rokok tidak boleh?? rokok elektrik gmn?

haloo, semua!!shalom!

ehmm, langsung aja.
kalo rokok biasa kan dilarang karena “merusak bait allah(tubuh)”,
tp skrg ada e-cigar, rokok elektrik yang tanpa zat berbahaya dan bahkan katanya menyehatkan.

menurut anda, sebagai anak anak Tuhan gmn??

Tetap tidak boleh, lagian apa nilai positifnya untuk anda?

kalau gak bolehnya karena merusak tubuh, sedangkan rokok elektrik tidak merusak kesehatan bahkan menyehatkan ya kenapa tidak?

saya blm jelas sih rokok elektrik spesifikasi-nya apa aja ,

terbuat dari apa, mengandung apa dsb dsb … bisa kasih link-nya ?

mana ada rokok menyehatkan tubuh, saudara?

He he he, jadi iseng memperbandingkan nih.
Orang kena kanker paru paru akibat rokok, kira kira kalau dibandingkan, banyak mana dengan orang yang stroke karena makan daging merah (kambing, babi) dan durian?

Jika merokok dianggap merusak Bait Allah, mengapa makan babi, kambing dan duren ngga dianggap merusak Bait Allah?

Begitu juga orang yang rutin minum alkohol, atau bahkan minum minuman suplemen yang berakibat kerusakan ginjal, apakah juga dianggap merusak Bait Allah? Mengapa tidak dilarang?

:smiley:

@ mr marmut:
mungkin karena kalo rokok juga mengganggu orang sekitar pak, kalo makan yang bisa rusak ginjal kan cuma merugikan diri sendiri. (ini di luar konteks Bait Allah)

Bro marmut…apa kabar? :smiley:
sudah lama tidak ketemu ya… hehehe…
Memang benar seperti yang bro marmut katakan…
Semua bisa menggangu kesehatan bagi tubuh.
Minuman yang alkohol, minum obat juga bisa berdampak buruk bagi organ tubuh manusia.

Tapi saya hanya mengometari obat bisa menyembuhkah orang sakit asal pemakaiannya tidak berlebihan, aturan pakai harus sesuai resep dokter.

Alkohol bisa menghagatkan badan…tapi minumnya jangan terlalu banyak tentu sangat bermaanfaat sekali untuk kesehatan.

Makan buah duren… kukira asal jangan makannya terlalu banyak saja…

Nah klo rokok kegunaannya apa yah?

Mungkin bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk yah…?

@lomeru

Kabar baik bro.

Ke masalah rokok nih, betul, asap rokok memang mengganggu kepada orang orang di sekitarnya. Begitu juga durian, banyak orang orang yang akan protes keras kalau anda makan durian lho.
Kalau anda tinggal di Eropa, anda merokok di apartment anda ngga akan ada yang protes, tetapi kalau anda makan duren, he he he, bisa repot urusannya.

Mengenai manfaat, jika bukan perokok tentu tidak akan tahu manfaat rokok, begitu juga bila bukan penikmat durian, tentu tidak tahu betapa nikmatnya durian itu.

Jadi, jika kita kembalikan kepada perbandingan di atas, bagaimana kita mempertanggungjawabkan penghalalan durian, babi, kambing tetapi mengharamkan rokok?

He he he, saya bukan membela perokok dan penggemar kambing, tapi just discussion aja.

Sy juga bukan perokok…ttp sepengetahuan sy, org yg merokok lbh banyak negatifnya drpd positifnya (efeknya)

(1 Kor 10:23) “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

(1 Kor 10:31) Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

(1 Kor 10:32) Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah.

Tuhan memberikan kpd kita kemampuan berpikir apakah itu membangun, memuliakan Tuhan? Semuanya dikembalikan kpd kita :rolleye0014:

yang dimaksud TS mungkin tentang electric nya, kalo soal merokok sudah ada trit serupa. thanks.

kmrn pernah baca jg soal rokok elektronic…denger2 ada bahan2 yg berbahaya jg bagi tubuh bos…

oh, kalo ada yang berbahaya ya sebaiknya jangan

ternyata untuk cairan rokok elektrik, bisa milih kadar nikotin-nya … sampai NO nicotin … jadi cuma muncul asap / aroma aja … kyk aroma terapi gitu …

Masih halal gak :smiley: hehehe

oh jadi semacam shisha ya? kalau tidak merusak kesehatan ya kenapa tidak, hanya merusak kestabilan dompet

sisha itu bikin ketagihan ga?

Sisha kalo gak salah mahal kan sewa-nya :smiley: … bisa 150rb

kalo e-cig (electric cigarrete) katanya jatohnya leibh murah dari rokok biasa …

btw sisha halal gak ya? :smiley: hehehe

He he he, dulu angkatan kakek gue, yang dihirup menthol padat tuh, tabungnya berwarna hitam, ada lubang lubang di atasnya. Perkembangan selanjutnya jadi seperti Vicks inhaler, ha ha ha.

Perkembangan selanjutnya jadi seperti Vicks inhaler, ha ha ha.

ada juga yg hobi pake minyak angin , bahkan suka dianggap sebagai parfum ;D

ahh…bodo amaaat…ane gi baca postingan sambil ngerokok…asssoooyyyy :azn: :azn: :azn: :char11: :char11: