Roma 10:4 - Hukum Taurat SUDAH BERAKHIR / SUdah Selesai (Sudah digenapi)

tentang 10 Firman.

Hanya 9 (Sembilan) dari 10 Firman diulangi di P.B. (Hukum Kasih)


THE NINE “MORAL” COMMANDS OF THE 10 COMMANDMENTS ARE REITERATED in the New Testament:

1). To worship the Lord God only (1st commandment): no less than 50 times
2). Idolatry (2nd commandment): condemned 12 times
3). Profanity (3rd commandment): condemned 4 times

4.) Sabat : 0 (ZERO) times

5). Honoring parents (5th commandment) is taught 6 times
6). Murder (6th commandment) condemned 6 times
7). Adultery (7th commandment) condemned 12 times
8). Theft (8th commandment) condemned 4 times
9). False Witness (9th commandment) condemned 4 times
10). Covetousness (10th commandment) condemned 9 times

Why is it that the duty to keep the Seventh day as Sabbath is not mentioned ONCE in the New Testament?

  • see references here *
    References for the 9 “moral” commandments reiterated in the New Testament:

1st - Worship God - (53 times)
Matthew 2:2; 2:8; 2:11; 4:9; 4:10; 14:33; 15:9; 28:9; 28:17, Mark 7:7, Luke 4:7; 4:8; 24:52, John 4:20,21,22(x2),23,24(x2); 9:38; 12:20, Acts 7:43; 8:27; 16:14; 17:23(x2); 18:7; 18:13; 19:27; 24:11, Romans 1:25; 12:1, 1 Corinthians 14:25, Philippians 3:3, Colossians 2:18, Hebrews 1:6; 9:1; 9:6; 10:2; 11:21, Revelation 4:10; 5:14; 7:11; 9:20; 11:1; 11:16; 14:7; 15:4; 19:4; 19:10; 22:8; 22:9

2nd - No Idolatry - (20 times)
Acts 15:20,29, Romans 1:25, 1 Corinthians 6:9; Chapter 8; 10:7,14; 12:2, 2 Corinthians 6:16, 1 Thessalonians 1:9, Galatians 5:20, Ephesians 5:5, Colossians 3:5, 1 Peter 4:3, 1 John 5:21, Revelation 2:14, 20; 9:20; 21:8; 22:15

3rd - No Profanity - (4 times)
Matthew 12:36, Ephesians 5:4, Romans 2:24, Revelation 16:9

4th - Sabat - (0 times)

5th - Honor Parents - (6 times)
Matthew 15:5, Matthew 19:19, Mark 7:10; 10:19, Luke 18:20, Ephesians 6:2

6th - Murder - (7 times)
Matthew 5:21; 19:18, Mark 10:19, Luke 18:20, Romans 1:29; 13:9, James 2:11

7th - Adultery - (12 times)
Matthew 5:27,28,32; 19:9,18, Mark 10:11,19, Luke 16:18; 18:20, Romans 13:9, James 2:11, 2 Peter 2:14

8th - Stealing - (6 times)
Matthew 19:18, Mark 10:19, Luke 18:20, Romans 2:21; 13:9, Ephesians 4:28

9th - Lying - (4 times)
Matthew 15:9; 19:18, Mark 10:19, Luke 18:20

10th - Don’t Covet - (9 times)
Mark 7:22, Luke 12:15, Romans 1:29; 7:7; 13:9, Ephesians 5:3, Colossians 3:5, Hebrews 13:5, 2 Peter 2:14
[/quote]
jadi hanya 9 hukum disebutkkan lagi.
dan TIDAK ADA 1 pun ayat di Perjanjian Baru yg menyuruh beribadah pada hari sabat


sumber : www.EXadventist.com

Sebenarnya hukum Taurat adalah cerminan hati nurani dan cerminan akan dosa manusia. Itu juga sebabnya Paulus mengatakan untuk orang2 yang bukan Israel-pun di dalam hati mereka sudah tertulis hukum Taurat.

