saling mencintai namun tak bisa memiliki

:’( Salam kenal semuanya , aku member baru di forum ini, mudah2an bisa dapat banyak teman ya!
aku pingin curhat apa yang kamu lakukan bila hati saling mencintai tapi sama sekali tidak boleh terjadi!! Terus berusaha saling menghindar tapi selalu bertemu , terus berusaha menasehati diri tapi hati gak mau peduli! Cuma bisa menahan perasaan hati dan berusaha sekuat tenaga melupakannya. Thanks banget ya :’(

Salam kenal juga Siaw, :wink: sama nih member baru juga. Tapi mau ikutan komen tentang kasus km sis…

Sblm memulai, apa alasannya sampai Siaw dan si pujaan hati gak boleh saling mencintai ? :rolleye0014: :ashamed0002:

Thanks ya senang banget bisa dapat teman baru . Sebenarnya itu bukan aku cuma temanku yang mengalami hal itu. Dia bertanya pada aku , bingung juga sich jawabnya, maka aku mau kumpulin pendapat2 yang baik buat dia :angel:

Nah, karena itu sis, sblm share harus jelas juga masalahnya. Karena nanti setelah dikasih masukan, ternyata ga sesuai kasus kan jd OOT eheheh :ashamed0004: nanti dibahas soal Ras, gak taunya agama, atau ga dibolehin ortu, dsb. :slight_smile:

oke dech guruku yang cantik, thanks banget buat masukkannya, tapi pendapatmu mana?

waduh kok guru sis ? :ashamed0004: :ashamed0004: :ashamed0004: alalala

nah kan td diblg, mau kasi’ saran cuma blm tau jelas kasusnya… takut ga nyambung juga kalau saya ikutan kasih saran, Siaw yang cantik :wink:

salam kenal… aku juga baru join… baruuuu banget… kalo boleh aku share… menurut aku… menurut aku loh ini… Yang namanya cinta itu ya cinta, kl org bilang cinta itu tak selamanya memiliki itu adlah omong kosong… sebab Tuhan ciptakan Cinta itu adalah sebuah perasaan dimana kita sadar bahwa " rasa" itu bisa membuat sesuatu yang berbeda… bisa membuat segalanya jadi mungkin… :smiley: kl kita ga bisa miliki, lalu apa kabarnya dengan perasaan kita?.. itu namanya bukan cinta… mungkin hanya kekaguman dan simpatik yang berlebih saja. Tuhan selalu memberikan sesuatu itu dengan maksud dan tujuan. sama dengan Cinta… selamat menari cinta yang sesungguhnya :slight_smile: GBU

Sory banget ya buat semuanya, sebenarnya mau ngasih informasi yang lebih lanjut, biar gak pada OOT kata mychan( :ashamed0002:jangan marah ya myccantik), baru nanya ke teman yang bersangkutan boleh gak di beri informasi yang lebih akurat, kebenaran dia kan juga nyuruh aku curhat ke teman lain tapi tetap rahasia, trus dia bilang boleh asal jangan terlalu panjang. jadi dia itu mencintai kakak tirinya sendiri, makanya mau menghindar gak bisa, lawong tinggal serumah. :cheesy:Pusing ya mirip filem korea). Itu aja kali yang bisa aku sampaikan. Dan semua yang aku tulis itu isi hatinya. Teman2 pasti nanya kenapa dia gak facebook sendiri aja, selain sibuk sekolah juga gak berani dirumah takut ketahuan bokap nyokap. Itu aja ya mudah2an jelas, thanks ya. :char11:

umur berapa??? seberapa tirinya??? atau jangan2 cuma idolaisme…not love …hehehe maap kl sotoy ye

:cheesy: Gak ngerti bahasanya SOORY BUKAN ANAK GAUL TAPI ANAK TUHAN :cheesy:

Ijin ngasih saran yah…Ini saya kutip pegertian “tiri” dari WIKI…

Kata tiri sendiri berarti bukan darah daging sendiri[1 KBBI]. Saudara tiri (kakak tiri maupun adik tiri) adalah saudara yang seayah atau seibu saja, bukan kedua-duanya. Saudara yang seayah namun beda ibu disebut paternal siblings, sedangkan saudara yang seibu namun beda ayah disebut maternal siblings. Ungkapan-ungkapan turunan lainnya adalah ayah tiri (ayah non-biologis sebagai suami dari ibu kandung), ibu tiri (ibu non-biologis sebagai isteri dari ayah kandung), dan anak tiri (anak yang sudah dimiliki oleh suami/istri dari pernikahan sebelumnya).

Untuk dapat disebut sebagai saudara tiri, dua atau lebih individu harus terhubung satu generasi ke atas kepada salah satu, dan hanya satu, orang tua (atau tetua). Dalam hubungan perkawinan, hal ini terjadi ketika satu individu mengawini lebih dari satu individu, dan memiliki anak dari paling tidak dua perkawinan. Anak-anak dari pasangan yang berbeda adalah saudara tiri.

Persaudaraan tiri tidak sama dengan persaudaraan bawaan dan persaudaraan angkat.

Contoh dari Alkitab; bapa Abraham menikah dengan saudara tirinya ( se- bapak, lain ibu) …Kejadian 20:12 demikian:

Lagipula ia benar-benar saudaraku, anak ayahku, hanya bukan anak ibuku, tetapi kemudian ia menjadi isteriku.

Pada masa kini, pernikahan dengan saudara dekat (seperti halnya bapa Abraham dan Sarah diatas) tidak dianjurkan karena sangat berbahaya bagi anak daripada pasangan nikah tsb. Dus karena pacaran tentu tujuannya untuk menikah dan mendapatkan keturunan maka sebaiknya perasaan cinta (eros) yang menghinggapi temannya Siaw Lian itu harus dikekang dan dihilangkan, kemudian didudukan pada tempatnya semula sebagai cinta (storge)…cinta kasih sesama saudara.

Dalam hal “ketakutan/kebingungan” yang terjadi karena masalah ini, justru dibutuhkan kejujuran pada orang tua…Curhat sama (biasanya) ibu untuk mencari solusi terbaik agar tidak terlanjur kejeblos dan kebablasan. Tentu yang paling utama minta pertolongan Tuhan, supaya masing-masing (baik temannya Lian, maupun kakak tirinya) dapat menguasai diri dan dilindungi Tuhan dari segala pencobaan.

Salam

Cobalah melihat cinta disertai dengan rasa tanggung jawab akan masa depan, supaya cinta itu tidak menjadi buta.
Bagaimana dengan visi kalian? Gambaran apa yang terlihat tentang kebersamaan kalian di masa depan? Apa langkah2 kalian demi menjaga kebersamaan kalian terhadap tantangan dari pihak lain? Dsb…

Mungkin pikiran seperti ini terlihat terlalu awal dan terlalu jauh, tapi lebih baik dipikirkan sekarang supaya kalian tidak membuang waktu dan energi, sebelum perasaan ini terlalu dalam. Jika sudah menghasilkan suatu keputusan lewat pemikiran yang matang, maka yakinkan diri sendiri dan orang lain untuk melaksanakannya.

Gbu

halo siaw lian yg cantik :slight_smile: thanks udah mau kasih info lebih untuk masalah ini. Mungkin saya juga bukan ahlinya :ashamed0004: hehehe tapi saya coba untuk memberikan pendapat.
Sebelumnya saya mau tanya, saudara tiri yang kamu maksud itu dalam artian salah satu dari mereka adalah anak angkat atau ayah dan ibu mereka menikah sehingga akhirnya mereka menjadi saudara tiri, atau yang lain ? kalau bisa infonya lagi :slight_smile:

Tapi melihat dari kasus ini, menurut sepengetahuan saya didalam Alkitab saya belum menemukan satu larangan menjalin cinta dan hubungan dengan lawan jenis yang tidak ada hubungan darah (terkecuali pernah menjadi saudara susu) :slight_smile:

Tapi mengenai masalah ini kembali kepada pribadi yang menjalani hubungan, gak ada yang salah dalam cinta, mencintai, dan dicintai. Hanya saja mau dibawa kemana rasa cinta itu. Misalkan mereka tetap ingin melanjutkan, faktor yg menjadi bahan pertimbangan bukan hanya dari sisi spiritual, melainkan sosial, nilai - nilai (norma) masyarakat. Karena kita hidup di dunia, dimana mereka juga berperan dan mengambil bagian dalam setiap keputusan yang diambil termasuk dalam hal cinta. Bagaimana pendapat orang tua, sanak saudara, dsb. Saya yakin teman kamu pasti sudah memikirkan kira2 dampak + atau - yang menjadi resiko bagi kisah cinta mereka :slight_smile:

Karena itu selain berdoa dan bergumul agar Tuhan memberikan hikmat, dibutuhkan juga pemikiran yang matang serta komitmen utk setiap keputusan yg diambil baik itu berlanjut atau stop serta memegang kuat dan menjalankan komit tsb. Kalau memang ingin stop, ya tempuhlah segala cara utk menjalankan komit tsb, begitu pula sebaliknya dan kamu sbg teman, bisa membantu support masalah ini.

