roh kuduss. . .

Tidak ada satu ayat pun dalam Alkitab yang menyatakan bahwa Roh Kudus memiliki derajat kesetaraan dengan Allah. Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa Roh Allah (Perjanjian Lama) tidak sama dengan Roh Kudus (Perjanjian Baru), karena umat Israel hanya memiliki satu Tuhan yaitu Allah (Elohim/Jahweh). Simak ayat berikut:

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. (Kejadian 1:2)

Roh Allah sebagaimana tersebut dalam ayat di atas (Perjanjian Lama) bermakna Allah sendiri dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan Roh Kudus dalam Perjanjian Baru. Demikian juga dengan roh Allah sebagaimana tersebut dalam pesan Yesaya berikut ini:

Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. (Yesaya 42:1)

Roh Allah dalam pesan Yesaya di atas bermakna roh ciptaan Allah. Allah telah menentukan “orang pilihan”-Nya dengan memberikan roh kepadanya sejak masih dalam kandungan. Makhluk hidup seperti malaikat, jin, manusia, dan binatang semuanya memiliki roh yang diciptakan oleh Allah. Namun demikian, hanya tertentu saja dari mereka yang menjadi “orang pilihan”-Nya.

Berkenaan dengan pesan Yesaya di atas, Perjanjian Baru secara khusus menyebut istilah roh Allah berikut ini:

Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan ia melihat roh Allah seperti burung merpati turun ke atasnya, lalu terdengarlah suara dari langit yang mengatakan: “Inilah anak-Ku yang Kukasihi, kepadanyalah Aku berkenan.” (Matius 3:16-17)

Ayat Matius tersebut sebenarnya merupakan distorsi dari pesan Yesaya di atas. Dalam hal ini, bukanlah maksud pengarang Matius untuk menyatakan kesetaraan Yesus dengan Allah, tetapi bahwa pengarang Matius berupaya keras untuk menggenapi seluruh nubuat Perjanjian Lama dengan menyuguhkan sosok Yesus. Bagaimanapun juga, roh Allah dalam kasus Matius ini tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Roh Kudus. Lebih jauh, tidak ada konfirmasi sama sekali dalam seluruh Perjanjian Baru yang menyatakan bahwa Roh Kudus memiliki derajat kesetaraan dengan Allah.

Bahkan, dalam Perjanjian Baru sendiri, dengan mengkontraskan Matius 1:18 dan Lukas 1:26-27 dapat diidentifikasi bahwa Roh Kudus sebenarnya adalah malaikat Gabriel.

Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Matius 1:18)

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. (Lukas 1:26-27)

Ringkasnya, identifikasi yang paling mungkin atau bahkan paling tepat tentang pribadi Roh Kudus adalah malaikat Gabriel. Malaikat Gabriel adalah malaikat yang mempunyai tugas sebagai penyampai wahyu/ilham/pesan dari Allah kepada orang-orang tertentu yang menjadi pilihan Allah di muka bumi. Ia sering berubah-ubah bentuk fisik.1 Ia bisa menjelma menjadi manusia, binatang, benda mati, raksasa, hingga kembali ke bentuk aslinya sebagai Roh Kudus (Roh Suci yang ghaib). Dalam hal ini perlu dijelaskan ketika malaikat Gabriel menghampiri Maria dalam wujud manusia dengan menjanjikan Roh Kudus:

Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, anak Allah. (Lukas 1:34-35)

Dijelaskan dalam ayat di atas, bahwa ketika menghampiri Maria untuk mengabarkan kehamilannya, malaikat Gabriel berubah wujud seperti manusia, dan ketika memperkuat janin Yesus (Nabi Isa) dalam kandungan rahim Maria, malaikat Gabriel kembali ke wujud aslinya sebagai Roh Kudus. Demikian pula ketika memperkuat janin Yohanes Pembaptis (Nabi Yahya) dalam kandungan rahim Elisabet, malaikat Gabriel berwujud sebagai Roh Kudus. Konon, janin Yohanes Pembaptis melonjak kegirangan ketika mendengan salam Maria:

Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus. (Lukas 1:41)

Roh Kudus juga konon memberi wahyu/ilham kepada Nabi Zakharia untuk bernubuat:

Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: … (Lukas 1:67)

Terlepas dari persoalan siapa sebenarnya Roh Kudus itu, yang pasti Alkitab tidak pernah meninggikan derajat Roh Kudus hingga setara dengan Allah.

http://www.sarapanpagi.org/68-bantahan-alkitab-tentang-ketuhanan-roh-kudus-vt745.html

Klik link-nya saja ya. Saya capek copy-paste untuk menanggapi copy-paste Anda.

CASE CLOSED

kahlil :si gibson mungkin baru mampir dr
http://martapura.hexat.com/kristen/rahasiamisionaris.html

Salam Salim Salom

21:43 Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

@false-hope : yakin bisa melakukan perintah Allah 100%???

Yg penting hasil akhirnya bro…
Kalau perintah dilakukan tapi tetep berhati jahat, ga ngampunin, membunuh, nikah siri cuma buat melegalkan sex - lalu cerai, sama aja boong, bukan begitu??

bro itu kan signature false hope.
jadi terserah dia mu pake signatur ape…
mending bales tu postnya ts diatas daripada komentarin signature orang…
masa malah diskusi in signatur orang sih??

baca pelan2 bro…biar tau mana yang mau didiskusi in.

salam,

Tamtam:hasil akhir apanya nih bro ?anda tahu kan bedanya agamis sama humanis ?buat gue agamis sudah pasti humanis tp humanis blon tentu agamis
okay BTT yach bro
Salam Damai

Kalau tak mampu berhitung… ya jangan ngitung2 lah !!! Yang paling banyak menghilangkan nyawa manusia diatas muka bumi ini ialah KRISTEN dan YAHUDI> Silahkan anda survey sendiri dan saya bewrani bertaruh LEHER saya untuk kebenaran ini.

contoh:
*Siapa yang bikin BOM ATOM dan sudah diledakkan ?
*Waktu Hitler berkuasa dan sampai kini…apa agama Resminya disana?
*Perang Salib siapa yang mulai? berikut dengan tatacaranya yang Basmi habis!
*Perang Irak, Afghanistan dll… siapa dalangnya ? America boy…itu America yang juga resmi beragama Kristen !!!

Akh… dasar !!!

Silahkan tanggapi ini… nanti akan saya berikan banyak contoh lagi bahwa Ajaran Paulus itu tidak mampu membentuk karakter Manusia yang penuh Kasih.
Kasihmu itu cuma OMANG KOSONG !!!

Jgn marah mas, santai ja, emosi yg tak terkendali akan membawa kita pada kebodohan, Suatu kebodohan yg anda tunjukkan adalah dengan memperuhkan leher anda buat hal yg tidak substansi dan tidak penting. Mending nyawa anda dipertaruhkan utk memperjuangkan kedamian daripada buat pembuktian akan hal2 yg tidak ada gunanya. Apakah anda sudah hitung semua jumlah orang yang mati?? jumlah dosa yg dibuat?? apakah cuma pembunuhan saja yg menjadikan manusia berdosa?? Semua manusia berdosa, sama busuk nya, mau dia agama islam, Kristen, Yahudi, sama saja, semuanya berdosa.

Santai ja ya mas ya. jangan bertindak emosi dan gegabah, pikirlah orang2 yg masih membutuhkan keberadaan anda. Jangan berjudi utk hal yg tidak ada manfaatnya bagi anda.

salam,

@Tambelar

Terus terang mas… konsistensi saya di FK ini adalah memberiakan reaksi dari pemahaman yang tidak berimbang, terlebih dalakukuan dengan cara sindir menyindir tidak tegas dan tanpa dukungan fakta.

Misal… Islam dianggap agama yang mengajarkan Pembunuhan, maka tolong sajikan berapa nyawa yang sudah melayang akibat ulah Islam ini, katakanlah oleh Terroris Islam, hitunglah!!! Setelah itu nanti baru saya juga ngitung korban akibat senjata2 pemusnah massal yang diciptakan oleh rata rata yang beragama non-Islam (ini fakta).

Jadi selama ada pemahaman yang tidak birimbang itu, maka wajar saya pertanyakan juga supaya mau survey ulang, sama sekali bukan Emosi, tapi itulah fakta Dunia !

Satu hal lagi saya mau bertanya sama non Islam; apakah benar kalian (laki2) cuma punya satu Istri ???
Semuanya dan sudah dilaksanakan ? Setahu saya faham selingkuh itulah yang sangat terlaknat, bukan menikah sirih !!!

Saya adem kok !

Benar sekali bro, klo ada yg bilang islam mengajarkan pembunuhan, pasti ada alasannya, sama seperti anda jg mengatakan hal demikian pada umat lain. Jadi bagi saya, utk masalah berimbang, memang sebaiknya kita fair mengatakan bahwa orang islam berdosa, orang kristen berdosa, orang yahudi jg berdosa, dan tidak ada orang yg tidak berdosa, jadi itu kesimpulan saya. Bkn karena saya beragama kristen trus saya menjadi suci, atau anda karena seorang muslim trus anda berpikir anda tidak berdosa pula. Klo anda mau adil seharusnya anda bsa menunjukkan keadilan itu, bkn nya anda memancing perseteruan lagi. Fakta yg sesungguhnya adalah tidak ada satupun manusia yg benar di muka bumi ini, sekalipun ajaran yg mereka pegang adalah benar, tetapi kehidupan mereka sangat lah busuk dan laknat. Jadi buat saya, ya kita sama2 laknat.

Salam,…

@Cendol: posting Anda yang terakhir mengingatkan saya pada Ayas.
Seperti Anda, dia juga tidak memahami bahwa Amerika adalah negara sekuler, bukan kristen.
Negara kristen hanya ada di Roma zaman kaisar Konstantin dan sekitarnya.

Salam.

Wah…saya setuju tuh ndol ape yang ente tulis…
kalo urusan ngomongin nikah siri,saya siap maju didepan deh ndol… :tongue0022:

salam ndol…lame gak nongol kemane aje??? :happy0025:

Misal.... Islam dianggap agama yang mengajarkan Pembunuhan, maka tolong sajikan berapa nyawa yang sudah melayang akibat ulah Islam ini, katakanlah oleh Terroris Islam, hitunglah!!! Setelah itu nanti baru saya juga ngitung korban akibat senjata2 pemusnah massal yang diciptakan oleh rata rata yang beragama non-Islam (ini fakta).

cendol g paling ogah disuruh nonton pelem India

tp kayanya nonton MY NAME IS KHAN BOLEH TUH DOL

Setahu saya faham selingkuh itulah yang sangat terlaknat, bukan menikah sirih !!!

kalo beli putus termasuk selingkuh ga om cendol?

Cendol banned karna menjelek-jelekkan Kekristenan. FYI, tamtam tidak mengatakan bahwa dia sedang membicarakan islam. Kalaupun ada member Kristen yang menjelek-jelekkan agama lain, yang mempunyai otoritas menegakkan peraturan adalah Moderator. Bukan, berarti kamu bisa main hakim sendiri. Karna postinganmu, arah diskusi jadi berantakan.

Sebagai reminder lagi bagi non-Kristen. FK hanya menerima member non-Kristen yang punya hati dan niat belajar tentang Kekristenan.

Dalam board ini moderator akan bertindak lebih keras lagi bagi member-member yang memprovokasi pertengkaran.

Balik ke topik.

maaf bro,
saya tidak melihat cendol menjelekan kekristenan bro…
mungkin hanya salah paham saja…

Peraturan di forum ini melarang member non Kristen utk emosi jadi ngomong harus dipoles2 biar manis (baca: munafik).

Gw harap bro Cendol daptar ulang krn kita2 di sini kangen ma elo dan kejujuran elo… btw pm gw di YM mbok direply, napa… duit bulanan uda abis neh dan si buyung minta beli susu tuh!

Maap OOT… silahkan dilanjutkan oyengnya…

Itu yang dijelekkan pelaku kekristennya kok bukan Kekristenannya.
IMO malah baik untuk kita tertantang menjadi pelaku kekristenan dengan lebih baik lagi.

Anda 1000% betul bin benar. Tapi yang perlu anda ingat dan periksa bahwa orang2 sekuler ini rata2 punya KTP Kristen, maka otomatis merupakan implementasi dari ajaran agamanya itu sendiri,yang merupakan faktor paling penting dalam membentuk sifat dan karakter manusia.

Banyak2 baca media2 barat, bahkan persentasi dari gereja2 dan Vatican sendiri tentang dekadensi yang dialami masyarakat barat akibat semakin jauh dari ajaran2 agama> Juga persentasi beberapa tahun kedepan tentang eksintensi Islam di barat yang sangat pesat. Semoga anda buykan yang terakhir !!!

Tiada kata yang mau saya ucapkan selain IHKLAS dan TERIMA KASIH yang tulus.

Bahkan sebelum saya ketik kata2 saya itu, saya sudah tahu akan hasilnya, bahkan anda sangat terlambat sekali, sudah segudang tulisan2 saya yang menyinggung tentang penilaian negatif saya terhadap Agama Kristen> Tapi saya sama sekali tidak membenci penganutnya, bahkan didunia nyata; saya justru banyak dibantu oleh seorang sahabat Kristen.

Oh ya… sedikit saja… anda juga suka sekali membual dan terlambat mengambil tindakan yang anda katakan sendiri… dan saya jadi ingat juga kata2 anda sendiri untuk Hannah dan Mimpi; karena anda adalah OWNER dari FK ini maka anda sudah katakan bahwa suka suka anda saja. Ingat kan ???

Salam.