Roma
2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

Salam

Karena sudah digenapi

jadi hanya 9 hukum disebutkkan lagi.
dan TIDAK ADA 1 pun ayat di Perjanjian Baru yg menyuruh beribadah pada hari sabat


sumber : www.EXadventist.com
[/quote]

jadi hanya 9 hukum disebutkkan lagi.
dan TIDAK ADA 1 pun ayat di Perjanjian Baru yg menyuruh beribadah pada hari sabat


sumber : www.EXadventist.com
[/quote]
Ibrani 10
10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Kalau ayat ini diterapkan maka ayat ini termasuk perintah untuk tidak menjauhkan diri dari pertemuan2 ibadah pada hari Sabat…^-^

Salam

Hukum Taurat memang sudah berakhir saat matiNya YESUS

Efesus 2:15 - Alkitab Terjemahan Baru,

"sebab
dengan mati-Nya sebagai manusia

IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya,

untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya,
dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,"

Rasul Paulus yg dulunya merupakan AHLI Taurat Kelas Kakap (beda dengan kita yg awam soal Taurat)

dia (paulus) mau menunjukkan bahwa Hukum Taurat itu berakhir pada saat Kematian Yesus

Matius 5
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Tetap saja, Yesus memandang “tinggi”, orang2 yang mengajarkan dan melakukan hukum Taurat…^-^

Salam

saya tidak melihat kata “SABAT” pada ayat Ibrani 10:25

bagaimana bisa bro santo tiba2 menulis pertemuan2 ibadah pada hari Sabat ? :slight_smile:

Jadi sungguh2 jangan salah mengerti dengan apa yang ditulis oleh Paulus, Yesus menganggap kuk/beban yang diperintahkan oleh orang2 Farisi dan ahli Taurat kepada orang2 Israel kelompok pinggiran, terlalu berat. Itulah sebabnya Yesus mengatakan bahwa kuk/beban yang diberikan-Nya sungguh ringan…^-^

Namun bukan berarti hukum Taurat sepenuhnya batal secara rohani dan lahiriah. Secara rohani, tidak pernah batal (bahkan Paulus mengatakan bahwa orang2 bukan Israel memenuhi tuntutan hukum Taurat walau mereka tidak memiliki hukum Taurat). Hanya saja yang rohani haruslah dinilai secara rohani dan bukan lahiriah.

Salam

Bagi orang Yahudi, Sabat merupakan kebiasaan mereka melakukan pertemuan ibadah, bukan?

Salam

ok tentang pertanyaan santo yg ini

bro santo
tentang Matius 5 sudah dijawab oleh bro SP

masih ada option ke-2 kok jika mau selamat tanpa Anugerah YESUS

silahkan lakukan seluruh 613 aturan Taurat . tanpa cacat sedikitpun. alias error 0 %

tentu apabila anda bisa/mampu melakukannya. saya salut .
karena hidup agamawi anda HARUS lebih hebat dari orang-orang Farisi (orang-orang AGAMA)

Matius 5:20
Maka Aku berkata kepadamu:
Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

tapi saya tidak yakin ada yg mampu

Roma 3:20
Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat,
karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

tapi kalau masih ingin coba-coba . ya silahkan . gak ada yg melarang.
toh hukum Taurat masih ada kok. hukum taurat belum ditiadakan.
undang-undangnya masih ada kok
silahkan coba deh :slight_smile:

bagi kami sebagian orang yg percaya YESUS .
hukum taurat itu sudah berakhir oleh mati-Nya YESUS dan tidak perlu menuruti hukum taurat lagi
(sayang ya kok hanya sebagian org percaya saja)
undang-undang yg lama itu sudah gak perlu dilakukan.
lebih cocok sama undang-undangNYA YESUS : KASIH

Yohanes 1:17

sebab
hukum Taurat diberikan oleh Musa,
tetapi
kasih karunia dan kebenaran datang oleh YESUS KRISTUS.

Roma 6:14
Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu
tidak berada di bawah hukum Taurat,
tetapi
di bawah kasih karunia.

Galatia 2:21
Aku tidak menolak kasih karunia Allah.
Sebab
sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian KRISTUS.

bagi orang percaya Kasih Karunia / Anugerah Tuhan, Hukum Taurat itu sudah berakhir.

tinggal anda percaya hidup dibawah Anugerah atau dibawah Hukum Taurat ?

silahkan pilih. salah satu saja.

jangan sampai me-campu raduk-kan ke-2 (Mix/Combination)hukum itu . hahahaha :slight_smile:

contoh kasus MIX-Campur Aduk 2 hukum :
aku maunya sih begini
Hukum Kasih aku mau… emmm… terus enaknya…
ditambah 1 aturan Hukum Taurat : wajib Persepuluhan (Persepuluhan ala Taurat)
kalau tidak persepuluhan maka Dosa.
selain itu bukankah tingkap2 langit akan dibukakan menurut Hukum Taurat
banyak manfaatnya ya hukum taurat yang 1 ini.
kita lakukan sama-sama saja hukum taurat yg 1 ini yuks…
supaya saya bisa… supaya jemaat juga…
supaya macam-macam deh alasannya :slight_smile:

inilah contoh semaunya sendiri mengkombinasikan ke-2 hukum yang ada. haha :slight_smile:

Hukum Taurat atau YESUS (Hukum Kasih dsb juga Hukum KRISTUS)

ambil salah satu hukum yg anda sukai .

Akhir kata

Galatia 5:4
Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau
kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

coba dibaca lagi bro ayatnya

Ibrani 10
10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita,
seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

pertemuan-pertemuan ibadah kita .
kita itu siapa ? Paulus dan lawan bicaranya.

Paulus secara rohani adalah orang Kristen(orang percaya YESUS) atau masih Ahli Taurat/Farisi ?

jadi kalau

kita = orang Kristen → pertemuan-pertemuan ibadah orang Kristen

Jadi ayat diatas sama sekali tidak ada hubungannya dengan Sabat Taurat

karena dari makna Rohani yg paling dalam

Sabat Perjanjian Baru = Yesus Kristus . Allah yg adalah Kasih itu

jika ada yg masih heran dengan pernyataan Sabat Perjanjian Baru=Yesus Kristus
ini ada penjelasannya dari SarapanPagi

link Sabat = http://www.sarapanpagi.org/sabat-vt311.html

Sudah saya nyatakan bahwa secara rohani hukum Taurat tetap berlaku yang menjadi kuk adalah yang rohani dijadikan sebagai aturan lahiriah belaka.

YESUS pernah mengatakan bahwa Ia datang bukan untuk membatalkan hukum Taurat melainkan menggenapi-Nya.

Dan saya tentu tidak akan mengajarkan untuk meniadakan satu perintahpun dari hukum Taurat, namun mengajarkan hukum Taurat dengan cara pandang Perjanjian Baru. Sama seperti yang dilakukan oleh Yesus…^-^

Salam

Tentu, kebiasaan pertemuan2 ibadah kita, sebagian adalah hari Minggu, ada juga yang hari Sabtu, bahkan hari lain.

Coba tanya saja kepada SP, jika ayat tersebut dibaca oleh orang Yahudi, maka perintah untuk tidak menjauhkan diri dari kebiasaan2 ibadah yang dilakukan itu jatuh pada hari apa?

Salam

Ayat ini berbicara tentang pembenaran berdasarkan hukum Taurat vs pembenaran berdasarkan kasih karunia. Tentu bro repento tahu dong, apa pendapat saya tentang hal ini. Namun tidak berarti mengajarkan dan melakukan perintah Taurat secara rohani adalah sebagai bentuk memperoleh pembenaran. Karena orang percaya memperoleh pembenaran melalui kasih anugrah. Itulah maksud dari pernyataan Paulus.

Ketika Paulus mengatakan jika seseorang disunat harus melakukan seluruh tuntutan hukum Taurat, juga jangan diartikan sebagai Paulus melarang seseorang untuk disunat dan orang yang disunat itu dibebani kuk melakukan seluruh hukum Taurat. Pernyataan Paulus itu adalah sindirian bagi orang yang ingin memperoleh pembenaran dari sunat.

Salam

Jangan jadi Bingung dan menjadi Rancu…

Jikalau orang Kristen tidak membunuh, bukan berarti ia berada dalam Kuk Taurat (Firman ke-6 Dasa Titah), tetapi karena terikat Hukum Kasih yaitu kasih terhadap sesama.

Jikalau orang Kristen tidak berzinah, bukan berarti ia berada dalam Kuk Taurat (Firman ke-7 Dasa Titah), tetapi karena terikat Hukum Kasih yaitu kasih terhadap sesama.

Jikalau orang Kristen tidak menyembah patung, bukan berarti ia berada dalam Kuk Taurat (Firman ke-1 dan 2 Dasa Titah), tetapi karena terikat Hukum Kasih yaitu kasih kepada Allah. Demikian seterusnya…

Jadi, jangan mengira jikalau orang Kristen melakukan hal-hal yang juga ada di dalam sebagian Dasa Titah, kemudian dikatakan masih dibawah Kuk Taurat dan sebagian Taurat sudah berlaku.
Orang-orang Kristen melakukan perbuatan baik karena ia dibawah Hukum KRISTUS, yaitu Hukum Kasih!

YESUS KRISTUS me-reformulasi Taurat, dan hukum yang sudah direformulasi, adalah menjadi suatu hukum yang baru (tidak dalam label lama lagi) :

YESUS mengubah hukum, karena Dia adalah Allah yang berkuasa atas segala hukum, selebihnya Dia adalah Hukum. Lihat bagaimana YESUS mengubah hukum “Lex talionis” didalamnya :

Matius 5:38, “Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.” Di bagian manakah firman ini berada? . Mata ganti mata dan gigi ganti gigi tidak termasuk dalam 'asyeret hadibrot atau 'asyer hadevarim, toh YESUS KRISTUS merasa perlu me"revisi" bagian ini.

Orang mampu menaati 10 Firman Allah itu komplit karena gampang, cuman dua perintah dan delapan larangan. Dua perintah itu cuman menghormati orang tua dan menguduskan hari Sabtu sedangkan delapan larangan tadi cukup dilakukan dengan duduk diam, engga berbuat apa-apa, engga mencuri, engga membunuh, engga berzinah, dst, dst. Apakah Allah menyukai orang yang duduk diam seperti itu? Apakah dengan demikian mereka bakal dibilang engga bercacat dalam Taurat? Ingat bahwa Taurat berjumlah 613 bukan hanya 10!

Benarkah ada bagian hukum Taurat yang masih berlaku dan sebagian lagi tidak berlaku?

Apakah YESUS KRISTUS membatalkan “sebagian” hukum Taurat?

* Efesus 2:15
“sebab dengan mati-Nya sebagai manusia IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUANNYA, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,”

Ayat di atas sama sekali tidak menyatakan adanya bagian-bagian dari Taurat yang disisakan untuk kembali dilaksanakan dalam ibadah umat Kristiani. Tetapi justru jelas menulis “Ia membatalkan Hukum Taurat bersama macam-macam perintah-perintah dan ketentuan-ketentuannya.”

