Resistive Vs Capacitive Touch-Screen

Resistive Vs Capacitive Touch-Screen

http://pocketnow.com/html/portal/news/0000009005//microsoft_surface_touchscreen_table1.jpg

Bagi anda yang sangat suka dengan gadget pasti sudah tidak asing dengan teknologi touchscreen. Teknologi ini memberikan perubahan besar dalam dunia elektronik. Jika awalnya alat input pada suatu gadget berupa keyboard sekarang dengan teknologi ini dapat digantikan dengan sentuhan langsung pada layar. Keberadaan keyboard dapat dihilangkan sehingga gadget dapat meiliki layar yang lebih luas ( dapat memenuhi semua permukaan gadget).

Jika kita ingin membeli suatu gadget misalkan handphone, pasti melihat spesifikasi handphone tersebut terlebih dahulu. Pada spsesifikasi handphone yang memiliki teknologi touchscreen, akan terdapat dua macam teknologi yaitu capacitive dan resistive. Pertanyaannya adalah apakah perbedaan kedua teknologi tersebut?

Teknologi resistive menggunakan metode perubahan resistansi. Touchscreen ini dibentuk oleh dua buah layer yang terpisah oleh gap yang sempit. Ketika sebuah objek menyentuh layer paling atas, maka layer tersebut akan tertekan sehingga akan terhubung dengan layer dibawahnya. Hal itu mengkibatkan perubahan resistansi yang kemudian menyebabkan perubahan tegangan pada output.

Teknologi capacitive menggunakan metode perubahan kapasitif. Touchsreen ini terdiri dari insulator seperti kaca yang dilapisi dengan tarnsparent conductor. Ketika jari manusia menyentuh permukaan kaca, maka akan terjadi perubahan medan elktrostatik yang dapat diukur sebagai perubahan kapasitansi ( prinsip kapasitor berawal dari medan listrik ).

Teknologi resistif lebih mudah diproduksi dan lebih murah. Namun tidak mendukung multi-touch. Teknologi ini juga akan mengalami distorsi seiring waktu dimana harus diadakan kalibrasi.

Berbeda dengan teknologi kapasitif, teknologi ini lebih teliti dan lebih halus. teknologi ini hanya menerima input dari bagian tubuh manusia (karena bersifat kontuktor ), jadi ketika sebuah benda mati menyentuh layar, maka tidak akan diproses oleh kontroler. Teknologi ini juga mendukung multitouch sehingga lebih populer digunakan pada gadget terbaru. Namun teknologi ini lebih mahal sehingga gadget yang menggunakan teknologi ini juga akan lebih mahal. Kekurangan yang lain adalah, gadget ini tidak optimal digunakan di daerah yang dingin karena mengurangi efek elektrostatik pada tubuh manusia. Juga akan memberikan kesulitan bagi user dengan kuku panjang dan untuk mengoperasikannya tidak boleh memakai sarung tangan

http://natani3l.wordpress.com/2011/01/10/resistive-vs-capacitive-touch-screen/

Perbedaan yang paling mencolok Resistive & Capacitive

Resitive
ketika kita menyentuh permukaan layar mengunakan jari tangan tanpa ada penekanan, sensor tidak terlalu merespon dan bahkan tidak ada respon sama sekali.
Biasanya untuk memudahkan pemakai, gadget dilengkapi dengan pen atau yang sering disebut dengan stylus.

Capasitive sesitif sekali bila disentuh dengan jari. Tidak peka dengan adanya tekanan dipermukaan layar.kebalikannya sensor tidak terlalu merespon bila menggunakan stylus atau kuku jari.

So…kira2 yang mana yang jadi pilihan…?Capasitive & Resitive?

Klo gawe pilih yang Capasitive… tapi klo dapat hadiah berwisata pergi kekutub selatan gawe pilih yang resitive… disesuaikan dengan kebutuhan… :smiley:

Capasitive aja kali ya… :afro: