Salah satu dasar Katolik meminta doa kepada Bunda Maria dan Orang Kudus

O… iya khan orang kudusnya banyak… bener juga.

ya … gitu dehhhh… he he …

Thanks Bro udah dijawab di Reply 36 kan

Bro Mengenai Yak 5: 16 nggak perlu tafsir macam2 kok karena kan di Reply # 38 Kontekstualnya bersyafaat bagi Orang sakit ( Bisa sakit Fisik ataupun Sakit Jiwa ) konteksnya suatu Doa untuk Orang yang masih Hidup akan besar kuasanya bila kita saling mengakui dosa2 kita dan bersepakat dengan Para Penetua Jemaat (orang hidup yang lain) untuk mendoakan orang yang Sakit maka doa orang benar itu BESAR KUASA nya .
makanya saya sertakan PERIKOP lengkapnya dari Yak 5 :
13 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.
15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Lihat Bro Yang di Garis Bawahi / kata mereka adalah Para Penetua Jemaat dan orang yang sakit jadi ini adalah berdoa bersama -sama antara orang hidup dan 0rang hidup yang lain … bukan Orang hidup ( Penetua Jemaat & org yg sakit ) dengan Orang yang telah mati ( bunda Maria & Santo & Santa ) .

Hal sesederhana ini janganlah ditafsirkan macam-macam lah karena sudah JELAS sekali Konteksnya maka saya juga bilang mungkin inilah yang dijadikan dasar " Sakramen Perminyakan " CMIIW .

Udah dijawab ya yang diatas Bro , Okay ?

Okay Bro , mungkin saya salah Bagan tapi dengan Bagan yang Bro tunjukkan diatas Limeted berdoa BERSAMA Bunda MARIA & Orang 2KUDUS ( Yang sudah meninggal ) ya nggak Klop juga dengan YaK 5 : 13-16, kan disana dibilang para Penetua Jemaat & orang yang sakit = mereka ( masih Hidup semua Bro ) ayatnya bukan Para Penetua Jemaat yang telah wafat mendahului kita dan orang sakit bersepakat berdoa . jadi CLEAR lah nggak usah pakai tafsir macam-macam untuk ayat di Yak 5 ini sudah sangat JELAS bukan ayat abu-abu yang butuh penafsiran …

Mengenai yang ini Bro limited BELUM MENJAWABNYA :

Doa Orang Kudus di kitab WAHYU bukanlah menunjukkan Limited berdoa bersama Arwah Bunda Maria dan para Santo dan Santa , tetapi ketika Orang2 Kudus NYA masih hidup dan BERDOA pada TUHAN itulah yang menjadi KEMENYAN / DUPA YANG HARUM dihadapan Tahta Allah …

Tolong Bro Limeted baca Perikop Wahyu 5 dan Wahyu 8 secara keseluruhan maka akan mengerti artinya … ( nggak potongan ayat saja seperti saya ambil Yakobus 5 : 13-16 kan bukan potongan tapi satu perikop bro ) .

JESUS Blessing .

PS: Tolong Bro limeted & rekan KATOLIK yang lain coba lihat di Thread "Apakah Iblis dan rekan-rekannya bisa membaca pikiran manusia " Reply Bro Tetragramathon apakah benar itu adalah pengajaran di Gereja Katolik Roma ( Bro Tetra bilang sumbernya dari VATICAN ) Thanks Bro.

tuh saya quote historicalnya…!

setuju nga kamu bahwa yang melengkapi saja mengatakan tidak cukup…?

lho… koq malah diulang2…? dijawab aja pertanyaan2 saya…! :cheesy:

Apakah Maria Mati…?

Osama bin Laden dan Alm pendeta kamu mungkin sama2 Mati…! tetapi Alkitab mengatakan Maria Tidak Mati, tetapi tetap Hidup…!

Yoh 11:25
Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati”

Salah…!

ayat Yak 5:16 Tidak harus dihubungkan dgn Sakramen Perminyakan…!

Sakramen Khrisma pun memakai minyak dan saling mengaku dosa apakah cocok dengan ayat tsb…? Iya tentu cocok karena Dikuatkan Imannya supaya TIDAK SAKIT IMANNYA…! begitu juga dengan halnya dengan Ekaristi ada Pengakuan Dosa, saling mendoakan dan banyak hal2 lain [Jadi bukan hanya sakramen perminyakan, Devosi berhubungan dengan Yak 5:16]…!

