Saat apa yang tertulis dalam Alkitab kalah sama Ajaran/Prinsip Pribadi

Keadaan dunia makin parah.
Banyak Prinsip Ajaran tidak lagi menyesuaikan diri dengan Alkitab, melainkan Alkitab yang harus menyesuaikan dengan prinsip pengajaran. Ini kelewatan. :’( :’( :’(

Ini contohnya:

Bahkan yang tertulis jelas kalah dengan apa yang ditafsirkan.

Gimana bisa menemukan kebenaran, bila pedoman kebenaran (Firman Tuhan/Alkitab) masih diperdebatkan?

Salam.

[email protected]

Sebetulnya…bukan karena faktor bahasa kita menjadi tidak kenal kepada Tuhan Yang Benar, yang mau kita kenal dalam pencarian kita sbg manusia.

Tidak ada bahasa Tuhan ( atau bahasa Sorga ), yang di perbuat / DIPERKENALKAN olleh Tuhan saat Tuhan mau berkomunikasi kepada manusia ciptaan-NYA.

TETAPI TUHAN MEMPERKENALKAN BAHASA PENGERTIAN ATAU BAHASA YANG DIMENGERTI OLEH MANUSIA SAAT TUHAN BERKOMUNIKASI OLEH MANUSIA…iTU dimulai dng KITAB TAURAT MUSA DAN KITAB NABI-NABI LAINNYA.

jADI SEGI BAHASA YANG DIGUNAKAN .SAAT AWALNYA ADALAH SEGI BAHASA YANG DAPAT DITANGKAB OLEH PIKIRAN MANUSIANYA SAAT ITU…yAITU BAHASA IBRANI yang di kuasai oleh Bangsa ISREL ( SBG BAHSA IBU PERTIWINYA ).

Sesuai dng perkembangan zaman, maka ada perobahan pula dalam cara berpikir manusianya yang semakin berkembang…Namun Tuhan punya rencana dari dahulu kala dimana semua bangsa di cerai beraikan oleh Tuhan karena dalam hal berbahasa bukan…?? Sehinga setiap bangsa mempnyai bahasanya masing masing. Dan itu tidak menutup kemungkinan manusia mempunya pandangan sendiri-sendiri terhadap suatau masalah yang berkaitan dng bahasa itu sendiri.
Jadi tidak mengherankan implikasinya nyata dan suatu realita dalam dunia Kekristenan kita, Dimana Alkitab ditulis dalam segala Bahasa yang ada didunia ini. Akhirnya apakah setiap bahasa didunia ini mempunyai kapasitas dan kompetensi yang sama dalam mengusung / menakomodir semua informasi tulisan dalam Alkitab…???
Ya…berpulang lagi pada kekayaan kultur dan budaya suatau bangsa bukan…dalam hal kemampuan berbahasanya…??. Dan itu suatu hal yang wajar dan realita yang kita hadapi di dunia ini.

Kalau ada orang kristen yang tidak mempunyai pengetahuan bahasa inggris…?? ya janganlah membaca Alkitab yang berbahasa inggris dong achh…!! Kenapa harus memaksakan diri disitu…?? Ya bacalah Alkitab yang berbahasa Indonesia dong achh…( sperti saya ini ). Tapi apakah disiu lantas kita dapat memponis manusia yang mampu berbahasa inggris lebih rohani dan cerdas dalam dirinya SECARA ASPEK SPIRITUALITASNYA…?? jika dibandingkan dng yang hanya bisa berbahasa indonesia…??? HEEHEHEHEHHEHE…Ga brani saya berspekulasi disitu…loh…!!

Kalau saya korelasikan pandangan saya diatas dng judul tritt ini :

“” Saat apa yang tertulis dalam Alkitab kalah sama Ajaran/Prinsip Pribadi “”"…??? Sepertinya tidak ada tuh yang namanya …soal kalah dan menang disitu…loh…!!!
Jika itu yang menjadi pendapat [email protected] hans 188…?? nBerarti broo @hans belum meemahami dng sepenuhnya apa yng dimaksud Alkitab… Karena sebetulnya kita saat membaca Alkitab bukannya kita mencari pengertiannya di situ ayat demi ayat…Karena jika demikian kita menganggap hilangnya peran Roh Kudus dalma diri kita.

Seharausnya saat kita membaca Alkitab , maka kita berdoa supaya ROH KUDUS dapat membimbing dan membantu kita dalam kita membaca tsb, sehingga nantinya Alkitablah yang memberi pengertian kepada kita tsb. Jadi bukan lantas dikatakan kita salah tafsir atau kok…tafsirannya aneh sih…?? Atau wahh…itu TAFSIRAN PRIBADI TUH…!!!
wAHH ITU aJARAN / pRINSIP PRIBADI TUH…!! HEHEHEHHE

jIKA ADA YANG BERPANDANGAN SEPERTI ITU >>> menurut saya sih …ya orang itu tidak / belum mengerti dngan benar
bagaimana seharus nya prinsip orang membaca Alkitab bukan…?? ( seprti yng saya jelaskan diatas )
Jika sudah mengenal prinsip yangsaya ketakan tsb…
Maka kita akan sadar bahwa sesuai apa yang diajrkan oleh Alkitab, bahwa setiap orang di karuniai Talenta oleh TYK dan diberi kuasa atas talenta tsb…sehingga dapat kita sadari bersama pula bahwa hikmat seseorang dan hikmat hari lepas hari pada diri setiap orang akan berbeda adanya…Semuanya saling melengkapi dan isi mengisi.

Jika semua hikmat orang sama…?? hehehheh…YAAHHH…ENDAK ASYIK LAGILAH DUNIA INI BUKAN…??
Kita semua mengetahui bahwa Tuhan berkarya selalu kontradiktif bukan…?? ada terang ada gelam…ada pria ada wanita…dst…dst…

SALAM GBU

Seharusnya kita menarik pengajaan dari apa yang tertulis di dalam Alkitab, bukan?
Bukan sebaliknya memasukan pengajaran kita ke dalam Alkitab.

Tapi inilah kenyataan banyak yang terjadi seperti demikian.
Tidak ada di dalam Alkitab, namun dibuat seakan-akan alkitab kurang lengkap dan diarahkan pada ajarannya.

Ada waktunya Firman Kebenaran Tuhan kalah populer dibandingkan dongeng.

2 Timotius 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. 4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 4:5 Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Salam.

jangankan Sebuah alkitab, Triliunan alkitabpun tidak akan bisa memuat seluruh Firman Allah (murni) kalu ingin dituliskan semuanya, Sedangakan Yang ada Tertulis dalam alkitab pun bukan hanya Firman allah saja tetapi juga pikiran manusia tokoh tokoh alkitab yang sudah tercemar dengan kepercayaan /aturan/adat istiadat /budaya bangsa lain
maka:
lTIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB

Tuhan yesus memberkati
Han

Shalom,

Mana humornya Bro Hanhalim?

Kej 2:16,17
16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Kej 3:1-4
1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”
2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.”

4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati,
5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Allah berkata manusia akan berdosa bila melanggar perintah-Nya, dan karenanya manusia akan MORTAL (tdk ada bagian dari manusia yg tetap hidup bila mati) hingga dibakakan (yg beriman).

Tetapi setan berkata manusia tidak akan mati meski sudah mati (ada bagian dari manusia yg tetap hidup, seperti ajaran filsuf Yunani Kafir, khususnya Plato, yg berkata roh tidak bisa mati).

"Inilah penipuan yg pertama kali dialami manusia dari setan. Inilah pembangkangan atau perlawanan setan pertama kali kepada Allah di hadapan (melibatkan) manusia. Penipuan, pembangkangan dan perlawanan setan ini berlanjut terus hingga ia (setan) dibinasakan.

