Resensi Buku8: PSIKOLOGI SEBAGAI AGAMA (Prof. Paul C. Vitz, Ph.D.)

…Resensi Buku-8…

Buku
PSYCHOLOGY AS RELIGION: THE CULT OF SELF-WORSHIP
(Psikologi Sebagai Agama: Kultus Penyembahan Diri)

oleh: Prof. Paul C. Vitz, Ph.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection) 2005

Penerjemah: Yulvita Hadiyarti.

Psikologi Sebagai Agama memberikan analisis yang tajam terhadap psikologi modern dan secara meyakinkan menunjukkan bahwa psikologi modern telah menjadi suatu pengkultusan diri manusia sekuler, yang pada saat ini justru menjadi salah satu problema kehidupan dan bukan solusi bagi problema itu sendiri. Degan pengkajian melalui kacamata ilmiah, filosofis, etis, ekonomis, sosial, dan religius terhadap psikologi, Dr. Paul C. Vitz mengecam sifat dan kesan penyembahan diri, narsistis, dan destruktif dari psikologi modern.

Psikologi Sebagai Agama merupakan kajian up-to-date yang memasukkan perkembangan-perkembangan terbaru dalam bdang psikologi. Dalam buku ini, penulis secara tajam membahas Teori Diri dan hubungannya dengan keluarga, pendidikan, masyarakat, agama, dan Gerakan Zaman Baru.

Profil Dr. Paul C. Vitz:
Prof. Paul C. Vitz, Ph.D. yang memperoleh gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari Stanford University pada tahun 1962, adalah professor di bidang Psikologi di New York University dan Adjunct Professor di John Paul 11 Institute for Marriage and Family, Washington, D.C. Beliau adalah seorang anggota Fellowship of Catholic Scholars dan secara aktif berhubungan dengan banyak Protestan Injili seperti Inter Varsity, dan beberapa juga dengan orang-orang Yahudi. Beliau telah menerbitkan 100 artikel dan esai serta beberapa buku Psychology as Religion: The cult of self-worship (2nd ed., Eerdmans, 1994, original ed., 1977); Modern art and modern science: The parallel analysis of vision (Praeger/Greenwood, 1984); Censorship: Evidence of bias in Our Children’s textbooks (Servant, 1986); Sigmund Freud’s Christian Unconscious (Guilford, 1988; Eerdmans paperback, 1992); Defending the family: A sourcebook (1998). Paul C. Vitz and Stephen M. Krason (Eds.) (Catholic Social Science Press: Steubenville, OH). Karyanya berpusat pada hubungan antara psikologi dan Kekristenan. Beliau juga adalah penulis sebuah buku yang akan terbit, Defective fathers: Psychological origins of atheism (Dallas, TX: Spence).
Prof. Vitz tinggal di Manhattan (Greenwich Village) dengan istrinya, Evelyn Timmie Birge Vitz, yang adalah seorang Profesor bahasa Perancis di NYU, dengan keenam anak mereka.