Kiranya penjelasan ini jelas, bahwa jikalau kita tidak membunuh/ berzinah dll bukan berarti melaksanakan “sebagian Taurat Israel” melainkan karena melaksanakan HUKUM KRISTRUS, yaitu HUKUM KASIH!

bangsa Israel telah menunjukkan kegagalan manusia untuk menjalankan HUKUM TAURAT, itu makanya, kita di PB mendapat kasih karunia yang memampukan kita menjalankan hukum kasih.

Kalau kita mau kembali menjalankan hukum Taurat , sia2lah penebusan Kristus di kayu salib, untuk meniadakan kutukan hukum Taurat.

Hukum kasih merubah kita menghadapi segala sesuatu berbeda dengan hadapi hukum taurat.

Kita telah di beri KASIH dari Tuhan, sehingga kita karena kasih, menjauhi dosa, itulah perbedaannya.

Hukum Taurat usaha manusia untuk melakukkannya.
Hukum kasih, kita telah diberi KASIH dari Tuhan yang memampukan kita taat pada Tuhan.

supaya smakin jelas perbedaannya
tampaknya memang perlu ada thread baru yg membahas secara lengkap
KUK TAURAT vs KUK YESUS yg ringan

seperti :
Kuk Taurat → Sabat ala Taurat = Harus Sabtu. mutlak gak boleh kerja. .tidak lakukan maka dosa

YESUS → Sabat Rohani = YESUS KRISTUS
we resting in HIM. kapan saja . dimana saja.
kita beristirahat pada DIA.

masih banya KUK TAURAT yg lain sih (yg tentu berbeda dengan Kuk YESUS yg ringan)
seperti :

  • PerSEPULUHan metode Taurat

  • Persembahan metode Taurat

  • Ibadah metode Taurat

  • Makanan yg Halal metode Taurat

  • cara berPakaian metode Taurat (utk wanita berkerudung kepala, ukt pria harus begini begitu)

  • pembalasan dendam metode TAURAT : mata ganti mata . gigi ganti gigi

  • dan masih banyak Kuk Taurat yang diROMBAK Habis-habisan oleh YESUS

wah. kalo ada referensi lengkap dari bro SP. enak sekali ini membedakannya :slight_smile:
tolong dibantu bro SP kalo ada waktu senggang :slight_smile:

YESUS pernah mengatakan bahwa Ia datang bukan untuk [b]membatalkan[/b] hukum Taurat melainkan [b]menggenapi[/b]-Nya.

Dan saya tentu tidak akan mengajarkan untuk meniadakan satu perintahpun dari hukum Taurat, namun mengajarkan hukum Taurat dengan cara pandang Perjanjian Baru. Sama seperti yang dilakukan oleh YESUS…^-^


bro santi upsss. bro santo :slight_smile:
anda perlu memahami dulu kata yg berkaitan dengan Hukum Taurat ini.
karena ini penting banget.

antara lain

  • meniadakan Hukum Taurat

  • menggenapi Hukum Taurat

  • membatalkan Hukum Taurat

*)menggenapi Hukum Taurat = membatalkan Hukum Taurat. (SUDAH SELESAI di Kayu Salib dgn mati-Nya)
(hukum Tauratnya masih ada. tapi sudah tidak berlaku lagi bagi orang percaya)

maksudnya dari 3 kosakata itu apa bro ?
jangan-jangan anda menyangka ketiganya memiliki arti yg sama ya ? :cheesy:

di Alkitab saya tertulis begini

  • YESUS menggenapi Taurat
Roma 10:4 Sebab [b]KRISTUS adalah kegenapan hukum Taurat[/b], sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.
  • YESUS membatalkan Taurat saat kematianNya
Efesus 2:15 sebab dengan [b]mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya[/b], untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

perlu dipahami baik2.
bahwa walaupun Hukumnya sudah tidak perlu dilakukan lagi orang percaya

namun

Hukumnya Tauratnya masih ada.tapi sudah tidak berlaku

pertanyaannya. lhoh terus buat apa kok masih ada ? hayoooooo… :slight_smile: :slight_smile:

Hukum Taurat tidak berlaku bagi orang yg hidup dibawah kasih karunia.
tetapui Hukum Taurat masih ada dikarenakan :

  1. ada SUPERMAN yg mau menyaingi YESUS dan mau mencoba melaksanakan 613 taurat dgn error 0 %

  2. Hukum Taurat ada untuk mengenali diri kita kalau kita ini orang berdosa

Roma 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, [b]karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.[/b]

Roma 7:7
Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak!
Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa.
Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: “Jangan mengingini!”