Jelas…?

apanya yang sudah…?

lah wong pertanyaan saya reply # 41, masa kamu bilang kamu sudah jawab di reply # 36…?

apa kamu sudah bisa mengetahui jalan pikiran saya…? sehingga kamu tau akan pertanyaan2 yang belum saya tanyakan…?

saya pernah menyandingkan penafsiran kamu dengan penafsiran St. Yakubus kan…?

menurut kamu apa kamu lebih benar dari St. Yakobus…? ;D

aya" wae…!

makanya saya bilang tolong kamu jawab dulu reply # 41…!

hati2 lho… mengatakan Maria Hanya Arwah…? sampai hari ini kamu belum bisa membantah dasar kitab suci Maria diangkat keSurga lho…!

atau kamu bisa menemukan jasad maria…?

saya ngeliat pernafsiran kamu ini ngawur …!

gini liat :
Apakah kamu Pikir Doa2 Orang Kudus Ketika Hidup tidak pernah sampai Kepada Allah…? Sehingga ketika Surga Baru dihantarkan Ke Allah…? gitu…?

apakah doa2-mu TIDAK sampai kepada Allah sekarang…? karena harus menunggu kamu yang mengantarkan doa2-mu ketika kamu disurga…?

aya" wae…! :mad0261:

SILAKAN KAMU JAWAB…!

seharusnya kamu mikir, kenapa disorga ada doa…? kalo menurut protestan orang kudus = mati, kenapa ada doa dari orang kudus dan kenapa orang mati bisa berdoa…? itu yang harus kamu renungkan…!

kalo mau ngecek bener atau tidaknya masuk ke situs katolik yang valid… cari disana ada tidak…? kalo tidak ada yah jangan dipercaya…! kan kamu tau banyak fitnahan2 murahan yang sering ditujukan utk katolik…!

====

mengenai trit “Apakah Iblis dan rekan-rekannya bisa membaca pikiran manusia” kalo ada waktu saya kesana…!

kamu setiap misa, berdoa :
BAPA KAMI DI SORGA, apakah hanya suatu hafalan aja??

setiap misa berdoa ; BAPA KAMI DI SORGA.

kamu khan mengaku PUNYA BAPA DI SORGA. BAPA YANG KAMU SEMBAH KUDUS ADANYA. . . .
klo kamu memanggil BAPA, berarti status kamu adalah anak. anak Bapa yang kudus.
apakah kamu gak nyadari hal ini ???

atau hanya hafalan rutine klo mau ibadah aja .
tapi maknanya gak ngerti . . .

kasian deh. . . .

makany apakah pernyataan anda tersebut adalah pernyataan pribadi atau lembaga ??

selama masih didunia masih bisa jatuh dalam dosa....:)

benar apa yang kamu katakan.
tetapi TUHAN YESUS BERKATA :

1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

dan banyak nanti akan jatuh :

Wahyu 12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.

sebab itu bersikap bijak seperti 5 gadis yang pelitanya terus bercahaya, maka tidak akan jatuh tetapi akan masuk dalam pesta perkawinan.

salam

benar,

tetapi KLO ROH KUDUS TURUN KEATAS KAMU, maka hidup kamu menjadi kudus,

SETUJU Bro :afro:

Lah kan Bro sendiri yang bilang bunda MARIA MATI di Efesus … kalau dibilang mati ya mati Bro .( Osama pasti Mati , PAUS pasti mati, Pendeta pasti Mati , Limited pasti mati )

Ayat di YOH 11: 25 saya lanjutkan lengkapnya biar nggak kepotong Bro karena ada KOMAnya :
Yoh 11 : 25 Jawab YESUS: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”

Ayat ini ditujukan untuk SETIAP ORANG yang percaya pada TUHAN YESUS ( Perikop Lazarus Bangkit )
Dan ayat ini BUKAN hanya khusus untuk bunda Maria , TUNJUKKAN kalau Ayat itu untuk bunda MARIA…dan Tuhan YESUS bilang tidak akan mati selama-lamanya ! tisekali lagi tidak akan mati selama-lamanya ! artinya ada KEMATIAN sekarang didunia dan ada KEMATIAN KEKAL di neraka ! dan orang yang Percaya sama Tuhan YESUS tidak selamanya mati melainkan beroleh Kebangkitan dan Hidup yang Kekal ! ( jadi tidak selama-lamanya mati )

Saya sudah jelasin kalau Yak 5 : 16 nggak perlu penafsiran kok jadi :idiot2: sih bro hehehe Kalau Bro Bilang penafsiran St.James itukan menurut Bro Limited dan liturgi Katolik bukanlah ada tertulis di ALKITAB ya jangn maksa Penafsiran itu bisa saya Terima ( Versi Katolik seperti halnya semua dasar yang TIDAK ALKITABIAH hal maria diangkat ke Sorga sudah TERBANTAHKAN tak ada dasar yang secara NYATA menyebut MARIA MI’RAJ ke SORGA yang ada bro bilang bunda MARIA MATI di Efesus )

Bro kalau :idiot2: jangan dipelihara deh… apa itu SORGA BARU Belajar membaca dan mengerti bahasa indonesia dulu deh :
Gini deh Pelan-pelan yah :happy0062: , Ada Cawan DOA di Sorga , ok ?! Doa siapa gerangan yang dibilang di Kitab WAHYU ? itu adalah Doa Orang-orang Kudus yang mereka panjatkan ketika mereka Berdoa ( masih hidup ) dan doa itu ditampung di CAWAN DOA di SORGA … Doa, Pujian & Penyembahan Orang Kudus inilah yang menjadi KEMENYAN / DUPA yang HARUM dihadapan TUHAN , Paham bro ? :mad0261: jadi ngerti nggak, kalau DOA orang kudus ketika dia hidup itulah yang telah ditampung di CAWAN DOA di sorga ( bukan doa orang kudus setelah mereka mati bro , paham sampai sini ? ) Semua doa orang kudus itu terakumulasi di CAWAN DOA di sorga bisa ngerti nggak ? :happy0062: sampai tiba saatnya seperti yang tertulis di Kitab WAHYU

Makanya saya bilang baca masing2 PERIKOP dari WAHYU 5 & wahyu 8 jangan potong2 ayat seperti Yoh 11: 25 doang padahal ada koma dan lanjut ke ayat 26 biar nggak mblangsak Bro… :smiley:
Baca Alkitab jangan dipotong-potong kaya PIZZA hehehe :cheesy: ;D
Okay sampai detik ini ( Page 8 ) TIDAK ADA 1 ayatpun yang menyatakan " lalu Terangkatlah bunda Maria ke awan-awan permai menyongsong anaknya YESUS KRISTUS disaksikan oleh Yakobus & Yohanes "

JESUS Blessing.

saya cukup sopan eh anda malah memperlihatkankembali kedegilan anda…! :idiot2:
liat sini saya ajarin kamu…!

Kalo kamu setuju, maka Sola2-mu adalah SALAH…! Ngerti atau Tidak :idiot2: …?

;D

yang mengatakan Maria Tidak Pernah Mati siapa…? :idiot2:

lalu yang mengatakan Hanya Maria Yang Hidup siapa :idiot2: …?

Maria [Tabut Perjanjian] Wafat dan Dibangkitkan berserta Jasadnya Mzm 132:8 “Bangunlah ya Tuhan, dan pergilah ketempat perhentian-Mu, Engkau beserta TABUT kekuatan-Mu.”…! ini Kata ALKITAB…! :idiot2:

liat :

=====

bukannya kamu jawab pertanyaan saya malah mengatakan saya “Maksa”…! :idiot2:

Silakan Kamu jawab pertanyaan2 saya :idiot2:

ngomong ngelantur nga jelas…! :idiot2:

nga ngerti2, ketika disuruh balas malah bilang “cukup” tapi tetep ngeyel :uglystupid2:

liat :
Maria [Tabut Perjanjian] Wafat dan Dibangkitkan berserta Jasadnya Mzm 132:8 “Bangunlah ya Tuhan, dan pergilah ketempat perhentian-Mu, Engkau beserta TABUT kekuatan-Mu.”…!

Silakan kamu bantah…!

SALAH…! :idiot2:

penafsiran kamu NGAWUR…!

Apakah tidak ada doa2 Orang2 Kudus yang sampai kepada Allah sebelum Wahyu tergenapi…??? :idiot2:

=======

kamu :idiot2: makanya jawab pertanyaan saya, liat ini :

gini liat :
Apakah kamu Pikir Doa2 Orang Kudus Ketika Hidup tidak pernah sampai Kepada Allah…? Sehingga ketika Surga Baru dihantarkan Ke Allah…? gitu…?

apakah doa2-mu TIDAK sampai kepada Allah sekarang…? karena harus menunggu kamu yang mengantarkan doa2-mu ketika kamu disurga…?

aya" wae…! :mad0261:

SILAKAN KAMU JAWAB…!

seharusnya kamu mikir :idiot2:, kenapa disorga ada doa…? kalo menurut protestan orang kudus = mati, kenapa ada doa dari orang kudus dan kenapa orang mati bisa berdoa…? itu yang harus kamu renungkan…!

apanya yang nga ada :idiot2: liat :
Maria [Tabut Perjanjian] Wafat dan Dibangkitkan berserta Jasadnya Mzm 132:8 “Bangunlah ya Tuhan, dan pergilah ketempat perhentian-Mu, Engkau beserta TABUT kekuatan-Mu.”…!

Silakan kamu Bantah ayat Kitab Suci tsb…! :idiot2:

Rom 8:38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
Rom 8:39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam KRISTUS YESUS, Tuhan kita.

Ini yg menjadi salah satu dasar mengapa gereja katolik berdoa kepada Bunda Maria.

Ayat tsb menunjukkan adanya PERSEKUTUAN antara orang percaya yg sudah mati dan yg masih hidup.

SAYA TIDAK MELIHAT ADANYA SUATU PERSEKUTUAN ANTARA ORANG PERCAYA YANG SUDAH MATI DENGAN YANG MASIH HIDUP, DALAM PENGERTIAN BAHWA MASIH ADANYA KOMUNIKASI DI ANTARA ORANG PERCAYA YANG SUDAH MATI DENGAN YANG HIDUP KARENA YANG DITEGASKAN DI SINI ADALAH BAHWA TIDAK ADA SESUATUPUN KUASA YANG MAMPU UNTUK MEMISAHKAN KITA SEBAGAI ORANG PERCAYA DARI KASIH ALLAH DI DALAM KRISTUS YESUS, KARENA MELALUI DARAH KRISTUS KITA TELAH DIPERSATUKAN MENJADI SATU TUBUH KRISTUS DAN HAL INI MENGACU KEPADA PERSEKUTUAN DI ANTARA ORANG PERCAYA YANG MASIH HIDUP.
BILA KITA MENYIMAK APA YANG DICATAT DALAM LUKAS 16 TENTANG ORANG KAYA DAN LAZARUS, DIMANA DIKATAKAN: ORANG KAYA ITU MASUK KE ALAM MAUT UNTUK MENERIMA SIKSAAN, SEDANGKAN LAZARUS KE PANGKUAN ABRAHAM DAN DIKATAKAN JUGA BAHWA ANTARA LAZARUS (ABRAHAM) DAN ORANG KAYA ITU ADA JURANG YANG TIDAK DAPAT DISEBERANGI DEMIKIAN JUGA ANTARA MEREKA DENGAN ORANG YANG MASIH HIDUP.
MENURUT PENDAPAT SAYA DASAR MENJADIKAN MARIA SEBAGAI PERANTARA DOA KEPADA YESUS ADALAH PERISTIWA PERKAWINAN DI KANA, KETIKA MARIA MELAPORKAN KEPADA YESUS BAHWA MEREKA SUDAH KEHABISAN ANGGUR YANG SEKALIPUN YESUS MENYATAKAN BAHWA WAKTUNYA BELUM TIBA TETAPI PADA AKHIRNYA YESUS MEMENUHI KEBUTUHAN ANGGUR BAGI YANG EMPUNYA PESTA

Perkawinan di Kana, bukan hanya mujizat pertama, tetapi Manusia Pertama yang percaya Yesus adalah Tuhan :slight_smile:

Kenapa bro dari ayat tsb tidak bisa melihat?!
Allah adalah Allah orang hidup.
Apakah bro menganggap bunda Maria & orang kudus sudah mati?!

Syalom

yang dimaksudkan maria masih hidup itu, hidupnya dimana ??

dibumi atau di sorga ??

Udah diterangin pelan-pelan masih juga nggak ngerti juga :mad0261:
Yah maaf saja kalau memang saya berhadapan dengan orang yang memiliki karakter sesuai dengan Amsal 14:29 saran saya cuma satu untuk Bro Limited lakukan Amsal 9:6.

Kalau nggak mau juga ya sudah silahkan menjalani Hosea 4:6 bagi yang suka motong satu ayat( Yoh 11: 25, Maz 132:8 ) tanpa tahu perikopnya apalagi bicara mengenai WAHYU 5 & Wahyu 8 secara lengkap lebih nggak mudeng hehehe… :smiley:

Ya sudah kalau Kapasitas cuma segitu biar pelan2 diterangkan hal doa Orang Kudus juga nggak ngerti …
Terimakasih dan JESUS Blessing . :happy0025:

Emang bukan. Aslinya dari agama Yahudi, yaitu doa Kaddish, yang kemudian dilestarikan dalam kekristenan dengan formula yang mirip.

Salah satu terjemahan doa Kaddish,

"God, filled with mercy, dwelling in the heavens’ heights, bring proper rest beneath the wings of your Shechinah, amid the ranks of the holy and the pure, illuminating like the brilliance of the skies the souls of our beloved and our blameless who went to their eternal place of rest. May You who are the source of mercy shelter them beneath Your wings eternally, and bind their souls among the living, that they may rest in peace. And let us say: Amen."

Mungkin karena pengaruh filsafat materialisme modern, maka oleh ‘kekristenan modern’ hubungan antara yang hidup fisik dan yang mati fisik ditiadakan karena yang sudah mati secara fisik dianggap tidak memiliki materi lagi. CMIIW.

Sekali lagi, itu cuman mungkin.

bukannya menanggapi postingan saya malah ngomong ngelantur…! :idiot2:

silakan kamu tanggapi dan jawab pertanyaan2 saya…!

Dari awal sudah saya Tanggapi bahwa bunda MARIA Tabut Perjanjian Maz 132:8 perikop ayatnya nggak Klop hehehe ;D apalagi bro Hans 188 terangkan hal Tabut Kekuatan TUHAN di 2 Tawarikh 6 : 41 dan 1 Taw 6: 31tambah nyata " Loebuat " ( bukan Nubuat ) gatuk mekso nya hehehe ;D. jadi sudah jelas apalagi ketika anda bilang menggunakan Yoh 11:25 maka Maria tidak pernah mati ? padahal ayat nya masih nyambung ke 26 yang Tuhan YESUS bilang tidak akan selama-lamanya mati dan Ayat itu BUKAN hanya untuk MARIA ( konteks saat pembicaraan Tuhan YESUS dengan Marta saudara Maria saudara Lazarus :cheesy:) , lah kan manipulasi ayat terbongkar hahaha … ;D terus lari ke Yak 5 : 16 katanya mengenai berdoa bersama-sama orang kudus ( santo -santa yang udah mati ) lagi-lagi ketika dibaca Full perikopnya Yakobus 5: 13-16 itu menunjukan Para penetua jemaat dan orang yang sakit , jadi ini hal doa syafaat yang dipanjatkan oleh Para penetua jemaat besar Kuasanya , sengaja diambil ayat 16 nya hehehe ;D begitu terbongkar manipulasi ayat yang seharusnya dari 13-16 ya mentah lagi hehehe ;D terus lari lagi ke WAHYU 5 : 8 & Wah 8 : 3-4 hal Orang2 Kudus ketika diterangin Full Perikop ayatnya dan apa yang dimaksud dengan Cawan Doa orang2 Kudus mentah lagi terus main Komedi Puter hehehe… :cheesy: :cheesy:
Bukan doanya nggak nyampai dan tidak dijawab oleh TUHAN tetapi ada DOA orang kudus yang waktu hidup nya itu ditampung dalam Cawan Doa menjadi Dupa yang harum dihadapan TUHAN jadi bukan Nggak sampai SORGA hahaha :cheesy: :cheesy: ;D gagal maning-gagal maning Son :mad0261:

JESUS Blessing.

lho… lho… kamu ini ngomong apa :idiot2:…?

silakan kamu tanggapi saja dan jawab pertanyaan2 saya di reply # 74…!

Sudahlah Bro Limited :afro: saya bukan orang yang tidak punya Belas Kasihan …
Cukup sudah jawaban saya di Thread " Maria diangkat ke Sorga " :happy0025:
Dalam Thread ini memang SAYA SALAH dan ANDA memang BENAR BRO LIMITED :afro: :happy0158:
JESUS Blessing.

kita bisa benar dan salah,…!

sampai ketemu di trit selanjutnya… :wink: