleh berbagai kalangan gereja dan menjadi salah satu bahan katekisasi yang paling banyak digunakan oleh gereja-gereja Protestan.

G. I. Williamson telah menguraikan makna pertanyaan dan jawaban dalam Katekismus Singkat Westminster ini dengan sangat jelas. Dalam Katekismus Singkat Westminster-1 ini secara khusus akan dibahas mengenai Allah (natur-Nya, ketetapan-Nya, karya-Nya), manusia dan kejatuhannya dalam dosa, Kristus dan karya penebusan-Nya, serta penerapan penebusan oleh Roh Kudus dalam diri umat pilihan (ordo salutis). Setiap bab dilengkapi dengan sejumlah pertanyaan yang dapat dipakai sebagai bahan analisis maupun diskusi, dan karenanya, manual ini sangat bermanfaat bagi pemahaman Alkitab pribadi maupun kelompok.[/i]

Profil Rev. G. I. Williamson:
Rev. G. I. Williamson, B.D. meraih gelar Bachelor of Divinity (B.D.) dari Pittsburgh-Xenia Theological Seminary. Beliau adalah pendeta yang telah melayani di berbagai jemaat Reformed dan Presbiterian di Amerika Utara, dan saat ini melayani di Reformed Churches of New Zealand dan Orthodox Presbyterian Church. Menjelang usia pensiunnya, Williamson tetap menjadi editor untuk Ordained Servant, jurnal yang diterbitkan oleh Orthodox Presbyterian Church untuk para gembala sidang, penatua, dan diaken. Karya lainnya yang diterbitkan oleh Penerbit Momentum adalah Katekismus Singkat Westminster (2 jilid).