Resensi Buku-2: SEMESTA PIKIRAN (Prof. James W. Sire, Ph.D.)

Resensi Buku-2

Buku
THE UNIVERSE NEXT DOOR (A BASIC WORLDVIEW CATALOG)
Semesta Pikiran: Sebuah Katalog Wawasan Dunia Dasar

oleh: Prof. James W. Sire, Ph.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2005

Penerjemah: Irwan Tjulianto.

Semesta Pikiran adalah buku mengenai wawasan-wawasan dunia yang telah menjadi buku pegangan di lebih dari seratus perguruan tinggi sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1976, dan bahkan telah digunakan untuk beragam perkuliahan mulai dari apologetika, agama-agam dunia, sejarah sampai sastra Inggris. Di dalam edisi terbaru dari Semesta Pikiran ini (2004), Dr. James W. Sire telah melengkapi dan menambahkan berbagai hasil diskusi dan penelitiannya yang baru, namun tetap dengan gayanya yang ringkas dan jelas di dalam menjelaskan dasar-dasar dari wawasan-wawasan duina yang utama: theisme Kristen, deisme, naturalisme (termasuk humanisme sekuler dan Marxisme), nihilisme, eksistensialisme, monisme pantheistis Timur, pemikiran Zaman Baru, dan postmodernisme.

Setiap wawasan dunia diuji dengan tujuh pertanyaan paling mendasar:

  1. Apakah realitas utama itu ?
  2. Apakah natur dari realitas eksternal (dunia di sekitar kita) ?
  3. Apakah manusia itu ?
  4. Apa yang terjadi pada seseorang pada saat kematian ?
  5. Apa yang memungkinkan manusia dapat mengetahui sesuatu ?
  6. Bagaimana kita mengetahui apa yang benar dan apa yang salah ?
  7. Apa makna dari sejarah umat manusia ?

Ditutup dengan argumentasi yang membuktikan mengapa theisme Kristen adalah satu-satunya wawasan dunia yang bisa diterapkan secara rasional dan harmonis dalam kehidupan manusia, Semesta Pikiran bukan hanya menajamkan intelektual, tetapi juga sangat meneguhkan pegangan kita pada iman Kristen.

Profil Dr. James W. Sire:
Prof. James W. Sire, Ph.D. adalah seorang mantan editor senior di InterVarsity Press dan dosen tamu di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Eropa, serta dosen bagi InterVarsity Christian Fellowship. Beliau meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari University of Missouri. Selain itu, beliau juga menulis buku Habits of the Mind (Kebiasaan Akal Budi) yang juga diterbitkan oleh Penerbit Momentum.