Salahkah Memiliki Kekasih Yang Tidak Sepadan Menurut Alkitab

Syalom 4 all

Pasangan tidak seiman

Apa salahnya punya pacar yang tidak seiman dan sepadan? Kan gak pasti dia akan tetap tidak percaya? Bukankah malah ada kesempatan juga untuk mempertobatkan dia?
:mad0261: :mad0261: :mad0261:

II Korintus 6:14–15, “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?”

Di dalam ayat ini, memperingatkan anak-anak Tuhan untuk tidak berpasangan dengan orang-orang yang tidak seiman.
:afro: :afro: :afro:

Tetapi yang menjadi permasalahan adalah mengapa orang Kristen ngotot untuk berpacaran dengan orang non-Kristen???
Apakah motivasi di baliknya??? :onion-head33: :onion-head33: :onion-head33:
Benarkah motivasinya untuk menguduskan pasangannya (dengan menginjilinya agar bertobat) atau sebenarnya ‘rumput tetangga lebih hijau’ dan mencoba merohanikannya??? :onion-head33: :onion-head33: :onion-head33:

Jika benar motivasi kita adalah penginjilan, apakah harus melalui pacaran? Kita dapat menginjili siapa saja tanpa menjadikannya pasangan kita bukan? Jadi, jikalau memang motivasi kita bukan untuk penginjilan, biarlah kita jujur mengatakannya. Tetapi, kejujuran ini tidak melegitimasikan ketidaktaatan kita kepada Firman Tuhan. Ini berarti kita yang harus bertobat dan menundukkan diri kita kembali kepada otoritas Firman Tuhan menjadi penuntun hidup kita.

Akhir kata, apakah motivasi kita ketika bertanya bolehkah orang Kristen berpasangan dengan non-Kristen???

Biarlah kita jujur di hadapan Tuhan dan sebagai anak Tuhan rela tunduk hidup di bawah otoritas kebenaran firman Tuhan. Dengan demikian, kita belajar di dalam aspek ini mempertuhankan Kristus dalam hidup kita. Jadi, marilah kita belajar mencari kehendak Tuhan yang adalah pusat dari hidup kita dan bukan mencari batasan sampai di mana kita masih ‘tidak melanggar’ kehendak Tuhan.

Gbu All

mantap brur pemahamannya :afro:

merupakan warning bagi pasangan muda-mudi
gue kagak termasuk ya…hehe… coz ngak di jual lagi :wink:

Banyak orang Kristen memaksakan diri untuk ‘menantang bahaya’ dengan dalih mempertobatkan. Tapi seringkali justru mereka yang meninggalkan Yesus demi jalinan cintanya.
Daripada terbakar, lebih baik tidak usah bermain api lah.

Salam

Tentang pasangan hidup ada yang bilang jodoh, ada juga yang bilang pilihan.

Aku lebih setuju yang terakhir, yaitu jodoh adalah pilihan.
Bila ini addalah pilihan, maka tentu ada prioritas parameter pengukurnya.
Salah satunya adalah seiman.

Amos 3:3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?

Bila tentang iman saja masih tidak bisa disatukan, bagaimana dengan hal lainnya dalam rumah tangga, Dapatkah berjalan bersama?

Salam

sbnrnya ga ada motivasi utk pacaran ama org non-kristen…masa jadi ambisi sih pacaran ama org beda agama…haha

well, awalnya pasti lum kuat imannya… lum berakar benar di dalam Tuhan… makanya di anjurkan kl yg mau berpacaran itu harus dewasa baik dari segi umur maupun kerohanian, tp bnyk yg bandel atau tergoda…

disini bukan soal ambisi,iman,dewasa baik jasmani ato rohani brur

banyak yang sudah kuat imannya juga kebablasan bro, bahkan seorang nazir Tuhan yaitu simson bisa jatuh ke pelukan delilah

jadi gak ada yang terlalu kuat ( kebal ) dengan dosa
justru kita ini adalah sasaran setan terus-menerus dalam segala hal
ya masing2 menjaga hatilah disini, klo udah ada niat cepat2 bertobat, klo ada kesempatan sedapatnya dihindari :slight_smile:

Jika pemudi/pemuda meninggalkan Tuhan Yesus Kristus, berarti :

  1. pemuda/pemudi tidak mengenal Tuhan Yesus Kristus secara pribadi.

(Roma 8:9) “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Tuhan diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus”

  1. tidak menurut FIRMAN TUHAN

(Yohanes 5:24) “Yesus berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup”.

(Yohanes 8:51) “Yesus berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.”

(yohanes 14:6) "Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”.

  1. Jika pemuda/pemudi kristen meninggalkan kristus, itu sangat bebal karena mereka telah menjual keselamatan hanya karna CINTA.

(Yakobus 1:15) “Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut”.

(Roma 6:23) “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia TUHAN ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita”.
(