Resensi Buku-37: DARI IMAN KEPADA IMAN (Pdt. DR. STEPHEN TONG)

…Resensi Buku-37…

Buku
FROM FAITH TO FAITH (DARI IMAN KEPADA IMAN)

oleh: Pdt. DR. STEPHEN TONG

Penerbit: Momentum Christian Literature, 2004

Transkrip: Pdt. Sutjipto Subeno, M.Div.

Kristus adalah Pemula dan Penyempurna iman kita. Dengan demikian, seluruh kehidupan dan perjalanan hidup rohani kita adalah karya Kristus, Sang Alfa dan Omega atas alam semesta dan Penguasa sejarah, secara umum; dan Pencipta, Penyelamat, serta Pemelihara kita dari awal sampai akhir, secara khusus. Alangkah besarnya kasih karunia Tuhan yang telah memulai segala kebajikan, dan yang menyempurnakan segala kebajikan di dalam kita. Karena itulah, dari hati kita yang terdalam kita berseru, “Segala puji dan hormat kembali kepada-Mu, ya Tuhan, sebab Engkaulah yang telah menciptakan saya, dan yang memprebarui saya dari seorang berdosa menjadi orang kudus, memimpin saya dari seorang kafir menjadi orang beriman, dan memelihara saya dari bibit iman yang kecil sampai memiliki iman yang sempurna. Dan dengan iman yang Engkau karuniakan ini, saya dapat mengalahkan dunia yang fana ini untuk mewarisi hidup yagn kekal.” Marilah kita, semua orang beriman di seluruh dunia dan di segala zaman, berseru seperti yang dikatakan Rasul Paulus di dalma Roma 11:36, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh dia, dan kepada Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.”

Profil Pdt. DR. STEPHEN TONG:
Pdt. DR. STEPHEN TONG dilahirkan di Fukien daratan Tiongkok pada tahun 1940. Pada usia 17 tahun (tahun 1957) beliau menyerahkan diri untuk menjadi hamba Tuhan. Sampai tahun 2007 ini, beliau telah berkhotbah 28 ribu kali dihadapan lebih dari 20 juta orang. Paling sedikit yang pernah menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan dalam pelayanannya adalah 200 ribu orang. Beliau pernah berkhotbah dan memimpin seminar dalam Bahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia di Amerika Utara, Amerika Latin, Australia, Asia dan Eropa. Kota-kota yang pernah dikunjunginya lebih dari 600 kota besar di seluruh belahan dunia termasuk Paris, New York, Toronto, Hongkong, Roma dan seterusnya. Sejak tahun 2000, beliau memimpin Expository Preaching di Jakarta (Hari Minggu Pagi Bahasa Indonesia & Minggu Siang Bahasa Mandarin), Singapura (Hari Minggu Sore Bahasa Indonesia, Hari Minggu Malam Bahasa Mandarin-English), Kuala Lumpur (Hari Senin Bahasa Mandarin-English), Hongkong (Hari Selasa Bahasa Mandarin-Kanton) dan Taipei (Hari Rabu Bahasa Mandarin) setiap minggunya dengan pendengar lebih dari 6000 orang.

Pdt. Stephen Tong berbeban khusus untuk menegakkan teologi Reformed dan menyingkirkan penghalang-penghalang bagi pertumbuhan iman Kristen dan berusaha untuk membawa manusia kembali kepada anugerah Allah melalui penafsiran Alkitab yang sangat ketat. Selain berkhotbah, beliau juga pernah mengajar di berbagai seminari di dalam dan luar negeri dalam bidang teologi dan filsafat yakni 25 tahun di Seminari Alkitab Asia Tenggara hingga menjabat Ketua Yayasan, pendiri dan mantan Rektor Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia, pendiri dan Rektor Institut Reformed International di USA & Asia serta Jakarta. Beliau pernah mengajar sebagai dosen tamu di China Graduate School of Theology Hongkok, China Evangelical Seminary Taipei dan Trinity Theological College Singapura.

Pada tahun 1985, beliau dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dalam bidang Kepemimpinan Penginjilan Kristen dari La Madrid International Academy of Leadership di Manila. Belau pernah diundang sebagai pembicara utama dalam Lausanne Congress, International Prayer Assembly di Seoul, Amsterdam 1988 dan terakhir General Assembly of World Reformed Fellowship di Afrika Selatan pada tahun 2006. Pada tahun 2008, beliau dianugerahi gelar Doctor of Divinity (D.D.) dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.

Beliau selain berkhotbah dan mengajar, beliau adalah seorang maestro dalam bidang musik klasik, di mana telah menjadi konduktor dan komponis. Beliau memimpin konser-konser musik klasik di berbagai kota di Asia serta mengkomposisi puluhan lagu hymn berbobot yang telah dinyanyikan di seluruh dunia. Selain itu beliau juga merupakan arsitek ulung di mana telah merancang gedung gereja dan aula pertemuan di berbagai kota.
Beliau adalah pendiri dari Stephen Tong Evangelistic Ministries International, Sinode Gereja Reformed Injili Indonesia, Sekolah Theologi Reformed Injili (STRI) di berbagai kota, Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia (STTRII), Institut Reformed, Jakarta Oratorio Society, Christian Drama Society, Reformed Center for Religion and Society dan seterusnya. Buku-bukunya antara lain:
• Iman dan Agama
• Hidup Kristen Yang Berbuah
• Iman Kristen, Penderitaan dan HAM
• Iman, Rasio dan Kebenaran
• Baptisan dan Karunia Roh Kudus
• Roh Kudus, Suara Hati Nurani dan Suara Setan
• Roh Kudus dan Kebangunan
• Dinamika Hidup dalam Pimpinan Roh Kudus
• From Faith to Faith
• Keluarga Bahagia
• Membesarkan Anak dalam Tuhan
• Allah Tritunggal
• Peta dan Teladan Allah
• Dosa, Kebenaran dan Penghakiman
• Siapakah Kristus?
• Yesus Kristus Juruselamat Dunia
• Mengetahui Kehendak Allah
• Waktu dan Hikmat