ROMA KATOLIK, ORTHODOX dan Gereja Awal YERUSALEM

Asal Usul Gereja didunia adalah Gereja Kristen Awal yang berpusat di Yerusalem yang dipimpin oleh Yakobus.

Sejarah Gereja Katolik adalah delusi, dongeng, eerrrooorrr

Sejarah Gereja gelap dan dilupakan saja

YESUS jubah putih, Bapa tidak berwajah (ala komik Jack Chick), Sorga sepi

Protestan tidak tahu apa2 kecuali setelah Reformasi. Bruce tahu sejarah gereja secara lengkap.

Bruce Katolik Orthodox

Maria ala Katolik (MAK) berbeda dengan Maria bunda YESUS

FAKTA jika tidak ada katolik

ooohhhh begitu to sejarahnya, berarti emang pengajaran di katolik beda, hehe selama ini saya sekolah di sekolah katolik sih, jadi baru tau, tengkyu tengkyu, :happy0025:

:afro: :afro:

Itulah fakta sejarah yang terus menerus oleh GRK di sembunyikan, dan mengatakan bahwa Gereja Roma katolik lah Gereja mula2, oleh Bruce.

Jenova dan Fantioz lebih jujur dan terbuka, mereka mengatakan dengan berani apa yang tertulis, tidak manipulasi dan membohongi jemaat yang tidak tahu apa2.

Bersyukurlah Tuhan memakai internet memberi informasi yang benar, buku2 sejarah gereja dll

Seperti yang Alkitab katakan, tidak ada yang tersembunyi, pasti akan terbuka semua yang tidak benar.

Gereja adalah persekutuan orang orang yang di panggil keluar oleh Allah dan di pisahkan untuk Allah , suatu Umat pilihan dimana Kristus sebagai kepala dan anak anak Allah adalah TUBUH KRISTUS.

Gereja bukan organisasi, lembaga, gedung, KEPALA GEREJA ADALAH TUHAN YESUS SENDIRI.

Kepala Gereja bukan Paus , Pendeta, atau yang lainnya, tidak ada satupun manusia mempunyai kuasa menguasai suatu jemaat.

Setia pemimpin jemaat akan di adili lebih berat dari orang lain, karena tanggung jawabnya yang besar memimpin jemaatnya, untuk mengenal Tuhan yang benar.

Kalau gereja Orthodox apakah menurut TS / Robin Tweety juga terpengaruh oleh Romawi dan kekaisarannya?

Karena pusat-nya kan bukan di roma, tapi tersebar di banyak kota / negara

Itulah fakta sejarah yang terus menerus oleh GRK di sembunyikan, dan mengatakan bahwa Gereja Roma katolik lah Gereja mula2, oleh Bruce.

Maksud sis, Gereja Protestan lah Gereja mula2…

Bagaimana apples? Thrend kamu tujuannya apa? Apakah kamu mau mengatakan bahwa Protestan ialah lanjutan dari Gereja Awal yg berpusat di Yerusalem?

BTW Orthodox punya doktrin Mariology tidak yach? Please advise.

Bagaimana kamu mengertikan Mariology?

Mariology ialah penelitian tentang siapakah Maria itu sama seperti Anthropology ialah penelitian tentang siapakah Manusia itu, paham?

Jangan mengertikan secara negatif seolah2 Mariology itu satu tindakan penyembahan.

Kalu Mariology ialah satu tindakan penyembahan maka hal yang sama boleh dikatakan pada Anthropology. Tetapi apakah Antropology ialah satu tindakan penyembahan kepada Manusia!

Paham?

Makanya kamu banyak belajar, biar ngga di ketawain orang Kristen.

Orang Kristen yang baca tulisan kamu tuh cuma ketawa-ketiwi terus pergi…

agak bosan gitu lho…

Kenapa?

Karena tulisan kamu itu semuanya lucu… kamu merasa sudah ngerti tentang Mariology, tapi padahal tulisanmu membuktikan sebaliknya.

aples, rita:

nyatakanlah kalau gereja anda adalah gereja mula2… maka saya akan pindah ke gereja anda, segera!

membuat sejarah adalah hal yg mudah… tapi mempertanggungjawabkannya???
jadi, Gereja katolik bukanlah kelanjutan dari gereja mula2…

GEREJA PROTESTANLAH KELANJUTAN DARI GEREJA MULA2! ;D ;D ;D

nyatakanlah bro, sis! maka itu akan menjadi joke of the day!

protestan yg mana?
hoi… andre, taukah sejarah gerejamu?

kok bisa beda sis? emang diajarin apaan?

Terpengaruh oleh ROMAWI dan Kekaisarannya itu seperti apa maksudnya mas Ferry?

Gimana kalo mas CosmicBoy baca2 dulu isi threadnya? belum baca kan? makanya bisa nanya kayak gitu

Seharusnya pengajaran Katolik Orthodox juga ada Mariology yah, kan sama-sama Katolik dengan Roma.

Tapi untuk pastinya tunggu aja konfirmasi dari rekan2 Orthodox

topiknya apa, eehhhh balik lagi , kemariology he he…

jadi gimana nihhh… jadi Gereja calvin, gereja mula-mula yah…???

Loh … di posting #1 bro kan menunjukan pengaruh romawi terhadap gereja … :smiley:

Sejak berkuasa penuh Constantine membasmi semua gereja gereja sekte diluar gereja yang mulai disebut sebagai Gereja Roma Katolik (GRK). Dari sebelumnya gereja teraniaya sekarang gereja yang menganiaya gereja sekte lainnya seperti Marcion,Montanus,Novatinus dll.

Sebenarnya dari segi kemurnian ajaran maka perpaduan antara kuasa agama dan politik ini sangat merugikan gereja,gereja menjadi lebih diduniawikan dan mulai terjadi sinkretisme dengan agama atau lebih tepat disebut kebudayaan Romawi yaitu menyembah berbagai dewa dewi.

Bahwa gereja berada dibawah perlindungan kaisar membuat pemimpin gereja sungkan dan takluk kepada kehendak kaisar sehingga benih benih penyembahan berhala tidak kuasa dibendung lagi masuk kedalam ajaran gereja.

Karena Kekristenan menjadi agama resmi negara maka motivasi orang orang untuk masuk menjadi angggota gereja sudah terkontaminasi bukan saja karena iman tetapi juga gengsi dan kehormatan diri.

Inilah masa dimulainya proses sekularisasi dan sinkretisme gereja dimana tradisi paganisme mulai mewarnai gereja seperti upacara kebaktian yang megah,jubah jubah mewah,lilin,kemenyan,gedung gereja yang besar dan megah,dll.

Secara lahiriah Gereja masih disebut Kristen tetapi kesalehan para pengurusnya bercorak kafir karena mulai menggunakan berbagai perangkat penyembahan patung patung dan relikwi,menghormati orang kudus,malaikat,dan Maria.

Orang orang kafir masuk Kristen kehilangan dewa dewi mereka yang dapat memberikan pertolongan selama ini dalam rupa rupa kesulitan sekarang pengganti mereka diangkatlah orang orang kudus. Hari raya dewa dewa diganti menjadi hari raya Gereja untuk memuja orang kudus. Ibadah pada dewa dewi dijadikan ibadah kepada Maria selaku ‘Bunda Allah’ yang memelihara dan melindungi segala orang percaya.

makanya saya tanya mengenai Gereja Orthodox :

Kalau gereja Orthodox apakah menurut TS / Robin Tweety juga terpengaruh oleh Romawi dan kekaisarannya?

Karena pusat-nya kan bukan di roma, tapi tersebar di banyak kota / negara

Mas Ond32, yang suruh mas pindah gereja itu siapa? emang mas pergi gereja mana musti diberitahu orang dulu yah?

Coba mas Ond32 baca dulu pengertian gereja dan sejarah gereja awal/ mula2. Saya bantu copas yah:

Yang mas Ond32 anggap salah dari sejarah gereja di thread saya itu yang mana mas?

Apakah karena Yerusalem dan bukan Roma yang jadi gereja awal?

Pengertian “Gereja”?

Atau sejarah gereja Katolik? dan bagaimana jika tidak ada Katolik?

Berarti tidur panjang selama 15 abad ;D ;D

oya, baiklah…

bisa dijelaskan bagaimana sejarahnya pengikut kristus disebut kristen? kapan dan oleh siapa?
dan bagaimana sih sejarahnya ada sebutan katolik???

trus, jika jemaat perdana adalah yerusalem… tentu saja bisa ditelusur sejarahnya… sekarang, dimanakah jemaat itu sekarang? gereja apa namanya?

pengertian gereja G besar atau g kecil, supaya bisa sesuai konteks…
kalau tidak ada katolik yg jelas tidak akan ada yg disebut protestan… karena APAPUN KATA ANDA, yg namanya… PROTESTAN itu ya ada dari KATOLIK. yo to??? ;D

anda lebih suka dosebut PROTESTAN atau KRISTEN? ;D

Assyrian Church of the East – termasuk dalam ‘Nestorian’ tidak terpengaruh sebab ia berkembang dalam kekaisaran Persia yg merupakan musuh Romawi.

Nestorius mengungsi ke sana dan diterima oleh Kekristenan orthodox yg sdh ada disana terlebih dahulu.

Dari beberapa diskusi dg salah satu member fk yg berasal dari gereja ini :

Mengenai pemahaman konsep ‘Marian’, mereka hampir sama dengan protestan (Christokos only, no rosario, etc), mengenai karunia roh (ie. bahasa roh) mereka juga ada, namun tdk spt kharismatik/pantekosta, mengenai perjamuan, mereka menggunakan roti beragi, doa2 kpd santo2 tdk ada, hubungan sdh terputus. Dia katakan 80-90 % mirip protestan

tafsir saya soal gereja ini : Perempuan bersayap burung nasar (Wahyu 12) - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Salam