Semoga cukup membantu ya say,

salam kasih :slight_smile:

cinta memang seharusnya tidak memiliki lho…

kalau memiliki, berarti meng-hak-i, menguasai, bebas menggunakan… sifatnya “taker’s”
emangnya barang apa? :smiley:

cinta itu memberi… bukan memiliki… :stuck_out_tongue:

salam kenal…saya juga newbie :wink:

maksudnya sodara tiri itu ibunya sedarah? bapaknya sedarah? atau ibu or bapaknya menikah sambil bawa anak (gada hubungan darah)?

kalo gada hubungan darah sih kayaknya ga masalah yah, tapi harus dipikirin baik-baik juga , setiap pilihan pasti mengandung resiko,
tp klo temenmu itu masih ABG (masih muda), saran saya lebih baik jangan dulu terlalu pusing-pusing mikirin pacaran dulu, alihkan pikiran ke hal-hal lain, lebih banyak bergaul / cari temen yang banyak, kan masih bisa pilih - pilih pasangan hidup tuh, jangan lupa bawa dalam doa juga ya :afro:

Salam kenal sis.

Sekedar sumbang saran, ya.
Betul seperti sahabat anda katakan, bahwa sebagai saudara tiri, adalah terlarang menjalin cinta. JJadi adalah baik untuk menekan perasaan itu ebelum terlalu jauh. Karena hubungan sesama saudara, walaupun tiri, adalah termasuk incest, dan itu sungguh tidak berkenan bagi Tuhan.

Saran yang bisa saya berikan, hindari bertemu berdua, atau berada di rumah hanya beruda saja, jangan ngobrol berdua saja, jangan BBM ataupun SMS, jangan saling curhat. Realsitis dalam bersikap, karena percuma menyiksa perasaan jika cinta tidak dapat diwujudkan.

Sebisa mungkin, carilah teman dekat yang lain, agar cinta yang ada dapat dialihkan sasarannya kepada yang lebih tepat.

Kira kira itulah saran yang saya bisa berikan sementara ini.

Syalom

Dear All…

Newbie nih… mau gabung… salam kenal semua… Shalom!

Untuk thread ini, saya tertarik banget dan mau kasi sedikit masukan untuk pedoman saja mengenai INCEST menurut Alkitab.

Semuanya bisa dibaca dalam IMAMAT 18:6-18.

Kurleb, rangkumannya seperti ini ;

Yang termasuk INCEST dan atau TIDAK DAPAT DINIKAHI untuk Laki-laki dan sebaliknya

  • istri ayah (=ibu)(ayat 7)
  • seorang istri ayah (=ibu tiri) (ayat 8)
  • saudaramu perempuan, anak ayah atau anak ibu, baik yang lahir di rumah ayah maupun yang lahir di luar (ayat 9)
  • anak perempuan dari anak laki-laki atau anak perempuan (ayat 10)
  • anak perempuan dari seorang isteri ayah, yang lahir pada ayah sendiri (=saudari tiri) (ayat 11)
  • saudara perempuan ayah (ayat 12)
  • saudara perempuan ibu (ayat 13)
  • isteri saudara laki-laki ayah (ayat 14)
  • menantu perempuan (ayat 15)
  • isteri saudara laki-laki (ayat 16)
  • seorang perempuan dan anaknya perempuan (ayat 17)
  • seorang perempuan sebagai madu kakaknya, selama kakaknya itu masih hidup (ayat 18)

Itu aja.

Kalau boleh saran, coba dibawa doa dan relakan dirimu untuk dibawa Bapa kejalan yang sesuai dengan rencana-Nya.

:afro: Waduh senangnya aku, baru aja baca komentar dari teman2, Thanks banget ya , banyak banget lho saran yang berguna. Sory ya baru di balas sekarang, soalnya lagi sibuk banget, jadi gak sempat curhat. Paling cuma bisa sabtu atau minggu. :char11: mungkin aku gak bisa jawab pertanyaan teman2 lebih dalam lagi, soalnya takut salah ucap, aku harus menjaga banget kepercayaan yang di berikan oleh seorang teman, karena menurut aku kepercayaan adalah dasar dari persahabatan sejati. :angel: Tapi semua komentar kalian pasti aku kasih ke dia. mudah2an bermanfaat ya buat dia. Please banget kasih saran aja ya :wink: GBU all

all my friends ini terakhir aku curhat disini, maaf banget ya udah musti pulang kampung :ashamed0002: balik ke planet asal.xixixi ;D Thanks banget buat semua yang udah mau bantuin aku di post ini. walaupun belum pernah ngeliat wajah kamu tapi percaya semua hatinya cantik and ganteng :ashamed0004: Dan buat semua yang udah pernah mendapat saran dari seorang wanita yang cantik xixixi( becanda …eh enggak dech soalnya banyak yang bilang aku cantik kok tapi kalau dilihat dari bulan) :ashamed0002: Semoga berguna ya. dan bagi yang kurang suka atau gak sependapat maaf 1000 kali ya. By BY semuanya ini hadiah dari aku :* :* :* :* :*… :ashamed0002: GBU all