Sah tidak yah @Katolik view? pernikahan Katolik & Protestan terjadi?

Seperti judul Topik…
Pernikahan Laki laki protestan, dengan perempuan Katolik, dimana masing masing mempertahankan agamanya… dimana yg Katolik tidak pindah ke Protestan, dan Yg protestan tidak pindah ke katolik?

jadi mereka berdua tinggal serumah… dan mempunyai anak…

DISEBUT SAH TIDAK DARI KATOLIK VIEW?

sperti salah satu member kita di fk ini…

saya hanya bertanya… monggo dijawab… :slight_smile:

sementara ada saya baca di forum sebelah…

katanya kalau katolik murtad ke Protestan… berarti yang pindah ini murtad ke Protestan… berpikir kalau Protestanlah yang memberi keselamatan…
Lebih baik tidak menikah katanya, Karena bila setelah diperhitungkan… bahwa berapa jiwa yang telah TERSESATKAN??

  1. orang yang murtad pindah ke Protestan.
  2. anak anak yang tidak mau dididik scara katolik, juga akan tersesat.
    http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=5695&postdays=0&postorder=asc&start=0
    betulkah itu?

saya hanya bertanya …

salam…

orang Protestan juga menyembah Tuhan Yesus,jd klo ada orang Katolik yg bilang Protestan sesat maka sama aja dgn bilang klo Tuhannya sendiri juga … (Katolik nyembah Yesus Kristus sbg Tuhan juga kan) ??

betul bro… saya juga beranggapan sperti itu…
saya juga selama ini menganggap katolik sebagai sodara seiman… dalam Yesus Kristus sebgai batu penjuru…

i wonder why…?

mungkin ini juga yang membuat antara katolik disini, susah nyambungnya dengan yang non katolik… sebab scara garis besarnya juga udah beda…

mudah2an tidak sperti itu…

Saya rasa kalau masalah orang memilih protestan atau katolik itu hak pribadi, namun kalau dikatakan se iman atau satu iman itu kurang tepat.

Karena se iman berarti sama2 mengimani ajaran yang sama, sedang buktinya alkitabnya saja lain, sepuluh perintah Allah dalam kitab vulgata lain dengan sepuluh perintah Allah dalam kitab suci protestan,

Mengenai ajaran keselamatan juga lain, katolik percaya keselamatan didapat dengan iman dan perbuatan. sedang protestan percaya keselamatan hanya dengan iman.

Katolik percaya ada api penyucian sedang protestan tidak mengimani api penyucian, bagaimana ini bisa dikatakan se/satu iman sedang yang diimani berbeda.

Hati hati dlm berkata kata.
Yang bro/sist paparkan saya yakin blm mewakili suara sluruh umat denom masing2.

kl menurut saya pribadi : ya sah2 aja. Soalnya saya katolik, istri Protestan, kalo minggu saya gereja katolik + siangnya menemani istri kebaktian di gereja protestan, sm istri juga suka menemani sy ke gereja Katolik.

Soal iman sama saja toh kepada Allah Tritunggal, beda doktrin tidak masalah toh yang penting untuk dilihat adalah Tuhan bukan doktrin gereja betul ga.

Kl anak mau jadi Protestan atau Katolik tidak masalah toh, yang penting beriman kepada Allah (ya cari simplenya aja d hehehe)

baik, trima kasih… boleh anda menjelaskan pertanyaan saya berikutnya? dibawah ini…

sbab sama sperti anda katolik, jawaban anda dengan beliau sangat berbeda…

Kl mengatakan pindah dari katolik ke protestan atau sebaliknya itu murtad atau tersesat alasannya apa?siapa yg menilai sesat atau murtad itu? Selama yg diimani tetap Allah Tritunggal maha kudus maka tidak ada yg sesat atau murtad, mgkn murtad terhadap ajaran gerejanya (btw info aja baik Katolik atau Protestan rootnya sama tp pecah krn interpretasi yg berbeda2 mengenai tafsir alkitab shg doktrinnya jd macem2)

Kl gt mana yg lebih penting Tuhan atau doktrin manusia mengenai Tuhan? Bukankah selama kita percaya sm Tuhan dan menerima Yesus sebagai juru selamat maka kita sudah menjadi anak2 Allah, selanjutnya kita harus berusaha untuk berbuat kasih dan melepaskan keterikatan kita terhadap dosa. Buat sy itu yg pntg.

Kl kamu mau nikah sm Katolik ya nikah aja kl emang dari Tuhan pst baik kok. Jgn ragu gereja bukan penentu, tp Tuhanlah yg terpenting.

jika anda mengajak saya scara logika, bahwa sperti postingan saya sebelumnya… walau beda, tetap satu dalam Kristus sebgai batu penjuru…

saya copy pastekan di sini, pernyataan salah satu sumber disana…

Saya merasa bhw dgn memberikan saran utk menikah scr Protestan [b]berarti mengakui bhw Protestan membawa keselamatan.[/b] Dan itu tidak baik. [b]Lebih baik tidak menikah sama sekali ... krn : 1. Si Katolik jd murtad jd protestan 2. Bila ada anak2 ... anak2 jd protestan [/b] [b]Hitung ada berapa jiwa yg tersesatkan ?[/b]

Cinta itu tidak akan pernah mengesampingkan iman … kenapa ? Krn iman itu juga berasal dr cinta yaitu Cinta Tuhan kepada manusia, dan cinta ini lebih murni drpd apapun.

