Roh Kudus dibajak - benarkah doktrin SS karya Roh Kudus

[b]

ROH KUDUS seringkali dibajak oleh mereka yang mengaku mendapat karunia ROH KUDUS[/b]. Protestan pecah berkeping2 hanya karena masing2 orang percaya bahwa ia mendapatkan inspirasi ROH KUDUS untuk mendirikan gereja. Oleh karena itu berhentilah kita untuk selalu membajak nama ROH KUDUS demi memberikan pembenaran akan tafsir injil yang sebenarnya datang dari pengertian kita sendiri dan terlepas sama sekali dari pengertian yang telah diajarkan kepada kita selama ribuan tahun oleh para Bapa Gereja selaku penerus para rasul.

Kita harus ingat bahwa ROH KUDUS adalah Roh pemersatu bukan Roh pemecah. Martin Luther datang dengan ajaran sesatnya Sola Scriptura semua mengatakan hal itu datang dari Roh Kudus padahal ajaran itu yang justru tidak alkitabiah dan menyebabkan lahirnya manusia-manusia pembangkang yang merasa pandai, atau merasa disertai ROH KUDUS dan mampu menafsirkan ayat2 Alkitab tanpa bersandar pada pengajaran2 Gereja. Sejarah justru membuktikan lain, justru ajaran sesat “Sola Scriptura” yang dibawah oleh Martin Loter ini. “Sola Scriptura” atau Hanya Alkitab sebagai satu-satunya pilar kebenaran telah menyebabkan perpecahan gereja. TUHAN justru menunjukkan kepada Luther jika ia membangkan terhadap Gereja-Nya yaitu gereja yang dibangun TUHAN diatas imamat rasul Petrus dan penerusnya maka dia pula akan dibangkan oleh pengikut2nya. Ketika Martin Luther menerjemahkan Kitab Suci menjadi bahasa Jerman, pengikut-pengikutnya mulai memiliki pandangan yang berbeda-beda akan Kitab Suci tersebut, lalu terjadilah pertentangan penafsiran antara umat satu dengan yang lain, salah satu kasusnya adalah pertentangan antara denominasi protestan reformed-nya Zwingli dan denominasi anabaptis, reformed-nya Calvinis dengan Arminian, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat agama Kristen Protestan sekarang banyak terbagi-bagi lagi menjadi denominasi-denominasi lagi.

Kalau memang “hanya Alkitab” dapat membawa persatuan Gereja, bersama-sama kita perlu merenungkan, kenapa setelah revolusi Gereja oleh Martin Luther di abad pertengahan, gereja menjadi terpecah belah sehingga sampai saat ini ada sekitar 28,000 denominasi? Seharusnya kalau memang kembali kepada kemurnian jemaat awal, katanya hanya berdasarkan Alkitab, maka Gereja seharusnya bersatu dan bukannya tercerai berai. Hal ini sungguh bertentangan dengan pesan Yesus terakhir yang menginginkan seluruh dunia melihat ada kesatuan di dalam tubuh Kristus, sehingga dunia dapat tahu bahwa kita semua adalah pengikut Kristus (lih Yoh 17). Dan inilah yang menjadi kerinduan Gereja Katolik untuk menyatukan seluruh umat Allah, yang dapat dilihat dari dekrit tentang Ekumenisme (Unitatis Redintegratio)

Gak bisa jawab ini:

malah bikin TRIT baru? :slight_smile:
ROH KUDUS itu bekerja dgn cara-Nya,
DIA tdk mau lembaga gereja itu spt menara babel
dgn satu pemimpin yg dianggap & menganggap diri nya sbg wakil Tuhan di dunia :slight_smile:
kira2 gitu maksudnya

TS gak ngerti peranan Roh Kudus,
dikiranya Roh kudus dpt dibajak?, menggelikan :slight_smile:
apakah krn pengaruh ajaran Simoni?

Perlu direnungkan adalah apakah ajaran GK sejak semula sampai melewati satu milinium tidak ada perubahan atau penghapusan dan penambahan ajaran? Berapa banyak ordo dalam GK yang sebenarnya masing-masing memiliki doktrinnya sendiri yang saling berbeda? Gerakan Kharismatik dalam GK juga dianggap sebagai salah satu ordo baru yang walaupun belum menjadi ordo resmi, tetapi penerimaan perbedaan seperti itu merupakan bagian dalam usaha GK menjaga keutuhan lembaganya.

Berbeda dengan Protestan, tidak ada satu manpower yang menjadi rujukan sehingga saat ada hal-hal baru akan disiikapi dengan pembentukan lembaga sendiri-sendiri sehingga lebih bebas dalam pertumbuhannya. Lembaga itu bersifat jasmani dan tidak dibawa sampai Surga, tetapi manusia-manusia didalam lembaga itu yang akan kekal hidupnya.

Peran ROH KUDUS dalah memimpin dan membimbing masing-masing pribadi kepada jalan Kebenaran, dan jalan itu bukan jalan yang bersifat jasmani, yaitu lembaga gereja. Adanya lembaga gereja adalah untuk membantu kita agar dapat berkuminitas, dapat saling menjaga dan saling menguatkan, menghibur dan bertumbuh bersama sampai kepada kepenuhan Kristus. Masing bangsa dan budaya, masing suku dan kebiasaan, masing-masing pribadi dengan karakternya, bergerak bukan menjadi sesuatu yang serupa secara jasmani, tetapi serupa didalam rohnya.

Jika kita menghendaki serupa secara jasmani didalam lembaga sehingga kita memilii persamaan liturgi, persamaan pakaian dan jubah, persamaan adat dan tata cara, persamaan perintah manusia dan kebiasaan, maka jadilah kita seperti saudara muslim dengan pakaiannya yang khas dan sikapnya yang terbaca sejak kalimat pertama. Mereka membangun pesekutuan yang semu didalam identitas jasmani. Tetapi persekutuan yang kekal adalah persekutuan didalam roh. Kita menjadi serupa didalam iman, pengharapan dan kasih. Kita menpresntasikan dalam perbuatan sesuai budaya, kebiasaan dan kepribadian masing-masing.

Menghormati orang dengan cara menundukan badan sampai sejajar tanah, mengepalkan tangan diatas dada, kepala dan diatas kepala, memberi jabat tangan, mencium punggung tangan, mengetuk dada sendiri dengan kepalan tangannya dan sebagainya semua adalah sikap menghormati seusai bangsa dan budayanya. Tetapi jika yang kita kejar adalah persatuan didalam liturgi, maka budaya satu bangsa akan menjajah budaya bangsa lain. Menghormati yang dianggap benar bukan semua hal itu, tetapi salah satu diantaranya.

Katholik sebagai sebuah lembaga, mentransfer budaya Romawi-Yunani keseluruh dunia melalui liturgi, sehingga hari ini kita melihat sikap menghormati Allah adalah dengan membuat figurNya dalam bentuk patung atau foto atau gambar untuk membantu umat menunjukan sikap hormat dan cintanya kepada yang berada di Surga. Kebenaran seperti ini bukanlah kebenaran, karena itulah ROH KUDUS bekerja seperti kerjaaan Israel dahulu kala saat menyimpang dari jalannya, Allah memecah kerajaannya demikian kehadiran Protestan merupakan bagian dari rencana Allah agar semua suku dan bangsa mengenal Allah dengan benar, bukan mentransfer budaya sebuah bangsa keseluruh dunia.

Brur Clay,

saya mengamati anda memiliki banyak wawasan, tetapi wawasannya selalu “terikat pandangan Roma” (kalo nggak salah pa_ul juga mengatakan clay always back to Rome".

