ROTI HIDUP dan SAKRAMEN EKARISTI

Memang sebenarnya kita bukan sesama kristen dengan katolik sis ya wajar saja dan tidak apa2 sesuai dengan fakta itu lebih baik daripada menutupi kenyataan.

Terus terang itu lebih baik daripada sembunyi2. dalam hati mengatakan bidat diluar mengatakan tidak. Itu malah menipu. Kalau memang katolik sama dengan protestan, kenapa terjadi perpecahan?

Ajarannya jelas beda banyak, alkitabnya beda. Selama jangan saling memusuhi tidak apa2, memang beda mau diapakan lagi.

Tidak sepatutnya menyebut member yg beda pendapat dgn sebutan “bidat-bidat sesat”.
FK adalah forum diskusi, berbeda pendapat itu sesuatu yg natural dlm diskusi.

Peringatan utk Anda bro Bruce

Shalom

Gak disangka kalau ada perwakilan GK yg tidak keberatan membahas topik ini :smiley:

Baiklah kalau gitu langsung saja, apakah Gereja Katolik setuju dengan ajaran Yesus di Yohanes 6 berikut:

I. Apa atau siapa itu Roti Hidup yang turun dari Sorga?

Jawab: YESUS KRISTUS.

Yohanes 6: 33 Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia.

Yohanes 6: 35 Kata YESUS kepada mereka: “Akulah roti hidup”, barangsiapa DATANG kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa PERCAYA kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Yohanes 6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

II. Bagaimana Roti Hidup ini memberi hidup bagi manusia?

Jawab: Dengan DATANG dan PERCAYA kepada Roti Hidup/ KRISTUS.

Yoh 6:29 Jawab YESUS kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu PERCAYA kepada Dia yang telah diutus Allah.

Yoh 6:33 Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia.

Yoh 6:34 Maka kata mereka kepada-Nya: “Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa.”

Yoh 6:35 Kata YESUS kepada mereka: “Akulah roti hidup”, barangsiapa DATANG kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa PERCAYA kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

III. Makan roti atau PERCAYA pada Roti Hidup supaya selamat?

Jawab: Percaya pada Roti Hidup

Yoh 6:40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang PERCAYA kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.

Yoh 6:47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa PERCAYA, ia mempunyai hidup yang kekal.

IV. Pengertian Roti Hidup, Makan dari padanya, dan Daging-Ku.

Yoh 6:48 Akulah ROTI HIDUP.

Yoh 6:50 Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa MAKAN dari padanya, ia tidak akan mati.

Yoh 6:51 Akulah b[/b] roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

Pengertian roti hidup dan barang siapa makan dari padanya tidak akan mati dari Yohanes 50 dan ayat sebelumnya sama atau tidak?

Jawab: SAMA, yaitu YESUS KRISTUS adalah Roti Hidup yang turun dari sorga

V. Apa itu roti yang diberikan YESUS?

Yoh 6:51 Akulah b[/b] roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah Daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

Jawab:

Dan Roti (kiasan roti hidup) yang diberikan YESUS itu ialah Daging-Ku (benar-benar daging secara harafiah) yang akan diberikan (dan SUDAH diberikan YESUS setelahnya) untuk keselamatan dunia.

VI. Kapan YESUS memberikan Daging-Nya untuk hidup dunia?

Jawab: Di atas kayu salib di bukit Golgota

Ayat berikutnya sudah dibahas pada bagian ke II di ROTI HIDUP dan SAKRAMEN EKARISTI bag II - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Topiknya ini saya buat belum nyampe 2000 thn loh :cheesy:

shallom bro…

Pertanyaan saudara “apakah berbeda berarti sesat” sudah salah kaprah. Ekaristi bukanlah sekedar perbedaan ajaran antar denom, sama sekali bukan. Juga bukan mengenai apakah Tuhan hadir di patung atau benda apapun. Kalau tidak salah, pada hari jumat atau lampu tidak menyala, hal itu berarti “tuhan” tidak ada di altar tabernakel GK.

EKARISTI ini BERBEDA dan BERTENTANGAN dengan INJIL KRISTUS.

Ekaristi adalah salah satu dari 7 Sakramen PAUS Apostolik, dimana fokus utamanya ada pada KUASA ILAHI PAUS (POTESTAS SACRA) dalam MENYELAMATKAN umatnya (umat katolik). Hal ini juga berlaku dalam Sakramen2 Paus Apostolik lainnya.