Lima kitab paling awal di Alkitab (kitab Kejadian ini dan juga kitab Ayub yg berisi Ayub 27:3) ditulis Musa (kecuali dua loh batu yg berisi sepuluh hukum, hukum moral Allah, standar moral orang Kristen) ditulis ribuan tahun setelah peristiwa pembangkanan setan itu, oleh ilham Allah.


Nah, apakah PERKATAAN setan ini menjadikan yg dilihamkan Allah kepada Musa itu menjadi bukan FIRMAN ALLAH?

Baca kembali, kisah YESUS di padang gurun setelah 40 hari berpuasa. Setan tiga kali merujuk kitab suci dalam menyampaikan keinginannya yg jahat kepada YESUS melalui perkataan “ada tertulis”. YESUS membalas dengan berkata "ada tertulis (Mat 4).

Setelah kegagalan setan untuk mempengaruhi YESUS untuk menyembahnya, setan tahu bahwa orang Kristen tak mungkin terang2an dimintanya menyembah dirinya. Mat 4:10 itu yg menandaskan bahwa hanya Allah yg disembah (yg dulangi lagi dikatakan oleh YESUS dalam kitab Wahyu: Why 4:11;14:7).

Karena itu setan juga tahu tak mungkin mengalihkan seluruh perhatian orang Kristen kepadanya. Maka, karena eksklusifivitas Allah dan kesegenapan hati kpd Allah (Mat 22:37, Ul 6:5), bagi setan, cukup menambah alamat penyembahan/penghormatan dan atau membagi sebagian perhatian kdp yg lain sebelum kepada Allah, sudah lebih dari cukup.


Nah, apakah PERNYATAAN ttg perbuatan jahat setan itu yg ditulis oleh penulis kitab Matius itu menjadikan itu bukan Firman Allah? Apakah PERKATAAN setan itu menjadikan yg dilihamkan Allah kpd penulis kitab Matius itu bukan FIRMAN ALLAH?

Yes, kita tidak tahu persis berapa banyak kitab untuk bisa memuat tulisan ttg tanda yg dibuat YESUS (Yoh 20:30) dan apa diperbuat oleh YESUS (Yoh 21:25), yang kita tahu adalah banyak hingga dunia (bumi) ini tak dapat memuat. Mungkin perlu satu planet lagi untuk bisa memuat kalau ditulis semua perbuatan YESUS.

Namun cermati, yang dikatakan oleh nas itu yg tidak ditulis adalah tanda yg dibuat YESUS (Yoh 20:30) dan yang diperbuat oleh YESUS (Yoh 21:25). Jadi bukan tentang yg lain yg tidak ditulis.

Seluruh pokok2 iman orang Kristen telah disampaikan kepada manusia. Dalam perkataan YESUS dalam Luk 16:16, itu ditunjukkan. Dalam Yoh 5:46,47 juga YESUS menunjuk ttg diri-Nya. Yang dikatakan Paulus masih lisan ketika menulis kitab 1 Tesalonika (yg paling awal ditulis, jadi yg disampaikan para rasul kpd orang Kristen selama belasan tahun sejak sepeninggalan YESUS, masih lisan) telah dicakup dlm tulisan2 berikutnya dari para rasul (mulai dari kitab 2 Tes hingga kitab terakhir, kitab Wahyu yg ditulis Yohanes).


Jadi oleh karena tidak semua tanda2 dan perbuatan YESUS itu tidak muat dalam Alkitab, akankah Allah ceroboh menyianyiakan space Alkitab memuat yg bukan FIRMAN ALLAH dalam Alkitab? Lebih dari itu, akankah Allah akan menyia-nyiakan kapasitas internal memory, external memory device, virtual memory, central processing unit, retrieval device dan output/input device otak dan pemikiran manusia yg terbatas itu dgn yg bukan FIRMAN ALLAH?

Allah tdk meminta penulis kitab Injil utk menuliskan semua tanda dan hal yg dibuat YESUS, tdk menjadikan tdk lengkap pokok2 iman orang Kristen dlm Alkitab.