Clay mengklaim Geraja Reformasi itu SESAT hanya karena “beda-beda tafsir” dan LEPAS DARI GEREJA “turunan”. Ini sebuah naif yang sangat aneh. Pemikiran yang sama juga saya dapat dari bro ond32, dia juga berkata bahwa “ribuan denominasi” adalah pertunjuk TIDAK MUNGKINNYA BERSUMBER DARI ROH KUDUS YANG SATU.


Saya tidak akan masuk ke wilayah itu, karena itu sangat sensitif, dimana seseorang sudah berpikir MEMBANDINGKAN antara ROH KUDUS dengan kekuatan tafsiran dari “bapa-bapa gereja hebat itu”, dan kelihatan lebih MEMUJA/MEMUJI penafsir yaitu bapa-bapa itu. Dan cenderung MERAGUKAN KARYA ROH KUDUS hanya karena banyaknya denominasi Kristen.

catatan:

Melihat KARYA ROH KUDUS yaitu saya, istri dan anak-anak saya, kami tidak memiliki kesamaan dalam banyak hal, selain kami 1 keluarga. Tetapi kami adalah karya ROH KUDUS yang indah tuh, meski kami sangat beragam. :smiley:

anyway,

saya hanya mengingatkan kedua kawan diskusi saya clay dan ond32, bahwa dasar mengatakan Protestan itu 28.000 denominasi, ada yang bilang 33.000 denominasi ternyata sudah pernah dibahas. Itu berawal dari DEFINISI yang dibuat oleh seseorang di AS, ia mengelompokkan GEREJA-GEREJA bukan atas dasar ajaran tetapi ATAS DASAR PENGORGANISASIAN. Ini kasusnya di Amerika, jadi saya tidak dapat mengingat nama-nama gerejanya.

Oke, saya menggambarkan metodenya dengan contoh gereja-gereja Indonesia.

Gereja GPIB Immanuel Gambir akan dihitung 1, dan Gereja GMIT Batam akan dihitung 1. Dasarnya karena organisasi, manajemen dan pendanaan kedua gereja itu TERPISAH. Sehingga dihitung masing-masing 1 denominasi.

Padahal jika DENOMINASI dilihat dari sisi ajaran, maka kedua gereja tersebut adalah GEREJA 1 ASAS, bahkan adalah GEREJA 1 SINODE AM.

Contoh lain, gereja saya yang Calvinist memegang dasar iman sama dengan Gereja Reformed di seluruh Indonesia, sehingga saya tidak akan mengatakan denominasi gereja saya LAIN, tetapi saya memegang kesatuan ajaran dengan gereja-gereja lain dalam asas Reformed.


Jadi dengan cara pendekatan AJARAN, maka denominasi gereja (excl. Katolik) di Indonesia tidak lagi ratusan, tetapi HANYA BEBERAPA :

  1. Reformed (Calvinist/Lutheran)
  2. Baptist (ada yang Reformed dan ada yang ke Arminian)
  3. Arminian
  4. Kharismatik lain (SSY dan Mormon out of the class)

Kembali ke penalaran bro Clay,

adalah SEBUAH ILUSI bagi bro Clay membahas soal banyaknya AJARAN PROTESTAN dan memegang data 28.000 denominasi yang dikelompokkan berdasarkan organisasi. sehingga kesimpulannya sangat bias.

Tetapi saya sangat maklum karena “istilah RIBUAN DENOMINASI PROTESTAN” akan sangat melegakan presumsi nya beliau-beliau bahwa yang hebat HANYA APABILA ADA 1 TAFSIRAN :smiley:

Jadi bro-bro,
berhentilah menyebut RIBUAN DENOMINASI ketika bicara soal ajaran KRISTEN. nggak ada itu. Kalo RIBUAN ORGANISASI itu baru bener. Dalam soal ajaran (MAINSTREAM) hanya ada sangat sedikit denominasi (angka 1 digit). jangan suka pada ilusi angka enak :smiley:

salam

Apapun katamu bro… biarlah hanya engkaulah yang mengerti Roh kudus, biarllah engkau semakin menjadi besar dan aku semakin menjadi kecil.

