ROTI HIDUP dan SAKRAMEN EKARISTI bag II

KESIMPULAN: dari BAG I ROTI HIDUP dan SAKRAMEN EKARISTI - Ajaran Kristen - ForumKristen.com dan II.

Roti yang dari Allah = roti yang turun dari sorga = yang memberi hidup = roti hidup = YESUS KRISTUS.

Makan roti hidup = makan dari roti ini = makan dari padanya = KIASAN dari datang dan percaya padaNya.

Roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia = PENYALIBAN daging dan darah Yesus = anugrah KESELAMATAN dari pengorbanan YESUS di atas kayu salib.

(52) Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata:"Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan = SALAH MENGARTIKAN PERUMPAMAAN atau salah mengira KIASAN yang diartikan secara LITERAL bahwa YESUS memberi dagingNya untuk dimakan orang2 Yahudi secara harafiah.

Lantas kalo apa yg disampaikan Yesus itu hanya sebuah kiasan (seperti yang bro bilang) akan timbul 2 pertanyaan penting… ( coba tolong dijawab)

Pertanyaan Pertama
apa yang menjadi alasan para pengikutnya itu meninggalkan Yesus setelah khotbah itu?
apa menurut bro mereka salah mengerti maksud Yesus? dan mereka pergi meninggalkan Yesus karena kesalahpahaman belaka?

okay “andaikata” terjadi kesalahpahaman (andaikata yah bro, saya sih gak setuju klo ada kesalahpahaman) ini akan memunculkan pertanyaan yang kedua

Pertanyaan Kedua
“andaikata” terjadi kesalahpahaman, apa Yesus tidak tahu kalo klo terjadi salah paham? (pasti tau kan, wong Yesus bisa tau semua pikiran manusia)
menurut anda Yesus (sebagai imam dan gembala) apakah mempunya obligasi moral untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut? (lagi2 Yesus sebagai imam dan gembala yang tidak mungkin menyesatkan umatnya)

Salam Damai Kristus

Shalom

Mungkin perlu diluruskan beberapa hal terlebih dulu. KIASAN roti hidup maupun makan roti hidup bukanlah menurut saya, tapi menurut penjelasan Yesus sendiri dalam Yohanes 6. Yesus juga sudah memberi penjelasan akan kiasan yang diberikannya dalam Yohanes 6.

Sebagai Roti Hidup, Yesus memberi keselamatan dengan mengorbankan diriNya diatas kayu salib sebagai bukti Yesus tidak pernah bermaksud memberi diriNya dikanibal sebagai syarat keselamatan.

Yoh 6:51 Akulah (KRISTUS) roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini (KIASAN YESUS), ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah Daging-Ku (LITERAL), yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

Yoh 6:52 Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata:"Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan = SALAH MENGARTIKAN PERUMPAMAAN atau salah mengira KIASAN yang diartikan secara LITERAL bahwa YESUS memberi dagingNya untuk DIMAKAN orang2 Yahudi secara harafiah.

Syalom…
Terimakasih mas agus atas jawbannya
berarti saya bisa terima bahwa jawaban atas pertanyaan pertama adalah mereka2 yang pada akhirnya meninggalkan Yesus setelah khotbah Roti Hidup adalah karena mereka salah paham… bukan begitu mas agus?

Seperti yang sudah saya saya tulis sebelumnya… hal ini akan menimbulkan pertanyaan kedua…

Pertanyaan Kedua
“andaikata” terjadi kesalahpahaman, apa Yesus tidak tahu kalo klo terjadi salah paham? (pasti tau kan, wong Yesus bisa tau semua pikiran manusia)
menurut anda Yesus (sebagai imam dan gembala) apakah mempunya obligasi moral untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut? (lagi2 Yesus sebagai imam dan gembala yang tidak mungkin menyesatkan umatnya)

Salam Damai Kristus

Begitulah yang tercatat dan terjadi sesudahnya. Yesus memberikan tubuhNya bukan untuk dimakan, tapi untuk disalibkan di Golgota.

Yesus tercatat mengetahui kesalah-pahaman orang-orang Yahudi tersebut. Yesus bahkan memberi penjelasan kalau orang-orang Yahudi yang tidak percaya itu akan lebih tidak percaya lagi jika Yesus bersaksi bahwa diriNya akan naik ke Sorga.

Yoh 6:61 Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: "Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu?

Yoh 6:62
Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

Yoh 6:64 Tetapi di antaramu ada yang TIDAK PERCAYA." Sebab Yesus tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia.

Yoh 6:66 Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.

Barang siapa menolak Yesus Kristus sebagai Roti Hidup, merupakan tanggung jawab orang yang bersangkutan. Sama juga halnya dengan orang/ lembaga yang memelintir kata-kata Yesus akan bertanggung jawab kelak atas perbuatannya. Tidak sepantasnya saudara membalikkan hal itu menjadi seakan-akan kesalahan Yesus.

Yesus tidak pernah memaksa manusia untuk menerima anugerah keselamatan yang diberikanNya.

Yoh 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali [color=red]TIDAK BERGUNA. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Yoh 6:65 Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu:

Tidak ada seorangpun dapat DATANG (BUKAN MAKAN) kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.[/color]

shallom bro…

Pertanyaan saudara “apakah berbeda berarti sesat” sudah salah kaprah. Ekaristi bukanlah sekedar perbedaan ajaran antar denom, sama sekali bukan. Juga bukan mengenai apakah Tuhan hadir di patung atau benda apapun. Kalau tidak salah, pada hari jumat atau lampu tidak menyala, hal itu berarti “tuhan” tidak ada di altar tabernakel GK.

EKARISTI ini BERBEDA dan BERTENTANGAN dengan INJIL KRISTUS.

Ekaristi adalah salah satu dari 7 Sakramen PAUS Apostolik, dimana fokus utamanya ada pada KUASA ILAHI PAUS (POTESTAS SACRA) dalam MENYELAMATKAN umatnya (umat katolik). Hal ini juga berlaku dalam Sakramen2 Paus Apostolik lainnya.

Gereja Katolik mengajarkan PAUS dan imam2 tahbisan Paus berkuasa membuat MUJIZAT ketika merapalkan kata-kata KONSEKRASI. Ketika merapalkan konsekrasi ini, roti yang dipegang seketika berubah menjadi daging yang bermanfaat MENYELAMATKAN umat yang menyantapnya.

Karena itulah, umat katolik sangat menggantungkan keselamatannya pada kuasa ilahi Paus, termaksud diantaranya dalam Sakramen Ekaristi ini.

1Kor 11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang..

PAUS i.e magisterium selain mengajarkan hosti yang dikonsekrasi dengan kuasa ilahi Paus yang menyelamatkan, juga memberitakan Injil mengenai PAUS Raja Sorga, Yesus sudah datang kembali untuk menjadikan “maria” Ratu Sorga dan memberitakan Kerajaan Roma Katolik.

Padahal Firman Tuhan mengatakan untuk memberitakan kematian Tuhan Yesus diatas kayu salib yang menyelamatkan sampai Ia datang kembali lagi nanti.

[i]1Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

1Kor 11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.

1Kor 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum TANPA MENGAKUI TUBUH TUHAN, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
[/i]

Sakramen Ekaristi MENYANGKALI Tubuh Kristus di kayu salib dengan mengajarkan KUASA ILAHI PAUS dan imam2 tahbisan Paus yang menyelamatkan manusia.

Hal ini berarti Gereja Katolik mengajarkan umat katolik agar BERDOSA terhadap tubuh dan darah Kristus diatas kayu salib dalam SAKRAMEN EKARISTI.

Salam

BANYAK KATA KATA YANG BERSIFAT SYMBOL MENGENAI PRIBADI YESUS

ROTI HIDUP ADALAH FIRMAN TUHAN.
SETIAP HARI KITA MESTI MAKAN ROTI HIDUP AGAR TUBUH ROHANI KITA MENJADI KUAT :afro:

YESUS ADALAH JALAN
YESUS ADALAH KEBENARAN
YESUS ADALAH KEHIDUPAN
YESUS ADALAH TERANG DUNIA
YESUS ADALAH AIR KEHIDUPAN

dan masih banyak lagi

Betul sekali Jannet :afro:

Roti Hidup dalam Yohanes 6 adalah KIASAN dari Yesus Kristus yang turun dari Sorga

Terima kasih informasinya bro Jesuit.