Allah tidak mengilhamkan semua tanda dan yang dibuat YESUS untuk ditulis para penulis Alkitab, tetapi Allah juga menjaga agar di dalam Alkitab tidak sampai ada yg bukan FIRMAN ALLAH.

Itu sebabnya, kita takjub kepada keajaiban karya agung ROH KUDUS sehingga kitab2 apokripa tidak menjadi bagian dari Alkitab dan menuntun umat-Nya kepada seluruh kebenaran (Yoh 16:13) melalui kitab yg diilhamkan (2 Tim 3:15-17).

Kita bersukacita seluruh pokok2 iman telah disediakan Allah dalam Alkitab, sebagai standar utk menguji apa yg tidak terdapat di dalam Alkitab, termasuk menguji penjelasan2 atas pokok2 iman di dalam Alkitab. Tidak ada lagi pokok iman yg tidak terdapat di dalam Alkitab.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Contohnya… Perayaan 25 desember sebagai hari Natal (Kelahiran Tuhan Yesus).

Thanks untuk uraiannya yang panjang , tetapi dalam menjawab saya copas sepotong potong supaya jelas arahnya
thanks

didalam ayat ayat diatas ada perkataan Iblis seperti :"Sekali-kali kamu tidak akan mati,
tentunya ini bukan lah firman Allah :karena Firman Allah adalah kebenaran belaka , sedangkan perkataan iblis adalah kebohongan belaka maka tidak layak disebut firman allah

Mengenai mengenai apakah ada bagian yang hidup setelah kematian itu hanya bisa di imanisaja kaerena belum di alami , akan tetapi suatuhal yang pasti adalah percaya akan perkataan yesus (walaupun sudah mati akan tetap hidup ") yang berarti ada bagian yang kekal dari manusia
Dan yang masih menjadi kontradiksi adalah apakah roh manusia yang jahat dan tidak percaya yesus akan mati di api neraka atau akan mengalami siksa kekal ??

Yes tanda tanda yang dimuat yesus saja sudah tidak cukup untuk dimuat dalam banyak kitab , apalagi kalau ditambah Firman Allah yang lainnya

Tapi untuk menjelaskannya saya Copy lagi bagian kedua dari pernyataab saya " Tidak seluruh Firman Allah Tertulis dalam alkitab " ini mempunyai arti bahwa Ada Firman Allah yang tidak tertulis dalam alkitab "
apakah Anda setuju ???
Atau anda punya pendapat bahwa semua firman Allah telah tertulis dalam Alkitab ??
ini pertanyaan saya sebelum saja menjelaskan lebih lanjut

Allah memang Tidak ceroboh tapi penulisnya yang ceroboh

allah meng ilhamkan alkitab untuk ditulis dan bukan meng ilhamkan seluruh Isinya ada bagian bagian isi alkitab misalnya kitab kejadian dituis musa dari bahan bahan yang ditulis orang sebelumnya ataupun cerita lisan dari mulut ke mulut (cerita lisan inilah yang perlu diragukan karena kita semua tahu bahwa cerita lisan sering bertambah bumbu

Tuhan Yesus memberkati
Han

Shalom,

Apakah yg diilhamkan Allah kpd Musa utk dituliskan Musa bhw setan mengatakan perkataan bohong/tipuan bukan kebenaran?

Perkataan YESUS harus kita imani. Demikian juga perkataan YESUS menciptakan manusia (Yoh 1:1-3) bhw tdk ada roh/jiwa yg bisa hidup tanpa tubuh yg dihembuskan melalui hidung tubuh debu tanah. Perkataan YESUS kemudian dlm Yoh 11:25 menyatakan bhw manusia yg mati AKAN hidup pada akhir zaman (Yoh 6:40,44,54) pada saat kedatangan YESUS ke2x (1 Kor 15, 1 Tes 4:13-17).

Yoh 11:25 Jawab YESUS: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,”

Yoh 20:30 dan Yoh 21:25 adalah ttg ada tanda2 dan perbuatan YESUS yg tdk ditulis. Nas itu tdk berbicara ada ttg hal lain yg menurut Allah perlu dituliskan yg tdk dituliskan. Maka tanpa landasan Alkitab mengatakan ada Firman Allah yg hrs dituliskan menurut kehendak Allah tetapi tidak dituliskan adalah spekulatif.

Apakah Allah membiarkan penulis Alkitab ceroboh sehingga yang sampai kpd manusia umat-Nya adalah yg ceroboh?

Ya, yg lisan2 sangat riskan dgn penambahan2. Namun, pengilhaman oleh Allah ialah apapun yg telah dituliskan adalah yg diilhamkan Allah. Kejadian2 dan penyampaian2 secara lisan mulai dari Adam hingga ke Musa yg menurut Allah perlu dituliskan, itulah yg dituliskan sipenulis dengan bimbingan ilham Allah. Jadi tidak mungkin dikotori oleh yg tidak dikehendaki Allah utk dituliskan (2 Tim 3:15-17).

Allah tdk akan tidak mengilhamkan apa yg dikehendakinya utk dituliskan kpd umat-Nya (2 Tim 3:15-17). Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Bro percaya bhw Alkitab diilhamkan Allah (2 Tim 3:15-17)?

Jika memang Bro tidak percaya akan hal itu (Alkitab diilhamkan oleh Allah), kita harus menset ulang dari awal diskusi kita, seperti berdiskusi dgn yg tidak percaya Alkitab. Apakah harus demikian?

Untuk memperjelas, tampaknya beberapa bagian dari post saya perlu dibaca ulang.

Oh ya, mengenai yang mati dalam kejahatan kita bicarakan kemudian. Sbg pendahuluan, Bro bisa baca dlm Why 20:5.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Tidak ada di dalam Alkitab.

saya mengerti maksud anda, bahwa setan mengatakan perkatan bohong itu suatu kebenaran, tetapi kiranya juga anda memahami maksud saya bahwa perkataan bohong itu bukanlah firman Allah, sebab jika perkataan bohong itu disebut juga firman allah, maka berapa banyak orang yang tertipu ,karena menurut "Firman allah " kalau semua yang tertulis disebut Firman Allah.
Kita tahu yesus sebdiri cuma mengatakan beberapa hal saja yang disebut “Firman” selebihnya disebut "Ada tertulis " (karena memang tertulis)

Saya setuju bahwa perkataan Yesus harus di percayai dan di imani, dan perkataan Yesus adalah Benar benar Firman allah karena memang keluar dari mulut sang Firman yang notabene adalah Allah takala penciptaan dan menjadi Allah kembali setelah kurub waktu 30 tahun.

Oleh sebab itu saya lebih percaya bahwa Roh manusia yang percaya tetap hidup walaupun sudah mati , dan Roh itu masih bisa komunikasi dengan sesama roh maupun dengan Tuhan (masih bisa berdoa dan diinjili)
Yang masuk tempat yang panas aja masih bisa komunikasi dan mikir apalagi yang baik baik/benar dekat dengan Tuhan

Didalam Alkitab , baik di kitab suci sejarah (PL) maupun didalam PB banyak terjadi "Seakan akan Pembiaran "
Contoh : Tuhan melarang manusia Adam dan Hawa untuk makan buah terlarang (tapi Tuhan membiarkan manusia hawa untuk memakannya (tidak buru buru merampas dan memusnahkan buah yang telah di petik hawa
Didalam PB tuhan tahu bahwa iblis akan menyesatkan banyak orang tetapi iblis dibiarkan saja untuk menyesatkan sampai Tuhan sendiri menyangsikan "Masih adakah Iman dibumi ini tatkala kedatangannya ?
Didalam Pl musa sendiri telah memasukan jalan pikirannya kedalam alkitab : "Tuhan Ber ichtiar untuk membunuh musa"padahal itu suatu prasangka buruk dari musa, dan terlalu meninggikan diri atau merendahkan tuhan yang mahakuasa sehingga harus berichtiar (yang konotasinya susah payah ) dalam membunuh musa , padahal kalu memang Tuhan mau pastilah akan terjadi tanpa harus susah payah.
didalam Bab lain dalam PL ada pemikiran yakub bahwa tuhan mau berdiam di batu tugu, seperti Allah lain dalam patung

Demikian , semoga bisa dimengerti bagian pertama dari signature saya TIDAK SEMUA ISI (NAS) ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH

saya percaya bahwa alkitab Harus ditulis Adalah ide (ilham alah) tetapi bukanlah isinya karena isinya terdapat juga hasil pemikiran tokoh tokohya yang sudah terpengaruh lingkungan
bagian dari alkitab yang benar benar isinya di ilhamkan Alah didalam PL tidak semuanya, demikian pula dengan yang diperintahkan untuk ditulis, yang selebihnya adalah berupa silsilah/ pendapat Tokoh ,/ dan Puisi,/ nasehat ataupun /cerita kehidupan tokoh tokoh alkitab/ berdasar pengalaman DLSB,

Tuhan Yesus Memberkati
Han

Yang tidak tertulis di Alkitab, bukan berarti bertentangan…

Tapi kalau jelas-jelas melawan apa yang ada di dalam Alkitab, mungkin itu baru bertentangan …

Itu yang saya maksud.

Saat apa yang tertulis dalam Alkitab kalah sama Ajaran/Prinsip Pribadi. Maka yang benar seharusnya ajaran Alkitab.

Shalom,

Tampaknya, sebelum lanjut, saya perlu bertanya Bro.

Siapa yg mengatakan perkataan bohong setan itu kpd Musa untuk dituliskan oleh Musa? Siapakah yg menyuruh hal2 yg dituliskan dalam Alkitab utk dituliskan oleh penulisnya?

Siapakah yg menyuruh perkataan Yesus yg menyebut “Firman” dan “ada tertulis” itu untuk dituliskan oleh penulisnya?

Apakah menurut Bro ada perbedaan perkataan Allah saat penciptaan dan pd saat 2000 tahun lalu?
Perkataan Yesus pd Yoh 11:25 itu jelas dikatakan “akan hidup walau sudah mati”. Jadi tidak ada perbedaan.
Tidak ada roh manusia yg ada adalah nafas hidup. Yang lain yg ada adalah jiwa dan itu adalah manusia itu sendiri. PB banyak sekali menunjukkan bahwa jiwa adalah manusia itu sendiri.

Pembiaran? Allah mengaruniakan kehendak bebas atau kuasa memilih kpd manusia. Kesempurnaan manusia terletak pada kuasa memilih ini. Tanpa kuasa memilih manusia hanyalah seperti robot.

Tentang Musa. Siapakah yg menyuruh Musa menuliskan ttg dirinya itu dan ttg Yakub?

Hasil pemikiran penulis Alkitab? Barangkali Bro perlu merenungkan apakah dalam menuliskan apa yg dituliskan para penulis Alkitab adalah berdasarkan hasil pemikirannya. Siapakah yg menyuruh penulis menuliskan silsilah, Puisi, nasehat ataupun, cerita kehidupan tokoh tokoh, dsb.

Bro mengkhawatirkan bila semua isi Alkitab dikatakan Firman Allah. Nah, apa pula yg akan terjadi bila Bro berkata di dalam Alkitab ada yg bukan Firman Allah, jadi Firman siapa lagi yg ada dalam Alkitab selain Firman Allah?

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Tidak ada yang menyuruh musa untuk menuliskan perkataan setan (kalau ada coba tunjukan ayatnya)
, kisah kejadian pun musa dapatkan sebagian dari cerita mulut kemulut (LISAN ) lihat sejarah

yang tuhan suruh musa untuk menuliskan adalah hukum hukumnya (taurat)

yesus saja tidak gegabah dengan menyebut seluruh nas kitab lama sebagai firman Allah , tetapi menyebutnya sebagai Firman (perkataan raja juga sering disebut firman pada zaman itu ) dan lebih sering yesus mengatakan ayat dalam kitabsuci dengan kata “Ada tertulis” bukan dengan kata"Demikian Firman Allah "

Kita harus lebih percaya pada perkataan Yesus sendiri yang adalah sang Firman Allahitu sendiri .daripada kita mempercayai perkataan tokoh tokoh alkitab laiinnya yang “Diangkat Levelnya” oleh HT menjadi “Firman Allah”

cuma beda tipis istilah saja antara “pembiaran” dan "pemberian kehendak bebas’ ’ jadi kalau mau dikatakan dengan istilah anda (pemberian kehendak bebas ) tuhan memberikan kehendak bebas kepada musa untuk memasukan jalan pikiran tokoh alkitab dan juga ucapan setan untuk ikut dimasukan kedalam kitab suci (padahal yang tuhan suruh hanya hukum hukumnya saja )

jadi tidak ada suruhan tuhan untuk menullis puisi puisi kedalam alkitab

dalam alkitab PL: ada firman raja , ada perkatan setan dan ada pemikiran tokoh dan ada silsilah
Firman allah itu esensinya harus ditaati,
kalau perkataan setan juga disebut firman Allah apa firman allah yang ini juga harus ditaati ??
Demikian, semoga bermanfaat.

Tuhan Jesus memberkati
han

Saat apa yang tertulis dalam Alkitab kalah sama Ajaran/Prinsip Pribadi
saya tertarik dengan judulnya.

well, saya percaya tidak ada Alkitab yg punya tangan dan bisa menulis. di forum ini pun bukan Tuhan, malaikat, atau Alkitab yg menulis. semuanya pribadi manusia.

semua pribadi manusia disini membaca, merenungkan, menafsirkan dari ayat2 paralel, membaca/mendengar pendapat manusia lain, itulah yg kemudian dipost disini. itulah yg kemudian “diperjuangkan” disini dengan dukungan keyboard dan koneksi internet.

ada yg penafsiran secara literal satu ayat saja, ada yg dengan referensi ke ayat2 lain, ada yg juga melihat ke catatan sejarah, pendapat Church Fathers, kajian linguistik, dst dsbnya…tapi tetap…

semua yg menulis disini adalah manusia dengan pikirannya masing2. bukan Alkitab yg punya tangan, malaikat, ataupun Tuhan.

saya Catman.

Setuju sama Om Catman…
Lagian Cuma Tuhan sendiri yg dapat menafsirkan isi Alkitab dengan tepat dan sempurna…
Murid2 Tuhan aja sering tuh ga ngerti maksud dari yang difirmankan Tuhan apalagi kitaaa :ashamed0004:

Shalom,

Saya ajukan pertanyaan pendek sajalah dulu ya Bro.

“Selain Firman Allah, firman siapakah yg ada di dalam Alkitab?”

Tinggal sebut saja Bro.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

selain rirman Allah ada juga firman Baginda (RAJA)
berikut foto dari ayat alkitab DANIEL 6:13 yang difoto dari Alkitab PERJANJIAN LAMA terbitan LAI Tahun 1960 (perjanjian lama sudah Usang )


Shalom,

Membaca ceritanya dari awal secara lengkap itu adalah larangan Raja yang tidak diindahkan Daniel.

Maka, jika ada yang bukan firman Allah dalam Alkitab, firman siapa sajakah yang ada dalam Alkitab?

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Syallom…,pertanyaan bro roderick kok nga ada yang jawab yah? :slight_smile: mungkin jawabannya di ayat sebelumnya ;

50:15 Bertempiksoraklah menyerangnya dari segala pihak! Dia sudah menyerah, tonggak-tonggaknya sudah rebah, pagar-pagarnya sudah runtuh! Sungguh, itulah pembalasan TUHAN! Laksanakanlah pembalasan terhadapnya, lakukanlah kepadanya seperti yang dilakukannya sendiri!

Jangan di campur aduk dong bro… :), pembalasan kan ada dipihak Tuhan, nanti yang baru belajar kaget loh…!

GBU!