Gereja Katolik mengajarkan PAUS dan imam2 tahbisan Paus berkuasa membuat MUJIZAT ketika merapalkan kata-kata KONSEKRASI. Ketika merapalkan konsekrasi ini, roti yang dipegang seketika berubah menjadi daging yang bermanfaat MENYELAMATKAN umat yang menyantapnya.

Karena itulah, umat katolik sangat menggantungkan keselamatannya pada kuasa ilahi Paus, termaksud diantaranya dalam Sakramen Ekaristi ini.

1Kor 11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang..

PAUS i.e magisterium selain mengajarkan hosti yang dikonsekrasi dengan kuasa ilahi Paus yang menyelamatkan, juga memberitakan Injil mengenai PAUS Raja Sorga, Yesus sudah datang kembali untuk menjadikan “maria” Ratu Sorga dan memberitakan Kerajaan Roma Katolik.

Padahal Firman Tuhan mengatakan untuk memberitakan kematian Tuhan Yesus diatas kayu salib yang menyelamatkan sampai Ia datang kembali lagi nanti.

[i]1Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

1Kor 11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.

1Kor 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum TANPA MENGAKUI TUBUH TUHAN, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
[/i]

Sakramen Ekaristi MENYANGKALI Tubuh Kristus di kayu salib dengan mengajarkan KUASA ILAHI PAUS dan imam2 tahbisan Paus yang menyelamatkan manusia.

Hal ini berarti Gereja Katolik mengajarkan umat katolik agar BERDOSA terhadap tubuh dan darah Kristus diatas kayu salib dalam SAKRAMEN EKARISTI.

Salam

Ketahuan gak pernah ke gereja nih ;D

Coba cari tau kapan waktunya umat tidak harus berlutut ketika masuk Gereja Katolik. Pada saat itulah altar tidak berisi mujizat Paus yang dikenal umat sebagai HOSTI EKARISTI.

Untuk apa menghasut? karena demikianlah ajaran Gereja Katolik.

EKARISTI ini BERBEDA dan BERTENTANGAN dengan INJIL KRISTUS.

Ekaristi adalah salah satu dari 7 Sakramen PAUS Apostolik, dimana fokus utamanya ada pada KUASA ILAHI PAUS (POTESTAS SACRA) dalam MENYELAMATKAN umatnya (umat katolik). Hal ini juga berlaku dalam Sakramen2 Paus Apostolik lainnya.

Gereja Katolik mengajarkan PAUS dan imam2 tahbisan Paus berkuasa membuat MUJIZAT ketika merapalkan kata-kata KONSEKRASI. Ketika merapalkan konsekrasi ini, roti yang dipegang seketika berubah menjadi daging yang bermanfaat MENYELAMATKAN umat yang menyantapnya.

Karena itulah, umat katolik sangat menggantungkan keselamatannya pada kuasa ilahi Paus, termaksud diantaranya dalam Sakramen Ekaristi ini.

Yang kamu sebut mantra itu adalah kata-kata “KONSEKRASI” yang diucapkan imam2 tahbisan PAUS untuk “merubah” roti menjadi daging dalam Sakramen Ekaristi.

Averill kayaknya juga gak pernah ikut Sakramen Kudus/ Sakramen Ekaristi ya?

Saya bisa memaklumi anda yang tidak pernah ikut Misa ;D

Makanya bro Averill tidak tahu Sakramen Ekaristi MENYANGKALI Tubuh Kristus di kayu salib dengan mengajarkan KUASA ILAHI PAUS dan imam2 tahbisan Paus yang menyelamatkan manusia.

Hal ini berarti Gereja Katolik mengajarkan umat katolik agar BERDOSA terhadap tubuh dan darah Kristus diatas kayu salib dalam SAKRAMEN EKARISTI.

Terima kasih untuk partisipasi kawan2

Mengenai Perjamuan Kudus baru akan dibahas pada bagian III. Sedang bagian I ini masih membahas mengenai siapa yang dimaksud Roti Hidup dalam Yohanes 6.

keberatan apa keberatan nih? ;D

Serharusnya MODERATOR sudah bisa menilai bahwa apa yang disampaikan oleh Jesuit Order/Alamak dan beberapa member lain mengenai ajaran-ajaran Katolik di Forum ini adalah sebuah kebohongan dan fitnah.

Tanpa perlu tahu secara mendalam akan ajaran Katolik pun, bahkan secara logika dengan mudah dinilai bahwa tidak mungkin ajaran-ajaran Katolik seperti itu.

Sangat jelas terlihat tulisan-tulisan Jesuit Order sangat-sangat memprovokasi & memancing hal-hal negatif dari member-member Katolik, apakah member-member seperti Jesuit Order akan dibiarkan merusak keharmonisan kekeristenan di forum ini?

Membiarkan perbuatan orang-orang seperti Jesuit Order, maka sama dengan membiarkan orang berbuat dosa.

Harapan saya MODERATOR mau lebih memperhatikan hal-hal seperti ini, karena merupakan tanggungjawab kita bersama untuk tidak membiarkan seseorang terus menerus berbuat dosa.

Salam.

Tradisi MEMFITNAH orang lain juga merupakan perbuatan dosa Shaw.

Sakramen EKARISTI merupakan ajaran Gereja Katolik, bukan FITNAH dan KEBOHONGAN seperti keterangan anda!

Kalau mau menipu umat katolik paling tidak pilihlah ajaran yang kurang populer, bukan SAKRAMEN EKARISTI yang umat paling awam pun tahu!

wah-wah… si jesuit tambah panas nih… padahal katolik bukan, ngerti juga ngga… :slight_smile:

Aneh aja masa ada ajaran Katolik :

  • Menyembah Maria

  • Keselamatan diperoleh dari Paus

  • Keselamatan diperoleh dari Maria

  • Katolik men-Tuhan-kan Paus

  • Katolik menyembah berhala

  • dll

Tulisan-tulisan seperti itu sangat-sangat mudah dicerna bahwa itu tidak benar, kalau benar ajaran Katolik seperti itu, maka Katolik sudah ditinggal oleh seluruh umatnya diseluruh dunia, karena umat-umat Katolik awam di dunia ini banyak yang jauh lebih pintar daripada orang-orang seperti Jesuit Order, dimana mereka mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Masa orang-orang kerjanya menulis seperti itu di forum ini dibiarkan terus menerus, apakah memang mau membiarkan perpecahan diantara semasa umat Kristus?

Dengan diisi oleh orang-orang seperti Jesuit Order, maka semakin hari FK menjadi Forum Kristen yang semakin tidak berkualitas, karena orang-orang yang mau berfikir & benar-benar mencari pembelajaran, maka satu-per satu akan meninggalkan forum-forum yang isinya hanya orang-orang yang hanya ingin memuaskan hasrat peribadinya.

[email protected]

Waduhh…saya sebenarnya tidak masuk nimbrung di tritt ini loh…!! Tapi jika ada pandangan sebagaimana yang anda sampaikan diatas dalam post anda ini di reply # 243 ini…??? apapun itu denom gerejanya…?? Ya pandangan seperti itu
pasti suatu kekeliruan yang disengaja alias…mengajarkan yang tidak semestinya dalam keimanan kristen achh…!!!
Dampaknya bagi orang awam ( nonK)…BAHWA PANDANGAN TSB YANG MEREKA ANGGAP SEBAGAI INFORMASI ATAU MASUKAN BAGI PENEGTAHUAN MEREKA TENTANG KEKRISTENAN…Padahal hal itu pandangan yang keliru dan salah…jika berbicara mengenai "KESELAMATAN DARI ALLAH YANG SIFATNYA ANUGRAH ".Bukan dari makhluk ciptaan Allah ( apapun idan siapapun itu orangnya yang berjabatan dan yang berkedudukannya dalam suatu otoritas ) yang ada didunia ini.

Masalah yang lain mengenai sembah-menyembah dalam menentukan objeknya adalah merupakan Doktrin…!!!
Apakah itu berdisa dan tidak berdosa…?? ya bagaimana doktrin itu diajarkan bukan…?? semuanya harus dipertanggung-jawabkan nanti oleh setiap individu di HADAPAN ALLAH SANG HAKIM AGUNG…TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Salam GBU

Memberi peringatan dan/atau sanksi tidak bisa menjadi solusi dalam jangka panjang.
Ini sudah pernah kami coba. Member yang dibanned masih bisa dengan mudah melakukan registrasi dan melanjutkan aksinya.
Saya sendiri berharap bahwa member Katolik meluruskan setiap kesalahpahaman yang dilontarkan oleh beberapa member tertentu. Saya percaya bahwa member Katolik di sini mampu menyatakan kebenaran ajaran Katolik tanpa campur tangan otoritas forum.
Dengan demikian solusinya bertahan dalam waktu yang lama karena fitnah-fitnah member tertentu tadi berhasil dipatahkan dan buktinya tersimpan di forum ini.

Salam

Saya setuju sekali dengan pendapat momod.

Kebenaran adalah kebenaran, sama seperti bila ya katakan ya, bila tidak katakan tidak. Kebenaran bukan didasarkan pada OTORITAS yang berkuasa sebagaimana sistim yang dianut oleh Gereja Katolik. Parahnya lagi, sekarang non katolik juga diusahakan menganut sistim yang sama.

Bukan memberi sanggahan atau argumen, malahan perwakilan GK melakukan ad hominem, memfitnah, menipu, black campaign, membujuk otoritas agar mengikuti kemauan mereka dsb.

Yang terakhir malah akun FB saya diblokir juga.

Paling tidak para pembaca sudah punya bayangan bagaimana nantinya jika “PERSATUAN/ OIKUMENE” yang tunduk pada “tuhan” dan nasib dari perintah Yesus.

Kasihan sekali nasib umat katolik dibawah pemerintahan mereka-mereka ini.

Ini berlaku juga untuk topik buatan member Katolik yang menentang Sola Scriptura dan ajaran Protestan lainnya. Member Protestan didorong untuk memberikan sanggahan tanpa membawa-bawa otoritas forum.

Salam

Sudah berkali-kali diluruskan koq, tapi kan dibengkokkan lagi? Apakah akhirnya moderator memposisikan diri menjadi sama dengan yang bengkok sehingga perlu minta pelurusan kembali sesuatu yang sebelumnya sudah diluruskan namun dibengkokkan lagi?

Bengkok itu yang seperti bagaimana Roderick? apakah karena saya menghimbau anda agar jangan terus menipu umat katolik maka saya dikatakan bengkok Roderick?

Bagaimana dengan penghapusan ayat Firman Tuhan atau kata-kata Yesus yang kamu lakukan? apa bukan bengkok itu namanya?

Yang anda kutip memang ajaran PAUS mengenai Ekaristi, yakni dengan MENGHAPUS kata-kata Yesus berikutnya yang berbunyi demikian:

[i]Mat 26:2 Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk DISALIBKAN.

26:21 Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan MENYERAHKAN Aku (untuk DISALIBKAN).

Mat 26:26. Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: “Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.”

Mat 26:27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
Mat 26:28. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan (KETIKA DI INQUISISI DAN DISALIBKAN ROMA) bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Luk 22, 1 Korintus 11 Perbuatlah ini menjadi PERINGATAN akan Aku.[/i]

Baik Matius 26, Lukas 22 maupun 1 Korintus 11 menceritakan peristiwa Perjamuan Terakhir yang SAMA.

Nah, yang kamu katakan itulah yang ajaran PAUS/ Gereja Katolik.

Ajaran Yesus yang DIHAPUS ketika mengatakan “Perbuatlah ini menjadi PERINGATAN akan Aku” yang anda sampaikan memang ajaran PAUS/ Gereja Katolik. Dan sekarang anda juga ikut menghapus juga kata-kata Yesus sebagaimana Tradisi Paus.

Sama juga dgn ajaran bahwa roti yang dikonsekrasi PAUS dan imam2nya bisa menjadi daging dan menebus dosa manusia yang anda sampaikan adalah ajaran PAUS/ GK.

Karena itu saya sarankan jangan mengganti ajaran PAUS seakan-akan hal itu diajarkan Yesus sambil menghapus kata-kata Yesus selanjutnya. Bukankah sudah saya nasihatkan kalau keadaan kamu mungkin jauh lebih baik tidak beragama, daripada beragama tapi menghujat Yesus.

Demi apakah saudara Roderick sampai tega menghapus kata-kata Yesus? demi menipu umat katolik kah? atau demi janji keselamatan yang diberikan agama anda?

Ada yang sudah, ada juga yang belum.
Yang harus diluruskan ialah yang masih bengkok.

Salam