Sakramen Ekaristi memang berbeda dengan Perjamuan Kudus. Hal ini akan saya bahas pada bagian III nanti.

ok

Serharusnya MODERATOR sudah bisa menilai bahwa apa yang disampaikan oleh Jesuit Order/Alamak dan beberapa member lain mengenai ajaran-ajaran Katolik di Forum ini adalah sebuah kebohongan dan fitnah.

Tanpa perlu tahu secara mendalam akan ajaran Katolik pun, bahkan secara logika dengan mudah dinilai bahwa tidak mungkin ajaran-ajaran Katolik seperti itu.

Sangat jelas terlihat tulisan-tulisan Jesuit Order sangat-sangat memprovokasi & memancing hal-hal negatif dari member-member Katolik, apakah member-member seperti Jesuit Order akan dibiarkan merusak keharmonisan kekeristenan di forum ini?

Membiarkan perbuatan orang-orang seperti Jesuit Order, maka sama dengan membiarkan orang berbuat dosa.

Harapan saya MODERATOR mau lebih memperhatikan hal-hal seperti ini, karena merupakan tanggungjawab kita bersama untuk tidak membiarkan seseorang terus menerus berbuat dosa.

Salam.

Tradisi MEMFITNAH orang lain juga merupakan perbuatan dosa Shaw.

Sakramen EKARISTI merupakan ajaran Gereja Katolik, bukan FITNAH dan KEBOHONGAN seperti keterangan anda!

Kalau mau menipu umat katolik paling tidak pilihlah ajaran yang kurang populer, bukan SAKRAMEN EKARISTI yang umat paling awam pun tahu!

wah-wah… si jesuit tambah panas nih… padahal katolik bukan, ngerti juga ngga… :slight_smile:

Aneh aja masa ada ajaran Katolik :

  • Menyembah Maria

  • Keselamatan diperoleh dari Paus

  • Keselamatan diperoleh dari Maria

  • Katolik men-Tuhan-kan Paus

  • Katolik menyembah berhala

  • dll

Tulisan-tulisan seperti itu sangat-sangat mudah dicerna bahwa itu tidak benar, kalau benar ajaran Katolik seperti itu, maka Katolik sudah ditinggal oleh seluruh umatnya diseluruh dunia, karena umat-umat Katolik awam di dunia ini banyak yang jauh lebih pintar daripada orang-orang seperti Jesuit Order, dimana mereka mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Masa orang-orang kerjanya menulis seperti itu di forum ini dibiarkan terus menerus, apakah memang mau membiarkan perpecahan diantara semasa umat Kristus?

Dengan diisi oleh orang-orang seperti Jesuit Order, maka semakin hari FK menjadi Forum Kristen yang semakin tidak berkualitas, karena orang-orang yang mau berfikir & benar-benar mencari pembelajaran, maka satu-per satu akan meninggalkan forum-forum yang isinya hanya orang-orang yang hanya ingin memuaskan hasrat peribadinya.

Gereja Katolik tidak akan musnah hanya karena orang-orang seperti Jesuit Order.

Gereja Katolik tidak akan musnah hanya karena FK dijadikan sarana untuk merusak Gereja Katolik.

Tapi beban dan tanggung jawab orang-orang seperti Jesuit dan orang-orang yang membiarkan perbuatan orang-orang seperti Jesuit atas perbuatannya tidak akan pernah hilang, dan akan terus mereka pikul sampai saatnya mereka harus pertanggung jawabkan.

Salam.

Sama juga dengan perbuatan orang-orang yang bukan saja menyetujui penghujatan terhadap Tuhan dalam Sakramen Ekaristi, tapi juga menipu dan mengajarkannya pada orang lain untuk menyangkali Tubuh Kristus yang sudah disalibkan.

Apa maksud penegasan Yesus “benar-benar makanan” dan “benar-benar minuman”?
Kalau makan/makanan dan minum/minuman adalah kiasan? Kenapa Yesus bilang “benar-benar”
atau dalam teks bahasa Inggris:

Jn 6:55 For my flesh is [i][b]meat indeed[/b][/i], and my blood is [i][b]drink indeed[/b][/i].
Kenapa harus ada kata "indeed"
  • in·deed /ɪnˈdid/ Show Spelled[in-deed] Show IPA
    adverb
  1. in fact; in reality; in truth; truly (used for emphasis, to confirm and amplify a previous statement, to indicate a concession or admission, or, interrogatively, to obtain confirmation): Indeed, it did rain as hard as predicted. Did you indeed finish the work?
    sumber: http://dictionary.reference.com/browse/indeed

Koq Anda tidak membuat tulisan menjadi biru pada “Makanan” dan “Minuman”? Kalau memang Anda mau Konsisten Roti, makan, minum, makanan dan minuman adalah Kiasan?
Apa ada yang anda ingin sembunyikan? atau Anda meragukan perkataan Yesus?
Apa Anda berpikir Tuhan Yesus sedang berbohong?
Atau Anda sedang membohongi umat Kristen atau diri Anda sendiri?

Sepertinya Anda harus bertanya lagi ke Pendeta Anda atau Pembimbing Rohani Anda apa maksud Roh dan Daging di ayat tersebut.
Setahu saya Roh itu adalah Allah/Bapa, Daging itu Manusia. Cek it dot!
Yoh 6:63 berhubungan dengan Yoh 6:65.

Saking semangatnya dan ingin membenarkan penafsiran Anda mengenai “datang” pada

Yoh 6:35 Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Anda melupakan maksud Yoh 6:65 dan Anda tersandung (Tersandung pada pengertian daging di Yoh 6:63)

Semoga Rahmat dan Karunia Allah berlimpah-limpah untuk Anda.

:afro:

Ayat yg kamu kutip itu memberitahu agar kita terus mengingat dan memberitakan kematian Yesus yang sudah menebus dosa manusia sampai Yesus datang kembali nanti.

Masalahnya, PAUS i.e magisterium BUKAN memberitakan kematian Yesus diatas kayu salib untuk menebus dosa manusia, malah memberitakan bahwa mujizat roti yang dikonsekrasi PAUS lah yang menyelamatkan manusia dalam SAKRAMEN EKARISTI.

PAUS i.e magisterium juga memberitakan bahwa Yesus SUDAH datang kembali untuk menjemput “Maria” dan menjadikannya Ratu yang memerintah di sorga.

PAUS i.e magisterium juga memberitakan Kerajaan Roma Katolik dan Ratu Sorga pada umatnya.

Bukankah ini berarti PAUS i.e magisterium Gereja Katolik mengajar umatnya dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, sehingga berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan?

Kenapa Paus/ GK mengajarkan umatnya supaya berdosa pada Tuhan dan menggantungkan keselamatannya pada Raja PAUS dan Ratu Sorga?

Jelas sekali saudara Bruce sendiri belum menguji, apakah tubuh KRISTUS yang disalibkan itulah yang sudah menyelamatkan saudara atau mujizat PAUS dan imam2nya merapalkan konsekrasi merubah roti menjadi daging betulan itulah yang menyelamatkan saudara dan seluruh umat Paus/ GK?

Bukankah Gereja Katolik mengajarkan bahwa rupa2 mujizat Paus dgn kuasa ilahinya itulah yang menyelamatkan manusia?

Ini pernyataan buat Gereja Katolik:

Kenapa PAUS i.e magisterium/ Gereja Katolik justru mengajarkan umatnya agar BERDOSA terhadap tubuh Kristus yang sudah DISALIBKAN untuk menebus dosa manusia?

Dan yang disembah dalam Sakramen Ekaristi ini siapa?

PAUS atau rupa2 mujizat yang dibuat PAUS?

Terlebih setelah PAUS mengganti Tubuh Kristus yang sudah disalibkan di bukit Golgota dengan daging hasil rupa2 mujizat kuasa ilahi Paus merubah roti menjadi daging?

Halal di bagian pertama postingannya begitu, di bagian kedua sama saja.
Ga ada yang lain Pak?

Kebetulan belum dijawab, jadi masih tetap pertanyaannya.