Resolusi Tahun Ini: Start Strong, Finish Strong

Pertanyaan “Apa resolusi Anda?” lebih sering terdengar pada awal tahun. Namun, mungkin ada di antara kita yang baru memulai langkah-langkah untuk mewujudkannya, atau bahkan baru menemukan resolusi itu sekarang.
“Wah, apakah itu berarti saya terlambat?”
Jangan khawatir. Resolusi itu sifatnya pribadi, jadi tak mesti ditetapkan atau dimulai pada bulan Januari. Rencana tahunan kita bisa dimulai pada Februari, April, atau bulan-bulan lainnya; yang penting jangka waktunya diakhiri di bulan yang sama tahun berikut.
Bagi yang sudah punya atau baru punya resolusi, yuk, kita sama-sama start strong, supaya di akhir tahun rencana nanti bisa finish strong juga. Berikut tiga hal yang dibutuhkan untuk mencapai resolusi kita:

1. Focus
Anda mungkin pernah dengar teori bahwa cahaya matahari yang difokuskan ke satu titik pada lensa cembung dapat membakar kertas. Ya, sedemikian efektifnya mekanisme konsentrasi panas surya ini, penerapannya digunakan dalam skala besar oleh berbagai industri, termasuk pembangkit tenaga listrik. Luar biasa, bukan, kekuatan fokus itu?
Untuk mencapai resolusi, kita juga memerlukan fokus. Lantas, apakah fokus itu berarti kita hanya boleh mengerjakan satu hal saja seumur hidup?
Jika itu pengertiannya, maka tak ada seorang pun yang sanggup berfokus, karena dalam hidup, mau tak mau kita memegang beberapa peran sekaligus.
Sudahkah Anda fokus terhadap resolusi Anda? Atau, Anda teralihkan oleh apa yang membuat Anda lebih lambat atau lebih jauh mencapai tujuan?
Tinggalkan hal-hal yang menghalangi Anda untuk maju, dan berlarilah menuju tujuan Anda secepat mungkin. Fokuslah pada resolusi Anda, seperti lensa yang menyalurkan panas matahari menjadi api.

2. Plan – Do – Evaluate
Plan – Do – Evaluate adalah siklus yang perlu Anda lalui untuk mencapai resolusi. Kenapa siklus? Karena, Anda memulainya dari perencanaan (plan), tindakan (do), dan evaluasi (evaluate), lalu kembali ke awal dengan rencana yang lebih baik setelah melakukan evaluasi. Dengan demikian, Anda tidak terjebak dalam rutinitas yang terlihat sibuk tapi sebenarnya kurang efektif untuk mencapai tujuan.
Ketiga hal itu adalah siklus, jadi tidak boleh ada yang terlewatkan. Jangan hanya menjalankan salah satu atau sebagian saja. Banyak orang terus berencana, tapi tidak pernah bertindak. Ada juga yang terus bertindak, tapi tak pernah membuat rencana dan mengevaluasi; tentu risikonya akan lebih besar. Atau, ada yang sudah evaluasi, tapi rencana berikutnya tetap itu-itu saja. Tidak heran hasilnya juga sama saja.
– Lukas 13:32

3. Be Consistent
Dalam perjalanan mencapai resolusi, ada saja halangan dan rintangan yang kita hadapi. Namun, kita perlu tetap konsisten. Apa pun yang terjadi, kita tetap harus melangkah maju.
– Markus 10:47-49
Mukjizat Yesus untuk si buta Bartimeus (Markus 10:42-52) merupakan salah satu kisah inspirasional tentang kegigihan. Bayangkan jika Bartimeus berhenti memanggil Yesus, entah karena lelah berteriak, atau mundur karena orang-orang menyuruhnya diam. Akankah ia melihat kembali?
Ada saat-saat ketika kita ingin berhenti saja di tengah jalan. Barangkali perjuangan kita begitu sulit, banyak tantangan, atau karena tidak ada dukungan dari orang-orang sekitar. Ini perasaan yang wajar dan manusiawi. Namun, jika Anda sudah bertekad bulat untuk menyelesaikannya, lakukanlah sampai selesai. Don’t stop when it hurts, stop when it’s done.
Apa yang selama ini membuat resolusi Anda pupus di tengah jalan? Mungkinkah karena Anda kurang konsisten? Kurang disiplin? Terlalu banyak dalih untuk menunda?
Bisa jadi Anda gagal mencapai tujuan bukan karena tidak mampu, melainkan karena terhalang oleh diri sendiri. Jadi, milikilah komitmen, disiplin, serta jangan mencari-cari alasan untuk menunda atau menyabotase tujuan Anda sendiri.
So, siapkah Anda mengakhiri tahun ini dengan penuh kemenangan? Mari berjuang mencapai resolusi kita masing-masing. Dengan fokus, melakukan siklus yang benar (plan-do-evaluate), serta terus konsisten, niscaya kita dapat mencapai hasil akhir yang luar biasa.
Semangat, dan good luck buat kita semua!

Source : Resolusi Tahun Ini: Start Strong, Finish Strong - Gereja GKDI