Coba anda baca2 dulu thread yg sebelum ini utk pernikahan campur. Di situ sudah jelas2 tertulis bhw tidak boleh melangsungkan pernikahan dr agama apapun sebelum ataupun sesudah menikah di GK.

Jadi benar2 tidak ada perkecualian … kecuali ingin melakukan pemberkatan nikah bersama-sama. Ttp ini pun hanya bisa diterima oleh pihak Protestan ttt saja.

Anda bisa cek lagi.

Salam

agar dikiranya mengada ada, padahal belum membaca…

Bro kl yg dibahas mengenai aturan gerejanya. Di katolik memang tidak semua keuskupan mengijinkan kl di keuskupan jakarta mengijinkan dispensasi nikah campur asal dua2nya belum pernah menikah ya. Kl dari copy-an bro itu mgkn krn mereka mau mengadakan 2x pemberkatan pdhal itu tidak boleh baik dr sisi katolik maupun protestannya, kl mengenai perberkatan hanya blh 1x bisa digereja katolik kl mau mengundang pendeta untuk dtg memberkati jg brg2 pastor gpp atau sebaliknya di gereja protestan tp menundang pastor utk memberkati bareng2 jg boleh, ini yg sy igt aja ya wkt urus pernikahan sy dl.

Tp prinsipnya kl di jakarta nikah beda gereja boleh mlh kl gereja protestan km termasuk dl PGI kl ga salah lebih gmpg lg urusnya krn gereja katolik jg tergabung di PGI jd dianggapnya nikah beda gereja aja.

ok bro, anda telah menjawab satu pertanyaan saya, mungkin dari teman teman katolik lainnya mau menembahi…

lagi, mohon anda baca kalimat utamanya… yang ke dua hendak saya tanyakan, yaitu juga yang saya bold…

memang sperti itukah : pabila katolik murtad ke Protestan dalam hal pernikahan, berarti telah brapa banyak jiwa yang tersesatkan…

apa lagi bila anak anak bila tidak mau di didik scara katolik, termasuk yang murtad…

berarti bahwa memang diluar katolik sesat??

tapi tolong diingat bro, di dalam ajaran katolik, mereka berdoa lebih banyak ke Bunda Maria dan bukan ke Tuhan Yesus, setiap kali doa pasti ke Maria. Kalo menurutku di dalam ajaran Katolik banyak sekali yg tidak sesuai dengan firman Tuhan atau Alkitab. Coba aja teliti ajaran Katolik pasti akan tau sendiri deh, soalnya kalo saya ceritakan satu persatu ntar jadinya panjang banget.

Bro adit

Just info aja penyataan anda tidak tepat mengenai katolik, kalau mau belajar lebih bnyk mengenai katolik ada website bagus : www.katolisitas.com

Judul thread “Sah tidak yah @Katolik view? pernikahan Katolik & Protestan terjadi?”

Maka seharusnya yang dibahas adalah pernikahannya, bukan urusan murtad ngga murtadnya.
Silahkan kembali ke judul thread aja.

Pernikahan Katolik dengan pasangan beragama apapun, selama dilakukan secara Katolik, dianggap sah oleh Gereja Katolik.

Semoga menjawab.

jika pernikahan katolik, dengan katolik… saya rasa tidak ada yang salah…
dan saya juga bisa mengambil kesimpulan, walau dari luar pihak katolik…
sebab yang normal yang selalu terjadi, yaitu pernikahan antara katolik, dengan katolik…

masalah murtad; pabila yang satu protestan, yang satu katolik…

harus ada yang murtad donk, yaitu yang protestan ke katolik, agar syah menurut katolik (saya juga mengetahui itu, walau sebgai diluar pihak katolik)

nah, yang menjadi permasalahan, saya juga udah punya contoh… member sini…
syah tidak ANGGEPAN KATOLIK, pernikahan Katolik dan Protestan, dimana keduanya saling mempertahankan agamanya… tidak satupn yang murtad…

dan saya ambil jawaban salah satu Member katolik, yang ada hubungan sebab akibatnya, yakni; kalau anak anak tidak mau dididik scara katolik, berarti anak anak telah menjadi tersesat?

begitukah? mohon dijawab…

bukannya protestan dan khatolik sama2 kristen ya…??? jadi ya ga ada masalah… ga ada yang murtad… :slight_smile:

God bless

harus ada yang murtad donk, yaitu yang protestan ke katolik, agar syah menurut katolik (saya juga mengetahui itu, walau sebgai diluar pihak katolik)

nah, yang menjadi permasalahan, saya juga udah punya contoh… member sini…
syah tidak ANGGEPAN KATOLIK, pernikahan Katolik dan Protestan, dimana keduanya saling mempertahankan agamanya… tidak satupn yang murtad…

Sepertinya anda masih tidak mengerti, bahkan setelah diberi penjelasan oleh member ybs.

Baca lagi : JIKA pernikahannya dilakukan di gereja Katolik secara Katolik, maka oleh Katolik pernikahan itu dianggap sah. Tiodak peduli apapun agama si pasangan dari si Katolik itu. Jelas?

Tidak ada yang murtad atau tidak murtad di sini, karena seorang yang menikah di gereja Katolik tidak harus pindah agama jadi Katolik, paham?

Semoga…

he he… anda baca tidak yang saya qoute dari forum sebelah dari katolik ?

coba anda telaah lah yang ia postkan… anda saja susah membaca, bagaimana mungkin anda menyuruh orang lain untuk bisa mengerti…??