kita aja yang reformed di fk ni gak berbeda pendapatnya setajam reformen dgn katolik, malah terlihat jelas sejalan dalam menilai doktrin dan pengajaran katolik.

protestan pecah dari katolik dan akibatnya jelas sekali bahwa mmg doktrin dan pengajaran sangat berbeda dan tidak demikian diantara reformed.

protestan disini tdk berkolaborasi mengkritik katolik loh ttp kritik itu keluar dgn sendirinya dari tiap2 pribadi member fk.

emangnya kaset bisa dibajak ;D

[quote="pa_ul post:3, topic:179662"] [b]TS gak ngerti peranan ROH KUDUS,[/b] dikiranya ROH KUDUS dpt dibajak?, menggelikan :) apakah krn pengaruh ajaran Simoni? [/quote] [quote="CLAY post:6, topic:179662"] Apapun katamu bro... biarlah hanya engkaulah yang mengerti ROH KUDUS, [i]biarllah engkau semakin menjadi besar dan aku semakin menjadi kecil.[/i] [/quote]
Makanya Bro, kalau gak ngerti jangan asal buat statement/TOPIK jadi sangat menggelitik . . . . . ;D sekarang mengutip ayat yg gak konek lagi :) [b]udah minta moderator delete aja TOPIK ini[/b], krn sangat lucu dan menggelitik, sangat menggambarkan siapa & bagaimana status anda

Bukan kaset dan juga bukan pesawat atau sawah bro.

Salam

Silahkan anda menilai saya apa saja dan bagaimana saja, sebab bagi saya anda tidak akan mungkin mengurangi ke agungan dari air terjun niagra hanya dengan meludahinya… Jika saya menuliskan bahwa ROH KUDUS dibajak inilah yang sering saya perhatikan ada pada kebanyakan dari kita (termasuk saya). Tetapi saya akan selu mencoba bersandar kepada ajaran2 yang pernah ada sejak jaman gereja awal ketimbang bersandar kepada pengertian diri saya sendiri, karena siapakah saya yang mampu menafsirkan Alkitab, saya juga masih terus belajar dari sumber utama yaitu Gereja.

laut juga bisa dibajak…

Bro, tdk usah dinilai juga langsung sdh kebaca spt yg dikatakan oleh Rasul Paulus:
II Korintus 3
3:2 Bahkan, kamulah surat kiriman kami, yang tertulis di dalam hati kami, dan yang dikenal dan dibaca oleh orang sekalian.
Itulah sebabnya harus banyak2 belajar kpd Alkitab > Back to Bible, not Back to Rome

sawah juga bisa dibajaakk… :onion-head54:

Luk 12:10
Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus , ia tidak akan diampuni.


jika ada teori tentang LUDAH MELUDAHI INGIN DITERAPKAN (hargghhh … cuuiiih…)

terapkan saja dalam hidupmu dan pemikiran mu, atau golongan mu juga…

ga baik menyuruh orang lain melakukannya…

ssambaaalll bajak!!!

sambal rujak bro…

SSambal ban pak!! sambal nyelam minum laler

kalau mengikuti cara liciknya clay, maka jumlah denom romawi = ratusan denom.

jika ditambah dengan jumlah denom roderick yg mencapai ratusan denom juga, maka total mencapai ribuan denom romawi + skisma ortodox.

wwekkkkk … !!!

Bro, saya memberkati kamu (1 Petrus 3:9). Sepedas2nya saya dalam menulis saya tidak pernah menyebut orang lain lick seperti yang anda tunjukkan kepada saya. Tapi biarlah saya dicela daripada mencela maka saya beroleh kesempatan untuk memaafkan dan memberkati anda, dan saya bersyukur karena itu.

Salam

kalau ini anda benar 100% clay… :afro: