Resensi Buku-3: KEDAULATAN ALLAH (A. W. Pink)

Resensi Buku-3

Buku
THE SOVEREIGNTY OF GOD (Kedaulatan Allah)

oleh: Arthur Walkington Pink

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2005

Penerjemah: The Boen Giok.

“Kita sangat membutuhkan pengajaran tentang kemahakuasaan Allah,” tulis A. W. Pink. Pada zaman di mana manusia semakin diagungkan, kebebasan untuk mempercayai allah-allah ciptaan manusia sendiri semakin ditekankan, dan gereja yang membuang ajaran Alkitab yang ketat untuk menggantikannya dengan pragmatisme semakin banyak, kita melihat betapa mendesaknya kebutuhan untuk mengajarkan dengan tegas tentang kemutlakan kedaulatan Allah, Pencipta langit dan bumi.

Arthur W. Pink menyajikan kembali kebenaran-kebenaran mendasar yang Alkitabiah tentang kedaulatan Allah atas segala sesuatu di dalam penciptaan, providensi (pemeliharaan), dan khususnya di dalam keselamatan kekal kaum pilihan-Nya. Pink juga membahas secara ketat topik yang selalu menjadi perdebatan theologis: kedaulatan Allah dan kehendak bebas manusia; dan hubungan antara kedaulatan Allah dan doa.

Kedaulatan Allah akan menjadi bacaan yang mengoreksi kesalahan konsepsi yang telah terjadi begitu lama, makanan rohani yang menguatkan iman dan merendahkan hati, serta memberikan suatu jaminan yang pasti bagi kita karena mengetahui bahwa Allah kita berdaulat atas segalanya dan di dalam segala sesuatu Dia berkarya demi kemuliaan-Nya dan kebaikan kita.

Profil A. W. Pink:
Arthur Walkington Pink lahir di Inggris pada tahun 1886, bermigrasi ke Amerika Serikat untuk menjalani studi di Moody Bible Institute. Dia menggembalakan jemaat di Colorado, California, Kentucky, dan South Carolina sebelum menjadi penginjil keliling pada tahun 1919. Dia kembali ke Inggris pada tahun 1934 dan menetap di Pulau Lewis, Skotlandia, mulai tahun 1940 sampai dia meninggal dua belas tahun kemudian. Sebagian besar tulisannya diterbitkan pertama kali sebagai artikel dalam Studies in the Scriptures, yang beredar dari tahun 1922 sampai 1952. Beberapa tulisan Pink termasuk: Attributes of God; The Doctrine of Justification; The Antichrist; The Patience of God; Eternal Security; Christmas; The Total Depravity of Man; The Sovereignty of God; The Christian Sabbath; he Decrees of God; The Atonement; Practical Christianity; The Doctrine of Reconciliation.
Pink meninggal di Stornoway, Skotlandia pada bulan Juli 1952. Setelah kematian Pink, karyanya diterbitkan oleh The Banner of Truth Trust.