Saat Yesus wafat, kemanakah Roh Yesus?

Saat Yesus wafat, kemanakah Roh Yesus?

a. Firdaus

Lukas 23
23:43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

b. Neraka / kerajaan maut

I Petrus 3
3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Manakah yang benar? :wink:

Salam

hmh … pertanyaan menjebak,
Menurut saya ke duanya adalah benar namanya juga adalah Roh Allah, bisa ada dimana mana.

kemana mana bisa…Krn Dia Allah

apakah kalau Yesus menginjil ke dunia roh , lalu disurga menjadi kosong ga ada yg jaga gawang?
aah , yang benar aja bro , ini adalah salah satu topik kegemaran saudara muslim , mempertanyakan kalo Yesus adalah Allah dan sedang berkarya di dunia , lalu di surga kosong dong?

lalu apakah Petrus ketika menulis ayat itu dalam keadaan mabok?
justru saya yakin , Petrus ketika menulis ayat itu penuh dengan Allah Roh Kudus.

karena kalo anda tidak percaya bahwa TY turun kekerajaan maut , itu akan menabrak sola scriptura , dan sebagai calvinis , anda akan di katakan sesat :smiley:

Bukannya Tuhan Alah itu sifatnya omnipresent ???

kalau ada niat untuk mencari tau cara kerja Tuhan sesungguhnya baik… itu tanda kita masih ingat Tuhan ;D ;D

tapi jangan ukur keluasan Tuhan dengan otak kita yang hanya sejengkal… jangankan memikirkan keluasan Tuhan… menyelidiki ciptaannya aja kita ga pernah usai (cth. adakah kita bisa menyelami hakekat api? dia benda hidup ato mati?? dia bisa makan tapi… ntahlah atau adakah yang bisa mengukur dimana batas langit??)

kesimpulannya Tuhan bisa saja mendatangi dan mengerjakan apapun secara bersamaan bahkan lebih dari yang anda tanyakan… Tuhan adalah Tuhan jangan sejajarkan dengan cara kerja manusia dengan menanyakan…"lalu sorga kosong??? kalau begitu siapa yang disertai Tuhan, siapa yang tidak di bimi ini?? toh manusia Juataaan…

thanks smoga bermanfaat

:afro:

Benar sekali, manusia yang terbatas sibuk menyelidiki pekerjaan Tuhan yang tak terbatas.
Memang sih tidak salah, hanya saja carilah yang sungguh dapat membangun dan mengenal kehendak Tuhan.
Jangan menyia2kan potensi yang ada dengan hal2 demikian.
Karena bro kita itu memmpunyai potensi yang sangat baik. :cheesy:

Pd dasarnya Yesus itu Allah.
Artinya, Yesus Kristus bisa berada dimana saja pd waktu bersamaan.

Jd sbnrnya ga ada masalah dimana Dia berada pd pasca kematian pra kbangkitanNya.

Namun, walau Ia bisa berada di masa saja, saya pribadi bpendapat pd skian waktu pasca kmatian pra kbangkitan, Yesus memfokuskan pekerjaanNya di alam maut.

Namun, walau Ia bisa berada di masa saja, saya pribadi bpendapat pd skian waktu pasca kmatian pra kbangkitan, YESUS memfokuskan pekerjaanNya di alam maut.

karena ini adalah jawaban guru saya , maka jawaban ini saya anggap sudah final :afro:

Aduh, Anda sentimen berat nih sama saya padahal saya mengajukan pertanyaan ini bukan untuk menyatakan ketidak-percayaan saya…^0^
Jika memang benar untuk menjatuhkan tentu saya tidak akan menyertakan ke-2 ayat tersebut…^0^
Saya yakin Anda terperosok dan jadi bulan-bulanan…^0^

Salam

NB: Saya tidak mengatakan surga kosong saat Yesus menjadi manusia ataupun Roh Yesus saat ke penjara…^0^

Bagaimana kalau saya ganti pertanyaan:
Mana yang lebih dahulu, ke Firdaus bersama roh penjahat sebelah kanan Yesus atau pergi menginjili roh2 yang ada di penjara? Ataukah aktivitas ini dilakukan secara bersamaan?

Yohanes
20:17 Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Salam

Kalau kita percaya bahwa YESUS Maha Hadir, Ada di mana-mana, tidak takluk kepada tempat dan waktu maka pertanyaan seperti itu tidak timbul. Bagi saya Yesus ada di Firdaus dan pada waktu yang sama ada di ‘penjara’. Sama halnya waktu Firman/Anak Allah (Yoh 1:1-3) itu menjadi manusia (Yoh 1:14) bukankah Dia ada dipangkuan Bapa di sorga pada saat yg sama (Yoh 1:18)? Ada yg mau komentar?

Karena bro Yoh 20:17, menyatakan Yesus belum pergi kepada Bapa…^0^
Atau Firdaus bukan tempat kediaman Bapa?

Salam

Bapa di mana? Di sorga? Kalau kita percaya Bapa di sorga bermakna Bapa tidak maha hadir, tidak maha ada sebaliknya takluk kepada tempat dan waktu. Apakah tidak mungkin YESUS sedang menggunakan bahasa yg mudah dipahami kita? Maybe I am wrong, ada yg mau bantu?

Saya justru tidak mengerti ayat ini, makanya bertanya…^0^
Sebab YESUS sungguh serius melarang Maria Magdalena menyentuhNya karena Ia belum ke tempat Bapa…^0^
Sedangkan pada Thomas, YESUS mengijinkan Thomas yang ragu untuk menyentuhNya…^-^

Salam

Aduh, Anda sentimen berat nih sama saya padahal saya mengajukan pertanyaan ini bukan untuk menyatakan ketidak-percayaan saya....^0^

tidak bro , sama sekali tidak , sueeer deh , saya sama sekali tidak sentimen.

itu cuma cara menulis aja , supaya lebih menarik :cheesy: (model penulis gagal :D)

kalau disederhanakan , saya cuma mau bilang , bahwa Allah maha hadir.

ketika dia menginjil ke penjara , Dia juga ada di firdaus , Dia juga ada di mana2.

Tuhan memberkati :tongue:

Syukurlah jika tidak demikian…^0^
Soalnya saya tidak terbiasa dengan gaya menulis Anda…^-^

Salam

Soalnya saya tidak terbiasa dengan gaya menulis Anda....^-^

Salam

mulai dari sekarang , harus di biasakan :afro:

salam juga

Keraguan tidak akan timbul apabila kita percaya Yesus maha hadir. Sifat maha hadir bermaksud ada di mana2, tidak terikat oleh ruang dan waktu. Yesus bisa ada di bumi dan pada saat yg sama di sorga bahkan di mana-mana.

Tentu saya percaya itu, lalu bagaimana menjelaskan arti perkataan Yesus dalam Yoh 20:17?

Salam