Resensi Buku-25: KEBAJIKAN & KEJAHATAN DI DLM THE CHRONICLES OF NARNIA

…Resensi Buku-25…

Buku
KEBAJIKAN DAN KEJAHATAN DI DALAM KISAH KLASIK C. S. LEWIS:
THE LION, THE WITCH AND THE BIBLE (SANG SINGA, PENYIHIR, DAN ALKITAB)

oleh: Robert Velarde

Penerbit: NavPress Indonesia, Bandung bekerja sama dengan Pionir Jaya (Bringing Truth to Generation), Maret 2007

Penerjemah: Natania Tiendas.

The Chronicles of Narnia dari C. S. Lewis telah menawan imajinasi jutaan orang selama lebih dari setengah abad. Tetapi kisah-kisah ini bukanlah sekedar cerita dan fantasi yang hanya untuk dinikmati; kisah-kisah ini menyampaikan kebenaran-kebenaran yang berharga tentang bagaimana hidup di dunia kita. Kehidupan sehari-hari menawarkan kita dengan begitu banyaknya pilihan moral. Lewis percaya bahwa setiap keputusan bernilai etika yang kita ambil mempunyai dampak kepada pembentukan karakter kita menuju kepada yang lebih baik atau yang lebih buruk. Di dalam buku ini, Robert Velarde—sarjana yang mendalami pemikiran C. S. Lewis— mengeksplorasi tema-tema moral dari ketujuh seri Narnia dari Lewis, memfokuskan kepada beberapa sifat buruk dan kebajikan, seperti:
• Kebajikan dan Kejahatan
• Keberanian dan Sifat Pengecut
• Keadilan dan Ketidakadilan
• Kejujuran dan Ketidakjujuran
• Belas Kasihan dan Kekejaman
• Perdamaian dan Perang
• Kerendahan Hati dan Kesombongan
• Pertobatan dan Ketidakbertobatan

Dengan pengertian Alkitabiah serta pengetahuan praktis, Velarde menolong para pembaca untuk memperkuat moral kebajikan di tengah dunia saat ini yang dilanda ketidakpastian nilai-nilai moral.

Buku ini mendapat rekomendasi dari:
DR. VERNON C. GROUNDS (konselor di Denver Seminary), DR. PETER J. SCHAKEL (Profesor Sastra Inggris di Hope College; penulis The Way into Narnia an Imagination and the Arts in C. S. Lewis), Gordon R. Lewis, Ph.D. (Profesor senior bidang filosofi dan theologi di Denver Seminary; pengarang Testing Christianity’s Truth Claims), Jim Ware (pengarang God of the Fairy Tale), dan Victor Reppert, Ph.D. (pengarang C. S. Lewis’s Dangerous Idea).

Profil Robert Velarde:a
Robert Velarde adalah seorang editor pada Focus on the Family. Dia juga sedang melanjutkan studi kesarjanaannya dalam bidang filosofi agama di Denver Seminary, tempat ia mempelajari filosofi C. S. Lewis. Dia telah meraih gelar sarjana muda dalam bidang musik dari California State University, Long Beach, serta menggubah sejumlah karya musik untuk flute dan piano karena terinspirasi adegan-adegan dalam the Chronicles of Narnia (Hikayat Narnia).
Beliau juga adalah anggota Evangelical Theological Society, the Evangelical Philosophical Society, dan the Society of Christian Philosophers. Beliau tinggal menetap di Colorado Spring, Colorado, bersama dengan istri dan ketiga orang anaknya.