Jadi kita itu mengenal diri kita berdosa dari Hukum Taurat.
Hukum Taurat bukan untuk dilakukan orang yg hidup dibawah Kasih Karunia dong.

semoga dipahami dengan baik :slight_smile:

ibadah hari Minggu . itu kan kebiasaaan anda bro. :slight_smile:
jangan seret2 saya dong bro :slight_smile:
di Alkitab PB. nggak pernah pusing soal ibadah hari Minngu atau hari Sabtu atau hari apa gak ngurus
supaya tidak ada yg memberhalakan hari minggu atau hari lain

Sabat Perjanjian Baru = YESUS KRISTUS
maksudnya :
kapanpun dimanapun
bisa setiap waktu beribadah entah di gereja, di toko, di aula, di rumah
mau 1 orang mau 2 orang mau 1000 orang .
terserah. tanpa perlu peraturan-peraturan agamawi yg mengikat

Sabat Rohani = we RESTING in HIM - kita berISTIRAHAT di dalam DIA
tolong jangan berusaha kembalikan ke SABAT ala TAURAT lagi dong bro :slight_smile:
harus hari A, hari B, mesti pagi, mesti sore awal hari, mesti ini, mesti itu, itu kan TAURAT broo…
:slight_smile:

Apakah hukum Taurat Allah adalah bukan hukum Kasih?

Mengajarkan perintah hukum Taurat secara rohani bukan praktek ibadah lahiriah belaka, apakah bertentangan dengan hukum Kasih Yesus dalam Perjanjian Baru?

I Timotius 1
1:7 Mereka itu hendak menjadi pengajar hukum Taurat tanpa mengerti perkataan mereka sendiri dan pokok-pokok yang secara mutlak mereka kemukakan.
1:8 Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan,
1:9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
1:10 bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat
1:11 yang berdasarkan Injil dari Allah yang mulia dan maha bahagia, seperti yang telah dipercayakan kepadaku.

Saya pernah mengatakan bahwa hukum Taurat adalah cerminan hati dan cerminan dosa manusia: bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya, bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat.

Sebagai hukum rohani maka hukum Taurat akan mengingatkan akan dosa orang2 tersebut. Tentu saja keliru jika memandang hukum Taurat yang hanya semata bersifat lahiriah (praktek ibadah)…^0^

Pelaksanaan hukum Taurat bukan sebagai bentuk pembenaran, itu sudah pasti. Sebab telah dinyatakan oleh Paulus bahwa “dengan dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar”.

Namun sekali lagi, Paulus tidak bermaksud menghapus hukum Taurat :
Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan

Renungan:

Apakah Paulus melakukan pelarangan pelaksanaan hukum Taurat yang dilakukan oleh orang Yahudi sendiri, misalnya : melarang orang Yahudi disunat? Tentu tidak, namun ia melarang pelaksanaan lahiriah hukum Taurat tersebut, dituntut diterapkan kepada orang2 bukan Yahudi.

I Korintus 9
9:20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.

Coba kita lihat ayat ini:

Kejadian 17
17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

Apakah perjanjian antara Abraham dengan Allah yang menyangkut keturunan lahiriah Abraham secara turun temurun sudah dibatalkan? Tentu tidak. Demikian pula, hari Sabat bagi orang Yahudi adalah perjanjian Allah yang mengikat mereka secara turun-temurun.

Salam

sangat SETUJU 100%